1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Dampak Yang Terjadi Akibat Keseringan Ngupil

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by keiyakufever, Jun 21, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. keiyakufever M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Apr 26, 2011
    Messages:
    7,409
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +71,860 / -0
    Maaf kalau :repost:

    :


    e
    Bagi beberapa orang mengupil adalah kegiatan yang mengasyikkan atau menyenangkan. Tapi mengupil terlalu sering ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan dan tubuh seseorang.


    Berdasarkan survei yang dilakukan oleh tim peneliti dari Wisconsin dengan melibatkan 200 partisipan, diketahui bahwa rata-rata seseorang mengupil sebanyak 4 kali sehari yang dilakukan saat sedang senggang atau santai.
    [​IMG]
    Mengupil adalah kegiatan yang positif karena membantu membersihkan hidung dari kotoran atau benda asing yang masuk dengan menggunakan jari. Meskipun kegiatan yang umum, tapi bagi budaya tertentu cenderung tabu karena bisa menimbulkan perasaan jijik dan geli.


    Upil yang ada di hidung sebenarnya terbentuk dari lendir yang mengering. Membran mukosa di rongga hidung akan terus menerus menghasilkan lendir basah yang berfungsi menghilangkan debu dan benda-benda asing lainnya yang masuk ke hidung. Lendir yang mengering ini akan menyebabkan sensasi iritasi yang kadang menimbulkan rasa gatal dan memicu orang untuk mengupil.


    Ada beberapa alasan yang membuat seseorang harus mengupil, yaitu:


    Sedang bengong atau memikirkan sesuatu
    Penyebab paling umum orang mengupil terjadi ketika seseorang sedang tidak memikirkan apa-apa, bingung atau bosan. Tindakan ini hampir sama dengan kebiasaan menggigit kuku atau mengisap jempol, karenanya tak jarang orang tanpa sadar melakukannya di depan umum.


    Menghilangkan iritasi
    Hidung memiliki kecenderungan menjadi kering dan teriritasi oleh hal-hal seperti alergi, bahan kimia dan polusi udara. Saat hidung mengalami iritasi, maka akan timbul rasa gatal dan keinginan untuk menggaruk melalui cara mengupil.


    Untuk menghilangkan sekresi hidung
    Ketika sedang pilek, infeksi sinus dan alergi bisa menyebabkan sekresi hidung atau lendir meningkat. Sekresi ini seiring waktu akan mengering yang membuat seseorang sulit bernapas. Karenanya seseorang akan mengupil untuk membuat napasnya lega dan menghilangkan penumpukan lendir.


    Gangguan obsesif-kompulsif
    Salah satu tanda gangguan obsesif kompulsif adalah suka mengupil yang disebut dengan rhinotillexomania. Mengupil dilakukan untuk meringankan perasaan-perasaan negatif yang mengganggu pikirannya, karenanya seringkali ia mengupil di depan umum dan tidak melihat kondisi di sekitarnya. Orang dengan gangguan ini membutuhkan bantuan medis atau psikolog.


    Satu hal yang pasti adalah selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah mengupil, memotong kuku dan jangan menarik upil terlalu keras agar tidak melukai lapisan di dalam hidung.


    Tapi jika seseorang terlalu sering mengupil bisa menyebabkan hidung menjadi kering yang dapat memicu perdarahan. Hal ini karena secara alami hidung tetap membutuhkan pelumas setiap saat untuk mencegahnya dari kekeringan.


    Sedangkan jika seseorang jarang mengupil, maka lendir yang bercampur dengan kotoran tersebut akan semakin mengeras yang menghambat pernapasan (sulit bernapas) serta membuat hidung tidak lagi bisa efektif menyaring benda-benda asing dari luar.


    Akibat keseringan mengupil adalah:


    1. Mudah terkena flu
    Virus flu bisa melewati selaput lendir yang salah satunya terdapat di dalam hidung. Memasukkan jari-jari yang terkontaminasi virus ini ke dalam hidung bisa menyebabkan seseorang terkena flu yang disebabkan oleh diri sendiri. Dalam beberapa hari ke depan, seseorang bisa saja mengalami flu, tenggorokan gatal dan serangan bersin-bersin.


    2. Mimisan
    Jika terlalu sering mengupil atau mengupil dengan keras bisa menyebabkan kerusakan pada lapisan di hidung yang berfungsi melindungi tubuh dari bakteri dan benda-benda asing di udara, sehingga memicu terjadinya mimisan.


    3. Infeksi
    Selain infeksi virus flu, terlalu sering mengupil menyebabkan kuman dan bakteri lebih mudah masuk ke hidung dan menyebar ke bagian tubuh lain.


    4. Merontokkan rambut hidung
    Ketika mengupil secara konsisten dna terus menerus akan menyebabkan rambut hidung rontok. Padahal rambut ini memiliki fungsi penting untuk menyaring debu dan polutan di udara. Tanpa rambut hidung akan membuka jalan bagi semua jenis penyakit dan infeksi masuk ke dalam tubuh.


    5. Bisa meninggal (ini Klo Ngupilnya Extreme)

    Kondisi ini bisa terjadi jika seseorang berusaha mengeluarkan upil yang besar. Karena di dalam hidung ada tulang yang disebut tulang ethmoid, tulang ini memisahkan hidung dari otak. Jika saat mengupil seseorang menusuk tulang ini, maka cairan di otak bisa bocor yang menyebabkan meningitis.

    makanya jangan keseringan :ngupil:
     
    • Thanks Thanks x 3
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. ezra1810 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 5, 2010
    Messages:
    186
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +222 / -0
    wow serem bener yg terakhir gan, bisa bocor cairan otaknya
    wah maksimal ngupil jadinya harus di batasin nih
     
  4. shini234 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 22, 2010
    Messages:
    1,347
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,722 / -0
    Yang terakhir bikin ngeri aja:keringat:

    lagian mana ada orang ngupil sampai seekstrim itu. :ngupil:
     
  5. dyelewer M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 20, 2010
    Messages:
    4,134
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +5,051 / -0
    heheheheh,, baru 5 menit yg lalu gw ngupil..
    emang knapa :???:

    manusiawi asal ga pake tenaga sapi..
     
  6. keiyakufever M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Apr 26, 2011
    Messages:
    7,409
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +71,860 / -0
    :top: ya asal jangan berlebihan ngupilnya :ngupil:
     
    • Thanks Thanks x 1
  7. nununu M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 24, 2010
    Messages:
    2,088
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +198 / -0
    apalagi kalo kukunya agak panjang, ngupilnya jadi enak..
    lalu dileletkan ke bawah meja dan kursi...
     
  8. Rognak87 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 14, 2009
    Messages:
    667
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +5,673 / -0
    abis baca postnya bro nununu
    keingetan sama pemegang world record kuku terpanjang
    apa gak kotor banget tu hidung
     
  9. HoRny M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 12, 2011
    Messages:
    1,814
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +705 / -0
    yg nomor 5 serem amat gan , hrs ati" neh :lol:
     
  10. SankareaCiel M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 26, 2011
    Messages:
    2,731
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +705 / -0
    woot? ngupil bisa berdampak kematian :hahai:

    entah kenapa baca yang ini ngakak saya :lol:
     
  11. fransrouvell M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 2, 2010
    Messages:
    565
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +36 / -0
    :glek: yg no 5 .... ngupil nya pake tangannya orang kali
     
  12. aa_doky M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 28, 2008
    Messages:
    1,209
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +1,672 / -0
    ngeri amat yang terakhir, ampe bisa meningitis gitu :takut:
     
  13. blackKen M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 19, 2010
    Messages:
    1,005
    Trophy Points:
    111
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +294 / -0
    yg terakhir kek'nya agak extreme d :apa:
    masa ngupil aja bsa meninggal
    temen gw aja tiap kali ga ada kerjaan ngupil terus
    lagipula kata'nya ngupil itu membersihkan idung loh kata'nya :iii:
     
  14. consciousness M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 1, 2010
    Messages:
    983
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,630 / -0
    hmm :rokok:
    kalo gtu mulai sekarang mesti dijadwalkan kalo mw ngupil alias dikurangi.. :lol:
    itu yg extreme parah bgt tu,,
    :niceinfo:
     
    • Like Like x 1
  15. Takumi88 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 17, 2009
    Messages:
    660
    Trophy Points:
    127
    Ratings:
    +4,676 / -0
    :kaget: ternyata keseringan ngupil gk bagus juga pa lagi yg bisa menyebabkan kematian :dead:
    for TS :niceinfo:
     
  16. FirecubE Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 25, 2009
    Messages:
    390
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +1,713 / -0
    wooo..ngeri banget baca akibat2nya...
    bisa ampe meninggal juga gara2 ngupil...
     
  17. fierzyad M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 30, 2009
    Messages:
    1,341
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +2,896 / -0
    wah...ampe segitunya perihal perupilan...
    jadi klo ngupil sewajarnya saja...jangan sampe pake gaya bebas...
     
  18. jhonoryza M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 17, 2010
    Messages:
    404
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +71 / -0
    serem juga tuh klo ngupil kena cairan yg deket otak bisa menyebabkan kematian ..:shock:
     
  19. kliver M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 17, 2010
    Messages:
    1,050
    Trophy Points:
    97
    Ratings:
    +509 / -0
    kalo ane ngupil kadang" memang suka ada yg gede :ngupil:
    dan paling susah dikeluarin, bahaya neh... :gaswat:
     
  20. keiyakufever M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Apr 26, 2011
    Messages:
    7,409
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +71,860 / -0
    maknya klo :ngupil: jangan extreme ya :lol:
    :top: betul gan
    ane sarankan pake air biar lebih mudah keluarnya :haha:
     
  21. seventhdivision M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 21, 2011
    Messages:
    1,246
    Trophy Points:
    121
    Ratings:
    +7,532 / -0
    :ngupil: yg ekstrim tuh ga kebayang... :hahai:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.