1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Nongkrong Cobalah Menyantap Kelezatan Kuliner Pasuruan Ini

Discussion in 'Travelling and Culinary' started by cucubago, Mar 16, 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. cucubago Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 7, 2014
    Messages:
    56
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +1 / -0
    [​IMG]

    Wisata Kuliner Pasuruan - Lelah menjelajahi tempat wisata di Pasuruan, jangan lewatkan kesempatan Anda untuk menyantap kuliner khas kota Pasuruan. Kelezatannya yang unik dan khas yang disuguhkan oleh kuliner Pasuruan akan menghilangkan semua rasa penat dan lelah Anda.

    Yup, langsung saja. Inilah beberapa makanan khas Pasuruan yang dapat dijadikan referensi ketika ingin hungting jajajan kuliner Pasuruan.

    1. Kupang Kraton
    Kupang kraton adalah masakan dari bahan yang berasal sejenis bintang laut yang termasuk dalam spesies tiram. Perlu diketahui bahwa selain di Pasuruan, kupang juga banyak diolah di berbagai daerah. Tetapi penggunaan bumbu utama yaitu petis udang yang memiliki khas dari kota Pasuruan dalam membuat kupang kraton ini tentunya akan menciptakan keunikan rasa lain.

    Jika dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya. Sensasi rasa pedas akan timbul dari cabe rawit pilihan terbaik. Dan juga rasa manisnya kupang akan berpadu dengan kecutnya perasan jeruk nipis. Jangankan melihatnya, sepertinya hanya memikirkannya saja sudah cukup untuk membuat iler pengunjung keluar sebelum menyantapnya.

    2. Nasi Punel Dan Sambal Kencok
    Nasi punel atau sering juga disebut nasi bagil karena berasal dari wilayah Bagil. Berbeda dari makanan umumnya adalah nasi punelnya yang pulen serta memiliki nilai gizi yang tinggi. Serta banyak juga masyarakat setempat

    Disajikan dengan lauknya yang bermacam jenis sesuai pilihan dan selera pengunjung. Tetapi biasanya lauk yang sering disajikan adalah daging sapi yang digoreng, dendeng sapi, tempe goring, pepes ikan tongkol, sayur lodeh atau sayur kacang panjang yang ditumis, ikan asin, tahu dengan bumbu bali serta serundeng yang terbuat dari parutan kelapa muda yang digoreng. Dan sebagai pelengkap adalah sambal khasnya yaitu sambal kencok.

    Sambal kencok adalah sambal dari olahan resep tradisional yang dibuat dari cabai merah, terasi, kencur, garam seperlunya, kacang panjang, serta diberi cabai rawit yang menjadikan tambahan cita rasa pedas di lidah. Kacang panjang yang digunakan dipotong dengan ukuran kecil dan pendek. Memang kombinasi yang sangat pas dan pelengkap rasa untuk nasi punel ini.

    3. Rawon Nguling
    Rawon telah menjadi makanan yang terkenal di berbagai daerah Jawa Timur. Namun tentunya setiap daerah memiliki cita rasa yang berbeda dan menjadi ciri khas tersendiri bagi masing-masing daerahnya. Misalnya di Pasuruan, yang paling terkenal adalah rawon nguling.

    Rawon Nguling menjadi makanan yang sangat melegenda, ini tentunya tidak perlu dipertanyakan lagi tentang kelezatannya. Dimulai sejak tahun 1940 rawon nguling hingga sampai detik ini telah memiliki banyak penggemar di berbagai daerah, khususnya di seluruh wilayah Jawa Timur.

    Nah, itulah 3 kuliner khas pasuruan yang jangan sampai Anda lewatkan. Hilangkan rasa segala penat Anda dengan menyantap kuliner lezat ini.

    Selamat mencoba ya gan!! :oghoho::oghoho::oghoho:

    SUMBER: http://www.penginapanonline.com/kuliner/cobalah-menyantap-kelezatan-kuliner-pasuruan-ini.html
     
    Last edited: Mar 16, 2015
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.