1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Catatan seorang Board Gamer : When Games Taught About Life

Discussion in 'Dear Diary' started by vagansza, Sep 4, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. vagansza M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 8, 2009
    Messages:
    3,049
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +60,063 / -0
    Sudah lama rasanya ingin berbagi pengalaman dari apa yang saya dapat dari bermain sebuah game. Terkadang game bisa mengajari tentang hidup. Bagaimana bisa sebuah game mengajari? Jangan lupa, game itu adalah sebuah karya yang mana dibalik sebuah karya biasanya tersirat suatu nilai/kegunaan/keinginan dari si pencipta.

    Satu hal, ini bukan diary harian. Jadi jangan harap saya bakal update harian, tergantung mood aja :peace:
    Tapi kalau abis main suatu game dan dirasa valuenya kuat pasti di ungkapin disini kok :hmm:

    Pengennya sih langsung bahas value dibalik judul suatu board game, ntar dulu deh. Pilih yang general dulu, sebut saja Flappy Bird yang pasti semua member disini tau atau malah pernah memainkannya. Bagi beberapa orang, flappy bird adalah game sampah yang cuma bisa bikin emosi sepihak dan malah bikin orang sombong kalau skornya diatasmu. Namun, coba cermati baik-baik lalu dirasakan, ada nilai penting yang di usung oleh game bikinan Dong Nguyen tersebut. Apa sajakah hidden value dibalik game yang mekanisme bermainnya hanya "tap" untuk terbang menghindari pipa.

    [​IMG]

    1. Persistence, alias keras kepala, diperuntukkan agar mereka tidak gampang putus aja. Apa yang kamu lakukan kalau kalah, waktu menabrak rintangan di Flappy Bird? Coba lagi? Banting HP? atau langsung uninstall?
    Kalau di hubungkan dengan real life, masa iya kamu bakal gampang nyerah begitu aja setelah misalnya gagal keterima kerja di beberapa instansi atau perusahaan. Kalau nyerah ya bubar, your life ends here.

    2. Patience, kesabaran. Flappy Bird sebenarnya adalah game tentang timing atau ketepatan waktu untuk eksekusi. Terlalu cepat tapping bisa bikin kalah, begitu juga kalau terlambat untuk tap. Pesannya adalah, kalau mau bersabar, pasti bakal ketemu kok timingnya. Dihubungkan dengan persistence diatas, mungkin kamu beberapa kali gagal interview kerja, tapi kalau mau sabar dan percaya bahwa memang nanti ada waktunya sendiri kamu akan mendapat pekerjaan maka disitulah hikmah yang luar biasa dari kesabaran.

    [​IMG]

    3. Don't underestimate small problem. Tap > Fly > Avoiding obstacle, tahapan itu mungkin terlihat mudah tapi bagi yang udah mencoba sendiri, lewat 2-3 pipa saja mungkin butuh waktu setengah jam. Sesuatu yang terlihat mudah belum tentu benar-benar mudah karenanya jangan sampailah kamu mengambil sikap untuk tidak menyepelekan masalah-masalah yang kecil. Ingat, di flappy bird game sesimpel itu kalau kamu menganggapnya remeh malah bisa membuat dirimu sendiri jadi kesel kan?

    Jangan juga melihat sebuah masalah itu sebagai sesuatu yang besar dan menghalangi atau malah dijadikan beban! Jangan malah, ah Flappy Bird kayanya susah nih, males maen ah. Itu baru kayanya, belum-belum sudah menganggapnya sakral sebelum benar-benar mencoba.

    Hal yang menurut saya paling benar adalah coba hadapi, selesaikan dulu masalah yang paling kecil. Kalau yang kecil dibiarkan, akan muncul perintilan kecil lain yang nanti malah akan membuatmu kualahan dan bisa berujung stress.
    4. Set you goals and stay focus. Saya memang orang yang keras kepala, gak akan berhenti menyerah kalau sesuatu yang saya mau belum tercapai. Gak mungkin bagi saya mainin Flappy Bird sampe skor 100, rekor saya cuma 80-an waktu itu, walaupun beberapa teman ada yang bisa sampe 130-an. Tapi itu set goal saya. Saya bilang saya bakal udahan ato brenti main kalau udah dapet angka 80. Mereka yang pamer ke saya gak ngaruh, karena goal saya sudah terpenuhi. Kalau di konvert ke real life, kalau udah punya goal sendiri, stay focus. Jangan mudah tergoda dengan hal-hal yang memang bukan tujuan mu, apalagi terpengaruh dengan hasil orang lain. Misal, kalau kamu bilang nanti lulus kuliah mau buka usaha bakso waktu lulus ya udah buka warung bakso jangan tetiba jadi ternak bebek karena mungkin hasilnya lebih menggiurkan. Goal yang kamu ciptakan menjadi batu pijakan kamu sendiri, masalah nanti abis buka warung bakso ditutup ganti usaha bubur biar naek haji ya silahkan, minimal set goal awalmu tercapai. Mungkin usaha bubur menjadi goal kedua mu ketika minggu-minggu awal usaha bakso jalan.

    Ini cuma catatan ya. Hidup orang juga berbeda-beda, gak semua pesan diatas bisa dirasakan semua orang.

    *Oiya, game barunya Flappi Bird udah keluar, judulnya Swing Copters. Goal saya untuk game ini juga sudah tercapai, sama skor 80 :unyil:
    [​IMG]
     
    Last edited: Sep 5, 2014
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.