1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.

Cara Mudah Membuat Daftar Isi

Discussion in 'School and Campus Zone' started by sofyan17, Feb 9, 2016.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. sofyan17 Members

    Offline

    Joined:
    Dec 17, 2015
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    Daftar isi biasanya dibuat untuk mempermudah seseorang dalam membuat buku, makalah, dan sebagainya. Daftar isi ini berfungsi untuk membuat gambaran besar isi dan penjalesan dari buku, makalah, atau skripsi tersebut.

    Zaman dulu biasanya daftar isi di ketik oleh mesin tik, namun kini karena zaman pun sudah modern, maka kebanyakan orang membuat daftar isi menggunakan Microsoft Word. Microsoft Word adalah salah satu aplikasi terbaik dalam pengelolahan kata. Hampir semua orang di dunia ini kalau ingin menulis, mengerjakan tugas, ataupun membuat laporan pasti memakai aplikasi bawaan MIcrosoft ini.

    Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat daftar isi menggunakan Microsoft Word. Yuk, simak dengan seksama.

    1. Buka aplikasi Microsofts. Word pada laptop kamu. Setelah itu akan terlihat lembar kerja seperti gambar di bawah ini. Selanjutya kamu harus mengaktifkan menu Ruler. Adapun cara mengaktifkannya adalah dengan mengkik ribbon, lalu View dan centang pada pilihan Ruler.
    [​IMG]

    http://biftah.com/

    2. Kemudian ketiklah kata yang diinginkan Daftar Isi pada awal paragraf kemudian kamu ratakan di tengah. Lalu pada paragraf kedua ketikkan Kata Pengantar. Selanjutnya, klik di area ruler berwarna putih sehingga muncul seperti huruf “L” yang berwarna hitam. Buatlah tanda seperti itu sebanyak 2 buah, jangan lupa juga aturlah posisinya. Jika kamu bingung kamu bisa melihat contohnya seperti gambar di bawah ini.
    [​IMG]
    http://biftah.com/
    3. Kemudian klik 2 kali pada tandan “L” tersebut, maka akan keluar box seperti gambar di bawah ini.
    [​IMG]
    http://biftah.com

    JIka boxnya sudah keluar maka kamu harus mengaturnya seperti ini:

    Di bagian default tab sto & tab stop position abaikan saja.
    Pada bagaian alignment pilih yang Right
    Di tab leader pilih No. 2
    kemudian klik tombol Set
    Klik OK
    Jika sudah melakukan langkah-langkah di atas, coba perhatikan bahwa tanda “L” di atas sudah berubah menjadi terbalik. Lihat gambar dibawah ini.
    [​IMG]
    http//biftah.com
    4. Kemudian hover kursor kamu pada “Kata Pengantar. Jika sudah, klik tombol TAB yang terdapat di keyboard, maka secara otomatis titik-titik tersebut keluar hingga tanda “L” yang posisinya terbalik itu.
    [​IMG]
    http://biftah.com/

    5. Lalu kamu bisa menuliskan nomor halaman setelah titik-titik. Caranya adalah dengan menekan tombol TAB kembali sehingga kursor akan meloncat pada tanda “L” yang kedua.
    [​IMG]
    http://biftah.com

    Jika semuanya selesai membuat titik-titik serta mengisi nomor pada halaman kata pengantar. Kamu tidak usah mengulangi langkah-langkah di atas lagi, adapun yang harus kamu lakukan adalah melanjutkan pengetikan bagian-bagian dari Daftar Isi tersebut.

    Demikian sedikit penjelasan mengenai cara membuat daftar isi. Semoga bermanfaat ya, sekian dan terima kasih.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. altux Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 2, 2009
    Messages:
    140
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    ara Paling gampang itu pakai Headings, insya Allah saya akan buatkan
     
  4. ardhaz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 18, 2010
    Messages:
    48
    Trophy Points:
    21
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +10 / -1
    paling gampang lagi bikin daftar isi pakai menu "Reference" trus pakai yang "table of contents". langsung keluar dah daftar isinya, plus kalau nomor halamannya berubah, bisa update otomatis :siul:
     
  5. genbumaster Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 30, 2009
    Messages:
    198
    Trophy Points:
    42
    Ratings:
    +53 / -2
    iya sayang banget kalo ga pake table of content (toc) nya word padahal udah ada dari dulu ... kalo yang diatas mah manual banget ... yang enank tuh pake toc, terus pake custom heading h1,h2,h3,h4 untuk judul dan sub-sub judulnya ... otomatis nge-link ke documentnya, nomor halaman juga otomatis ...
     
  6. altux Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 2, 2009
    Messages:
    140
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    enaklnya klo pakai TOC-headings juga klo dfile itu dibuat PDF, maka akan ada semacam marka buku, jadi kita bisa ke bab berapa2 tanpa melihat daftar isi.
     
  7. altux Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 2, 2009
    Messages:
    140
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    Maaf, ini yang belum pakai gambar nanti diperbaharui, klo yang lain ada:
    https://support.office.com/id-id/article/Membuat-daftar-isi-5eaadd8f-efa5-4791-84ba-746383b97ecb
    http://bacaterus.com/cara-membuat-daftar-isi/
    :

    Ini adalah contoh, sesuaikan dengan yang milik anda. Saya biasanya:
    Bab -> A. -> 1-> a.->(1)
    Ada juga yang seperti ini:
    1->1.1->1.1.1->1.1.1.1->1.1.1.1.1
    Bisa juga ga semuanya, misalnya yang ada di daftar isi hanya :
    BAB I
    A.

    Ini saya contohkan yang cukup dua, intinya sama, nanti kalau makin rumit, tambahkan saja heading di belakangnya.
    1. Blok Nama Bab
    [​IMG]
    2. Klik Kanan pada Heading 1-> klik Update Heading 1 to Match selection
    [​IMG]
    3. maka Bab I telah menjadi Heading 1,
    4. Untuk Bab lainnya tinggal diblok lalu klik Heading 1 di atas, contoh :
    [​IMG]
    5. Sekarang Blok bagian bawahnya
    [​IMG]
    6. Klik kanan pada Heading 2-> klik Update Heading 2 to Match selection
    [​IMG]
    7. maka “A. Nama Kegiatan” telah menjadi Heading 1,
    8. Untuk Bagian selanjutnya (B, C, D, dst) tinggal diblok, lalu klik Heading 2, contoh :
    [​IMG]
    9. Kalau semua sudah Bab sudah jadi Heading 1 dan A,B, C, dst jadi Heading 2, kini ke Daftar Isi, dan buat “Daftar Isi” jadi Heading 1. Kalau ada yang dia atasnya daftar isi seperti sambutan, kata pengantar, halaman pengesahan dll, buat jadi “heading 1” dengan cara diblok lalu klik heading 1
    [​IMG]
    10. Pindahkan kursor ke bawah daftar isi (klik “enter” di ujung kata “ISI”)

    11. Klik Tab References->Table of Contents-> Custom Table of Contents
    [​IMG]
    12. Nanti akan muncul seperti dibawah, sesuaikan semua parameter sesuai dengan yang ada di gambar, lalu tekan OK
    [​IMG]
    13. Rapihkan Daftar isi yang telah dibuat, bila ada yang tidak pas dan kurang, perbaiki saja lalu klik “update table”

    sekali lagi diingatkan, ini hanya yang sederhana dan pakai 1 subjudul saja, klo subjudul makin banyak, heading yang dipakai bisa lebih dari 2., apalagi untuk tulisan-tulisan yang ratusan dan ribuan halaman
     
    Last edited: May 18, 2016
  8. Qodmasi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 22, 2012
    Messages:
    158
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +39 / -0
    di satu thread ada 2 cara membuat daftar isi nih, bagus buat yg masih bingung2 buat bikin ini..
     
  9. RyuKuShuRO Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 3, 2014
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +3 / -0
    kereeen ini jadi ada hyperlink yaaaaa?

    ,
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.