1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh dengan Makanan Alami

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by serenamilka, Sep 8, 2021.

  1. serenamilka Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 10, 2020
    Messages:
    188
    Trophy Points:
    26
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +1 / -0
    [​IMG]

    Dalam melakukan aktivitas, tubuh membutuhkan energi yang cukup untuk mengontrol organ-organ yang ada di dalam tubuh. Energi tersebut dapat diperoleh dari proses penyerapan sari-sari makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Proses ini termasuk ke dalam metabolisme, yang mana proses ini terjadi di dalam sel-sel tubuh. Kurangnya asupan makanan dan minuman dapat memperlambat proses metabolisme. Cara meningkatkan metabolisme tubuh adalah memperhatikan asupan makanan dan minuman yang mengandung banyak nutrisi dan kalori.

    Untuk menjaga laju metabolisme yang stabil, Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kalori dan protein. Berikut beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan metabolisme:

    1. Sayuran Hijau
    Di dalam sayuran hijau selain mengandung banyak vitamin yang baik untuk mendukung kesehatan Anda. Terdapat pula kandungan mineral seperti zat besi, magnesium, kalsium serta kalium yang juga berperan untuk membantu untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

    2. Cabai
    Meski memiliki rasa yang pedas, ternyata cabai memiliki kandungan capsaicin yang mampu untuk meningkatkan suhu tubuh. Kandungan ini dapat memberikan sensasi pedas saat dikonsumsi. Selain itu, cabai juga dapat menekan nafsu makan Anda sehingga dapat menurunkan berat badan.

    3. Kopi
    Kandungan kafein pada kopi konon katanya dapat membantu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Kandungan kafein yang terdapat pada kopi merangsang thermogenesis guna membantu membakar lebih banyak lemak. Selain itu, kandungan asam klorogenik pada kopi juga dapat membantu menurunkan berat badan dan berfungsi memperlambat penyerapan karbohidrat dan mengurangi lemak.

    4. Ikan
    Di dalam ikan terdapat berbagai nutrisi penting untuk tubuh. Kandungan gizi yang terdapat pada ikan yaitu asam lemak omega 3, protein, vitamin A, Vitamin B6 dan Vitamin B 12. Yang mana kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh dalam menjaga tubuh agar tetap sehat dan membantu lajunya metabolisme. Selain itu terdapat kandungan mineral seperti yodium dan selenium yang membantu meningkatkan metabolisme tubuh serta sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas.

    5. Air Putih
    Mengonsumsi air putih adalah cara meningkatkan metabolisme tubuh paling sederhana. Dengan konsumsi air putih yang cukup dapat membantu mempercepat lajunya metabolisme dan membakar lemak dalam tubuh. Dengan minum air putih, sirkulasi darah menjadi lancar dan membantu menyeimbangkan elektrolit tubuh. Dalam hal ini air putih secara tidak langsung berperan dalam membantu sel membentuk energi dan menjalan aktivitas metabolisme. Sehingga bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan namun tidak memiliki waktu untuk olahraga, mengonsumsi air putih yang banyak dapat menjadi solusi.

    6. Apel Hijau
    Mengonsumsi apel hijau ternyata juga bisa membantu meningkat metabolisme tubuh. Pasalnya apel yang satu ini mengandung kadar serat lebih rendah dibandingkan jenis apel merah. Kandungan serat yang rendah inilah yang dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh serta membantu pergerakan usus bebas. Tak hanya itu, kandungan zat besi pada apel hijau juga bermanfaat menyerap oksigen yang mana dapat membantu memperlancar laju metabolisme dalam tubuh.

    7. Teh Hijau
    Kandungan kafein pada teh hijau bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan saat mengonsumsi teh hijau lemak dalam tubuh terbakar. Selain kafein, kandungan katekin yang terdapat pada teh hijau berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Minum secara rutin teh hijau untuk mendapatkan hasilnya.

    Bagi Anda yang ingin meningkatkan metabolisme tubuh namun tidak memiliki waktu untuk berolahraga, beberapa rekomendasi makananan dan minuman di atas bisa menjadi solusi. Pasalnya mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin dan mineral merupakan cara meningkatkan metabolisme tubuh paling sederhana yang bisa dilakukan.
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.