1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Cara Mengetahui Kualitas Air

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by smkosasih, Oct 19, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,189 / -0
    [​IMG]
    Air merupakan salah satu komponen penting dalam kehidupan manusia, karenanya mengonsumsi air yang bersih menjadi faktor keharusan tersendiri. Lalu bagaimana cara mengetahui suatu air bersih atau tidak?

    Tidak semua daerah di Indonesia terutama di Jakarta memiliki kualitas air yang baik, padahal air digunakan untuk berbagai macam kegiatan dan salah satunya untuk minum. Karena itu kebersihan air yang diminum akan mempengaruhi kesehatan seseorang.

    "Secara visual masyarakat bsia mengetahui apakah air yang dikonsumsinya layak atau tidak, baik dari mikroorganisme atau dari senyawa-senyawa kimia seperti logam berat," ujar Dr R Budi Haryanto, SKM, MKes, MSc dalam acara Unilever Pureit: Teknologi Pemurni Air Siap Minum Terlindung dari Kuman berbahaya Penyebab Penyakit di Planet Hollywood, Jakarta, Selasa (19/10/2010).

    Untuk mengetahuinya Budi menyarankan masyarakat untuk mengambil air lalu dilihat kejernihannya, menciumnya untuk tahu apakah berbau atau tidak dan menjilatnya untuk mengetahui berasa atau tidak. Air yang layak seharusnya berwarna jernih, tidak berbau dan tidak memiliki rasa.

    Sedangkan untuk senyawa-senyawa kimia seperti logam berat biasanya akan kelihatan dan berbau. Misalnya untuk logam Fe (besi) atau mangan, begitu air tersebut ditampung akan terlihat seperti ada lapisan kaca atau minyak di aatsnya. Jika didiamkan beberapa lama akan timbul endapan coklat di pinggiran ember atau panci. Tapi untuk senyawa kimia seperti Arsen umumnya tidak berwarna.

    Air yang digunakan oleh masyarakat untuk kegiatan sehari-hari dan juga air minum juga berbeda-beda, ada yang menggunakan air tanah dangkal atau dalam serta air PAM.

    "Air tanah yang digunakan oleh masyarakat di Jakarta umumnya dangkal, padahal semakin rendah kedalamannya maka kualitasnya semakin tidak bagus. Hal ini karena tanah dan geologinya masih labil serta memungkinkan terjadinya kontaminasi dengan permukaan tanah," ujar pakar kesehatan lingkungan dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia ini.

    Sedangkan untuk air PAM bahan baku yang digunakan biasanya berasal dari air sungai. Seperti diketahui beban air sungai saat ini cukup berat karena dari hulunya sudah tercemar oleh limbah rumah tangga, industri dan pestisida hutan, sehingga kinerja penyaringannya pun makin berat.

    Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Unilever yang bekerja sama dengan Sucofindo pada tahun 2009 di 300 sumber air tanah di wilayah Jabodetabek dan Bandung didapatkan hasil 48 persen air tanah di Jabodetabek dan Bandung mengandung bakteri coliform, dan 50 persen air tanah memiliki tingkat pH yang rendah dan diluar ambang batas wajar.

    "Bakteri, virus, protozoa yang mengkontaminasi air bisa menimbulkan penyakit yang sebagian besar berhubungan dengan perut seperti diare. Sedangkan senyawa kimia yang terdapat di dalam air seperti zat besi, mangan atau timbal akan menimbulkan penyakit kronis atau jangka panjang seperti kerusakan ginjal, menurunkan IQ, anemia hingga gangguan reproduksi," ungkapnya.

    Budi menuturkan senyawa-senyawa kimia ini umumnya memiliki target organ yang berbeda-beda, ada yang di ginjal, tulang atau sistem saraf pusat. Karenanya pencemaran senyawa kimia ini umumnya baru akan terlihat setelah jangka waktu yang panjang. Sedangkan untuk pencemaran bakteri umumnya terlihat dalam jangka waktu pendek.

    sumber:detikHealth
     
    Last edited by a moderator: Dec 6, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. bejoz3140 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 20, 2009
    Messages:
    139
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +24 / -0
    jadi intinya cuma diliat...dicium...dijilat...
    lah kalo kaya air zam2 yg katanya..kandungan mineralnya tinggi..kan rada punya rasa2 aneh gitu tuh..
    gimana donk...???
     
  4. invisible_woman M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 24, 2010
    Messages:
    1,206
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,252 / -0
    coba ada teknologi yg bisa mendeteksi air bersih air kotor :peace:
     
  5. de_tee M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 7, 2009
    Messages:
    960
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +789 / -0
    eewww.. Membayangkan minum air yang sarat kuman itu aja bisa bikin berasa mau muntah..
    Makanya.. Hal pertama yang perlu dijaga juga darikita sendiri.. Jagalah kebersihan lingkungan..lingkungan bersih menciptakan bnyak sekali keuntungan bagi kita sendiri..salah satunya yah buat sarana air bersih itu..terjauh dari limbah dan sampah rumah tangga misalnya..
     
  6. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,084
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,303 / -0
    Yang perlu dari pengamatan terhadap air adalah ke sifat fisiknya.

    Air yg layak minum umumnya tidak berbau sama sekali, tidak tampak ada benang2 atau benda asing mengapung, tidak berwarna, dan setelah dikocok harus tampak kembali homogen dalam waktu singkat (kurang dari 5 detik).
    Sedangkan kalau uji air bersih yang di lab air, ada lagi beberapa parameternya. Jika kurang yakin sama air yg mau diminum (ini terutama buat penjual galonan), sebaiknya tes dulu kualitas air masing2 di lab air.
     
    • Thanks Thanks x 1
  7. aira_LMH_PMY M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 28, 2011
    Messages:
    1,016
    Trophy Points:
    96
    Ratings:
    +1,172 / -0
    masalah air zam2 bisa dilihat di BPOM,
    lebih bagus di ambil dari sumu zam-zamnya langsung
     
  8. syahalam M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    470
    Trophy Points:
    141
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,127 / -0
    darimana kita tau itu air diambil dari kedalaman berapa??
    :???:
     
  9. crazy4fun M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    May 1, 2009
    Messages:
    6,251
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +5,837 / -0
    Brarti memang rata2 air yg ada di daerah indonesia uda tercemar yah :bingung:
    Mudah2 an aja ke depannya bakal lebih diperhatiin lagi kebersihan air di indo :sigh:
     
  10. Hoyhoy M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 18, 2011
    Messages:
    206
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +8 / -0

    setuju nih sama om momod.. simple klo ngetes yg singkatnya.. klo mau lbih akurat sih emang mnding ke lab.. :D
     
  11. gloome M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 29, 2011
    Messages:
    625
    Trophy Points:
    72
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +67 / -0
    Intinya mayoritas air di Jabodetabek sudah tercemar dong? Solusinya gmn?
     
  12. CuteAlice Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 25, 2009
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    hmmm... "menjilat" kalau airnya beracun gimana kita tau caranya?
    Kan ada juga air yang tidak bau dan tidak berwarnatapi terdapat zat2 yang beracun :)
     
  13. boaloverz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 7, 2009
    Messages:
    618
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +1,265 / -0
    wah belum tentu juga sih gan ada jg air putih bersih gak berbau tapi ada racunnya..
     
  14. jatiwulung Members

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 14, 2011
    Messages:
    595
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +56 / -0
    :???: ga hanya di Jabodetabek. Di kota-kota besar yg wilayah urbannya padat, air bersihnya juga bisa krisis, apalagi saat dilanda musim kemarau.
    Semoga pemda setempat terketuk hatinya membuat program peremajaan cadangan air bersih di kota-kota. Meski sumber air di kota itu semua mahal karena bergantung pada aliran PAM.
     
  15. Boby_Tampan M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 8, 2010
    Messages:
    587
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +447 / -0
    aku coba ringkaskan dari artikelnya TS, mudah2 tidak salah
    :niceinfo:
    soalnya aku penggemar minum air putih
     
  16. zombietolol Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 2, 2010
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +1 / -0
    klo ane biasanya baru ambil air tu keliatan jernih.. tapi setelah didiamkan malah kotornya minta ampun deh -_-
    dan ternyata sudah diminum... berhati2 lah memilih air
     
  17. shaka Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 15, 2011
    Messages:
    93
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    kebanyakan air galonan tidak memenuhi kriteria ini, walau harga pergalonnya cuma Rp.3000 - 3500 masih ada ada dan tidak jernih
     
  18. Raejin Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 27, 2011
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    solusi ny konsumsi air ujan aj tu bro......hehe,mending bisa ngemat dikit dari pd beli air galon :D
     
  19. fallofthe3rdreich M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    1,068
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,987 / -0
    kalo buat orang di daerah gunung yg sering hujan sih enak
    lha kalo di kota nyang jarang ujan???
     
  20. shaka Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 15, 2011
    Messages:
    93
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    air hujan juga tidak menjamin karena jika hujannya mengandung zat asam yang berasal dari pencemaran udara malah membunuh tuh... kalohujan daerah pegunungan mungkin baru bisa, kalo daerah kotaampun dah... asam.. paku aja berkarat dibuatnya
     
  21. yadiein M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 6, 2011
    Messages:
    3,422
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +59,003 / -3
    kalau ane masih di daerah pegunungan gan
    jadi masih aman-amanaja gan

    nah loh yang di kota gede (terutama JAKARTA )

    gimana tuh kualitas air nya ?
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.