1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Cara Jualan Online yang Bikin Produk Laku Teruuusss

Discussion in 'Entrepreneur Talks' started by miraxsubiz, Apr 2, 2016.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. miraxsubiz Members

    Offline

    Joined:
    Jan 5, 2016
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    11
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2 / -0
    Permisi, saya share sedikit lagi soal penjualan ya... Menurut saya ini berguna banget. Apalagi buat yang jualannya online. Bisa banget tip dan trik di artikel ini dipraktikkin supaya penjualan teruuuussss meningkat. :ogblink:

    ---

    Kiat Pemasaran Online untuk Peningkatan Penjualan

    Membuat orang membeli dari Anda bukanlah tugas mudah dan produk bagus saja tidak cukup. Anda harus menarik banyak orang ke situs Anda, memberi mereka pengalaman yang menyenangkan, menunjukkan proses transaksi yang baik, dan membuat mereka memilih “Beli”. Saat pemesanan sudah dilakukan, Anda harus menindaklanjutinya dan memastikan bahwa mereka puas dengan layanan pengiriman yang tersedia atau bersiap untuk menerima pengembalian produk dengan ramah.

    Dan itu pun bukan akhir prosesnya. Jika Anda ingin mereka meluangkan lebih banyak waktu di toko Anda, Anda harus melakukan lebih. Anda harus berinteraksi dengan mereka, memastikan mereka mendapat pengalaman tak terlupakan, mendorong mereka untuk lebih sering mengunjungi situs Anda dan menawarkan mereka berbagai keuntungan sebagai pelanggan.

    Agar Anda tidak merasa kerepotan dengan semua ide di atas, berikut kami telah mengumpulkan tujuh kiat pemasaran untuk membantu Anda menjual lebih banyak dan meraih kesuksesan bersama bisnis online Anda.

    1. Personalisasi pengalaman

    [​IMG]

    Personalisasi membuat pengalaman belanja menjadi lebih spesial. Pelanggan merasa lebih senang dan puas saat Anda berusaha memenuhi kebutuhan spesifik mereka, dan bukannya sekadar memberi layanan generik yang sekadar pukul rata.

    Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk personalisasi layanan, misalnya menyarankan benda yang relevan, memberi saran khusus, menyediakan produk/layanan kustomisasi, dan menuliskan surel yang personal. Setiap hari Anda mengirimkan puluhan surel untuk penjualan, konfirmasi pengantaran, bukti pembelian, dan sebagainya. Buat surel-surel ini lebih personal dengan menyapa pelanggan menggunakan nama mereka dan menyediakan informasi yang dikhususkan bagi ketertarikan mereka.

    2. Pemasaran kontekstual

    Pemasaran kontekstual merupakan pengiklanan tertarget berdasarkan informasi pengguna. Pemasar akan mengumpulkan data berisi kata kunci pencarian atau aktivitas terbaru pelanggan dan menampilkan secara khusus kepada mereka iklan berisi jenis produk/jasa yang mereka cari.

    Pemasaran jenis ini didasarkan pada profil dan perilaku pelanggan. Menunjukkan pesan yang relevan kepada calon pembeli tertarget di waktu dan tempat yang tepat sangat berguna. Hal ini bisa meningkatkan kesempatan menarik traffic yang tepat ke situs Anda dan mengonversikan pengunjung yang memiliki ketertarikan menjadi pelanggan.

    3. Opsi pengiriman mengesankan

    [​IMG]

    Opsi pengiriman yang tidak memuaskan bisa membuat 50% pelanggan mengabaikan pembelian online mereka. Maka, tinjaulah opsi pengiriman Anda dan cari cara untuk mengembangkannya atau lupakan setengah keuntungan yang mungkin Anda dapatkan.

    Anda bisa meningkatkan kebijakan pengiriman Anda dalam banyak cara, misalnya pengecekan kiriman, informasi pengiriman yang jelas, pengiriman gratis, pengembalian mudah, dan lain sebagainya. Menurut IMRG, 75% pelanggan lebih suka memiliki akses ke pengecekan pemesanan online. Sementara itu 87% pelanggan beranggapan pengiriman gratis dan pengembalian mudah merupakan unsur penting dalam berbelanja online, menurut Royal Mail.

    4. Media sosial


    Kini, pelanggan meluangkan waktu lebih lama di internet daripada sebelumnya. Mereka berbicara dengan teman di jejaring sosial mereka dan membagikan banyak informasi setiap harinya. Jika Anda ingin memperluas persebaran brand Anda, Anda harus lebih aktif di media sosial.

    Selain Facebook, Instagram dan Pinterest juga merupakan jejaring sosial yang bagus untuk menyebarluaskan pengetahuan tentang produk Ada dan memancing traffic ke situs Anda. Buatlah pin atau foto menarik tentang produk-produk Anda yang bisa menarik perhatian orang dan membuat mereka ingin membagikannya. Infografik informatif adalah cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mendapat lebih banyak “like” dan “share”.

    5. Konten buatan pengguna

    [​IMG]

    Jika berbicara tentang penjualan online, maka berbicara tentang diri Anda sendiri tidaklah cukup. Pelanggan tidak bisa menyentuh atau memeriksa produk Anda secara langsung, maka mereka membutuhkan pendapat para pelanggan lain sebelum membuat keputusan. Jika begitu, mengapa tidak sekalian saja beri pelanggan Anda kesempatan untuk menunjukkan pendapat mereka?

    Konten buatan pengguna ini bisa diwujudkan dalam beragam bentuk mulai berupa ulasan produk, rating, komentar blog, testimoni, rekomendasi, dan sebagainya. Konten seperti ini bertindak sebagai bukti sosial untuk menghilangkan keraguan dan meningkatkan keyakinan saat melakukan pembelian online. Meski begitu, berbagai konten ini juga perlu dipantau untuk menghindari efek negatif yang mungkin ada yang bisa merusak brand Anda.

    6. Penjualan di berbagai platform


    Anda baru saja meluncurkan toko online Anda? Dalam tahapan awal ini, tujuan utama Anda haruslah untuk meraih sebanyak mungin traffic. Jangan hanya bergantung pada situs bisnis online Anda. Populerkanlah situs Anda melalui platform penjualan lain yang sudah banyak dikenal seperti eBay, Amazon, atau platform media sosial lain seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain.

    Hal ini akan membuat bisnis Anda lebih terekspos dan memberi kesempatan untuk mengonversikan pelanggan dan menghasilkan keuntungan. Platform apa pun yang Anda gunakan, selalu ingat untuk tetap fokus. Jangan pergunakan sumber daya Anda jika tidak perlu. Tetaplah berada di tempat mayoritas pelanggan Anda berada dan strategi Anda akan memberi hasil lebih baik.

    7. Program Loyalitas


    [​IMG]

    Akan lebih mudah untuk menjual kepada pelanggan Anda yang sudah ada daripada kepada calon pelanggan baru. Meningkatkan ketahanan pelanggan sebanyak 5% bisa meningkatkan keuntungan hingga 25-95%, menurut Harvard Business School. Saat Anda sudah memiliki basis pelanggan yang bagus, perhatikan strategi ketahanan Anda. Tidak ada gunanya menarik pelanggan setiap hari, hanya untuk membuat mereka tidak datang lagi untuk yang kedua kalinya.

    Program loyalitas yang baik membawa pelanggan kembali ke toko Anda dan mendorong mereka untuk berbelanja lebih banyak. Dalam program ini pelanggan mendapatkan diskon khusus, keanggotaan, atau imbalan menyenangkan lainnya jika sering-sering berkunjung dan rutin berbelanja di toko Anda.

    Selain semua kiat di atas, Anda tentunya juga bisa menghasilkan strategi orisinal lain. Batasnya hanyalah kreativitas Anda.

    ---

    Gimana? Apa selama ini kamu udah praktikkin semua itu? Kalo belum, sekarang saatnya. Bikin bisnis kamu terus moncer.

    Biasalaaah... Artikel ini saya dapetnya dari blog Subiz juga. Artikel aslinya bisa ditemuin di sini.

    Salam sukses!! :gadiskya:
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. startupjobsindonesia Banned User

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 7, 2015
    Messages:
    323
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    terkadang melihat para penjual online sering banget nyepam entah di fp atau group lain, ayolah...cerdas dikit.
    tidak ada gunanya nyepam, yang ada malah di block sama admin group. lebih baik coba teknik iklan fb bisa dapet konsumen tertarget apalagi pakai tool InsightZilla langsung deh melonjak penjualan..

    pusat plakat akrilik
     
    • Setuju Setuju x 1
    Last edited: Jul 22, 2016
  4. christo234 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 10, 2010
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    itu yang sulit. gimana agar customer repeat order ke kita. jadi harus pinter2 juga cari barang yg mau di jual gan
     
  5. raditiza Members

    Offline

    Joined:
    Jan 12, 2011
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    kalo bangun image brand kita jadi lebih ikutin trend gitu termasuk ga ya gan ?
     
  6. digmark Members

    Offline

    Joined:
    Sep 7, 2016
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    Wah cukup memberikan inspirasi gan sekarang ini kebetulan ane lagi nyoba jadi Digital Marketing hehe
     
  7. aanyogya Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 18, 2010
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    2
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    Cukup inspiratif, baru mau memulai toko online nih.
     
  8. spartaboy Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 25, 2010
    Messages:
    208
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +6 / -0
    Media promosi website online ataupun sejenisnya tetap via offline juga. Daripada capek2 spam dan broadcast, lebih efektif dan efisien waktu pakai spanduk di sekeliling kota. Jam tayang spanduk juga 24 jam, sering dilihat orang apalagi lagi bosen nungguin lampu merah.
     
  9. satukata Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 8, 2012
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    nyimak ah,, tertarik cuma masih bingung mulainya gimana,,
     
  10. raikoudan Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 5, 2017
    Messages:
    34
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    Nyimak dulu gan.. penting banget nih digital marketing sekarang..
     
  11. gilfar18 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 8, 2012
    Messages:
    36
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    yg pasti tau target pasarnya siapa
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.