1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tips Cara Irit Menghemat Bensin Mobil / motor

Discussion in 'Otomotif' started by molenjawa, Jul 16, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. liquidliquor Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 25, 2009
    Messages:
    422
    Trophy Points:
    101
    Ratings:
    +2,878 / -1
    Takaran terlalu lama ? kan beda-beda tiap motor.
    Terutama motor keluaran terbaru yang udah pake fuel injection.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. conect Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 17, 2010
    Messages:
    99
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    kalo manasin motornya 2 menitan cukup nggak gan?
     
  4. chradi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 8, 2013
    Messages:
    37
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +0 / -0
    kalo transmisi matic tau giginya dari mana
     
  5. mmmmmmm M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 16, 2011
    Messages:
    499
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +6 / -0
    poin penting saat ngegas itu pelan-pelan dan jaga jarak supaya tidak terlalu banyak ngerem
     
  6. cloud17 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 23, 2011
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    mobil motor terbaru panasin 1 menit aj cukup, lgsg jalan aja abis itu.. panasin nya sambil jalan..
     
  7. ketjaps Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 24, 2011
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    hm, yang pasti kalo metic bensinnya lebih cepet abis.. ada tips buat lebih iritan?
    secara metic gasnya diawal gede buat narik, gas gede = bensin boros??
     
  8. gorie Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 21, 2012
    Messages:
    35
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    buat motor mah pokoknya tangan kanan sekolahin dulu deh... :oghoho:
    biar narik gasnya sopan, gak main bejek aja.....
    trus usahain ban di isi nitrogen, biar tekanannya gak cepet berkurang. coz dari pengalaman sih salah satu penyebab BBM boros tu karena tekanan angin berkurang tanpa kita sadari, jadi motor mesti jalan dengan beban gak semestinya.
    trus kalo mau lebih mantep pake aja DC stabilizer, biar pembakaran sempurna....
    sekalian ganti koil ama cdi biar makin irit tapi juga motor makin ngacir.... :ogngacir:
     
  9. 7ACKBVLGARI Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 14, 2013
    Messages:
    53
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +5 / -0
    Dengan keadaan lalin di jakarta ini sptnya sulit untuk mendapatkan hitungan irit, yang mana selalu macet dan jalannya juga stop n go.

    Kampas rem dan kopling abis, bensin abis, mesin panas, dsb.

    Yg penting dicermati lah jam berangkat dan pulangnya
     
  10. excelzior Members

    Offline

    Joined:
    Dec 18, 2012
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    boros iritnya kendaraan kadang suka relatif sih, bagi A irit belom tentu bagi B irit juga..
    kalo gue pribadi lebih ke pengaturan bukaan gas, usahakan jangan kelewat dalem, sekenanya aja asal kendaraan jalan..
    awalnya pasti pelan2 banget, cuma kalo udah kebiasaan jadinya enak deh, ada perbedaan signifikan di penggunaan BBM..
    ini cuma gara gara kaki/tangan yang belajar lhoo, belom pake penghemat dkk
     
  11. crast Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 13, 2008
    Messages:
    231
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +17 / -1
    Kalau pake mobil matic bisa coba teknik pulse&glide. Lumayan irit di mobil ane.
    Pendapat ane kalo Matic mending diesel. Pengalaman pake keduanya. Utk masalah keiritan dan tenaga menang diesel. Bensin gak bisa nyamain torsi di rpm rendah (dibawah 2000rpm) yang penting banget untuk irit bbm

    Sent from my GT-P5100 using Tapatalk
     
  12. EsBuah Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 31, 2013
    Messages:
    121
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +12 / -0
    molenjawamolenjawa katanya gan, ane prnh nanya ke bidang otomotif mobil honda, temperature AC semua level suhu gk berpengaruh sama tingkat komsumsi bahan bakar, karena itu udh jadi bagian krja freon AC mobil. Gimana gan?bener gk ya? :bingung: :hi:
     
    Last edited by a moderator: Apr 25, 2015
  13. hbiebatc Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 30, 2011
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    kalo nyetir maksimalin torsi mesin aj, dijamin irit bbm..
     
  14. deluxo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 9, 2012
    Messages:
    45
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    intinya adalah gmn cara ngebejek gas. Makin sering di pompa ya pakin ngucur itu bensin. Santai aja, konstan.
     
  15. ninetynine M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 21, 2013
    Messages:
    1,811
    Trophy Points:
    132
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +722 / -0
    wah, tips yang sangat menarik gan, perlu dicoba :niceinfo:
    apa kondisi jalan raya ngaruh juga nggak ya :???:
     
  16. brengoz423 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 26, 2013
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +0 / -0
    tapi tetep aja ya kalo mbil2 eropa mayoritas bensin nya boros terus :(
     
  17. verdi1509 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 9, 2011
    Messages:
    31
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    mau nambahin dikit.. klo mau lebih irit lagi usahakan dalam satu keluarga jika mobilnya ada banyak. yang searah mending bareng jangan bawa mobil satu satu. bisa untuk mengurangi kemacetan juga. dan jika mau lebih irit lagi gausah dipakai mobilnya naik kendaraan umum saja.heheheh just kidding yg ini :D
     
  18. deuszzz Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 24, 2009
    Messages:
    249
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +212 / -0
    yg mainin gigi bener banget tuh soalnya kalo transmisi gear di kecepatan yg ga sesuai jadi pemborosan bahan bakar :D
     
  19. estegaz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 20, 2014
    Messages:
    53
    Trophy Points:
    22
    Ratings:
    +3 / -0
    kalau motor matic gimana triknya bro?
     
  20. gitspio Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 20, 2013
    Messages:
    61
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +2 / -0
    mungkin selain kecepatan kendaraan, RPM juga diperhatikan karena kalau mesin terlalu digeber tanpa ada perpindahan transmisi/gigi bisa merusak mesin dana konsumsi BBM jadi boros
     
  21. gedepok_pisang Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 9, 2011
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    klo masalah ngirit bensin, ane nyetel stasioner karbu gan, emang kompensasinya mesin sering kekurangan pasokan bensin yg mengakibatkan durabilitas mesin menurun
    tp emang yg bener setelan karbunya hrs pas dan riding style jg mempengaruhi yah gan..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.