1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.

Cara Aman Makan Junk Food

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by arding, Jan 6, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. arding M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 18, 2010
    Messages:
    1,857
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +40,676 / -2
    Junk food sering disebut-sebut tidak sehat bagi tubuh. Hal ini dikarenakan, kandungan nutrisi junk food sangat rendah atau kalorinya terlalu tinggi dan hanya mengandalkan rasanya yang enak. Umumnya yang termasuk dalam golongan junk-food adalah makanan berkadar garam (sodium) tinggi, bergula tinggi, berlemak jenuh dan kolesterol tinggi, namun kandungan nutrisi lainnya seperti protein, vitamin dan mineral sangat sedikit. Contoh makanan yang termasuk dalam jenis ini adalah keripik kentang yang mengandung garam, permen, semua dessert manis, makanan fast food yang digoreng, dan minuman soda atau minuman berkarbonasi.

    Dampak Junk food Bagi Kesehatan :

    Untuk menghasilkan cita rasa yang enak, junk-food mengandung banyak lemak, garam dan gula, termasuk bahan tambahan pangan atau aditif sintetik untuk menimbulkan citarasa (seperti MSG) sehingga junk-food berpotensi menimbulkan banyak penyakit, dari yang ringan sampai berat, seperti obesitas, diabetes, rematik akibat penimbunan asam urat, tekanan darah tinggi, serangan jantung koroner, stroke dan kanker. Saat ini penyakit-penyakit degeneratif tersebut tidak hanya diderita orang tua yang sudah berumur, tetapi juga anak muda. Berdasarkan data survei WHO umur rata-rata orang yang terjangkit jantung koroner di dunia telah menurun dari 46 tahun ke 35 tahun. Junk food juga menyebabkan kecanduan. Riset membuktikan bahwa otak memberikan reaksi kecanduan yang sama terhadap junk food seperti halnya obat-obatan. Obesitas dan kecanduan obat memiliki fondasi saraf-biologis yang sama. Setelah terbiasa makan junk food, otak menjadi ketagihan dan memerlukan lebih banyak junk food untuk memenuhi rasa senang.

    Kandungan dalam Junk food :


    * Sodium tidak terlalu banyak terdapat di dalam tubuh kita. Untuk ukuran orang dewasa, sodium yang aman jumlahnya tidak boleh lebih dari 3300 miligram. Ini sama dengan 1 3/5 sendok teh. Bila sodium terlalu banyak, maka dapat meningkatkan aliran dan tekanan darah sehingga bisa membuat tekanan darah tinggi. Tekanan darah yang tinggi juga akan berpengaruh munculnya gangguan ginjal, penyakit jantung, dan stroke.
    * Satured fat atau lemak jenuh berbahaya bagi tubuh karena zat tersebut merangsang hati untuk memproduksi banyak kolesterol. Kolesterol sendiri didapat dengan dua cara, yaitu diproduksi tubuh sendiri dan juga dari produk hewani yang kita makan. Kolesterol banyak terdapat dalam daging, ayam, ikan, telur, mentega, susu, dan keju. Bila berlebihan, kolesterol dapat menutup saluran darah dan oksigen yang seharusnya mengalir ke seluruh tubuh. Tingginya jumlah satured fat akan menimbulkan arterosklerosis yang memicu sakit jantung koroner dan kanker terutama kanker usus dan kanker payudara.
    * Gula, terutama gula buatan, tidak baik untuk kesehatan karena dapat menyebabkan penyakit gula atau diabetes, kerusakan gigi, dan obesitas. Minuman bersoda, cake, dan cookies mengandung banyak gula dan sangat sedikit vitamin serta mineralnya. Minuman bersoda mengandung paling banyak gula, padahal kebutuhan gula dalam tubuh tidak lebih dari 4 gram atau satu sendok teh sehari.

    Cara Aman Makan Junk food :

    1. Jangan ganti nasi dengan french fries. Kandungan lemak dan sodium french fries sangat tinggi, mengkonsumsi nasi lebih baik.
    2. Kurangi porsi dan ukuran. Membeli makanan dalam jumlah secukupnya akan mengurangi asupan gizi berlebih yang bisa menimbulkan kegemukan.
    3. Ganti soft drink dengan air mineral atau jus buah. Soft drink banyak mengandung gula dan rendah nilai vitaminnya, maka sebaiknya pilih air putih yang tidak mengandung kalori atau jus buah yang mengandung banyak vitamin. Sekarang mulai ngetrend coffee float, cola float dan
    sebagainya. Float banyak mengandung lemak dan gula. Sebaiknya beli
    minuman tanpa embel-embel float. Es krim kadang-kadang dipakai sebagai hidangan penutup, sebaiknya dihindari karena kandungan gula dan lemaknya cukup tinggi. Sebaiknya ganti dengan yoghurt, puding atau jus buah. Jika tidak tersedia, minum teh jauh lebih baik.
    4. Jangan mengkomsumsi kulit ayam. Kulit ayam adalah sumber lemak jenuh dan kolesterol, karena itu buanglah bagian kulit dan nikmatilah dagingnya.
    5. Mintalah salad. Tambahkan salad pada menu anda sebagai sayuran yang mengandung banyak vitamin dan serat. Kalau beli burger, cari pilihan jenis burger yang lebih banyak mengandung bahan nabati dibandingkan hewani. Jika memungkinkan perbanyak isi sayurnya, seperti selada, tomat, mentimun dan sebagainya.
    6. Kurangi saus dan mayonnaise. Kurangi penggunaan saus dan mayonnaise, karena saus banyak mengandung natrium dan pengawet sedangkan mayonnaise mengandung lemak tinggi.
    7. Bacalah informasi nilai gizi pada label kemasan. Biasakan membaca informasi nilai gizi pada kemasan makanan yang anda beli, sehingga anda bisa mengira-ngira jenis dan jumlah zat gizi yang anda konsumsi.
    8. Biasakan sarapan pagi di rumah. Mulailah hari anda dengan mengkonsumsi makanan sehat di rumah seperti jus buah, susu, sereal dan buah. Sarapan pagi di rumah akan mengurangi keinginan untuk membeli jajanan atau cemilan yang tidak sehat di luar rumah.
    9. Kurangi frekuensi makan junk food. Perhatikan frekuensi anda mengkomsi junk food, aturlah agar tidak melebihi 3-4 kali dalam sebulan.

    10. Olahraga. Tingkatkan kebugaran tubuh dengan berolahraga secara teratur. Olahraga akan membakar energi yang berasal dari konsumsi berlebih.

    Nah, dengan uraian diatas, kita bisa mengkonsumsi junk food dengan memperhatikan beberapa hal seperti jumlah dan frekuensi mengkonsumsinya, serta keseimbangan komposisi gizinya.

    SUMBERNYA


    Semoga ini bisa jadi Info yg bermanfaat bwat Agan2.....:peace:


     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. you_are_maho M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 23, 2010
    Messages:
    1,101
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +8,229 / -0
    untung ane kadang" makan junk food...:hehe:
    dulu sering, cuma bikin abis duit, mendingan beli ke warteg, lebih sehat makanan nya dan murah...:hehe:
     
  4. gravitazy M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 19, 2010
    Messages:
    477
    Trophy Points:
    92
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +967 / -0
    [qoute]mendingan beli ke warteg, lebih sehat makanan nya dan murah [/quote]
    iya gan, sejak beredar artikel artikel tentang keburukan junk food
    sekarang dah jarang banget makannya...

    enakan makan pecel lele, Masakan Padang enak enak juga kok :top:
     
  5. hun Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 18, 2010
    Messages:
    195
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +14 / -0
    ah masi enakan masakan mama dirumah.,
    sehat,terjamin, gak mahal :D
    love you mom
     
  6. tian_1800 M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 5, 2010
    Messages:
    16,158
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +23,037 / -0
    threadnya cocoknya buat mereka yang super sibuk kayaknya :hehe:
    dari 10 tips yang ada ane cuma ga bisa nahan yang nomor 4, kayaknya gimana gitu kalo makan ayam tanpa kulitnya :cambuk:
     
  7. areeavicenna M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    553
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +238 / -0
    ^
    ^
    setuju. gw juga paling demen makan kulit ayam,
    walopun udah tau banyak lemaknya, tapi tetep aja ga afdol rasanya makan ayam tanpa kulitnya..
    uenak e poll...[​IMG]
     
  8. gmsam Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 16, 2010
    Messages:
    63
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    kulit ayam banyak mengandung bumbu jadi paling enak dikonsumsi , blm lagi kl yang kering jadinya kriuk2...tp ngeri bahaya buat kesehatannya....kolesterol
     
  9. aioros Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 30, 2010
    Messages:
    88
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +58 / -0
    kalo masakan di rumahnya ngga sehat juga sama aja kan? :D

    nice info btw :)
     
  10. bears84 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 29, 2010
    Messages:
    114
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +4 / -0
    kurangi yg manis2 n bnyk mkn sayur tu sehaaaaaatt
     
  11. fencenx Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 3, 2011
    Messages:
    20
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    ya cocoknya buat mereka yang super sibuk kayaknya
    dari 10 tips yang ada ane cuma ga bisa nahan yang nomor
    dfadsfe
    werewf
     
  12. karatan99 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 9, 2009
    Messages:
    59
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +10 / -0
    jgn makan french fries, jgn makan kulit, jgn makan mayonise..:takut:

    gk sanggup...!!!!!!:sekarat:sekarat
     
  13. fiolegend M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +256 / -0
    ane jarang makan junk food gan,,,
    soalnya mahal,,,
    mendingn makan makanan yang ada dirumah aja,,,
    murah meriah dan menyehatkan,,,
     
  14. 456bogor M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 15, 2009
    Messages:
    959
    Trophy Points:
    71
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +42 / -0
    yang penting jangan berlebihan lah.makan junk food sekali kali mah ga apa apa.
     
  15. noviarini Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 1, 2011
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    terimakasih info nya gan....saya berusaha untuk masak di rumah idak memakai banyak minyak dan msg...kalao bisa skrg serba organik walaupun agak sedikit mahal...
     
  16. tr1dagg3r Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 9, 2010
    Messages:
    349
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +13 / -0
    wew...
    kulit ayam itu junk food jg ya?
    gw doyan makan itu..
    aduh masa ga bole sih..
     
  17. xaverius2312 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 30, 2009
    Messages:
    506
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +56,479 / -0
    Sebenarnya sedikit rancu sih pemahaman junk food disini. Tapi kalau mau sehat, saya rasa tetap seperti kata ibu guru / bapak guru di SD...
    4 sehat 5 sempurna. Jadi haruslah seimbang antara semua komponen di 4 sehat 5 sempurna ini.
    Kalau cuma salah satu yang terlalu banyak tetap itu gak sehat, meski itu yang terlalu banyak sayurnya.
    IMO... peace....

    btw, nice info there...
     
  18. Inesu Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 6, 2010
    Messages:
    4,844
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +61,386 / -0
    :niceinfo:

    KF* dan Mcdon*ld byk kolesterolnya :sigh:
     
  19. Rick_hardner M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 10, 2009
    Messages:
    1,865
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +1,803 / -0
    ane jarang sih beli junk food....

    paling sebulan cuma 2-3 kali....:iii:

    jah, ane paling suka kulit ayam lagi......:shock1:
     
  20. darc666 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    1,242
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +3,757 / -0
    Haha.. Sama dengan pendapat di atas.. Tidak begitu sering makan junk food karena kurang ekonomis,, telalu memberatkan keuangan saya..
    Lebih sering makan di warteg atau pedagang-pedagang lainnya..
    Memang seperti itulah kandungan junk food.. Jangan sering makan karena ingin dianggap keren saja.. Atau karena pelayanannya cepat dan anda tidak punya waktu (fast food)..
    Pelayanan fast food indonesia tidak kalah cepat lho (warteg, pecel ayam, dll)
     
  21. itouchyoufull Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 17, 2010
    Messages:
    46
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +19 / -0
    mantab nih infonya.... ane dilarang pacar makan junk food.. xP
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.