1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tips Cara Agar Otak Kita Selalu Tajam Dalam Berpikir

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by beartea, Feb 20, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. beartea M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 30, 2011
    Messages:
    714
    Trophy Points:
    136
    Ratings:
    +943 / -0
    Aktivitas-aktivitas untuk Bikin Otak Tetap Tokcer

    Dulu pernah baca di buku tentang alzheimer..g lupa judulnya..nti coba g aduk2 lagi semoga ketemu..tapi 4 aktivitas di bawah ini disebutkan emang bisa bantu otak tetep lancar jaya n cegah terjadi alzheimer karena aktivitas ini bikin otak tetep kerja jd penurunan fungsi otak bisa dicegah (aka diperlambat) :ogtop:

    KOMPAS.com - Sebuah riset terbaru yang melibatkan hampir 7.000 pegawai negeri sipil Inggris mengungkapkan bahwa fungsi otak manusia akan menurun setelah memasuki usia 45 tahun. Temuan ini sekaligus membantah riset sebelumnya yang menyebutkan bahwa fungsi otak menurun pada usia 60 tahun.

    Dr Michael Merzenich, profesor emeritus dari University of California, San Francisco Amerika Serikat, mengatakan, penurunan fungsi otak pada perempuan cenderung lebih lambat ketimbang pria karena perbedaan hormonal. Tapi apabila wanita telah melalui masa menopause, penurunan kognitifnya lamban laun akan setara dengan laki-laki memasuki usia 65 tahun, kata Merzenich.

    Merzenich, yang juga CEO Scientific Learning Corporation dan Posit Science, telah mempelajari plastisitas otak selama bertahun-tahun. Perusahaannya telah mengembangkan program perangkat lunak untuk menguji dan memperkuat otak - semacam alat untuk "olahraga otak" dan dia menyamakan dengan latihan untuk tubuh. Plastisitas otak (neuroplasticity) adalah kemampuan otak melakukan reorganisasi dalam bentuk adanya interkoneksi baru pada saraf

    "Anda benar-benar dapat melatih otak secara sistematis untuk menyempurnakan dan memperkuat kemampuannya dengan bentuk latihan intensif," katanya.

    Merzenich mengatakan bahwa ada cara yang lebih sederhana untuk membantu meningkatkan fungsi otak, termasuk daya ingat, pengolahan, dan persepsi melalui kegiatan sehari-hari berikut ini:

    1. Membaca

    Selain memperluas wawasan dan informasi, membaca juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Riset 2009 yang dilakukan para ahli di Mayo Clinic menunjukkan bahwa membaca memberikan pengaruh positif khususnya pada orang dewasa setengah baya dan lebih tua. Membaca buku dan kegiatan kognitif lainnya dapat menurunkan risiko gangguan kognitif ringan (MCI), yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer.

    2. Berjalan dan melihat sekitar

    Mengasah fungsi otak bisa dilakukan dengan cara yang sederhana, misalnya berjalan. Cobalah berjalan di sekitar lingkungan rumah Anda dan rekam semua yang Anda lihat. Setelah sampai di rumah, rekonstruksikan kembali secara rinci rute perjalanan dan segala macam hal yang Anda lihat.

    "Ini adalah bentuk latihan mental yang sangat penting karena membuat mesin otak kita tetap hidup," kata Merzenich

    3. Belajar sesuatu yang baru

    Melakukan sebuah aktivitas yang baru dan belum pernah Anda lakukan sebelumnya terutama yang merangsang kerja otak patut Anda coba. Bermain catur atau mengisi TTS (teka teki silang) adalah salah satu bentuk permainan yang cukup menantang fungsi kognitif Anda. "Otak adalah mesin belajar dan pada dasarnya perlu belajar baru," katanya.

    4. Ikut kegiatan sosial

    Ikut terlibat dalam setiap kegiatan sosial sehari-hari sangat penting tidak hanya untuk menjauhkan Anda dari rasa kesepian tetapi juga untuk melatih bagian terpenting dari otak yang didedikasikan untuk kognisi sosial.

    "Terlibat dalam sebuah kegiatan sosial sangat bernilai. Cara ini terbukti baik untuk kesehatan otak Anda," katanya.


    Sumber :
    newsmaxhealth

    Sumber
     
    • Thanks Thanks x 6
    • Like Like x 1
    Last edited by a moderator: Nov 28, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. lee_sunkyu_lover M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 17, 2011
    Messages:
    227
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +32 / -0
    Para ilmuwan dari University of California, Berkeley, AS, pernah meneliti otak tikus. Mereka menemukan, otak tikus tumbuh sebesar 4 persen saat mereka dipaksa menjalankan tugas mental setiap hari, misalnya mencari jalan keluar dari lorong yang berliku, memanjat tangga, dan bersosialisasi dengan tikus lain.

    Nah, otak tikus saja bisa dilatih untuk tumbuh, apalagi otak manusia. Makin dilatih, otak kita pasti kian tajam. Kehilangan daya ingat dalam jumlah tertentu pada usia berapa pun adalah wajar, sama seperti terjadinya perubahan pada organ tubuh lain. Yang penting, jangan malas untuk rajin melatih otak kita agar daya ingat tetap kuat sepanjang masa.





    Ini caranya:
    1. Latih kemampuan mengamati. Perhatikan lingkungan sekitar. Rekam dalam pikiran apa yang Anda lihat, mulai dari yang paling sederhana dan diteruskan dengan observasi yang lebih rumit.

    2. Asah indra. Bisa dilatih dengan membedakan rasa makanan yang disukai dan yang tidak. Menyadari bau dan aroma di sekitar atau bunyi-bunyian yang ada di jalan atau mungkin rasa panas atau dingin udara di sekitar Anda.

    3. Hafalkan nama teman-teman dan pasangkan nomor teleponnya. Ada berapa yang bisa diingat? Latih supaya bisa mengingat lebih banyak.

    4. Pelajari sesuatu yang baru. Banyak membaca dan berkenalan dengan hal-hal lain yang mungkin bukan bidang Anda, bisa bahasa asing, pengetahuan tentang komputer, dan lain-lain.

    5. Gunakan tangan supaya mengikuti petunjuk otak. Misalnya bermain gitar, mengetik tanpa melihat tuts, mengerjakan prakarya dari kayu, atau berlatih menulis halus.

    6. Tekuni hobi. Gunakan kesempatan untuk mengembangkan hobi Anda.

    7. Pelajari dan hafalkan tanggal-tanggal penting, menyangkut anggota keluarga, teman, atau perayaan tertentu.

    8. Hafalkan sesuatu yang Anda sukai. Bisa jadi itu puisi, lagu, kalimat dari sebuah buku atau kata-kata seseorang. Sebisa mungkin juga usahakan agar kalimat yang digunakan adalah bahasa asing.

    9. Latihan menghafal urutan angka berderet panjang, misalnya 32145687390282930498. Ini adalah bentuk latihan memperbaiki daya ingat jangka pendek. Lakukan dengan mengelompokkan atau memecah bilangan itu menjadi beberapa bagian, misalnya 3214568 kemudian 7390282 dan terakhir 930498.

    10. Ingat perjalanan pribadi. Apa yang sedang Anda kerjakan satu jam lalu, minggu lalu pada hari Rabu pukul 10.00, misalnya. Dengan siapa, di mana, dan seterusnya.

    11. Ingat dan teliti ulang pengeluaran harian. Apa yang Anda beli kemarin? Berapa uang yang ada dalam dompet Anda sekarang? Kapan Anda terakhir mengambil uang tunai, dan seterusnya.


    Latihan-latihan ini akan memungkinkan sel otak tetap aktif dan jaringan penghubung antarsel otak semakin rapat. Kegiatan mental yang menantang meningkatkan jumlah sirkuit aktif atau sinapsis dalam otak. Semakin banyak sirkuit, semakin banyak asosiasi, makin besar pula kemampuan mengingat.
     
    • Thanks Thanks x 3
  4. darc666 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    1,242
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +3,757 / -0
    :niceinfo: belum ada yang komen nih sepertinya..
    untuk tubuh manusia otak termasuk salah satu organ yang terpenting baik untuk keadaan fisuk maupun psikis anda,,
    Jagalah baik-baik karena ini adalah aset anda seumur hidup.. Seperti yang dikatakan di atas, fungsi otak memang akan menurun sejalan dengan umur, seperti organ2 lainnya, tapi bukan berarti tidak dapat dipertahankan fungsinya semaksimal mungkin..
    Satu hal, jika informasi ini anda dapatkan dari sumber tertentu, mungkin ada baiknya anda mencantumkan sumbernya.. Agar para pembaca dapat mengakses juga sumber yang anda gunakan.. Akan tetapi jika ini hasil buah pemikiran anda sendiri, itu lain hal..
     
  5. demonfill Members

    Offline

    Joined:
    Sep 6, 2010
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    kalo menurut saya sih tergantung orangnya mau ngasah otak kiri atau kanan,, jdi kalo mau otak kirinya jalan,, banyakin aja belajat ngitung baca buku iptek dan semacamnya .
     
  6. icykalimu M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 19, 2011
    Messages:
    428
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +2,846 / -0
    ada 1 lagi. main video game. terutama RPG bhs jepang yg banyak puzzle-nya.
     
  7. cumi88 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 13, 2009
    Messages:
    220
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +12 / -0
    wogh, saya paling suka maen game ahahhahah
    berarti tajem dunk otak saya heheheheh
     
  8. soulscrapper Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 23, 2010
    Messages:
    45
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    main game FPS(pb, cs) bisa:
    1. melatih reflek.
    2. melatih koordinasi mata tangan dan jari
    3. meningkatkan kemampuan mengambil keputusan dalam waktu cepat
    4. meningkatkan kemampuan bahasa(soalnya bisa chat sambil nembaki musuh)
    wkwkwkkwkwkkw
     
  9. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,290 / -0
    Pernah dengar juga kalo melakukan latihan2 otak seperti ini, bisa membantu mencegah kepikunan datang kalo tua nanti :top:

    Itu disebabkan karena dari muda jaringan otak kita udah dilatih untuk membentuk jalan pintas antarsel otak :top:
     
  10. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,110 / -2
    lebih penting lagi berpikir kreatif
    dengan berpikir kreatif, otak terus diasah menemukan solusi solusi baru
    inovasi-inovasi baru yang membuat sesorang gak pernah kehabisan ide
    jadi otaknya segar trussss
     
  11. fiolegend M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +256 / -0
    intinya selalu melakukan hal2 yang membuat otak berfikir yaa,,,
     
  12. DonWeirdo M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 29, 2010
    Messages:
    324
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +11 / -0
    poin no 6 ,gw hobinya maen game kk.
    hampir setiap waktu luang dipake untuk maen game
    termasuk ga ya :???:
     
  13. myardhs Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 1, 2010
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    keren gan infonya,,,
    klu makanan untuk nutrisi otak apa aja gan, baiknya...
     
  14. manusiahero2011 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 9, 2011
    Messages:
    615
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +852 / -0
    kalo gw lebih baik makan 4 sehat 5 sempurna.. dan beristirahat dan bekerja secukupnya.. inyaAllah maknyos gan..
     
  15. RE112 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 14, 2011
    Messages:
    3,594
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +2,411 / -0
    banyakin baca buku kk baca dengan cepat 250 kata lakukan dengan berulang-ulang dan nanti akan terbiasa dengan sendirinya pada akhirnya otak kita kebiasaan melakukan hal seperti itu terus pada akhirnya otak kita akan terbiasa dengan membaca cepat dan dapat merekam memori banyak :fufufu:
     
  16. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,110 / -2
    pikiran tetap tajam karena diasah terus
    dan dipakai terus buat mikir
     
  17. violee Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 25, 2011
    Messages:
    22
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    saya paling suka mengisi teka-teki silang.. sepertinya ini yang membuat otak saya encer :D
     
  18. michaelfabregas M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Dec 7, 2010
    Messages:
    24,855
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +4,340 / -0
    hehehehe...

    intinya perbanyak kegiatan untuk mengasah otak ya...

    :top:
     
  19. reweleyD M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 24, 2011
    Messages:
    478
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +61 / -0
    gw sering ngelakuin ini bro,,tapi kok ga ada pengaruh yg gede ya..
    cuman segitu gitu aja..
     
  20. velcron Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 27, 2010
    Messages:
    236
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +9 / -0
    main tts juga ngaasah loh..ibu saya maen gtan mulu..jujur klo gw yg ngerjain c blank bgd pala..tp dy dh kek mesin jawabny.. :madesu:
     
  21. cesc_ido Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 5, 2011
    Messages:
    222
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +285 / -0
    kalo kebanyakan main game , kyknya jg gk boleh .
    yang penting itu mencoba berpikir kreatif.
    kreatif memicu berkembangnya kecerdasan otak .
    nice info :top:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.