1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Pengen hadiah pulsa buat ngisi paketan internet? Ikuti TTS Cartoons 2018 di AMVC CrossWords. Langsung saja jawab, aku tunggu yaaaa!!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Flora Bunga-Bunga Unik, Bisa Di Makan dan Menyembuhkan Penyakit

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by blacksheep, May 15, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,595
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,021 / -0
    Bunga yang dapat dimakan ada dua jenis. Beberapa bunga yang dapat dimakan ini sangat penting untuk dihidangkan . Beberapa digunakan untuk tambahan rasa atau tambahan warna dalam makanan yang dihidangkan. Mengkonsumsi bunga merupakan hal yang tidak biasa karena begitu banyak jenis bunga termasuk daun dan batang yang dapat dimakan. Seperti , bumbu pelengkap, banyak bunga dapat digunakan dengan minuman dan dengan beberapa jenis makanan yang berbeda seperti salad, sup, dan makanan pembuka.

    Bunga apa saja itu? Langsung aja liat dibawah
    Bunga Chrysanthemum/Seruni:
    [​IMG]
    Di negara seperti Jepang dan Korea, bunga juga dijadikan hidangan. Di Jepang, bunga krisan diolah dengan tepung tempura dan kemudian digoreng. Negara Korea dalam makanannya juga menggunakan bunga mentah yang dicampur dengan makanan mereka. Khasiat: Untuk memperlancar proses pencernaan dan juga sistem pembuangan. Jenis ini berkhasiat membantu gangguan yang terjadi pada usus.

    Frambozen/Rosella :
    [​IMG]
    [​IMG]
    Dulu kelopak Rosella dikenal sebagai frambozen yang digunakan sebagai bahan pembuat sirup berwarna merah yang beraroma khas. Sekarang ini, kelopak Rosella dikenal sebagai bahan minuman dan disebut teh Rosella. Tanaman yang masih kerabat bunga sepatu ini banyak ditemukan sebagai tanaman pagar.

    Khasiat: Kadar antioksidan yang tinggi pada kelopak Rosella dapat menghambat radikal bebas. Beberapa penyakit kronis yang ditemui saat ini banyak yang disebabkan oleh radikal bebas yang berlebihan. Di antaranya kerusakan ginjal, diabetes, jantung koroner, hingga kanker


    Kelopak bunga tanaman tersebut berwarna merah tua, tebal, dan berair. Semakin pekat warna merah, rasanya kian asam dengan khasiat yang juga semakin besar. Teh rosella dapat dibuat dengan cara berikut. Ambil tiga hingga empat kuntum bunga rosella segar, cuci bersih, kemudian seduh dengan air panas secukupnya (satu cangkir).
    Setelah beberapa saat, tekan kelopak bunga hingga air berwarna merah, kemudian saring. Airnya kemudian dapat diminum. Sehari, minum satu hingga tiga cangkir seduhan tersebut. Agar lebih enak, dapat ditambahkan madu dan atau air jeruk nipis. Untuk kelopak bunga rosella kering, seduh tiga hingga lima kuntum dengan segelas air mendidih. Tunggu tiga sampai sepuluh menit. Kemudian, seduhan dapat diminum sebanyak satu hingga tiga kali per hari. Supaya lebih nikmat, bisa ditambahkan madu atau gula, lantas dihidangkan dengan es batu.

    Lavender

    [​IMG]
    [​IMG]
    Bunga berwarna ungu ini biasa digunakan untuk membuat permen, pewangi pada gula, bahkan bisa dipakai untuk menghilangkan bau anyir pada daging atau ikan. Satu batang lavender biasanya berisi satu kelompok bunga dengan aroma yang cukup menyengat.
    Khasiat: Setetes minyak esens lavender yang dibakar untuk aromaterapi mampu meredakan sakit kepala. Setetes minyak esens lavender pada bantal Anda juga memberikan efek relaksasi dan istirahat maksimal.
    Mawar:
    [​IMG]
    [​IMG]
    Sari mawar digunakan untuk pembuatan wine, saus salad, serta penambah rasa dan aroma pada adonan kue, puding, serta selai

    Mawar sebagai bahan makanan, miuman ataupun zat aditif bagi makanan olahan. Karena kandungan vitamin C-nya yang tidak kalah dengan kandungan vitamin C pada buah jeruk, kelopak atau helai bunga mawar (petal) bisa diolah menjadi sirup, selai ataupun unsur vitamin tambahan yang ditambahkan pada makanan olahan.


    Khasiat: Sebagai anti radang, anti kejang, melancarkan aliran empedu, pengatur haid
    Anggrek:
    [​IMG]
    [​IMG]
    Khasiat:

    - Untuk campuran pembuatan obat obatan


    - Sebagai campuran untuk produksi minyak wangi
    - Sebagai penawar luka akibat sengatan lebah

    Tulip

    [​IMG]
    [​IMG]
    Khasiat:
    Bunga tulip bisa digunakan bagi penderita anemia, memar, kepekatan darah tidak normal, stagnasi darah, kanker darah, tekanan darah tinggi dan darah rendah, pendarahan di dalam, gangguan sirkulasi darah, sakit punggung, parasit dalam darah (pada bunga tulip merah).
    Yang dimakan dari tulip adalah umbinya, dalam memasak umbi tulip, kebanyakan ahli kuliner akan berhati-hati terhadap rasa pahitnya. Memasak umbi tulip biasanya sebagai pengganti bawang merah atau dalam sup.
    Daisy:
    [​IMG]
    [​IMG]
    Bunga ini dikenal akan kemampuannya menyembuhkan penyakit penyakit tertentu serta bunga daisy ini juga dipercaya mampu untuk mengurangi stres dan berfungsi sebagai relaksasi otot dan menurunkan ketegangan

    Daun dan bagian petal dari bunga ini dapat dimakan dan bisa digunakan untuk membuat teh untuk menyembuhkan sakit tenggorokan atau sakit perut.



    [​IMG]

    [​IMG]


    Perlu Diperhatikan:

    Perlu diingat bahwa jangan memakan bunga yang mendapat perawatan dengan pestisida. Juga harap mempersiapkan dengan sangat teliti bunga yang akan di konsumsi. Walapun bunga tertentu dapat dimakan, tapi bunga tersebut tidak bisa digabungkan dengan makanan lainnya . Harap perhatikan dan belajar dengan cermat pada saat mengkonsumsi bunga tertentu yang dapat dimakan.
    Code:
    http://zona-unique.blogspot.com/2011/05/bunga-bunga-unik-bisa-di-makan-dan.html
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. psp06 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 1, 2009
    Messages:
    1,527
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +9,715 / -0
    ternyata banyak juga manfaatnya....
     
  4. alaric M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 9, 2009
    Messages:
    921
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +987 / -0
    wogh..ini nih yg namanya "cantik luar dalam" :hihi:

    bukan cuma enak dilihat,tpi juga bermanfaat :top:
     
  5. priezt Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 6, 2010
    Messages:
    2,043
    Trophy Points:
    262
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +27,192 / -0
    wih selain cantik dan harum ternyata berkhasiat juga..
    :hmm:

    btw gambarnya banyak yg udah ga muncul lg tuh :peace:
     
  6. Risce Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 15, 2010
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    [​IMG]
    oh baru tau [​IMG]
     
  7. Alohamora M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 1, 2010
    Messages:
    1,306
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +358 / -0
    Pernah minum teh dari bunga krisan n rosella

    rasanya enak koq. wangi lagi
     
  8. ninot Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 14, 2010
    Messages:
    258
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +32 / -0
    bunga daisy paling ceria deh
     
  9. bizly M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 13, 2010
    Messages:
    20,279
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +104,027 / -3
    Baru tahu ternyata bunga bisa juga untuk obat...
    setahu saya bunga cuma untuk ekstak pewangi saja:hmm:
     
  10. Arquebusa M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 4, 2010
    Messages:
    547
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +22 / -0
    mulut jadi bau menyan gak nih :lol:
     
  11. kitsune159 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 2, 2012
    Messages:
    483
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +34 / -0
    wuih nice info gan
    patut dicoba tuch
     
  12. vidheyata M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 22, 2012
    Messages:
    1,383
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +720 / -0
    baru tau kalo bunga ternyata juga bisa dimakan,
    tapi gw juga pernah sih minum teh bunga rosella,
    rasanya masam, tapi segar, paling enak kalo pas cuaca panas, trus minum itu dingin2 :hoho:
    nice info anyway bro :top:
     
  13. xibitz Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 29, 2011
    Messages:
    219
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    ayo, tanam dipekarangan masing2, biar jadi obat2an herbal
     
  14. Kazegawa04 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 22, 2012
    Messages:
    868
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +661 / -0
    ane taunya mahkota dewa sama sedap malam.. heheheh
     
  15. rdin48 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 5, 2012
    Messages:
    164
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +11 / -0
    boleh tuh di coba tapi nih nyari nya di mna ,,, klo hrus bli mahal gk ,,, BTW enak gk rasanya??
     
  16. almanet666 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 15, 2009
    Messages:
    408
    Trophy Points:
    82
    Ratings:
    +199 / -0
    Ih waw pada dimakan :kaget:

    Tapi kalo ngolahnya bener kayanya sih rasanya bisa jadi enak yah :iii:

    Sent from my LG-P500 and Happy Independence Day
     
  17. iinlovenie Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 14, 2011
    Messages:
    290
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +40 / -0
    itu kok ada gambar manusianya ama banyak fotonya yg udah ga ada :madesu: ini ts
     
  18. 2kawaii4me Members

    Offline

    Joined:
    May 20, 2011
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +11 / -0
    Sebagian besar emg udh umum y

    Kyk yg rosella, krisan & mawar

    Tp yg anggrek koq keteranganny segitu aj y?

    :matabelo:

    Ktny bisa dimakan/diminum,, bagian bunganyakah???
     
  19. Hktoyshop M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 19, 2008
    Messages:
    14,786
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,911 / -0
    karangan bunga yang sangat indah ya?"
     
  20. Kakikaeru Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 8, 2013
    Messages:
    62
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +287 / -0
    Nice info,..
    BTW, tu ada gambar yg bukan bunga itu maksudnya apa'an ?
     
  21. consciencederry Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 14, 2011
    Messages:
    57
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +1 / -0
    baru tahu kalo ada bunga yang bisa dimakan
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.