1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Lounge Books 5th Edition - Karya Sastra Peninggalan Kerajaan Majapahit [Awal]

Discussion in 'Books' started by aiana, Jul 24, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. aiana MODERATOR

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Dec 25, 2011
    Messages:
    7,332
    Trophy Points:
    197
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2,560 / -1

    [​IMG]


    Negara Kertagama - Empu Prapanca


    [​IMG]


    Kakawin ini menguraikan keadaan di keraton Majapahit dalam masa pemerintahan Prabu Hayam Wuruk, raja agung di tanah Jawa dan juga Nusantara. Ia bertakhta dari tahun 1350 sampai 1389 Masehi, pada masa puncak kerajaan Majapahit, salah satu kerajaan terbesar yang pernah ada di Nusantara. Bagian terpenting teks ini tentu saja menguraikan daerah-daerah "wilayah" kerajaan Majapahit yang harus menghaturkan upeti. Naskah kakawin ini terdiri dari 98 pupuh. Dilihat dari sudut isinya pembagian pupuh-pupuh ini sudah dilakukan dengan sangat rapi. Pupuh 1 sampai dengan pupuh 7 menguraikan raja dan keluarganya. Pupuh 8 sampai 16 menguraikan tentang kota dan wilayah Majapahit. Pupuh 17 sampai 39 menguraikan perjalanan keliling ke Lumajang. Pupuh 40 sampai 49 menguraikan silsilah Raja Hayam Wuruk, dengan rincian lebih detailnya pupuh 40 sampai 44 tentang sejarah raja-raja Singasari, pupuh 45 sampai 49 tentang sejarah raja-raja Majapahit dari Kertarajasa Jayawardhana sampai Hayam Wuruk. Pupuh 1 - 49 merupakan bagian pertama dari naskah ini.

    Bagian kedua dari naskah kakawin ini yang juga terdiri dari 49 pupuh, terbagi dalam uraian sebagai berikut: Pupuh 50 sampai 54 menguraikan kisah raja Hayam Wuruk yang sedang berburu di hutan Nandawa. Pupuh 55 sampai 59 menguraikan kisah perjalanan pulang ke Majapahit. Pupuh 60 menguraikan oleh-oleh yang dibawa pulang dari pelbagai daerah yang dikunjungi. Pupuh 61 sampai 70 menguraikan perhatian Raja Hayam Wuruk kepada leluhurnya berupa pesta srada dan ziarah ke makam candi. Pupuh 71 sampai 72 menguraikan tentang berita kematian Patih Gadjah Mada. Pupuh 73 sampai 82 menguraikan tentang bangunan suci yang terdapat di Jawa dan Bali. Pupuh 83 sampai 91 menguraikan tentang upacara berkala yang berulang kembali setiap tahun di Majapahit, yakni musyawarah, kirap, dan pesta tahunan. Pupuh 92 sampai 94 tentang pujian para pujangga termasuk prapanca kepada Raja Hayam Wuruk. Sedangkan pupuh ke 95 sampai 98 khusus menguraikan tentang pujangga prapanca yang menulis naskah tersebut.

    Kakawin ini bersifat pujasastra, artinya karya sastra menyanjung dan mengagung-agungkan Raja Majapahit Hayam Wuruk, serta kewibawaan kerajaan Majapahit. Akan tetapi karya ini bukanlah disusun atas perintah Hayam Wuruk sendiri dengan tujuan untuk politik pencitraan diri ataupun legitimasi kekuasaan. Melainkan murni kehendak sang pujangga Mpu Prapanca yang ingin menghaturkan bhakti kepada sang mahkota, serta berharap agar sang Raja ingat sang pujangga yang dulu pernah berbakti di keraton Majapahit. Artinya naskah ini disusun setelah Prapanca pensiun dan mengundurkan diri dari istana. Nama Prapanca sendiri merupakan nama pena, nama samaran untuk menyembunyikan identitas sebenarnya dari penulis sastra ini. Karena bersifat pujasastra, hanya hal-hal yang baik yang dituliskan, hal-hal yang kurang memberikan sumbangan bagi kewibawaan Majapahit, meskipun mungkin diketahui oleh sang pujangga, dilewatkan begitu saja. Karena hal inilah peristiwa Pasunda Bubat tidak disebutkan dalam Negarakretagama, meskipun itu adalah peristiwa bersejarah, karena insiden itu menyakiti hati Hayam Wuruk. Karena sifat pujasastra inilah oleh sementara pihak Negarakretagama dikritik kurang netral dan cenderung membesar-besarkan kewibawaan Hayam Wuruk dan Majapahit, akan tetapi terlepas dari itu, Negarakretagama dianggap sangat berharga karena memberikan catatan dan laporan langsung mengenai kehidupan di Majapahit.



    Sotasoma - Empu Tantular.

    [​IMG]

    Kitab lainnya, Sutasoma karya Mpu Tantular, berbahasa Kawi, diperkirakan ditulis pada masa Hayam Wuruk. Dalam kitab ini dikisahkan bahwa Sang Buddha menitis sebagai Raden Sutasoma putera Prabu Mahaketu, Raja Hastina. Sutasoma merupakan penganut Mahayana yang saleh. Karena tak ingin dipaksa kawin, ia kabur dari istana. Dalam pelariannya menuju Gunung Himalaya, ia berhenti di sebuah candi di dalam hutan dan memutuskan untuk bertapa. Para pendeta di sekitarnya kemudian mengadu kepada Sutasoma bahwa ada raja raksasa bernama Purusada yang selalu mengganggu mereka. Namun Sutasoma menolak untuk membunuh raksasa tersebut.
    Selanjutnya Sutasoma melihat seekor harimau hendak memakan anaknya sendiri. Ia lalu menawarkan diri untuk menggantikan anak harimau. Alhasil, Sutasoma mati dimakan harimau, namun kemudian hidup kembali berkat pertolongan Batara Indra. Lalu Sutasoma, menjelma menjadi Buddha Wairocana. Ketika hendak pulang ke Hastina, ia melihat saudara sepupunya, Prabu Dasabahu dikejar-kejar pasukan raksasa Purusada. Singkat cerita, Sutasoma menjadi raja di Hastina.
    Sementara itu, Purusada yang berjanji akan mengirimkan 100 orang raja kepada Batara Kala untuk dimakan, telah berhasil menawan 99 orang raja. Batara Kala telah berjanji bahwa bila keinginannya terkabulmaka luka di kaki Purusada akan diobati olehya. Setelah tawanan berjumlah genap 100 orang, Batara Kala menolaknya karena ia ingin memakan daging Sutasoma. Sutasoma kemudian menyanggupi permintaan Kala dengan syarat agar ke-100 tawanan dibebaskan semuanya. Pengorbanannya ini menimbulkan rasa haru dalam diri Batara Kala dan Purusada. Sejak saat itu, Purusada bertobat dan berjanji tidak akan menangkap manusia lagi.
    Kisah Sutasoma menjelaskan nilai pengorbanan dan belas kasih antarsesama yang sepatutnya dijalankan oleh seorang Boddhisattva guna mencapai kesempurnaan sejati yang menjadi ciri ajaran Mahayana. Oleh karena itu, Mpu Tantular membuat ajaran Siwa dan Buddha menjadi satu (tunggal), seperti terungkap dalam kalimat: “Hyang Buddha tanpahi Siwa rajadewa…, mangka Jinatwa lawan Siwatatwa tunggal, bhinneka tunggal ika tanhana dharmma mangrwa,” yang artinya adalah “Hyang Buddha tak ada bedanya dengan Siwa, raja para dewa…., karena hakikat Jina (Buddha) dan Siwa adalah satu, berbeda-beda namun satu, tiada kebenaran bermuka dua.”



    Arjunawijaya - Empu Tantular

    [​IMG]


    Kakawin Arjunawijaya adalah karangan dari mpu Tantular. Cerita ini mengisahkan tentang raja Dasamukha, cucu dari Pulastya, dan anak dari Wisrawa, yang menghancurkan dunia dan ditakuti oleh para dewa. Raksasa sumali, yang saudaranya ditewaskan oleh Wisnu dan yang kerajaannya diberikan kepada Waisrawana atau Dhaneswara putera Wisrawa, ingin mempunyai seorang cucu yang sama kuatnya dengan Wisrawa. Kemudian puteri Sumali menyerahkan diri kepada Wisrawa dan dinikahi sehingga melahirkan Dasamukha, Kumbhakarna, Surpanakha, dan Wibisana.
    Ketiga anak Wisrawa dengan puteri Sumali melakukan tapabrata yang keras. Dasamukha dengan memenggal kepala-kepalanya satu per satu dan melemparkannya ke dalam api korban sehingga mendapat anugrah dari Brahma, yakni bahwa dia tidak akan tewas oleh dewa maupun raksasa. Kumbhakarna yang berniat untuk menghancurkan dunia, sedangkan Brahma bersedia mengabulkan salah satu permohonannya. Kemudian Saraswati masuk lidahnya, sehingga permohonannyaagar dia bisa tidur selama 1000 tahun.
    Dasamukha yang merasa hebat kemudian mengusir kakak tirinya, Dhaneswara dan membuat tiga kraton untuk saudara-saudaranya. Dhaneswara kemudian mengutus orang untuk memberikan sepucuk surat yang berisikan bahwa sebaiknya Dhaneswara, Dasamukha, dan makhluk lain hidup dalam perdamaian. Namun, Dasamukha justru memenggal kepala utusan itu hingga lenyap. Sebelum sepenuhnya menghilang, utusan itu mengutuk Dasamukha bahwa kelak kratonnya akan dibakar oleh seorang utusan juga (Hanoman).
    Dasamukha justru maju memimpin pasukannya ke gunung Kailasa untuk menghancurkan kerajaan Dhaneswara. Semua pasukan Dhaneswara tidak dapat menandingi kekuatan Dasamukha, dan akhirnya terjadilah perang tanding antara Dasamukha dan Dhaneswara. Dhaneswara dihajar habis-habisan oleh Dasamukha, tetapi ketika mau dibunuh, patih Dasamukha menghentikannya demi kehormatan raja raksasa itu.
    Dasamukha meneruskan perjalannya ke puncak gunung Kailasa, tempatnya Dewa Siwa dan Dewi Uma. Di tengah perjalanan, Dasamukha diperingatkan oleh Nandiswara, penjaga tempat Siwa. Namun, Nandiswara justru diperolok oleh Dasamukha karena wajahnya berbentuk kera. Kemudian Nandiswara mengutuk bahwa kelak kraton dan sanak saudaranya akan dibunuh oleh para kera. Hal itu membuat marah Dasamukha, dan dia mengangkat kaki gunung dan menggoncangkannya.
    Siwa yang merasa terganggu kemudian menekan puncaknya sehingga tangan Dasamukha terjepit dan tidak dapat digerakkan. Dasamukha menjerit karena kesakitan, dan jeritannya menggema keseluruh dunia. Hal itu yang membuat Siwa memberi nama Rawana (Jeritan) dan kemudian membebaskannya karena kasihan. Kemudian Dasamukha meneruskan perjalanan dan bertemu dengan petapa wanita, yang namanya Wedawati. Dia bertapa menunggu kehadiran Wisnu, tetapi Dasamukha merasa lebih kuat dari Wisnu dan akan menikahi Wedawati. Kemudian Wedawati masuk ke dalam api setelah mengutuk Dasamukha yang suatu saat akan mati karena dia. Wedawati kelak akan menjelma sebagai Sinta.
    Langsung diceritakan tentang Arjuna Sasrabahu yang berhadapan langsung dengan Rahwana. Sebelumnya, Dasamukha merasa marah ketika dia sedang beribadah di suatu pulau tiba-tiba air di pulau itu naik dan memaksa Dasamukha naik ke bukit agar tidak tenggelam oleh air itu. Setelah mengetahui bahwa penyebabnya Arjuna, kemudian Dasamukha marah besar dan ingin berperang melawan Arjuna.
    Peperangan antara Arjuna dan Rahwana pun terjadi sengit. Arjuna memanah kepala-kepala Arjuna tetapi kemudian kepala-kepala yang jatuh ke tanah itu dipasang kembali. Rahwana menghancurkan kereta milik Arjuna dan melayang ke angkasa bersembunyi di balik awan. Lalu Arjuna kembali memanah awan-awan tempat Rahwana sembunyi. Sekali lagi Rahwana tewas, tetapi hidup lagi dan menyebarkan kemusnahan di antara para Hejaya. Pada akhirnya, Arjuna berhasil menyerang Rahwana sedemikian rupa sehingga dia pingsang lalu dapat dirantai dan dibawa pergi.
    Ketika Arjuna Sasrabahu merayakan kemenangannya atas Rahwana tiba-tiba Resi Pulastya datang menghampiri. Dia memohon kepada Arjuna agar membebaskan cucunya itu. Karena dia seorang yang suci, Arjuna pun mengabulkan permohonannya dan membebaskan Rahwana agar bisa akembali ke Alengka. Kemudian resi Pulastya pun memuji Arjuna karena kemurahan hatinya dan sebagai gantinya, resi Pulastya menggunakan kesaktiannya untuk menghidupkan kembali orang-orang yang mati dalam medan perang.



    Parthayajna - anonim


    Pandhawa bersedih hati karena kekalahan Yudhisthira waktu bermain dadu dan penghinaan Dropadi oleh Dusasana. Mereka harus hidup di hutan selama dua-belas tahun. Bhima ingin perang melawan Korawa dan mati di medan perang, tetapi Yudhisthira menahannya. Widura memberi nasihat kepadaYudhisthira dalam mengatasi penderitaan. Domya menasihati para Pandhawa sejak mereka akan pergi ke hutan. Atas permintaan Yudhisthira, Arjuna disuruh bertapa di Indrakila. Arjuna menyanggupi permintaan kakanya, kemudian ia minta diri kepada Ibunda Kunti, kakak dan adik-adiknya serta Dropadi, lalu masuk ke hutan. Perjalanan Arjuna tiba di pertapaan Wanawati yang didirikan oleh Mahayani. Di tempat itu Arjuna ditemui oleh petapi Mahayani dan di wejang tentang hidup dan kehidupan. Sewaktu bermalam seorang petapi datang dan menyatakan cinta kepada Arjuna, tetapi Arjuan menolaknya.
    Arjuna menghadap dewa Kama dan Ratih yang berada di tepi sebuah danau, kemudian menghormatnya. Dewa Kama banyak memberi nasihat kepada Arjuna dalam hal mencari kebahagiaan. Kemudian Kama memberi petunjuk arah Indrakila dan tempat pertapaan Dwaipayana. Kama memberi tahu, bahwa raksasa Nalamala ingin mengadu kesaktian dengan Arjuna. Nalamala adalah anak Durga yang lahir dari ujung lidah sebelum beranak Ganesya. Bila kalah Arjuna supaya bersamadi memuja dewa Siwa. Tak berapa lama kemudian Kama lenyap, Arjuna melanjutkan perjalanan.
    Arjuna dicegat oleh banyak raksasa dan Nalamala. Maka terjadilah perkelahian. Nalamala menampakkan diri dalam wujud Kala, Arjuna bersemadi memuja dewa Siwa. Memancarlah sinar pada dahi Arjuna, Nalamala lari dan berkata, kelak akan menjelma lagi, untuk membunuuh para Pandawa. Arjuna meneruskan perjalanan ke Indrakila. Sampailah ia di Inggitamartapada tempat tinggal Dwaipayana. Arjuna bercerita perilaku para Pandawa dan sikap para Korawa. Kakek Arjuna itu menerangkan, bahwa Arjuna diutus untuk memberantas kejahatan itu. Setelah menerima banyak nasihat dari kakek itu, Arjuna pergi ke Indrakila. Ia bertapa dan memeperoleh anugerah dari dewa Siwa yang menampakan diri sebagai orang Kirata. (Sumber Cerita:Naskah Kirtya No. 665)



    Rules

    1. Ingetin kalo udah sampe 200 page ke mod setempat (Pertama dan Utama ).
    2. TS selanjutnya adalah user yang kebagian post ke 2000 (page 200).
    3. Yang kebagian page one sebisanya ngasih info yang bermanfaat .
    4. Dopost diperbolehkan,dilarang multipost (lebih dari dua post berturut-turut)
    5. Info yang bermanfaat akan ditaruh di wasiat sesepuh, jadi berlomba-lombalah berbagi ilmu
    6. Untuk post image harap menggunakan spoiler
    7. Diharapkan ramah pada user baru.
    8. Setelah page 200, lounge akan direset
    9. Selebihnya, silahkan berdiskusi bebas disini



    sastra-sastra ini beberapa sudah di terjemahkan dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris,,
    akan di update nanti :peace:

    tidak ada gading yang tak retak
    saya juga baru belajar,
    kalau ada yang kurang atau salah mohon bimbingannya agar diperbaiki
    :maaf:







    EVENT THIS MONTH!
    klik gambar di bawah
    [​IMG]
    BANNER AND TAGLINE CONTEST

    kalian member-member yang keren, punya bakat dan kreatifitas?
    ikuti desain banner dan tagline SF Books, ditunggu hingga tanggal 14 September 2014
    berpartisipasi, berkontribusi, dan menginspirasi!
    :elegan:






    Banner and Tagline Contest telah masuk tahap voting/polling / pengambilan suara.
    terimkasih bagi semua yang telah berpartisipasi,,
    :makasih-g:
    silahkah pilih banner dan tagline yang telah masuk tahap voting/polling di thread-thread berikut!
    ditunggu suara kalian ya!
    ditunggu sampai tanggal 23 September 2014

    Vote for the Winner : Banner Books
    Vote for the Winner : Banner EBooks
    Vote for the Winner : Banner Books Review
    SF Books Tagline Elections [2014]
    SF e-Book Tagline Elections [2014]
    SF Book Review Tagline Elections [2014]




    ttd,
    SuperModerator dan Moderator Books
     
    Last edited: Sep 16, 2014
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. aiana MODERATOR

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Dec 25, 2011
    Messages:
    7,332
    Trophy Points:
    197
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2,560 / -1
    Total Posts 2,003[h=2]Who Posted?[/h]




    Page generated in 0.2367 seconds with 12 queries.
     
    Last edited by a moderator: Apr 25, 2015
  4. fuikisama MODERATOR

    Offline

    Saya innocent kaka~

    Joined:
    Mar 24, 2012
    Messages:
    18,880
    Trophy Points:
    258
    Ratings:
    +24,185 / -180
    Saya ga mudik :iii:



    Sawachika [​IMG]
     
    • Like Like x 1
  5. fuikisama MODERATOR

    Offline

    Saya innocent kaka~

    Joined:
    Mar 24, 2012
    Messages:
    18,880
    Trophy Points:
    258
    Ratings:
    +24,185 / -180
    Abisin pejwan [​IMG]


    Sawachika [​IMG]
     
  6. aiana MODERATOR

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Dec 25, 2011
    Messages:
    7,332
    Trophy Points:
    197
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2,560 / -1
    amankan :lalala:
    itu materinya kurang :maaf:
    besok dah ai perbaiki
     
  7. aiana MODERATOR

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Dec 25, 2011
    Messages:
    7,332
    Trophy Points:
    197
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2,560 / -1
    nakal,,, :malu
    dateng2 langsung abisin :iii:
     
  8. kawaii0508 M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 22, 2010
    Messages:
    10,806
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +11,289 / -0
    masih daet pejwan gak ya? :iii:

    dapet :tampan:
    nomer tujuh lagi :malu1:
     
  9. fuikisama MODERATOR

    Offline

    Saya innocent kaka~

    Joined:
    Mar 24, 2012
    Messages:
    18,880
    Trophy Points:
    258
    Ratings:
    +24,185 / -180
    • Like Like x 1
    Last edited by a moderator: Apr 25, 2015
  10. fuikisama MODERATOR

    Offline

    Saya innocent kaka~

    Joined:
    Mar 24, 2012
    Messages:
    18,880
    Trophy Points:
    258
    Ratings:
    +24,185 / -180
    Biarin :wuek:







    Sawachika [​IMG]
     
  11. fuikisama MODERATOR

    Offline

    Saya innocent kaka~

    Joined:
    Mar 24, 2012
    Messages:
    18,880
    Trophy Points:
    258
    Ratings:
    +24,185 / -180
    Lg ah [​IMG]








    Sawachika [​IMG]
     
  12. fuikisama MODERATOR

    Offline

    Saya innocent kaka~

    Joined:
    Mar 24, 2012
    Messages:
    18,880
    Trophy Points:
    258
    Ratings:
    +24,185 / -180
    Abis kan [​IMG]






    Sawachika [​IMG]
     
  13. chikadiska M V U

    Offline

    \^o^/

    Joined:
    Oct 25, 2013
    Messages:
    1,561
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +21,077 / -5
    pindahan nggak bilang bilang :sedih:

    weh sepi banget :bloon:
     
  14. fuikisama MODERATOR

    Offline

    Saya innocent kaka~

    Joined:
    Mar 24, 2012
    Messages:
    18,880
    Trophy Points:
    258
    Ratings:
    +24,185 / -180
    Ya sepi tengah malam gini mah :malu


    Sawachika [​IMG]
     
  15. kawaii0508 M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 22, 2010
    Messages:
    10,806
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +11,289 / -0
    kenapa gak? :iii:




    neng novitanuphinovitanuphi; kemana? :???:


    aianaaiana; kirain kamu tau dia di mana :cambuk:
     
    • Like Like x 1
    Last edited by a moderator: Apr 25, 2015
  16. chikadiska M V U

    Offline

    \^o^/

    Joined:
    Oct 25, 2013
    Messages:
    1,561
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +21,077 / -5
    iya sih ya :???: pindahan tengah malem :haha:




    hai kak kawaii0508kawaii0508 :malu
     
    • Like Like x 1
    Last edited by a moderator: Apr 25, 2015
  17. fuikikun M V U

    Offline

    Poem Lover

    Joined:
    Mar 3, 2014
    Messages:
    2,869
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +1,126 / -0
  18. fuikikun M V U

    Offline

    Poem Lover

    Joined:
    Mar 3, 2014
    Messages:
    2,869
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +1,126 / -0
    Ga punya rumah :gembel:
    Salahkan TSnya aianaaiana; :lempar:


    Yakumo :nikmat:
     
    Last edited by a moderator: Apr 25, 2015
  19. aiana MODERATOR

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Dec 25, 2011
    Messages:
    7,332
    Trophy Points:
    197
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2,560 / -1
    ai yang salah atau gimana, perasaan uda ke close kok masih bisa reply ya :sedih:


    ini bukunya buku resep2 atau apa beb:???:
     
  20. aiana MODERATOR

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Dec 25, 2011
    Messages:
    7,332
    Trophy Points:
    197
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2,560 / -1
    kemarin uda nanya tapi blm di jawab kyakya :bloon:

    kan biar kejutan sayang :peluk:


    kenapa saya di salahkan :lempar:
     
    Last edited by a moderator: Apr 25, 2015
  21. fuikisama MODERATOR

    Offline

    Saya innocent kaka~

    Joined:
    Mar 24, 2012
    Messages:
    18,880
    Trophy Points:
    258
    Ratings:
    +24,185 / -180
    Mod phail :wuek:


    Sawachika [​IMG]
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.