1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Berbahaya, 10 Penyakit Sistem Reproduksi Bagi Wanita

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by ArtikelSehat, Nov 9, 2021.

  1. ArtikelSehat Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 2, 2021
    Messages:
    76
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +0 / -0
    Penyakit sistem reproduksi manusia adalah sebuah penyakit yang mengganggu kesehatan organ reproduksi. Penyakit sistem reproduksi sendiri bisa berasal dari infeksi, kelainan bawaan, keganasan, ataupun disfungsi seksual.
    Maka dari itu, penting untuk wanita mengenal dan mengetahui lebih lanjut mengenai kesehatan sistem reproduksi yang bisa saja membahayakan.

    Berikut adalah 10 penyakit infeksi sistem reproduksi yang sering dialami oleh wanita :

    1. Herpes Genital
    Herpes genital adalah penyakit infeksi sistem reproduksi yang disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 2. Herpes genital dapat timbul tanpa gejala ataupun dengan gejala dan dapat terinfeksi berulang kali. Infeksi herpes genital yang sering terjadi adalah munculnya ulkus kecil di leher rahim dan vulva.

    2. Klamidia
    Klamidia adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri chlamydia trachomatis dan menginfeksi saluran tuba atau dinding rahim.

    3. Kandidiasis
    Kandidiasis adalah penyakit semacam keputihan yang disebabkan oleh infeksi jamur candida albicans

    4. Trikomoniasis
    Trikomoniasis biasanya ditandai dengan cairan encer yang nampak pada organ intim, seringkali dibarengi dengan busa, berwarna kuning kehijauan, serta berbau.

    5. Sifilis (raja singa)
    Sifilis adalah suatu infeksi seksual yang disebabkan oleh treponema pallidum, sifilis biasanya menyebabkan luka yang tidak terasa nyeri pada organ intim.

    6. HPV (Human Papilloma Viruses)
    HPV atau sering disebut juga sebagai kutil kelamin biasanya muncul di leher rahim, v*gina, uretra, ataupun sekitar anus.

    7. Chancroid
    Chancroid adalah suatu penyakit seksual yang disebabkan oleh bakteri haemophilus ducreyi. Untuk mendeteksi penyakit ini, pasien harus melakukan pemeriksaan laboratorium.

    8. Hepatitis B
    Hepatitis B adalah penyakit infeksi menular seksual yang ditularkan melalui hubungan s*ks beresiko ataupun jarum suntik.

    9. HIV/AIDS
    Human Immunodeficiency Virus atau HIV adalah salah satu penyakit berbahaya yang menyerang sistem kekebalan tubuh (CD4). Sementara penderita HIV yang memiliki tingkat keparahan tertentu akan menghasilkan infeksi oportunistik lainnya hingga dapat digolongan sebagai AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome).

    10. Vaginosis bakterialis
    Penyakit ini merupakan gangguan flora normal v*gina seperti kondisi organ intim kehilangan laktobasilus, vaginosis bakterialis ditandai dengan munculnya keputihan kental berwarna putih.

    Untuk dapat mengetahui kesehatan organ reproduksi kamu, sebaiknya periksakan kesehatan organ reproduksi secara teratur. Selain itu, sebagai langkah pencegahan, jagalah pola hidup sehat dan hindari aktivitas seksual beresiko lainnya.
     
  2. tempelangit Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 15, 2016
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +8 / -0
    terima kasih informasinya memang dalam proses kehamilan skrining sebelum kehamilan dan saat hamil itu penting dilakukan mengingat banyak hal yang terjadi saat sedang hamil
     

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.