1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Official Bengkel Motor & Mobil IDWS (Konsultasikan Masalah Motor/Mobil mu di sini)

Discussion in 'Otomotif' started by carlos_roy_fajarta, Feb 8, 2013.

?

kendaraan trouble (1-5) - pemilihan bengkel (6-7) - konsumsi bbm (8-10) :bingung:

  1. betulin sendiri dong :elegan:

    52.6%
  2. panggil mekanik/bengkel langganan :tampan:

    26.3%
  3. minta di derek/di dorong ojek :hihi:

    0 vote(s)
    0.0%
  4. di bawa ke bengkel terdekat yg ada di jalan :iii:

    10.5%
  5. minta tolong orang :tolong:

    15.8%
  6. bengkel resmi dari manufaktur :fufufu:

    15.8%
  7. bengkel langganan tidak resmi :gotdrink:

    52.6%
  8. di bawah 100 ribu per minggu :gembel:

    36.8%
  9. antara 100 ribu sampe 300 ribu per minggu :kaget:

    31.6%
  10. di atas 300 ribu per minggu per minggu :gaswat:

    0 vote(s)
    0.0%
Multiple votes are allowed.
  1. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    angle eyes setahu saya penerangannya gak akan maksimal...
    kalo gak maksimal tahu sendiri bisa bikin berbahaya kalo di jalan.
    kalau misalkan yang standar gak terlalu terang,
    bisa di ambil bolam dengan watt lebih kecil, supaya nyala lampu lebih terang pijar nya.
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. sunkenship M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 9, 2010
    Messages:
    666
    Trophy Points:
    82
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +96 / -6
    angle eyes riskan pecah sih engga gan setau ane, asal pemakaian dijalan yang ga ekstreme.
    buat gayaan masih oke, tapi kalau buat pengganti light on, tidak direkomendasikan, karena lifetime dari angel eyes ga begitu panjang.
     
  4. AblehFamu Members

    Offline

    Joined:
    Aug 14, 2012
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    Wah bener gan noken as nya kurang pas settingannya, n settingan reamern isap + buangnya terlalu geude..
    +1 Alias Thanks Gan..
     
  5. rivaldii48 Members

    Offline

    Joined:
    Mar 18, 2013
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +1 / -0
    mau nanya gan .

    motor ane waktu belok kok ngerem sendiri ya ??
    apa perlu ganti kampas rem ??
     
  6. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0

    motor nya jenis apa?
    rem depan sama rem belakang nya udah pake disc?

    kalo iya pake disc cakram,
    coba di cek disc nya, biasanya kalo udah mulai aus,
    pas belok dia bakal kayak gak mulus jalannya (alias kayak ada yg keganjel, biasanya di cirikan dengan bunyi yg lumayan berasa bikin ngilu).

    solusi awalnya: bersihin disc, siapa tahu ada kotoran atau tonjolan yg bikin disc gak rata.
    solusi kedua kalo solusi awal gak ngepek, ganti disc baru.
     
  7. __todosengel Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jul 25, 2011
    Messages:
    10,987
    Trophy Points:
    268
    Ratings:
    +18,347 / -0
    Permisi :malu

    Karena saya awam soal ban motor (awam soal motor juga sih).
    Sepeda saya Satria FU, mau ganti ban (soalnya ban lama udah tipis).
    Niatnya sih mau ganti ban depan dan belakang ukuran yg agak gede dari ukuran standartnya.

    Yang mau saya tanya:
    1. Enaknya ganti ukuran berapa ya?
    2. Untuk merk sebaiknya merk apa? (yang harganya gak nguras kantong mahasiswa :malu)
    3. Aman gak sih ganti ukuran yg lebih besar dari ban standart?
    Untuk velegnya tetep pake veleg standart.

    Btw ukuran standart ban satria FU:
    70/90-17 (depan)
    80/90-17 (belakang)

    Terima kasih :malu
     
  8. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    @ __todosengel:

    sebelum mengganti ban dengan ukuran lebih besar (lebar), harus di perhatikan dulu kelebihan dan kelemahan memakai ban lebar,
    ban lebar + nya: daya cengkram dengan jalan saat kondisi jalan hujan lebih baik, ban lebih stabil tidak ragu memacu speed tinggi meski sedang track hujan basah sekalipun, terlihat lebih macho dan kekar bagian bawah kaki2 motor.
    ban lebar - nya: pasti ada gaya ada harga, pertama harus membayar lebih mahal untuk ukuran ban dengan ukuran lebih lebar dari yg standar pabrikan, kedua konsumsi bbm akan setidaknya berpengaruh akan lebih boros karena pertambahan tenaga yang di butuhkan untuk menggerakan roda, ketiga akan ada penyesuaian pada bagian2 tertentu motor jika ingin memodifikasi dengan lebar yg ekstrim (mis: ganti arm, atau masalah pada gear di kasih spacer).

    baru saya bantu jawab ke titik pertanyaan:
    1. ukuran ideal untuk jenis motor satria fu yg cukup ideal modif lebar nya kisaran (ban depan antara 80/90-17) dan (ban belakang 90/90-17), masing2 di naikin 10 aja ukurannya dari yg standarnya.
    2. untuk merk ban luar nya kalo mau cari yg hemat tentunya yg lokal, untuk harga lebih friendly di kantong mahasiswa di banding ban merk luar (michelin, batlax, pirelli, dll), rekomendasi saya sih pakai merk: FDR, atau kalau mau alternatif Corsa bisa jadi pilihan, kalo saya sendiri sih prefer IRC, tapi tergantung selera dan kantong sih, dan di liat juga ketersediaaan ukuran yg di maksud pada merk2 tersebut.
    3. aman, asalkan lebar nya tidak terlalu lebar sekali, apalagi kalo maksaain lebar 100 tetapi masi pake velg standar, bisa2 jadi bentuk donat dan cenderung ban akan bergetar jika di pacu pada speed tinggi karena ketidaksesuaian antara lebar velg dengan lebar ban luar.
     
    • Like Like x 2
  9. jksia10 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 23, 2012
    Messages:
    56
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +316 / -0
    mau nanya
    motor saya jupiter z burhan, dari pertama beli (motor bekas) jarum speedometernya goyang2 gk stabil

    setelah dibongkar ternyata motornya pake gear speedometer punya mio tpi kabel speedonya punya jupiter z.

    apa kalo gear speedometernya punya mio lantas apa saya harus pake kabel speedometer punya mio biar jarum speedonya gk goyang2 lg??

    sama kalo sparepart jupiter z 115 bisa dipasang di jupiter z burhan gk??
     
  10. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    @jksia10:
    saran saya gear speedometer nya pakai sesuai standar motor anda (jupiter z juga)
    kalau make nyomot dari merk lain, ya resikonya memang begitu, ada komponen yg gak bekerja sempurna.
    pakai gear dan kabel speedo sesuai tipe motor.

    biasanya beberapa edisi motor meski merk sama ada perubahan,
    coba di tanya ke mekanik or bengkel anda biasa service jika ingin menganti spare parts tertentu dengan spare part yang akan ada kanibalkan, cocok atau tidak.
     
  11. HasX3rd M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 11, 2010
    Messages:
    379
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +43 / -0
    numpang tnya lagi nih bro carlos
    1. ane baru pake motor ane brapa bulan, blom smpai 1 taun, tpi rantai motor udh pkai acara longgar sgala, apa ada peraturan main kopling n ganti gigi yg bener?
    2. untuk penerangan dimalam hari, apa ada rekomendasi lampu yg bagus? karena lampu yg ane pake skrng kurang terang untuk jalan yg bener" gelap, nyaris masuk selokan kemarin T_T
     
  12. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    kalau boleh tahu motor bro merk apa dan tahun keluaran berapa?
    apakah ini motor saat di beli baru atau 2nd?

    saya coba bantu seadanya dulu meski info nya kurang detail.

    1. rantai motor keawetannya sangat bergantung sekali pada gaya riding rider nya, biasanya kalo saat mengoper gigi terlalu di hentak dan di paksa berakselerasi,
    maka rantai motor spontan akan menerima daya kejut dari putaran mesin, jika hal ini sering di lakukan, maka sudah pasti umur rantai yang bisa 3 sampai 5 tahun jadi berkurang.
    selain itu beban kendaraan yang di batas kewajaran juga dapat meyebabkan koponen pada gear rantai akan cepat aus, biasanya hal ini terjadi apabila motor di paksakan membawa benda yang berat nya melebihi buku panduan motor nya, bisa juga karena berboncengan lebih dari 2 orang dan membawa benda pula yang berat.
    mengenai cara berpindah gigi yang baik dan benar, sebaiknya di lakukan dengan halus (tidak terlalu di buru2 dan di hentak), karena dengan perpindahan yg halus, maka gear akan lebih dapat berumur panjang.
    satu lagi penyebab gear mundah longgar atau tidak enak di pakai atau berisik, yakni pelumasan pada gear, jika di musim penghujan seperti saat ini, biasakan mencuci gear dengan air bersih segera sesaat sampai di rumah, karena gear yang di biarkan setelah berhujan hujanan, pasti akan menimbulkan korosi (karat) berupa warna kekuning2an, setelah di cuci air bersih, di sikat dengan sabun colek dan sikat gigi bekas, kemudian keringkan dengan lap kotor (kalo aya biasanya pake bekas singlet saya yg udah gak kepake), baru deh di kasih pelumas, pelumasnya ini saya rekomen sih pakai oli gear khusus untuk rantai, kalau saya biasa pake oli gear mobil, karena fungsinya sama, dan daya kental nya pas untuk gear supaya lebih awet.


    2. lampu yang bagus adalah lampu yang bisa menyinari jalan dan obyek di depan kurang lebih dari 20 meter jarak pandang ke depan, dan fokus arah cahaya menyebar ke samping, tapi tidak menyilaukan pengguna lain. saran saya coba pakai lampu buatan hella, biasanya dia harus mengganti batok (tempat) lampu nya, ada kualitas tentu ada harga.
     
  13. choli SUPERMOD

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    13,153
    Trophy Points:
    311
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +21,245 / -19
    Sekalian ane pengen nanya tentang oli rantai...

    AFAIK sih pelumas rantai ada 2 tipe: tipe basah dan tipe kering.
    Tipe basah seperti kebanyakan orang, memakai sisa2 oli bekas maupun oli yang berbentuk cair.
    Sedangkan tipe kering, hanya menyemprotkan dari kaleng aerosol.

    Pertanyaannya:
    - Kalo dari segi performance, bagus dan awet mana antara tipe basah dengan tipe kering?
    Soalnya ane pake yang basah.
     
  14. rumput Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jan 8, 2010
    Messages:
    20,005
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +557,394 / -0
    sepertinya baik yg pakai aerosol..
    soalnya semakin banyak debu/kotoran yg nempel makin cepet aus itu rantai.

    saya sih pakai oli bekas juga sih. udah kebiasaan sih :iii:
    padahal dah tau juga kl kurang baik :malu1:


    di kutip dari ini soal jangan pakai oli bekas


    Untuk merawat rantai, biasanya orang menambahkan oli atau pelumas. Pelumas akan membuat rantai tidak cepat aus karena menghindarkannya dari gesekan keras dengan gear. Penambahan pelumas ini juga membuat gear lebih awet.

    Tetapi kebanyakan orang menambahkan pelumas rantai dengan menggunakan oli bekas mesin. Ini sangat tidak baik bagi rantai. Malahan bisa membuat rantai cepat putus atau aus. Lha, kok bisa?

    Oli bekas pastinya kotor dan kekentalannya (viscosity) sudah tidak sebagus oli baru. Kotor ini didapatkan dari serpihan kecil (geram) dari mesin. Serpihan terjadi karena gesekan antar komponen mesin ketika mesin sedang bekerja. Jika serpihan ini menempel pada rantai, maka akan memperbesar peluang gesekan baik rantai maupun gear-nya. Apalagi serpihan ini bisa berbentuk tajam. Rantai bisa cepat rusak.

    Kekentalan yang kurang akan membuat pelumas tidak bisa memberikan lapisan perlindungan yang baik terhadap rantai dan gear. Perlindungan kurang akan membuat rantai dan gear bergesekan keras dan pada akhirnya akan mempercepat kerusakan rantai.

    Dipasaran sendiri sudah banyak tersedia pelumas rantai. Anda bisa menggunakan pelumas tersebut untuk membuat rantai awet dan tahan lama.
    http://puteka85.blogspot.com/2012/08/jangan-pakai-oli-bekas-untuk-rantai.html
     
  15. HasX3rd M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 11, 2010
    Messages:
    379
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +43 / -0
    motor ane Jupiter MX kluaran 2012 kmarin bro n motor bru

    1. ya, biasa ane jga kadang" sering ngebut buat balik ke rmh, n pergntian gigi agak kasar juga sih
    tapi rasanya itu cm bbrp kali aja, n itupun gak terlalu sering bro

    2. kalo diganti batok lampunya, brrti agak rumit yah, soalnya mau dilepas smua n yg lama ntah mau dikemanain T_T
     
  16. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    tentu saja lebih awet yang tipe basah,
    karena daya tahan dari tipe kering (semacam chain lube) sama sekali akan hilang jika motor melewati jalan yang becek, banjir, dan hujan, karena daya rekat dan tahannnya ke rantai sangat terbatas.
    hal ini akan berbeda jika menggunakan oli khusus gear (yg baru tentunya), yang memang sudah di spesifikasikan untuk tetap bertahan meski dalam kondisi hujan sekalipun, oli tetap lengket dan gear tetap terminimalisasi friksinya, sehingga dampaknya, motor tetap ngacir, dan daya tahan gear semakin panjang.




    aerosol tidak tahan lama, dan itu sudah pernah saya buktikan.
    tentu saja buat saya sendiri dalam pemberian oli pada rantai motor,
    sangat "haram" menggunakan oli bekas, karena yang ada malah serpihan dari bagian dalam mesin (karena oli bekas) malah membuat gear aus.
    gunakan oli yang benar2 masih baru,
    saran saya oli gear mobil dengan kekentalan SAE 90, banyak kok tersedia di toko2 oli atau swalayan, biasanya range harganya mulai dari 30 ribu sampai 100 ribu per 1 liter, tergantung merek nya.
    dan di jamin and tested by me, rantai anda akan berumur lebih dari 3 tahun dalam kondisi masih seperti baru :haha:







    oh motor nya bebek toh... saya kiran tadi motor sport.

    1. kalo lagi buru2 memang kadang gak berasa kalo motor terlalu di hentak gigi nya bro, biasakan sih saat riding slow aja, karena dengan mengebut lebih banyak ruginya di banding untung nya (kecuali dalam keadaan sangat mendesak dan genting).

    2. kalo yg batok lampu nya di ganti itu maksud saya untuk motor sport macam scorpio or tiger, kalo untuk jupiter bisa mempertahankan batok, dan memasang HID, namun harus merubah sistem kelistrikan dan menggunakan kiprok nya Honda Tiger, sebenernya itu sudah pernah di bahas, coba bro baca2 post saya di sini: http://forum.indowebster.com/showthread.php?t=392105&p=24305243&viewfull=1#post24305243
     
  17. choli SUPERMOD

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    13,153
    Trophy Points:
    311
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +21,245 / -19
    Mo nanya lagi...
    :malu:

    Ada yang punya solusi ngga kalo knalpotnya bocor karena korosi? Ganti baru menjadi solusi terakhir.
    Bocornya di pangkal knalpot (dekat blok mesin)...
    :iii:
     
  18. sunkenship M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 9, 2010
    Messages:
    666
    Trophy Points:
    82
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +96 / -6
    bisa ke tukang las/knalpot aja bro.. minta diganti lehernya.
    kalau di spesialis kenalpot lumayan mahal sih, saya pernah kena 150rb buat ganti leher kenalpot gara" pipa leher nyempit kepentok polisi tidur.
    kalau ganti baru lumayan nguras kantong sih..
     
    • Like Like x 1
  19. Ajeee M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 15, 2012
    Messages:
    1,074
    Trophy Points:
    172
    Ratings:
    +9,961 / -0
    Gan ane punya soul, skrg kok lampu sen ane susah dinyalain, harus 2-3 x dipencet bru mau nyala , knp ya?
     
  20. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    wah soal knalpot ya...
    biasanya kalo di paksain mau di service di bagian leher nya (lekukan) yang nyambung ke enginge lumayan dah ntu kenanya..
    dan jangan di las di sembarangan tukang las, karena nanti hasil nya gak presisi dan mesin jadi drop power mesinnya.
    kalo ke bengkel custom knalpot ya kena cas 200 ribu-an,
    mending beli baru yg ori, gak worthed banget kan 50% dari harga knalpot ori hanya untuk nyerpice knalpot yg lama.





    no one liner post please :readrules:
    coba di semprot pake WD aja di bagian switch lampu sen nya.
    biasanya seret doang itu karena ada yg berkerak akibat cuaca.
     
  21. adnanunique Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Apr 29, 2010
    Messages:
    12,032
    Trophy Points:
    262
    Ratings:
    +25,328 / -0
    numpang tanya :malu:


    ane barusan pakai motor yg dobel cakram ni (Supra X),


    tapi yg ane rasain, beberapa kali ane hampir jatuh (kepeleset) pas waktu ngerem belakang. Kondisi jalan kering maupun basah rasanya sering mau kepeleset juga :keringat:


    itu kenapa ya? apa emang kalau rem belakang cakram pakem banget sehingga bikin kepeleset?

    soalnya kondisi ban luar belakang baru.




    ane nubie :malu2:
     

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.