1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Begini Cara Menghilangkan Bisul Pada Bayi

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by serenamilka, Mar 26, 2021.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. serenamilka M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 10, 2020
    Messages:
    210
    Trophy Points:
    26
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +3 / -0
    Bisul pada bayi ditandai dengan munculnya benjolan di kulit yang berisi nanah. Bisul biasanya muncul di area yang berambut, mudah berkeringat, dan sering mengalami gesekan. Lokasi tubuh bayi yang sering ditumbuhi bisul adalah wajah, leher, ketiak, paha, selangkangan, dan pantat. Cara menghilangkan bisul pada bayi pun perlu dilakukan dengan hati – hati.
    [​IMG]

    Bisul yang muncul di kulit bayi paling sering disebabkan oleh infeksi bakteri, seperti bakteri Staphylococcus. Bakteri ini dapat masuk ke dalam kulit bayi melalui celah kulit yang tergores atau luka. Ketika masuk ke dalam tubuh, bakteri tersebut kemudian akan dilawan oleh sel-sel darah putih. Kumpulan sel-sel darah putih, sel dan jaringan kulit mati, serta bakteri yang telah mati kemudian akan menghasilkan nanah dan membentuk bisul pada bayi.

    Bisul pada bayi sering kali bukan disebabkan oleh kondisi yang berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya. Meski begitu, terkadang bisul pada bayi juga bisa menjadi tanda penyakit serius. Berikut ini adalah beberapa kondisi atau tanda yang perlu diwaspadai jika bayi mengalami bisul.

    • Bisul tidak kunjung sembuh atau semakin banyak dalam waktu lebih dari dua minggu.
    • Muncul gejala-gejala lain, seperti demam, lemas, dan kejang.
    • Bayi tampak kesakitan saat muncul bisul, terutama ketika bisul atau kulit di sekitar bisul disentuh.
    • Bisul tumbuh di wajah bayi, terutama di sekitar mata.
    • Kulit di sekitar bisul tampak kemerahan serta hangat ketika disentuh.
    Bila bisul pada bayi disertai kondisi tersebut, segera periksakan ke dokter kulit atau dokter anak untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Meski begitu, ada beberapa cara menghilangkan bisul pada bayi yang bisa Anda lakukan sebelum membawanya ke dokter.

    1. Kompres dengan Air Hangat
    Cara mudah untuk mengatasi bisul pada bayi adalah dengan merendam handuk ke dalam air hangat, kemudian meletakkannya pada bisul selama beberapa saat. Kompres dengan air hangat ini akan meredakan rasa sakit sekaligus mendorong keluarnya nanah. Lakukanlah beberapa kali dalam sehari untuk mempercepat proses penyembuhan. Mengompres bisul bayi dengan handuk dan air hangat, dapat membantu bisul terbuka, sehingga nanah eluar dan bisul pun sembuh. Kompres bisul selama beberapa kali sehari, dan selalu cuci tangan Anda sebelum maupun sesudah mengompresnya.

    2. Gunakan Bahan Alami
    Bahan alami yang memiliki fungsi sebagai antiseptik adalah gel lidah buaya. Oleskan sebanyak 3 kali sehari ke permukaan kulit yang terkena bisul. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan madu untuk mengatasi bisul pada bayi. Madu sendiri dikenal memiliki sifat antiseptik yang ampuh mengatasi infeksi bakteri seperti bisul.

    3. Hindari Memencet Bisul
    Anda dilarang keras untuk memaksa mengeluarkan nanah di dalam bisul dengan cara memencetnya. Sebab, apabila ternyata bisul belum cukup matang, infeksi bakteri ini dapat melebar ke permukaan kulit lainnya dan membuat nyeri semakin parah. Akibatnya, bayi akan semakin rewel.

    4. Rutin membersihkan area tubuh yang mengalami bisul
    Menjaga kebersihan merupakan langkah penting untuk menyembuhkan bisul bayi. Pasalnya, bakteri penyebabnya dapat dengan mudah menyebar ke area tubuh yang lainnya. Saat bisul pecah, Anda harus langsung membersihkannya dengan kapas yang sudah dicelupkan ke antiseptik. Setelah itu, keringkan area bisul dan tutup dengan kain kasa atau plester luka, agar anak tidak menyentuh area bisul atau menggaruknya. Segera cuci pakaian, handuk, sprei hingga selimut yang bersentuhan dengan nanah atau darah bisul bayi agar bakteri tidak menyebar. Pastikan juga Anda mencuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan bisul bayi.

    Itulah beberapa cara menghilangkan bisul pada bayi yang bisa Anda lakukan. Akan tetapi jika kondisi bisul dalam keadaan yang cukup parah, segeralah periksakan ke dokter kulit atau dokter anak agar tidak membahayakan bayi Anda.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.