1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Lantai Marmer

Discussion in 'Lifestyle' started by AhmadWafa, Aug 4, 2023.

  1. AhmadWafa Members

    Offline

    Joined:
    Aug 2, 2023
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    Punya rumah dengan interior yang bagus, pasti jadi idaman banyak orang. Tidak sedikit orang mau mengeluarkan biaya lebih untuk dapat interior rumah yang unik. Umumnya, banyak orang memperindah rumah mulai dari lantai dan dindingnya. Salah satu bahan material yang banyak digunakan untuk lantai dan dinding adalah marmer. Setiap material pasti punya kekurangan dan kelebihan.

    Marmer adalah salah satu jenis batu alam yang banyak digunakan untuk membangun lantai dan dinding. Selain itu, juga banyak digunakan untuk membuat furniture. Rumah yang menggunakan marmer untuk lantai dan dindingnya, sudah pasti akan terlihat lebih mewah. Sayangnya, harga marmer tidak murah, jika dibandingkan dengan material lantai yang lain. Di Indonesia sendiri, terdapat banyak jenis marmer yang beredar, mulai dari marmer lokal sampai dengan marmer import, semua ada.

    Pada umumnya, jenis marmer lokal harganya akan lebih murah jika dibandingkan dengan marmer import. Salah satu marmer kelas lokal yang paling terkenal adalah dari Tulungagung. Di Tulungagung, terdapat cukup banyak pengrajin, pabrik, dan pengusaha marmer. Harga marmer Tulungagung yang paling murah berkisar rp 235rb an per meter persegi. Biasanya, marmer lantai dijual dalam ukuran 40x40, 30x30, 60x60, 40x120, dll. Walaupun begitu, umumnya harga jual akan dihitung per meter persegi.

    Sebelum memasang material marmer pada bangunan rumah, kali ini saya akan sedikit berbagi beberapa kelebihan dan kekurangan material marmer untuk rumah. Supaya dapat menjadi pertimbangan buat Anda yang ingin membangun rumah dengan menggunakan material marmer sebagai bahan lantai.
    [​IMG]
    Tentang Marmer

    Marmer adalah sebuah nama salah satu batu alam, banyak digunakan untuk bahan lantai maupun dinding rumah. Selain dapat digunakan untuk bahan lantai dan dinging, juga bisa digunakan untuk furniture. Marmer adalah batuan metamorf yang dihasilkan dari rekristalisasi batu gamping yang sudah melalui proses alam sangat lama.

    Proses pembentukan marmer benar-benar secara alami, bukan lukisan manusia. Karena hal itulah, marmer punya corak yang khas, dengan berbagai motif alami. Salah satu penyebab yang membuat jenis batu alam ini memiliki nilai yang cukup mahal, adalah karena hal tersebut.

    Apabila ingin menggunakan marmer buat bahan lantai bangunan, Anda tak perlu khawatir mudah pecah, karena batu alam jenis ini sanagt terkenal awet dan tahan lama. Menggunakan marmer untuk lantai rumah juga membuat lantai jadi lebih mudah dibersihkan. Apabila khawatir karena harganya mahal, Anda bisa menggunakan marmer yang berasal dari Tulungagung, yang terkenal dengan harganya yang murah. Walaupun murah, tentu saja kualitas tidak kalah jika dibandingkan dengan marmer import.

    Kelebihan Material Marmer

    Marmer memiliki banyak kelebihan, karena itu batu alam jenis ini diminati banyak orang. Jika kamu ingin menggunakan marmer buat lantai rumah, simak beberapa kekurangan dan kelebihan marmer berikut ini.

    1. Perawatan yang mudah.

    Salah satu kelebihan lantai marmer adalah mudah dibersihkan. Bisa dibersihkan dengan mudah hanya dengan menggunakan lap saja. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam perawatan lantai yang menggunakan bahan marmer.

    2. Daya tahan lama dan kuat.

    Selain punya banyak corak yang menarik, lantai yang terbuat dari marmer terkenal kokoh dan tahan lama, bagaimana tidak? marmer itu sendiri terbentuk karena proses yang sangat lama.

    Batu alam jenis marmer juga tidak mudah tergores, salah satu kelebihan inilah yang membuat marmer banyak diminati oeleh banyak orang.

    3. Punya berbagai corak alami.

    Corak dari batu marmer tidak ada yang sama, benar-benar alami. Antara potongan satu dengan yang lainnya, tidak sama secara 100%, akan tetapi misa memiliki kesamaan sekitar 50-90%. Sangat unik, karena terbentuk secara alami, dan bukan lukisan manusia, membuat marmer tidak memiliki corak yang sama secara persis.

    4. Bisa untuk semua ruangan.

    Memiliki daya tarik tersendiri, banyak digemari oleh banyak orang, karena dapat digunakan buat semua ruangan. Lantai marmer bisa kamu pasang di kamar mandi, ruang ziarah, teras, kamar tidur, ataupun dapur. Kamu bisa memanfaatkan warna alami yang ada pada marmer untuk dipasang pada ruangan yang sesuai selera kamu.

    5. Punya daya tahan terhadap panas.

    Sudah memiliki bentuk yang mempesona, marmer juga memiliki daya tahan terhadap panas. Tidak hanya itu, marmer yang digunakan buat lantai bisa memberikan kenyamanan tersendiri. Jika kamu ingin memiliki suasanya nyaman pada lantai, bisa menjadikan marmer sebagai pilihan yang tepat.

    Kekurangan Material Marmer

    Sebelumnya sudah kita bahas tentang kelebihan menggunakan marmer untuk lantai maupun dinding pada bangunan. Sekarang kita akan membahas kekurangan dari marmer.

    1. Harga Cukup Mahal

    Sudah saya terangkan sebelumnya, karena marmer punya banyak kelebihan, harganya juga terbilang tidak murah. Salah satu kekurangan dari material marmer ini ada pada harga. Kecuali Anda memiliki banyak biaya untuk membangun rumah, tentunya marmer adalah pilihan yang sangat tepat.

    2. Pemasangan cukup Sulit

    Memiliki pesona tersendiri, walaupun begitu, bahan marmer ini tidaklah mudah dipasang. Anda harus menyerahkan pemasangan pada ahlinya, bukan tukang bangunan biasa. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pemasangan, serahkan semua pada ahlinya. Jika Anda membutuhkan jasa pasang marmer yang profesional, saya rekomendasikan Ratu Marmer Tulungagung, sebagai penyedia layanan jasa pasang yang sudah berpengalaman selama puluhan tahun.

    3. Licin untuk Lantai

    Salah satu kekurangan marmer, adalah licin, walaupun begitu, hal ini juga hampir sama dengan material lain seperti keramik ataupun granit yang juga licin. Anda dapat mencoba tingkat kelicinan marmer pada bangunan masjid. Banyak masjid yang menggunakan marmer untuk bahan lantai, hal ini bisa Anda jadikan referensi sebelum membangun lantai rumah yang terbuat dari marmer.

    Kurang lebih seperti itu sedikit informasi mengenai kelebihan dan kekurangan lantai marmer yang wajib kamu tahu. Sebelum menggunakannya untuk bahan material membangun lantai rumah. Semoga saja penjelasan diatas mudah dimengerti, dan membuat kamu lebih mantap dalam memilih bahan untuk lantai bangunan rumah.
     
  2. zeroxample M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 15, 2011
    Messages:
    314
    Trophy Points:
    31
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +27 / -0
    buat tembok yang merembes enak
     
Tags:

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.