1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Bau Badan Pada Pria

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by Nawainruk, Jun 12, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Nawainruk M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 3, 2007
    Messages:
    1,042
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +98,363 / -0
    [​IMG]

    Bau badan merupakan permasalahan yang melibatkan banyak orang pada kehidupan sehari-hari. Bagaimana tidak? Permasalahan bau badan (BB) membuat seseorang merasa tidak nyaman berdekatan dengan pemilik bau badan. Selain itu, bau badan dapat mengganggu penampilan dan rasa percaya diri si empunya BB.

    Badan yang berbau tidak menyenangkan terjadi ketika seseorang berkeringat. Keringat ini timbul dikarenakan beraktivitas dan rasa gelisah ataupun cemas. Berkeringat merupakan proses alami untuk pengaturan suhu tubuh. Beberapa pria berkeringat lebih banyak dari yang lain. Bau badan masing-masing individu bervariasi dan biasanya akan hilang setelah mandi.

    Pada tubuh, terdapat dua kelenjar keringat; kelenjar apokrin dan kelenjar ekrin. Kelenjar apokrin menjadi aktif pada masa pubertas, sedangkan kelenjar epokrin aktif sejak bayi. Kelenjar ekrin terdistribusi hampir di seluruh bagian permukaan tubuh, berperan dalam pengaturan suhu tubuh. Sedangkan kelenjar apokrin terdistribusi terbatas pada bagian tertentu tubuh, diantaranya bagian kelamin, payudara, dan ketiak.

    Keringat yang disekresikan kelenjar apokrin mengandung banyak lemak (berminyak), kental, steril dan tidak berbau. Namun, keringat ini akan berbau ketika terurai. Pada setiap helai rambut terdapat satu kelenjar apokrin dan mengandung bakteri yang berperan dalam proses penguraian sehingga timbulah bau badan. Keringat dari kelenjar ekrin tidak berbau karena keringat yang diproduksi kelenjar ekrin hampir seluruhnya mengandung air.

    Bau badan lebih banyak mendominasi kaum adam dikarenakan aktivitas kelenjar apokrin pria lebih besar. Selain itu, aktivitas kelenjar apokrin yang baru aktif dimulai pada usia pubertas, maka umur turut berpengaruh pada bau badan. Penyebab bau badan akibat keringat dari kelenjar apokrin yaitu kurangnya kebersihan kulit dan pakaian.

    Selain penyebab utama bau badan sekresi kelenjar keringat yang kemudian terurai oleh bakteri, penyebab lainnya adalah rendahnya higienitas. Bakteri akan menguraikan keringat dan menghasilkan bau badan. Pada beberapa orang, mandi menggunakan sabun anti septik yang dikombinasi dengan krim antibiotik mengandung klindamisin atau eritromisin dapat membantu mengurangi bau badan yang sangat menyengat.

    Yang menjadi penyebab lain bau badan diantaranya adalah kegemukan, makanan, rokok, menopouse, kelainan ginjal, gangguan liver, dan stress. Beberapa obat seperti tamoksifen dan pilokarpin kemungkinan turut mempengaruhi bau badan. Infeksi fungi, diabetes mellitus, dan gangguan saluran cerna juga turut berperan menimbulkan bau badan. Kopi dan stimulan lainnya dapat meningkatkan sekresi kelenjar apokrin dan berpeluang meningkatkan bau badan. Rasa cemas dan stress dapat meningkatkan risiko bau badan. Alkohol dan rokok dapat meningkatkan laju berkeringat pada seseorang.

    Tenang saja. Umumnya penyebab BB adalah karena berkeringat yang kemudian keringat tersebut terurai bakteri. Hal mudah untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan deodoran dan antiperspirant yang dapat diperoleh secara bebas.

    Antiperspiran merupakan sediaan yang mengandung komponen alumunium yang menutup kelenjar keringat secara sementara. Hal ini dapat mengurangi keringat yang berlebih pada kulit.

    Deodoran dapat mengurangi bau badan, namun tidak mengurangi keringat. Umumnya, deodoran mengandung alkohol dan membuat suasana asam pada kulit sehingga membuat bakteri kurang aktif. Terkadang pada deodoran ditambahkan pengharum untuk menutupi bau keringat. Dapat juga digunakan di kaki (untuk menutupi bau kaki).

    Tips yang diadaptasi dari berbagai sumber berikut dapat dicoba untuk membantu mengurangi keringat dan bau badan:

    * Mandi setiap hari. Mandi teratur dapat membantu mengendalikan jumlah bakteri di kulit. Gunakan sabun antiseptik bila perlu.
    * Gunakan pakaian yang longgar agar tubuh dapat "bernafas" dan mengurangi berkembangnya bakteri. Jenis kain juga ikut berperan. Jika memungkinkan, gunakan pakaian dengan serat alami, seperti katun, woll dan sutra. Ganti dan cuci pakaian yang kotor.
    * Mencukur rambut di ketiak dapat mengontrol bau badan.
    * Relaksasikan pikiran. Untuk mengurangi stress, lakukan aktivitas yang dapat merelaksasikan pikiran, seperti yoga maupun aktivitas lain.
    * Gunakan juga antiperspiran di malam hari. Pastikan kulit dalam keadaan kering ketika menggunakan antiperspiran

    Makanan atau minuman turut berperan menyebabkan bau badan tak sedap. Kurangi minuman berkafein, beralkohol dan kurangi makanan seperti bawang putih, bawang, dan daging. Jika memungkinkan anda bisa meminta seseorang (secara sukarela) untuk menguji bau badan sebelum dan setelah pengaturan pola makan untuk mengetahui hasilnya.
     
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Arthuria M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    1,234
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +259 / -0
    rasanya pernah ad de threat kayak gini,
    dan ad yg komen, kalo cowok cukur bulu keteknya apa kata dunia ^^
     
  4. lazuard M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 30, 2009
    Messages:
    411
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +13 / -0
    kata pacar gw bau badan cwo tuh adiktif kalo abis olah raga:)
     
  5. oohnyaacha Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 5, 2009
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    gw jarang mandi gan... mklum kerja pek mlm....

    tp cew gw ttep seneng tuh smbunyi d blk ketiak gw..
     
  6. evina123456 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 21, 2009
    Messages:
    483
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +90 / -0
    bisa ilfeel cewe liat cowo ga punya bulKet
    awkkawkawk
     
  7. Tailaxu M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 24, 2009
    Messages:
    389
    Trophy Points:
    116
    Ratings:
    +4,384 / -0
    Pemain basket byk yg cukur tuh bulket.....
    daripada ngeliat bulket pas nge-Dunk ato nge-shoot..:onion-82:
    tp juga bukan berarti klo bulket ilank jadi ga berbau khan? :onion-52:
     
  8. Semislacker Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 8, 2009
    Messages:
    112
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +4 / -0
    loh2... maksud nya cukur mungkin cuma di potong sampe batas wajar aja ...
    bukan "di habiskan" smua nya...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.