1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Education Bantuin milih jurusan kuliah gan..!

Discussion in 'CurHat' started by 3mp3r0r5, May 5, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. 3mp3r0r5 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 22, 2009
    Messages:
    322
    Trophy Points:
    166
    Ratings:
    +9,003 / -0
    Agan...
    gw minta pertolongannya yaaa...
    gw lagi kesusahan nih..
    gw lgi bingung milih jurusan kuliah gw...
    skrang gw duduk di kelas XI jurusan IPA..
    nilai mat, kim, sama biologinya pas"n smua di raport..
    hahahaha...

    gw bingung nih gan..
    tolong bantuin milih jurusan kuliah..
    hahahaha..
    gw sih mwnya teknik sipil karena teknik sipil cukup menjanjikan peluang kerjannya..
    minat itu juga dikarenakan karna hasil ul. trigonometri gw paling bagus diantar ulangan" lainnya..
    karena hal itu gw cukup percaya diri buat masuk teknik sipil..
    menurut agan" gimana..?
    hahaha..

    1 pertanyaan lagi..
    apakah betul pelajaran di perkuliahan itu bukan lanjutan dari SMA, melainkan dimulai dari 0 (nol)..?
    TOLONG BANTUANNYA!!
    GW LAGI BENER" BINGUNG INI..
    Apalagi gw anak tunggal..
    kalo ga berhasil gimana?
    ga ad yg nolongin gw..
     
    Last edited by a moderator: Jun 4, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. easyvalen M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    1,830
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +2,082 / -0
    klo tanggapan tentang pilih jurusan ane no komen soalnya ane anak SMK dan ane sekarang kuliah di jurusan akuntansi.
    tp klo dari pertanyaan selanjutnya.
    ane bilang sih kayanya ngak dari nol, setidaknya pasti kita dapet dasarnya lah sedikit2 di sma ato smp.
    tp asalkan ada niat pasti bisa. :peace:
     
  4. dyelewer M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 20, 2010
    Messages:
    4,134
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +5,062 / -0
    1 pertanyaan lagi..
    kenapa mesti takt bro..
    yang gw rasain sih pas kuliah itu pelajarannya tetep ngambil dasar dari pelajaran sekolah,,
    walaupun ilmunya emang lebih tingi n lebih berat waktu kuliah..

    tapi kalo di sma dasarnya udah menguasai gampang aja kuliah ini..
     
  5. mmhH M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 5, 2011
    Messages:
    421
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +232 / -0
    kalau utk milih jurusan di bangku perkuliahan, itu memang tergantung minat dan niat kamu.. kalau merasa udah kuat niat utk milih jurusan teknik sipil, ya monggo di pilih :hmm:

    masalah pelajaran di bangku kuliah di mulai dari nol? engga juga tuh, karena beberapa basic pelajaran pasti pernah kita kecap saat SMA.. :unyil:

    kecuali kamu salah milih jurusan, barulah itu menjadi sebuah masalah :hehe:
     
  6. 3mp3r0r5 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 22, 2009
    Messages:
    322
    Trophy Points:
    166
    Ratings:
    +9,003 / -0
    hmm..
    teknik sipil itu susah ngga yaa...?
    ad yg lulusan ato kuliah teknik sipil ga?
     
  7. easyvalen M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    1,830
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +2,082 / -0
    tp klo menurut gw walaupun jurusan sama kaya waktu sekolah (SMK Akuntansi) tetep aja ada mata kuliah yang ngak ada hubungannya.
    cont: ane jurusan akun dulu di SMK akuntansi. eh tiba2 waktu kuliah ada mata kuliah yang ngak ane ngerti kaya mikro dan makro ekonomi. :apa:
     
    • Like Like x 1
  8. mmhH M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 5, 2011
    Messages:
    421
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +232 / -0
    susah atau engga nya kalau blm dicoba ya ga bakalan tau :hihi:

    coba cek referensinya di --> Teknik sipil :tkp3:

    :hmm: iya, maksud saya ilmu basicnya udah kita dapat waktu sekolah, walau ada beberapa kategori mata pelajaran/kuliah yg baru yg belum pernah kita temui saat sekolah dulu

    namanya juga pendalaman dan pengembangan materi.. :hmm:
     
    Last edited: May 5, 2011
  9. n3ko Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 16, 2010
    Messages:
    222
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +117 / -0
    yg deket2 dg teknik sipil... coba lu cari informasi ttg teknik kelautan atau perkapalan...
    atau selain itu bisa juga teknik geologi, pertambangan, perminyakan...
    atau pindah jalur aja ke akuntansi, ekonomi, dll...

    atau kalo pengen maju lagi.. lu kursus bahasa jerman...
    terus ambil kuliah disana.. kuliah yg bener... terus cari kerja disana..
    kalo di jerman, jaman gue dulu, sekolah gratis...
    buat hidup lu bisa part time job...
     
  10. fixedout M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 5, 2010
    Messages:
    475
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +237 / -0
    Klo saya saranin ke universitas klo mau bnyak jurusan yg mau dipilih agan. Tapi klo 1 jurusan mending institut aje gan. :top:

    Klo mslah pljaran stau ane, itu sih bnyakan ngumpulin plajaran baru. teknik sma cuma buat acuan dasar. :hahai:
     
  11. hell_pumpk1n M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    208
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +12 / -0
    yang paling penting itu pilih yang benar2 disukai, banyak temen gw yg sembarang pilih yang penting masuk universitas, akhirnya setelah kuliah 1 tahun pindah gara-gara salah jurusan
    kalau pilihannya yang kita sukai, kita pun bs komit dengan pilihan kita
    teknik sipil ok kok, asal kuat di matematika dan bisa menggambar, di teknik sipil ada mggambar juga lho, ini gw dgr dr temen gw yg kuliah di teknik sipil

    kalau mau boleh ikutan tes minat bakat, biasanya ada disediain di sekolah atau bimbingan belajar
    semoga membantu
     
  12. 3mp3r0r5 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 22, 2009
    Messages:
    322
    Trophy Points:
    166
    Ratings:
    +9,003 / -0
    ok"..
    thx para senior"..
    hahaha..
    gw lbih termotivasi nih...

    mohon masukkannya lagi yaa para sesepuh..
     
  13. mikemandey M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 18, 2007
    Messages:
    577
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +857 / -0
    Nih ya.. Ada 3 faktor penting buat milih jurusan menurut gw

    1. Lo sukanya bidang apa dan mau jadi apa
    Ini penting banget, jgn milih jurusan cuma karena lo pikir bidang itu prospeknya bagus.. Nanti pas kerja, ga bakal kerasa seperti beban karena emang lo suka bidang itu.. Nih gw pny pengalaman yg bisa buat belajar. Gw sendiri dulu milih jurusan ganda (Teknik Informatika dan Statistika) gara" mikir prospeknya bagus karena masih sedikit yang kerja di bidang statistika.. Padahal gw buta sm sekali sm statistik.. Dan hasilnya gw ga bisa nikmatin kuliah gw, nilai kuliah jelek, sering ngulang, ga semangat kuliah, IP jelek..

    2. Bakat
    Tiap manusia tuh dilahirkan PASTI punya yang namanya bakat.. Klo ngerasa ga punya bakat itu karena dia belum nemuin jati dirinya aja.. Lo pikirin, lo lebih gampang belajarnya di bidang apa.. Kalo pelajaran kimia misalnya lo susah banget nangkepnya.. ya jgn lanjutin ke jurusan yg berhubungan sm kimia.. Tapi sebaliknya misalnya lo selama di SMA kykny pelajaran Fisika gampang banget mencernanya, nah lo bisa pertimbangin ini buat dilanjutin di universitas

    3. Hobi
    Enak kan klo misalnya lo punya hobi sekaligus bisa hasilin duit? Kalo lo punya hobi tertentu dan kebetulan ada jurusan yang bisa mendukung, ini boleh dijadiin bahan pertimbangan juga. Kalo misal ga ada pun ga masalah, lo bisa seriusin hobi lo tanpa lewat universitas (Biasanya para entrepreneur/wirausahawan sering memulai suatu usaha yang berawal dari hobi ini)..

    Nah, 1 lagi gan... Jgn parno atau takut gagal di universitas.. Universitas itu cm banyak ngajarin teori.. Di dunia kerja itu justru sedikit banget yang kepake.. Banyak tmn gw yg sekarang udah lulus aja masih ada yg bingung mau kerja apa, yang udah kerjapun malah kerja di bidang yang ga sesuai sm jurusannya dan mereka pun tetep aja harus belajar hal-hal yang ga diajari di universitas...

    Gw sendiri sekarang lagi merintis website dan gw malah belajar dr ebook sm tutorial di website luar bahkan gw jg belajar dr apa yg gw liat di TV, di film, sama di game. Ya, dari game pun kadang lo bisa belajar sesuatu misalnya:
    -belajar bahasa Inggris (game RPG)
    -mengasah otak (game puzzle)
    -belajar bersosialisasi (the sims)
    -belajar bikin sesuatu atau mengoperasikan sesuatu (game" simulator)..

    bkn dari universitas, soalnya ga ada yg bisa dipake sih.. wkkwkw

    Dan terakhir, gw punya quote yg gw bikin sendiri sekaligus jadi panutan hidup gw sampe skrg.. :

    "You learn many things not only from a building called school or university but also from what you experienced, feel, and see everyday. Knowledge is out there!"


    Terjemahannya: "Kamu belajar banyak hal bukan hanya dari sebuah bangunan yang disebut sekolah atau universitas tetapi juga dari apa yang kamu alami, rasakan dan lihat setiap hari. Pengetahuan ada di luar sana!"

    Lo bisa belajar "Cara mengerjakan atau membuat sesuatu" dari universitas.. Tapi lo bisa belajar untuk hidup dan untuk survive itu justru dari orang-orang dan kejadian-kejadian di sekitar lo..

    CHEERS! :angel:
     
  14. yuk1_ch4n Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 6, 2009
    Messages:
    60
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +12 / -0
    kalo ane dulu pas masuk akuntansi bener bener dari awal gan,,,, dan sekarang juga mu ambil saastra juga kayanya ngulang pelajaran dulu sma juga....
     
  15. scofieldnick Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 30, 2009
    Messages:
    66
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +7 / -0
    klo menurut saya, pilihlah jurusan yg agan minati. Masalah susah ato tidak itu tergantung kemauan. Selain itu perlu juga mencari informasi sebanyak"nya ttg jurusan yg agan akan pilih.
    Semoga sukses selalu
     
  16. DAODANDOH Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 19, 2009
    Messages:
    176
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +83 / -0
    Berhubung ane lulusan Sipil tahun ini. Kuliah normal mahasiswa sipil sperti jurusan2 yang lain adalah selama 4 tahun, walaupun ane sendiri baru lulus 4,5 tahun. SO, ane cuman mo kasi gambaran dikit aja deh ya :

    Kuliah teknik sipil smester pertama adalah menggambar teknik dan mengenal dasar2 keteknik sipilan, di sini agan mungkin masih dikenalkan dengan Fisika Dasar dan Matematika Dasar, smua itu di sajikan selama 3 smester sambil diselingi kuliah2 lain yang berhubungan dengan keteknik sipilan seperti perencanaan rumah sederhana, pondasi gedung/rumah, membangun jembatan, membangun gedung 3 lantai, bendungan air, saluran irigasi dan kincir air, membuat jalan tol/jalan raya, perencanaan angkutan umum supaya tidak macet, serta mengitung berapa tenaga kerja (kuli) yang diperlukan untuk mengerjakan galian, membangun gedung, dan sebagainya.

    Mungkn agan lum da bayangan kalo ane cerita gini, tapi agan BENAR-BENAR TIDAK AKAN BISA NYELESAIIN TUGAS2 DARI DOSEN TANPA BANTUAN TEMAN2 AGAN dan ane yakin jurusan2 yg laen pasti gitu. Jika agan berjiwa introvert maka mau tak mau mungkin agan akan extrovert, kecuali kalo agan ber-IQ tinggi kayak temen ane yang cumlaude (lulus 3,5 tahun) hehehe~

    Nah, ini gambaran ketika lulus nih :

    a. Kawan2 Cumlaude ane (kuliah 3,5 tahun dan IPK, >3,5) : 3,5 tahun kuliah dengan menyandang lulusan cumlaude termasuk luar biasa. teman2 ane itu dah ada yang kerja jadi PNS di instansi pemerintahan (rata2 masuknya sih kementrian perhubungan dan transportasi) dan birokrat ada pula yang brani buka usaha kecil2an.
    b. Kawan2 Normal ane (lulus 4 tahun) : yang menakjubkan dari lulusan angkatan ane ini adalah hampir 70% nya lulus PNS dan masuk PNS PU (Kementerian PU). Luar biasa memang dan banyak yang ditempatkan di daerah2 sampe yang daerah2 terpencil yg gak da sinyal HaPe. Ada juga yang masuk konsultan/kontraktor BUMN maupun Swasta dan perbankan (ODP).
    c. Kawan2 Sohib ane (4,5 tahun coy) : walaupun telat, kami jaga gengsi buat gak mau terlalu jauh ketinggalan. banyak yang memaksakan diri sampe keluar jalur jurusan seperti masuk dalam Perbankan (ODP : Office Development Program), namun sayangnya tahun ini, Perbankan lg tidak ramah dengan kami sehingga banyak yang menanti Tes Ujian PNS bulan Oktober depan (Bagaimana pun PNS tetap menjadi idola masyarakat umum saat ini). Masih juga ada yang sesuai jalur yaitu masuk Kontraktor BUMN dan Swasta.
    d. Kawan ane (rencananya 5 tahun dan lulus tahun ini) : sekarang lagi sibuk skripsi semuanya~

    Jika agan minat jadi PNS, saran ane agan masuk di perguruan tinggi minimal negeri dan akreditasinya bagus. soalx pengalaman kasian temen ane yang lumayan pintar tapi gak lulus adminitasi ujian CPNS cuman gara2 perguruannya kurang memenuhi kualifikasi akreditasi yg lembaga tersebut inginkan.

    Jika agan pengen jadi konsultan/kontraktor (kalo bahasa Si Doel- nye "TUkan Insinyur") maka agan harus betul2 minimal memahami materi2 kuliah dengan baik, juga informasi dunia teknik sipil yang terbaru saat ini. Hitung2an soal belakang, yang penting agan mau belajar dari pengalaman meskipun agan dah lulus kuliah kelak.

    Jika agan pengen kerja di perbankan, gak papa... temen2 ane yg Sipil juga bisa masuk perbankan. Mengingat banyak pembangunan gedung ato jalan2 saat ini membutuhkan pinjaman duit dari bank yang notabene harus ada perhitungan Sipil tentang "kapan uang tersebut akan kembali dan menjadi profit ?".

    Jika agan pengen wiraswasta, maka ane SALUT ma agan ... karena tidak semua orang Indonesia bisa seperti itu, termasuk saya.


    Ane bercerita, agan yang menentukan. Karena jalan hidup tiap orang beda, begitupula cara mereka untuk sukses. Wassalam ... hihihi

    PS : silahkan join ke group Dunia Teknik Sipil di Facebook
    http://www.facebook.com/#!/dtsipil
    cuman kayakx ni grup hampir sebulan ini ditinggalin pengasuhnya karna lagi proyek-an mungkin. Tapi sejak tahun 2007 sampe sekarang gw ikut group ini, informasi2 tentang keteknik sipilannya sangat bermanfaat... sekedar cuman buat memberi 'bayangan' teknik sipil pada agan~ :peace:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
    Last edited: May 6, 2011
  17. indahfida M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 26, 2008
    Messages:
    967
    Trophy Points:
    126
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,713 / -0
    Hmm... coba lw ikutin kata hati lw sendiri. Mana yang bisa buat lw funs. Kuliah salah jurusan nyesek bro. jadi hati2. kalo lw mang funs di teknik sipil, knapa nggak?

    Iya bro, kuliah bener2 ga nyambung sama sma. smua dari NOL lagi. Dan lw harus pinter2 cari bahan kuliah. karena dosen dah cuex sama mahasiswanya. beda sama guru sma.

    Good luck bro..
     
  18. Braindale Members

    Offline

    Joined:
    Jan 30, 2010
    Messages:
    1
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    menurut ane nih ye...dimana2 aja boleh.. karena sukses kuliah tu faktor utamanya qta sendiri...
    tapi ya tetep aja sih.. jaman skrg 'nama' tuh jd mslh...
    kesimpulannya.. usaha sekeras mungkin.. lalu lulus.. kualitas belakangan...
     
  19. 3mp3r0r5 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 22, 2009
    Messages:
    322
    Trophy Points:
    166
    Ratings:
    +9,003 / -0
    wah...
    pengalaman pribadi yaa...?
    thx banget masukknyaa..
    gw jadi ada gambaran ttg perkuliahan teknik sipil..

    gw mw tanya...
    1.mata kuliah yg pling susah di teknik sipil apa yaa..?
    2.apakah di teknik sipil ada mata kuliah mengenai kimia..?
    3.apakah peluang kerjanya menjanjikan?
    4.kalo boleh tau agan lulus dgn IP brp..?
    hahaha..
    tolong yaa gan..
    gw butu bngt masukknyaa..
     
  20. DAODANDOH Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 19, 2009
    Messages:
    176
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +83 / -0
    Jawaban :
    1. Kalo dibilang susah ane bilang gak juga gan, semua itu tergantung pada dua hal :
    a. Baik tidaknya cara dosen menerangkan materi kuliah juga dengan informasi2 terbaru saat ini tentang dunia keteknik sipil,
    contoh gampangnya: biasanya orang bangun kuda2 atap rumah dari kayu, sekarang sudah bisa pake aluminium ato baja ringan.
    mau gak mau agan saat kuliah bisa nyari info sendiri ato pun bertanya pada org lain yg lebih tau (dosen, teman ato praktisi lapangan). Pengalaman selama kuliah itu perlu gan, jadi agan kalo rajin memang tidak akan duduk-pulang-pergi kuliah aja, tapi juga aktif nyari info-info terbaru.
    b. Kebijakan dosen
    Nilai adalah penentu kelulusan mahasiswa di perkuliahan, kadang2 ada dosen killer (istilahnya pelit ngajarin, kalo ngajar juga gak ngerti kita2nya, nilai pelit lagi).
    Ane pernah dapat dosen pas semester satu yang ngajarin nya gak ane ngerti sama sekali , otomatis ane dapet E. Beruntung ane boleh mengulang mata kuliah itu dan dapat A karena ada dosen yang lain yang lebih baik cara menerangkannya.
    Selain itu, ada juga tugas2 yg diberikan dosen karena dosennya sibuk proyek-an sehingga tugas2 itu adahal nilai semester kami.

    2. Dulu saya mendapatkan mata kuliah Kimia Dasar di semester dua atao tiga kalo gak salah inget. Saat itu banyak teman2 yang tidak paham "Kenapa mata kuliah seperti Kimia yang notabene tidak ada hubungannya dengan konstruksi, jalan, jembatan, uang,... diberikan ?". Ternyata mata kuliah ini berguna untuk kalao agan mengambil judul skripsi Penelitian Bahan Beton.
    contoh gampangnya : biasanya orang buat semen mortar (campuran semen) dari air, pasir, semen, dan kerikil menjadi pasta yang biasa kita sebut "semen" (pikiran langsung BB17+ nih... hihihi), namun ada penelitian adik kelas ane yang mengganti pasir dengan kerang laut yg dikeringkan dan dihaluskan dikarenakan unsur-unsur kimia kerang yanga dihaluskan itu mirip dengan pasir. (info cekidot : http://majalah.tempointeraktif.com/id/arsip/2011/04/11/ILT/mbm.20110411.ILT136384.id.html)

    3. Soal peluang kerja, ane kembali ke agan. Agan akan bertipe pekerja seperti apa kelak, saya bagi dalam 2 tipe :
    a. JobSeeker (Pencari kerja) : dimana ada bursa karir, info lowongan di koran ato internet, selalu ada agan dengan map dan form lamaran kerja sambil apply perusahaan sana-sini. Ato menunggu tes CPNS dari pemerintahan?
    b. Enterprenuer (Wiraswasta) : jika agan berjiwa pemberani memulai dari nol. maka sekali lagi ane salut ma agan, meskipun ntar usahanya beda jauh ma kuliah kayak teman kos ane yang sejak kuliah (Teknik Mesin) udah bisa buka toko mainan kecil2an sampe bisa ngelurin harga di bawah harga grosir (http://oketoys.com/)

    Khusus buat JobSeeker maka akan harus membuat pribadi yang SellyourSkill (Jual Kemampuan Dirimu) utamakan bisa segala software dan program keteknik sipilan, atao skill yang lainnya, contohnya : biasanya software2 sipil ada AutoCAD, SAP, ETABS, PLAXIS, dll tapi agan bisa PhotoShop, Corel, 3DMAx, ... Ane cuman bisa bilang "WOW !".

    Selain itu, aktif diorganisasi kemahasiswaan juga bagus, karena terkadang perusahaan2 swasta luar negeri kayak Nestle dan sebangsanya nyari yang softskill keorganisasiannya mantap. Makanya, ane salut ma teman2 ane yang organisasi OK dan kuliah OK.

    Jadi., soal lapangan kerja ini, jika agan mulai masuk kuliah mulailah mencari tau, mencari pengalaman, mencari skill pribadi, untuk SellyourSkill pasti akan ada banyak pekerjaan untuk agan, tinggal agak aja yang cocok2an dengan planning agan kelak.

    karena banyak teman2 agan yang lulus SMA tapi sudah mulai cari kerja ato menikah. Jangan mau ketinggalan dengan mereka karena waktu agan sudah habis buat duduk-pulang kuliah. Walaupun agan akan terjun kemasyarakat lebih lambat, tapi agan punya skill yang bisa agan pegang untuk bersosial.

    4. Hehehe~ kalo ane bocorin IP ane di sini, bakal kena bata gak gan ? hehehe .... ya udahlah, kena bata juga gak papa, cuman nge-share pengalaman ane aja buat menjadi pengalaman agan kuliah kelak, because my lover said : "Experience not only from your experience, but another people's experience, how they life, how they live are experince too, you can learn from them".

    IPK ane 3,18 lulus 4,5 tahun dengan nilai rata-rata B dan C.

    Tambahan :
    Kalo agan minat Teknik Sipil , maka pada 2 Semester akhir agan akan di hadapkan dalam pilihan penjurusan (Skripsi) keteknik sipilan (kalo di kampus ane ada) :

    Struktur : Perencanan Jembatan, Penelitian Beton, Modifikasi Gedung, dan lain2
    Geoteknik : Pondasi dangkal/dalam, Tembok Penahan Tanah, Penelitian Lumpur LAPINDO untuk bangunan konstruksi, dan lain2
    Transportasi : Perencanaan Dermaga/Pelabuhan, Jalan Tol/Raya, Transportasi Air, Darat, Udara, Bandara, dan lain2
    Hidroteknik : Bangunan tepi pantai (tembok penaahan ombak, tetrapod, dll), Drainase, Bendungan, PLTA, Irigasi, dan lain2
    Manajemen Konstruksi : Menghitung biaya kebutuhan peralatan dan tenaga kerja konstruksi, Profit kerja, Cash Flow dan Kontrak, dan lain2

    :peace:
     
    • Thanks Thanks x 1
    Last edited: May 7, 2011
  21. gotojade Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 24, 2009
    Messages:
    27
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    untuk sekrang...yg penting kerj dan buat kerja yg penting cepet lulus...ambil jurusan yg paling cepet lulus aja gan...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.