1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

News Banjir Besar di China Timbulkan Kerugian Hingga Rp2,7 Triliun Serta Menelan Banyak Korban Jiwa

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by IDWS.News, Jul 23, 2021.

  1. IDWS.News adalah Partner/ Kontributor TerverifikasiIDWS.News Gatotkaca

    Offline

    ▁ ▂ ▄ ρεηүεвαя ιηғσ ▄ ▂ ▁

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    2,918
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +96 / -0
    Banjir di China menimbulkan banyak kerusakan. Sejumlah wilayah di Henan dan Zhengzhou juga tertimpa bencana seperti tanah longsor, bendungan yang banjir, sungai yang meluap, hingga kereta bawah tanah yang terendam.

    Kerugian akibat banjir disebut mencapai 1,22 miliar yuan atau US$ 190 juta atau setara dengan Rp 2,7 triliun (asumsi kurs Rp 14.497). Korban jiwa juga berjatuhan.

    Misalnya 14 pekerja yang meninggal di proyek terowongan jalan tol. Para pekerja ini disebut tak bisa menyelamatkan diri saat air datang.

    Kemudian di kereta bawah tanah, ada 500 orang yang terjebak dan 12 di antaranya meninggal dunia. Ketinggian air di kereta bawah tanah setinggi orang dewasa.

    Ratusan orang yang terjebak berusaha menahan kepala mereka di atas agar tetap bisa bernapas. Banjir ini juga menutup jalan raya dan menyebabkan mobil dan bangunan terendam.

    Tak hanya itu sebuah pabrik aluminium juga terdampak banjir. Pabrik itu meledak karena pembangkit listrik Dengfeng Power Group yang meledak dan ketika banjir terjadi arusnya masuk ke dalam pabrik dan menyebar ke larutan bersuhu tinggi. Tidak ada korban jiwa dalam insiden kecelakaan ini.

    Badan Meteorologi Henan menyebut jika banjir di China disebabkan akibat curah hujan yang tinggi. Profesor Lee Kuan Yew School of Singapore, Eduardo Araral mengungkapkan pemerintah China harus melakukan evaluasi jika proyek infrastruktur turut mempengaruhi cuaca ekstrem saat ini yang berujung banjir di China.

    "Pertama-tama pemerintah China harus sadar, jika proyek infrastruktur di masa lalu ini sangat rentan dengan peristiwa ini," kata dia melansir laporan detikcom mengutip Reuters, Jumat (23/7/2021).


    [​IMG]
    Banjir di China/Foto: AP/Stringer

    Hal ini sama dengan yang terjadi di Jerman. Dia mengungkapkan perubahan iklim sangat mempengaruhi curah hujan.

    Otoritas China memperingatkan cuaca ekstrem masih akan berlangsung ke depannya. Tingginya curah hujan beberapa hari ini disebut menjadi yang tertinggi selama 1.000 tahun.

    Kota Zhengzhou berpenduduk 12 juta orang, adalah salah satu daerah yang paling parah dilanda banjir, dengan 12 orang tewas setelah terjebak berjam-jam di jalur kereta bawah tanah. Sementara di Henan dengan 99 juta penduduk, salah satu provinsi terpadat dan termiskin di China, dengan banyak lahan pertanian dan pabrik.



    Sumber: Portal IDWS
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.