1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

bahaya susu

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by onehitkil, Sep 19, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. onehitkil Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 17, 2009
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    Seperti diketahui, susu memiliki banyak manfaat yang sangat berguna bagi fungsi tubuh, akan tetapi sadarkah anda, kalau ternyata susu juga membawa dampak yang tidak baik kalau digunakan secara tidak lazim.

    Nah kali ini, untuk mendapatkan manfaat terbaik susu, pastikan Anda memperhatikan beberapa aturan dalam mengkonsumsinya.

    Dibawah ini ada beberapa aturan yang dilarang dan harus diikuti agar kadar dari susu tersebut tidak berkurang dan tidak akan menjadi racun bagi tubuh kita.

    Apa saja aturannya yang dilarang dalam mengkonsumsi susu? ini dia diantaranya:

    1. Susu vs jeruk
    Beri jeda setidaknya satu jam antara minum susu dan mengkonsumsi buah-buahan yang bersifat asam, jeruk misalnya.
    Sebab, tartaric acid yang terkandung dalam jeruk akan membekukan protein dalam susu. Akibatnya, protein susu jadi sulit diserap tubuh.

    2. Susu vs gula
    Sebaiknya tidak mencampur susu segar yang masih panas dengan gula. Tunggu agak dingin, baru mencampurkan gula. Mengapa? Sebab susu mengandung leucine (asam amino). Bila dalam keadaan panas dicampur gula, leucine akan bereaksi menjadi leusine fructosyl (radikal fluktosa) yang beracun dan dapat merusak tubuh.

    3. Susu vs coklat
    Susu mengandung banyak protein dan kalsium, sementara coklat mengandung asam oksalat. Bila keduanya dikonsumsi secara bersamaan, akan menjadi kalsium yang bersifat non-larut. Hal ini sangat mempengaruhi daya serap terhadap kalsium. Akibatnya adalah timbulnya gejala rambut kering, dan banyak buang air.

    4. Susu vs obat
    Berikan jeda setidaknya satu jam antara minum susu dengan mengkonsumsi obat. Karena, susu dapat mempengaruhi tubuh dalam menyerap obat. Susu, dalam hal ini, akan melapisi obat dengan membentuk semacam selaput. Akibatnya unsur-unsur yang terkandung dalam susu, seperti kalsium, magnesium, dan lain sebagainya membentuk reaksi kimia dengan obat. Reaksi kimia ini membuat materi obat tidak larut dalam air. Hal ini mempengaruhi kemampuan daya buang dan daya serap terhadap obat..


    susu juga mengandung bacteri enterobacter sakazaki..

    Hasil penelitian Institut Pertanian Bogor (IPB) menemukan adanya enterobacter sakazakii dalam susu formula anak-anak dan bubur bayi. Bakteri jenis ini bisa menyebabkan radang selaput otak.

    Penelitian yang dilakukan dengan 74 sampel susu formula ini memperlihatkan 13,5 persen di antaranya terdapat bakteri beracun, dan tiga dari 46 sampel bubur susu bayi juga tersembuyi bakteri itu.

    “Awalnya kami hanya ingin meneliti penyebab diare pada bayi, tapi saya malah kaget dengan ditemukannya Enterobacter Sakazakii, bukan bakteri Escherichia c*li yang sering ditemukan itu,” kata Ketua Tim Peneliti IPB Sri Estuningsing yang juga seorang ahli susu sapi dan makanan anak, Minggu (24/2/2008).

    Menurut dia, bakteri Enterobacter Sakazakii sangat membahayakan. Selain bisa menyebabkan radang selaput otak, bakteri itu juga bisa menyebabkan radang usus dan peradangan jaringan seluruh tubuh. “Apalagi, susu formula dan bubur bayi banyak diberikan kepada anak usia di bawah satu tahun. Ini sangat membahayakan,” katanya.

    susu juga mengandung melamin
    Melamin adalah suatu zat organik dengan struktur kimia C3H6N6 atau dengan nama is 1,3,5-triazine-2,4,6-triamine. Berat molekulnya adalah 126, bentuk kristal putih dan agak sulit terlarut dalam air. Sebelumnya kita tahu bahwa melamin banyak digunakan pada produksi plastik seperti untuk pembuatan alat makan, biasanya untuk ini digunakan melamin resin (kombinasi melamin dan formaldehid)

    Melamin memiliki kandungan nitrogen yang tinggi (66%) sehingga melamin ini jika dianalisa memiliki karakteristik seperti layaknya molekul protein. Melamin berbahaya jika tertelan, terhirup atau terserap kulit, paparan secara kronik dikatakan dapat mencetuskan terjadinya kanker dan kerusakan sistem reproduksi. Meskipun demikian, dosis toksik dari melamin ini cukup tinggi setara dengan dosis toksik suatu garam dapur dengan LD50 (Letal Dose50) lebih dari 3 gram/kg berat badan. Jadi kalau melamin memiliki nilai toksisitas yang rendah, mengapa dapat mengakibatkan ribuan bayi bermasalah karena zat ini? Jenis melamin yang digunakan dalam produk susu adalah melamin sianurat (kombinasi melamin dan asam sianurat) yang bersifat tidak larut dalam air, paparan kronik (setidaknya 3 bulan) dari melamin ini dapat mengakibatkan pembentukan batu pada kandung kemih dan ginjal (karena sulit larut air sehingga tidak dapat dikeluarkan via urin, selanjutnya tertumpuk dan mengkristal), bahkan kanker yang dapat menjadi penyebab kerusakan dari fungsi saluran kemih, hingga gagal ginjal.

    Lalu mengapa harus menambahkan melamin ke dalam kandungan susu? Seperti telah disebutkan di atas bahwa melamin mengandung kandungan nitrogen yang tinggi dan memiliki karakteristik protein. Penambahan melamin ditujukan untuk meningkatkan kadar protein susu sehingga seolah-olah pada saat diperiksa kadar proteinnya menjadi tinggi (untuk memeriksa kandungan protein dari suatu zat yang diukur adalah kandungan nitrogennya). Regulasi pemeriksaan formula susu sebelumnya tidak menduga bahwa akan adanya penambahan melamin ini, sehingga kandungan melamin tidak diperiksa. Meningkatkan kandungan protein tanpa perlu memperbesar kandungan protein yang ”sesungguhnya” akan menekan biaya pembuatan formula susu, dan meningkatkan profit dari penjualan susu.
     
    Last edited: Sep 19, 2009
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Lord_scum M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    896
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +1,533 / -0
    ???

    PERTAMAX


    kalo susu coklat apakah masih berbahaya juga...:???:

    akhir2 ini juga ada susu berasa jeruk:belajar:
     
  4. wind_rider M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 17, 2009
    Messages:
    445
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +155 / -0
    jadi kopi susu fine" aja nih??
    klo susu strauberry??

    dampak fatalnya apa tuh jika dikonsumsi secara rutin??
    (soalnya lumayan sering)
     
  5. tehkotak88 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 14, 2009
    Messages:
    1,318
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,654 / -0
    Wadoe...susu dan coklat ga jodoh y..

    baru tau ni...

    Pdhl susu coklat bnyak di pasaran...
     
  6. natsuki M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 6, 2009
    Messages:
    702
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +248 / -0
    bener2 skarang udah ada banyak susu aneka rasa masa itu berbahaya :???:
     
  7. erha M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 4, 2008
    Messages:
    1,387
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +941 / -0
    susu itu yg berbahaya kalo diminum 1 ember baru tuh bahaya
     
  8. tehkotak88 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 14, 2009
    Messages:
    1,318
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,654 / -0
    Klo rasa buah2an itu AFAIK semuanya buah 'paslu'

    Krn dibuatnya bukan dr sari buah tapi dari ikatan ester yg dibuat di pabrik menyerupai aroma buah aslinya...trus dikasi pewarna biar menarik

    Tp klo yg coklat..nah itu.....gmn tu :???:
     
    • Like Like x 1
  9. hyde666 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 2, 2009
    Messages:
    3,906
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +231,452 / -0
    denger2 dari forum tetangga...susu juga tidak baik lo di minum oleh wanita..bisa kena kanker
     
  10. bibibi M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 13, 2008
    Messages:
    2,404
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,129 / -0
    wadu klo susu coklat bahay gimana dengan ultra milk dkk nya :???:
     
    • Like Like x 1
  11. boku M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 10, 2009
    Messages:
    3,087
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +53,937 / -0
    trus knepa ada yng jualin susu coklat yh:???:
    gw juga lagi minum nih :kecewa:
     
    • Like Like x 4
  12. K3nny_11 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 28, 2008
    Messages:
    800
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +10,154 / -0
    susu berbahaya ? waduh celaka dua belas donk ? dari balita udah dicegokin ama susu gimana donk ??? LOL

    btw, susu teh mayan enak loh.... hehe... baru2x ini sempet nyobain.... :P
     
  13. kuwsendiri Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 31, 2009
    Messages:
    291
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +570 / -0
    Haduhgan...
    bahaya jga neeh minum susu coklat...
    pantesan harga susu fool crem mahal di pasaran...:th_104_:
    btw..
    manfaat susu vs kopi ada g...
     
  14. erickstrad Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    May 15, 2009
    Messages:
    7,469
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +53,557 / -0
    lah? trus gmn tuh dgn susu coklat n susu rasa jeruk? ga baik juga kah? :???:
     
  15. anakpusing M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 22, 2008
    Messages:
    331
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +21 / -0
    gw jg pernah denger dr dosen gw kalo minum susu jg jangan sambil makan nasi,roti,mie (pokoknya sesuatu yg berkarbohidrat) soalnya ntar kalsiumnya susah diserap ama tubuh kita...:awas:
     
  16. ryomin M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 13, 2009
    Messages:
    2,279
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,864 / -0
    bkanny susu trmasuk 4 sehat 5 smpurna y..
    gwat dunk klo trnyta bhya..
    aqu khan penyuka susu, pa lgi susu coklat..
    klo susu coklat gmna???
     
  17. Arnez M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 13, 2009
    Messages:
    329
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +87 / -0
    nah lhoo gw baru tahu ternyata susu coklat bisa segitu bahayanya :panik::panik:
    padahal gw ga suka susu putih :muntah:
    berarti kita minum "susu" yang lain aja ah :hahai::hahai::hahai:
     
  18. onehitkil Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 17, 2009
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    yahaha...

    tergantung.. ada msgnya? melamin? bakteri enterobacter sakazaki?

    hindari susu kaleng....
     
  19. onehitkil Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 17, 2009
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    yup benar.....
    emang kuliah di mana?
     
  20. at_zero Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 24, 2009
    Messages:
    65
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +7 / -0
    gw malah nangkep gini kalo yang d maksut SUSU COklat = SUSU trus sambil makan Coklat batangan.... karena beda unsur cothnya SUSU cair kalo d minum lsg glek2(ngalir) kalo coklat batangan pasti rada2 nempel gitu....sedangkan unsurnya berbeda sry kalo kurang ilmiah coz ini pendapat gw.....CMIIW

    en masa sih produsen mau Jual barang ga pake cek dlo ke BPOM .....???trus mereka dapet no reg dari mna...??ga mungkin makanan lsg tebar2 gitu aj....

    Thx B4 Nice INFO GAN....
     
  21. Happybahbah M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 17, 2008
    Messages:
    1,789
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,373 / -0
    ^
    yup setuju dengan atas..
    gw liatnya yg gak boleh itu : minum susu dan dalam waktu bersamaan / dekat lalu makan coklat.. :haha:
    kalo susu coklat setau gw boleh2 aj, gak bahaya koq.. :swt:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.