1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Discussion Bahaya Duduk Lama-Lama

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by jHony, Oct 26, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. jHony Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    3,625
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +12,931 / -0
    [​IMG]
    Di bandara internasional umumnya disiapkan klinik siaga untuk menangani kasus sumbatan pembuluh darah balik paru-paru, deep vein thrombosis. Pasien mendadak terserang sesak napas akibat ada butiran atau bekuan darah yang menyumbat pipa pembuluh darah balik (vena) dari tungkai dan kaki yang menuju ke paru-paru.

    Sumbatan dadakan itulah yang menimbulkan serangan sesak napas. Penderitanya bisa meninggal mendadak bila tak segera ditolong.

    Betah duduk

    Ya, betul. Jangan duduk kelewat lama. Terlebih dengan posisi duduk bersempit-sempitan. Mengingat kasus seperti ini lebih sering-terjadi di pesawat lintas benua kelas ekonomi (karena kursinya sempit dan susah selonjor), penumpangnya perlu lebih sering rehat berdiri setiap beberapa jam.

    Di kabin pesawat juga ada panduan untuk itu. Setiap satu dua jam biasakan untuk bangkit berdiri dari posisi duduk. Lakukan pergerakan tungkai dan kaki sambil berjalan mondar-mandir di ruang kabin pesawat. Maksudnya agar tidak sampai terjadi aliran darah yang tidak lancar, selama dalam posisi duduk tanpa bergerak.

    Dalam posisi duduk di kursi sempit, sehingga tungkai dan kaki sukar berubah posisi atau digerak gerakkan, kondisi pipa pembuluh darah balik terancam, aliran darahnya mengalir dengan kederasan yang sama lemahnya. Jika kondisi darahnya dan atau dinding pipa pembuluh darah baliknya berisiko untuk terjadinya DVT, posisi duduk lama itu yang menjadi pemicunya.

    Hal yang sama juga dapat terjadi selama bekerja di kantor atau di rumah yang mengharuskan duduk berlama-lama. Perlu bangkit dari posisi duduk,dan selama duduk posisi tungkai dan kaki diubah-ubah atau digerak-gerakkan, agar tidak terpicu kejadian DVT (deep vein thrombosis).

    Deep vein thrombosis terjadi akibat terbentuknya bekuan darah, hasil kumpulan sel-sel yang berisiko untuk luruh, lalu hanyut terbawa aliran darah. Biasanya berasal dari pembuluh darah tungkai dan kaki, demikian dikutip dari kompas.

    Namun, bukan pembuluh darah balik di permukaan kulit yang berisiko mengalami hal seperti itu, melainkan pembuluh darah balik (vena) di bagian dalam.

    Karena sistem pembuluh darah balik itu mengalirkan darah dari bagian tepi tubuh menuju ke paru-paru (darah kotor), jika terjadi luruh dan terhanyutnya butiran atau bekuan darah, bahan penyumbat akan tersangkut di pipa pembuluh darah paru. Sumbatan di sini yang menimbulkan serangan sesak napas mendadak.

    Mekanisme pembentukan butiran atau bekuan darah tentu bukan kejadian satu-dua hari. Prosesnya sudah berlangsung lama, sebelum serangan DVT muncul. Bisa jadi memang sudah ada “bibit” ke arah situ.

    Tak selalu mudah mengetahui seseorang sudah memiliki bibit bakal terhanyutnya bekuan atau butiran darah dari tungkai dan kaki. Tanpa pemeriksaan seksama, belum tentu dikenali. Sepintas tak dapat dikenali kalau sudah ada gangguan itu di pipa pembuluh darah balik, bila tidak dilakukan pemeriksaan.

    Ada bendungan pembuluh balik

    Jika betul ada pembentukan karat di pipa pembuluh darah balik (thrombotic), berarti aliran darah tidak selancar pada pipa pembuluh darah balik yang masih normal. Tergantung seberapa berat atau tidak lancarnya aliran darah balik menuju ke paru-paru, keluhan mungkin belum begitu berarti.

    Pada mereka yang sudah mengalami kondisi sumbatan di lokal pipa pembuluh (post thromboticsyndrome), mungkin hanya muncul keluhan pegal tungkai menahun, kadang pembengkakan tungkai, lekas letih pada tungkai, selain kemungkinan terbentuknya borok di tungkai dan atau kaki yang sukar sembuh (skin ulcer).

    Namun, keluhan seperti tersebut di atas bukan cuma milik kasus pembuluh balik bermasalah saja. Banyak kelainan dan penyakit memunculkan keluhan serupa. Kekurangan vitamin B, gangguan ginjal atau hati, varises, sukar dibedakan dengan sindroma thrombotic ini.

    Karena kemungkinan bekuan dan “karat” yang melekat pada dinding pembuluh darah balik sewaktu-waktu bisa luruh dan terlepas (embolism), sehingga menjadi venous thromboembolism (VTE), diperlukan obat antibeku darah (antikoagulan). Sekiranya sampai terjadi bekuan atau butiran darah terhanyut, akan segera dilarutkan oleh obat pelarutnya itu, sehingga serangan sesak napas dapat dibatalkan.

    Pemeriksaan USG dengan Doppler

    Sekarang dapat lebih dini dikenali adanya gangguan dalam pipa pembuluh darah balik tungkai dan kaki. Caranya, memanfaatkan USG khusus dengan alat doppler. Sudah terbentuknya thrombotic dapat dideteksi dengan cara ini. Itu berarti bahwa kecolongan terjadi-nya kasus DVT yang berakhir dengan kematian mestinya dapat diantisipasi, dan dilakukan upaya pencegahan jauh-jauh hari sebelumnya.

    Yang berisiko terserang DVT tentu saja mereka yang memiliki kelainan darah (”darah kental”), yang kadar lemak darahnya tinggi, mengidap penyakit metabolisme, sehingga kadar lemak darah memburuk. Penderita tensi darah tinggi juga perlu lebih mewaspadainya.

    Keluhan yang sering muncul di tungkai tanpa penyebab jelas perlu diwaspadai kalau-kalau memang sedang atau sudah ada gangguan di dalam pipa pembuluh darah balik tungkai dan kaki. Mereka ini tergolong berisiko dan memerlukan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan kalau benar tengah mengidapnya.

    Teknik melarutkan bekuan

    Bila sudah telanjur terjadi serangan trombosis, dapat dilakukan tindakan untuk mengangkat bekuan trombusnya itu. Pada kasus serangan trombosis dadakan (acute venous trommbasis) dapat dilakukan tindakan menggunakan selang kateter (ATTRACT = thrombosis removal with adjunctive catheter directed thrombolysis).

    Selang dimasukkan langsung ke dalam pembuluh balik, dan obat pelarutnya diberikan sekaligus ke dalam pipanya. Melihat makin banyak saja kasus DVT sekarang ini, khususnya di bandara, hendaknya saat turun dari pesawat terbang, kehati-hatian perlu lebih ditingkatkan.

    Di Amerika Serikat tercatat tak kurang ada 100 ribu kasus DVT setiap tahunnya (Dr Steven Galson). Mengingat upaya pencegahan dapat dilakukan, pihak medis tak perlu sampai kecolongan hingga menelan korban jiwa.

    Ungkapan “kalau sudah duduk lupa berdiri” sebagai sindiran politik buat kalangan eksekutif, ternyata juga punya makna medis. Menduduki posisi, maupun duduk dalam arti sesungguhnya, betul tidak boleh terlampau lama, apalagi berlama-lama.

    sumber
     
    • Like Like x 7
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. ireh M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 22, 2009
    Messages:
    2,121
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +6,311 / -0
    pernah denger sih, meskipun agak konyol:swt:
    sy kalo ngeforum, bisa seharian duduk didepan kompi:madesu:
    tp ya syukur, sampek sekarang masih baik2 saja, smoga aja seterusnya begitu:doa:
     
  4. platinum M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 25, 2009
    Messages:
    306
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +104 / -0
    Iya duduk lama2 di depan kompi, selain mata jadi rusak pantat juga jadi datar.
     
  5. anggayasha M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 21, 2008
    Messages:
    1,036
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +950 / -0
    Kebanyakan duduk bisa bikin wasir, gan. Penyakitnya supir nih. :p
     
  6. tydushikari M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 29, 2009
    Messages:
    614
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +9,033 / -0
    duduk gak baik bwt kesehatan pantat...
    soalnya kalo duduk di atas kursi paku
    wkwkwkwkwwk..
     
  7. dodome Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 22, 2009
    Messages:
    529
    Trophy Points:
    231
    Ratings:
    +12,747 / -0
    BAHAYA BANGET TUH BUAT INTERNET FREAKS!!

    kalau udah duduk di depan komputer sambil ngenet atau download atau fesbukan, pasti lupa berdiri tu :awas:
     
  8. hanamaru MODERATOR

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 18, 2009
    Messages:
    4,883
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +94,434 / -0
    waduhhh...
    padahal gue kerjanya kantoran, kalo duduk bisa berjam-jam...
    gaswat neh, pantesan kadang-kadang pantat ane panes.. :swt:
     
    • Like Like x 1
  9. Frontier M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 27, 2009
    Messages:
    495
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +22 / -0
    ^
    kalo duduk di depan pc sambil net , da pasti suka lupa...
    ampe pantat panas hehe
     
  10. banop M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 19, 2009
    Messages:
    1,720
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,903 / -0
    hmm, kalo pekerjaan menuntut untuk duduk lama, apa boleh buat,, emang rasanya penat juga duduk terus :swt:
     
  11. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,109 / -2
    diimbangi dengan sekali sekali berdiri dan BANYAK BANYAK MINUM AER PUTIH
     
  12. jaacoozee M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 2, 2008
    Messages:
    3,472
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,677 / -0
    kalo duduk d dpan kmputer kayaknya ga terlalu bahaya ya kita msh bs gerak2 dikit berdiri, trus duduk lg..
    tp yg parah kalo lg naek motor.. perjalanan jauh :nangis: apalg d boncengin.. ga lagi dehh
     
  13. embun Members

    Offline

    Joined:
    Oct 27, 2009
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    iya bener banget gan ...

    bokong ampe panas :surrender:

    sama aja .. ngadep komputer juga gan :surrender:
     
  14. selfrit M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 28, 2008
    Messages:
    912
    Trophy Points:
    107
    Ratings:
    +531 / -0
    gimana kalau kita ciptain alat agar duduk tanpa pake pantat ?!?!
    pasti laku tuh ciptaannya

    :haha: :haha::haha:

    just kidding
     
  15. kacamataku M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 30, 2009
    Messages:
    2,034
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +17,872 / -0
    dan biasanya kalo dari DVT, kalo trombus nya lepas, bisa menyebabkan pulmonary embolism.. jadi hati2 lahhh
     
  16. 3vilcat Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 1, 2009
    Messages:
    134
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +19 / -0

    gk cuman internet freaks doank gan
    klo tuntutan pekerjaan kayak programmer misal nya
    kan harus depan kompie molo pasti duduk donk
    masa programming sambil berdiri :hahai:
     
  17. Rincar M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 14, 2008
    Messages:
    582
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +918 / -0
    jadi ngeri duduk lama2.. :takut:
    harus diselingin acara bikin kopi, dll nih..

    katanya kalo duduk terlalu lama jg bs mengakibatkan sakit struk itu bener ga sih?? :???:
     
  18. stillmohawk Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 29, 2009
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    wah ini baru tahu ane
     
  19. ch4mpoleon Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 9, 2009
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    widiw..

    nice share gan..

    kudu bnyak2 gerak nih ane..
     
  20. nitnot M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 2, 2009
    Messages:
    1,149
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +662 / -0
    :kaget: wew!! untung gw gag adiktif banget ma kompie,,, :haha:
     
  21. furui Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 25, 2009
    Messages:
    61
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    saya juga suka gitu gan....kadang kalo kelamaaan duduk di depan kompie suka sesak napas :panda:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.