1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Pengen hadiah pulsa buat ngisi paketan internet? Ikuti TTS Cartoons 2018 di AMVC CrossWords. Langsung saja jawab, aku tunggu yaaaa!!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Bagian Mobil yang Sensitif Air

Discussion in 'Otomotif' started by aomiarmster, Nov 26, 2008.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. aomiarmster M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 23, 2008
    Messages:
    463
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +66,370 / -0
    [​IMG]

    MUSIM hujan tiba, pengguna kendaraan beroda empat harus melakukan persiapan ekstra untuk mengantisipasi kendaraan mogok atau ada bagian mobil yang rusak karena dimasuki atau sekedar terkena air.

    Oleh karena itu, mengetahui bagian penting dari kendaraan yang sensitif dengan air menjadi penting.

    Ada beberapa bagian kendaraan yang dapat menyebabkan jalan mobil tersendat bahkan membuat mesin mati apabila terkena air. Bagian tersebut di antaranya busi, electronic fuel injection (EFI), koil, distributor, dan platina.

    Ada juga bagian lain seperti alternator yang apabila terendam air dapat menyebabkan bearing mengeluarkan suara disertai dengan pengurangan daya listrik. Bahkan jika air bercampur lumpur, mesin dapat mati dengan tiba-tiba.

    Selain itu ada juga bagian mobil yang dapat membuat piston rusak karena air. Misalnya filter udara, apabila air masuk melalui karburator kemudian mesin dipaksa hidup atau berjalan, kondisi ini dapat menyebabkan Piston bengkok bahkan patah. Akibat yang sama juga dapat terjadi apabila air masuk melaui air intake.

    Ada juga lubang hawa transmisi, karena bagian ini bisa dilalui air, tidak tertutup kemungkinan bercampur dengan oli transmisi. Akibatnya dapat menimbulkan bunyi atau paling tidak mengakibatkan gear rontok atau berkarat.

    Sistem pengereman juga tidak akan bekerja sempurna karena air. Pengguna mobil perlu memperhatikan karet rem. Untuk sistem tromol maupun cakram, karet yang sudah sobek dapat menyebabkan air menggenangi bagian itu. Genangan air dapat menyebabkan karat yang akhirnya memacetkan sistem rem secara keseluruhan.
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  2. flippin CO-ADMIN
    Music Enthusiast

    Offline

    Music Co-Admin

    Joined:
    Nov 5, 2008
    Messages:
    5,022
    Trophy Points:
    236
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +27,384 / -8
    thanks

    info yg berguna boss ..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.