1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Other Apa Itu Marketplace dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Discussion in 'Entrepreneur Talks' started by Nino12, Dec 5, 2017.

  1. Nino12 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 28, 2017
    Messages:
    31
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5 / -0
    [​IMG]

    Salah satu alternatif untuk jualan online adalah dengan menjualnya melalui marketplace. Marketplace sendiri adalah lokasi jual beli produk online dimana terdapat pihak ketiga sebagai penyedia lahan bagi para penjual untuk menjual produk-produknya. Dengan menyediakan lahan, maka marketplace tidak mennyediakan dan menjual produknya sendiri, mereka hanya menyediakan fasilitas dan sistem agar transaksi antara penjual dengan pembeli dapat dilakukan dengan mudah.

    Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara kerja dari marketplace ini.

    1. Pembeli memilih barang di marketplace dan membelinya, proses pembayaran atas barang yang dibeli dilakukan dengan mentransfer jumlah uang yang harus dibayarkan kepada perusahaan marketplace. Jadi, pembeli tidak mentransfer uang langsung ke penjual.

    2. Setelah pembayaran telah diterima oleh perusahaan marketplace, maka perusahaan marketplace akan memberitahukan kepada penjual dan meminta penjual untuk segera memproses dan mengirimkan paket barang ke alamat pembeli.

    3. Setelah barang diterima pembeli, maka pembeli bisa melakukan konfirmasi bahwa barang sudah diterima atau bisa juga melalui sistem otomatis yang mendeteksi melalui resi pengiriman bahwa barang sudah diterima, maka marketplace akan mentransfer pembayaran ke penjual.


    Konsep cara kerja marketplace ini ternyata sangat disukai oleh masyarakat di Indonesia yang relatif kurang percaya dengan belanja online karena banyaknya kasus penipuan yang telah terjadi. Hal ini dapat terlihat dari semakin banyaknya marketplace yang bermunculan, seperti Shopee, Lazada, Blibli, dan Matahari Mall serta semakin berkembangnya jumlah penjual dan jumlah pembeli di berbagai marketplace yang populer. Bahkan, ada beberapa penjual yang mempunyai dua toko online atau lebih di beberapa marketplace yang berbeda sebagai strategi untuk menarik konsumen lebih banyak lagi.

    Sebagai penjual yang mempunyai dua toko online atau lebih di beberapa marketplace yang berbeda, tentunya akan menghadapi beberapa kendala, seperti kendala pada proses pengelolaan toko online di marketplace yang banyak dan berbeda ataupun kendala pada pengelolaan stok yang terpisah pada tempat yang berbeda. Kendala seperti ini apabila tidak ditangani dengan baik, maka akan membuat Anda sebagai penjual menjadi kesulitan, yang akhirnya akan mempengaruhi penjualan online Anda pula.

    Untuk membantu para penjual online mengatasi kendala tersebut, Koneksi menghadirkan sebuah software management ERP untuk Marketplace & E-commerce untuk toko online Anda. Software management ERP dari Koneksi ini adalah software dengan sistem ERP yang membantu Anda mengontrol kegiatan jualan online Anda mulai dari harga sampai persediaan produk dengan dengan mengintegrasikan toko online Anda yang ada di berbagai marketplace tersebut sehingga Anda tidak perlu lagi membuang-buang waktu dan tenaga untuk mengecek setiap toko online Anda pada setiap marketplace.
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.