1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info Alay,Lebay,Kepo,Cihui,Gebetan,Nyokap,Meme Kini Masuk Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by IDWS.News, Nov 5, 2019.

  1. IDWS.News adalah Partner/ Kontributor TerverifikasiIDWS.News Gatotkaca

    Offline

    ▁ ▂ ▄ ρεηүεвαя ιηғσ ▄ ▂ ▁

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    740
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +28 / -0
    Kata-kata baru seringkali kita lihat di media sosial pada zaman internet ini. Semakin naiknya intensitas penggunaannya, kata-kata baru pun dimasukkan ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

    Sebuah akun Instagram yang berfokus pada penggunaan Bahasa Indonesia yang benar, @membetulkan, memposting pembaharuan KBBI yang melibatkan beberapa kata-kata kekinian.


    Kata-kata yang dimasukkan antara lain adalah alay (aksi berlebihan), cihui (eksklamasi untuk menunjukkan kegembiraan), gebetan (pujaan hati), kepo (rasa ingin tahu yang berlebihan akan kepentingan orang lain), kicep (diam karena takut atau khawatir), lebay (berlebihan) dan Nyokap (ibu).

    Kata-kata lain yang ditambahkan ke dalam KBBI kali ini juga termasuk kata-kata yang berhubungan dengan internet, seperti meme, vlog dan saltik (typo).

    KBBI merupakan kamus resmi Bahasa Indonesia yang diproduksi dan diperbaharui secara periodik oleh Pusat Bahasa dari Kementerian Pendidikan dan Budaya. Edisi pertama yang memuat 62 ribu kata pertama kali dipublikasikan pada 1988.

    Edisi terkini KBBI, yakni edisi kelima, dipublikasi pada 2016 dan memuat 127.036 kata.

    KBBI juga tak luput dari kritik karena dianggap terlalu selektif, seringkali menganaktirikan kata-kata yang sering digunakan masyarakat. Kini sepertinya KBBI juga mulai mau mengakui kata-kata slang yang kerap beredar di Indonesia.



    Sumber: Portal IDWS
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.