1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Alasan Kenapa pada Rel Kereta Terdapat Kerikil

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by Hhmm, Jun 25, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. tuex18 Members

    Offline

    Joined:
    Jun 29, 2011
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    ini gan mw tnya nih?
    itu kn kreta api d indonesia, klo d indonesia ud g make kreta api, misal mono gtu?
    apakah masih menggunakan kerikil bwt bantalan??
    maap-maap nih gan msih newbie!!
    hehe
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. ey3sa M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 31, 2010
    Messages:
    310
    Trophy Points:
    116
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,209 / -0
    dari kecil ane sering bulak balik Jakarta-Surabaya naik kereta,
    kl sekarang Jakarta-Cirebon.

    tp baru kali ini ane tau fungsi tuh kerikil di rel kereta :haha:
    :niceinfo:
     
  4. maskasman Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    184
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +723 / -0
    lah, kalo monorel itu kan rel keretanya digantung atau ditopang dengan beton, jauh dari tanah. Jadi gak pake kerikil. Kalo pake kerikil nanti yang duduk2 dibawah rel gak selamat...:peace:
     
  5. gnr14 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    32
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    ternyata sepenting itu, satu bahan punya banyak fungsi sekaligus, keren. salut buat sang engineer penemunya
     
  6. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,582
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,713 / -1
    gila ajja klo itu buat iseng doang..
    yang jelas itu pasti bermanfaat.. :rokok:
     
  7. hentaigumi M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 14, 2010
    Messages:
    2,150
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +25,767 / -0
    Pasti gak stabil lah bro,
    berat kosong satu gerbong penumpang aja 32 ton.

    Dan pasti lokomotif bisa 2x lipat berat nya, sama halnya dengan gerbong pembangkit.

    Jadi jika di andai-andai, Kereta Argo Parahyangan (Jakarta bandung)
    Setiap jalan akan membawa :
    - 1 Loko (2 x 32 ton)
    - 1 Pembangkit (2 x 32 ton)
    - 1 Gudang (32 ton)
    - Minimal 6 Gerbong penumpang (6 x 32 ton)

    Total estimasi = 352 Ton

    Yang mana itu semua harus ditahan sama rel baja dengan tanah dibawahnya, pastinya butuh struktur penahan yang mantap kan, tidak keras tidak juga lembek, dan kerikil itu solusi yang pas. (soale kalo keras, menurut saya malah jadi rapuh, bisa hancur / pecah).
     
  8. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,582
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,713 / -1
    argo Parahyangan sudah gak beroperasi lagi gan.. :hihi:
    rel kereta itu pake prinsip beban renteng alias membagi berat kereta ke bantalan Rel..
    nah inilah yang menyebabkan rel tidak stabil.. :hero:
     
  9. triangle2639 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 10, 2011
    Messages:
    895
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +430 / -0
    kalo kereta apinya seberat itu dan banyak getarannya kerikilnya gak kegeser2 :???:
     
  10. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,582
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,713 / -1
    kan di baut ke bantalan2 rel..
    jadi gak bergeser, walopun kemungkinanan bisa ajja terjadi karena faktor lain..
    kerikil di sini berfungsi sebagai peredam gan..
    dan itulah kenapa kerikil di jalan kereta sangat banyak.. :elegan:
     
  11. akuntul M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 11, 2010
    Messages:
    1,064
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +5,980 / -0
    kenapa musti kerikil.??:???:

    kerikil kan mudah kegeser walau gak gampang jg buat kegesernya..

    kenapa gak diaspal sj sekalian..:???:

    aspal jg bisa berfungsi sebagai pencegah pencurian baut rel yg sering terjadi belakangan...
     
  12. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,582
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,713 / -1
    Menurut ane ada 2 alasan kenapa menggunakan kerikil :

    1. Kerikil itu mudah di dapatkan dan banyak tersedia..
    sedangkan aspal itu perlu waktu yang yang lumayan lama..

    2. Kerikil itu lebih murah dari segi biaya..
    klo aspal itu mahal biaya penggunaannya..

    bayangkan klo panjang rel kereta mencapai 500 KM berapa harganya..
    :unyil:
     
  13. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,582
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,713 / -1
    pemuaian rel itu udah pasti terjadi, makanya si setiap sambungan rel di beri jarak..
    klo kerikil lebih ke peredam getaran dan pencegah munculnya rumput liar..
     
  14. karstenaa M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 11, 2010
    Messages:
    478
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +251 / -0
    tak kira cuman di indonesia doang yang ada kerikilnya :haha:
    ane kira bahaya justru malah membantu ya bro :malu:
     
  15. Double_DecaKiva_DenBlades M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    17,535
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +36,900 / -0
    oh jadi itu toh kegunaannya:iii:
    sebagai shock absorber+penahan percikan air hujan:iii:
    kirain cuma sekedar dekorasi aja:malu:
     
  16. wilstreak M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 28, 2010
    Messages:
    552
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +55 / -0
    ternyata sepenting itu, satu bahan punya banyak fungsi sekaligus, keren. salut buat sang engineer penemunya
     
  17. XaoFeng Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 15, 2009
    Messages:
    232
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    dengan kata lain, batu kerikil itu sebenernya tidak terlalu diperlukan kalo kondisi daratan dibawah rel sudah bagus....

    contohlah subway di luar negeri... relnya kan ga berkerikil...

    nice info ts btw
     
  18. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,582
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,713 / -1
    di luar negeri sudah menggunakan betol untuk bantalan rel..
    tapi di sekitarnya tetep di beri kerikil juga gan.. :elegan:

    liat pic- ini dengan teliti :

    [​IMG]
     
  19. acequeen M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 7, 2010
    Messages:
    534
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +153 / -0
    pantesan dalam beberapa waktu kerikil yang ada di pinggir rel bakal di tata ulang sama kereta penata krikil gitu.
    jadi bukan cuma buat hiasan
     
  20. hollowz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 25, 2009
    Messages:
    506
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +17,255 / -0
    oooo baru tau kalo batu2 kerikil yang ada di sekitar itu ada fungsinya..
    kirain kayak sampah aja gitu yang ga ada fungsinya dan ditaro sembarangan aja..
     
  21. blackish_brown M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 26, 2010
    Messages:
    656
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +425 / -0
    beneran baru tau fungsi2 ini
    ternyata salah satunya untuk menghindari kehadiran tumbuhan
    makasi banyak
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.