1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Alasan Kenapa pada Rel Kereta Terdapat Kerikil

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by Hhmm, Jun 25, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Hhmm M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 21, 2009
    Messages:
    2,089
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +9,032 / -0
    Entah anda perhatikan atau tidak, hampir di sepanjang rel kereta api biasanya terdapat batu kerikil yang terletak di bawah dan pada samping kanan dan kiri rel kereta api. Batu kerikil ini memang sengaja disebar di sekitar rel kereta api tersebut. Dan ternyata batu kerikil ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk menunjang keberadaan rel kereta api yang berdiri di atasnya.

    [​IMG]

    Fungsi Batu Kerikil pada Rel Kereta Api

    Fungsi batu kerikil pada rel kereta api yang pertama adalah sebagai bantalan pemberat. Dengan adanya lapisan batu kerikil ini rel dapat tetap berdiri dengan stabil. Sehingga kereta api yang berjalan di atasnya pun dapat berjalan dengan baik.

    Batu kerikil ini juga berfungsi untuk menyerap getaran (shock absorber) yang terjadi ketika kereta api tengah lewat. Sehingga goncangan yang terjadi ketika kereta api melintas dapat dikurangi. Dan rel kereta api pun tidak cepat rusak dan dapat digunakan untuk waktu yang lama.

    Fungsi berikutnya yaitu untuk menahan dan memperlancar aliran air di saat hujan. Fungsi ini berperan untuk mencegah terjadinya pengikisan tanah atau erosi pada tanah di sekitar rel kereta api. Dimana bila hal ini terjadi maka dapat menyebabkan kecelakaan serius bagi kereta yang melintas seperti kereta anjlok dan yang lainnya.

    Dan yang terakhir, batu kerikil juga berfungsi untuk menghambat tumbuhnya rerumputan di sekitar rel. Tumbuhnya rerumputan di sekitar rel dapat dapat secara langsung maupun tidak langsung menyebabkan penggemburan tanah di bawahnya. Hal ini tentunya dapat membahayakan karena jika tanah di bawah rel tidak stabil maka akan dapat membahayakan perjalanan kereta api.

    Mengapa di Beberapa Tempat Tidak Terdapat Kerikil

    Seperti yang kita lihat pada beberapa tempat, ada posisi-posisi tertentu dimana di bawah rel kereta api tidak terdapat batu kerikil. Seperti rel kereta api yang terdapat di atas jembatan atau jalan raya, dimana tidak terdapat satu butir pun batu kerikil yang sangat berperan penting bagi keberadaan rel kereta api. Hal ini terjadi karena semua fungsi dari batu kerikil tadi sudah diambil alih fungsinya oleh mekanisme lain.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Pada jembatan kereta api, jembatan sudah dirancang khusus sedemikian rupa supaya dapat menahan getaran yang akan terjadi yang dihasilkan ketika kereta melintas. Demikian pun dengan rel kereta yang terdapat pada jalan raya, jalan aspal telah menggantikan peranan batu kerikil dengan baik. Sehingga pada tempat-tempat tersebut, tidak diperlukan lagi batu kerikil untuk diletakkan di bawah rel kereta api.

    SUMBER
     
    • Thanks Thanks x 8
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. saoyuan M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 13, 2009
    Messages:
    2,038
    Trophy Points:
    112
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +364 / -0
    bru tau ane klo rel kereta itu gak stabil
     
  4. Haruhiism_sugiisugii M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 31, 2008
    Messages:
    746
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +182 / -0
    hmm bener, ga pernah kepikiran sampe situ, ternyata yg namanya rel masih butuh penyeimbang lagi, kalo kerikil ga pernah kepikiran, tapi dulu pernah kepikiran kenapa kalo di jembatan ada kayunya :hehe:
     
  5. pez_yek M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 18, 2011
    Messages:
    38
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +105 / -0
    :niceinfo: menghemat biaya perawatan kalau g ada rumput kan g perlu sewa orang buat bersihin :peace:
     
  6. lolol M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 26, 2008
    Messages:
    568
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +2,359 / -0
    :haha: ane kira tuh kerikil cumak sebagai peninggi lintasan rel aja ternyata fungsinya banyak juga :hahai:
     
  7. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,616
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,615 / -1
    ane udah tau sih fungsi kerikilnya..
    tapi menurut ane yang paling penting fungsinya yang ini :


    klo untuk menyerap getaran (shock absorber) yang terjadi ketika kereta api tengah lewat sih tidak terlalu berbahaya..
     
    • Like Like x 1
    Last edited: Jun 26, 2011
  8. dhanand Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 20, 2011
    Messages:
    110
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6 / -0
    oh jadi bgtu toh fngsi dri krikil2 yg d taro d atas rel, pntesan ane sllu brtya2 bwt apwas sie sbnernya fngsi krikil itu hehehehehehe



    :awas:
     
  9. poppysp Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 7, 2011
    Messages:
    127
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +1 / -0
    hmmm, terjawab juga akhirnya penasaran masa SD...
     
  10. deaz08 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 17, 2009
    Messages:
    360
    Trophy Points:
    67
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,015 / -0
    klo bapak gue dlu pernah ngasih tebakan kalo krikilnya diganti ma onde2 bisa diambilin orang gan:hahai:
     
  11. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,616
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,615 / -1
    baru tau sekarang kan.. :hihi:
    segala sesuatu itu di gunakan pasti mempunyai manfaat atau fungsinya.. :elegan:
     
  12. maskasman Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    184
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +723 / -0
    menurut penerawangan saya ada manfaat lain, bisa menghindari debu2 yang akan terbang dengan hebat kalo si kereta lewat.
     
  13. deaz08 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 17, 2009
    Messages:
    360
    Trophy Points:
    67
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,015 / -0
    debu apa gan:???: yang ada malah kerikil yang berloncatan
     
  14. dawerzzzz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 9, 2009
    Messages:
    1,516
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,135 / -0
    owh jadi gitu menyerap getaran supaya stabil
     
  15. maskasman Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    184
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +723 / -0
    maksudnya, seandainya dibawah rel itu langsung tanah, kan pasti kalo ada angin dari kereta yang lewat debu akan terbang2 gitu...
     
  16. deaz08 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 17, 2009
    Messages:
    360
    Trophy Points:
    67
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,015 / -0
    owh gitu tho:belajar:
    emang di jepang ato luar negri juga kya gini ya di kasih kerikil?:???:
     
  17. HoRny M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 12, 2011
    Messages:
    1,814
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +705 / -0
    ane kira orgnya cma iseng doang , ternyata ad manfaatnya batu kerikil di rel :hoho:
     
  18. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,616
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,615 / -1
    sama ajja gan mau di manapun pake kerikil ginian.. :elegan:
    karena emang punya peran yang penting, kek di artikelnya :

     
  19. sicky M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 1, 2009
    Messages:
    957
    Trophy Points:
    82
    Ratings:
    +95 / -0
    sebenernya sih sekarang udah ada rel yg ballastless track (ga perlu pake ballast/kricak)..
     
  20. JUKI_JUNIOR Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 28, 2011
    Messages:
    274
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +188 / -0
    :kaget: baru tau...
    ternyata gitu.. masuk akal:top:
    nambah ilmu pengetahuan:belajar:
     
  21. tuit M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 19, 2008
    Messages:
    366
    Trophy Points:
    166
    Ratings:
    +5,809 / -0
    wakakaka bener nih. dulu tebakan bocah, kenapa di rel kereta banyak batu? soale kalo diganti oncom bisa abis...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.