1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tips Agar Terhindar Dari Obat Palsu

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by LaKude, Dec 19, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. LaKude M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 9, 2009
    Messages:
    693
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +6,353 / -0
    Tips Terhindar Dari Obat Palsu

    [​IMG]

    Obat Palsu marak beredar di masyarakat, inilah tips bagaimana menghindari obat palsu ini.

    Obat memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi jika kondisi sedang dalam keadaan tidak fit, obat yang sesuai dengan jenis penyakit bisa membuat pergi si biang keladi pembuat badan kurang sehat. Namun, banyaknya berita mengenai obat palsu terkadang membuat kita menjadi cemas.

    Apalagi kalau sampai terkonsumsi, bukannya kesembuhan yang didapat namun justru penyakit yang semakin bertambah. Hal inilah yang membuat bahaya jika sampai kita tidak jeli meilhat produk obat yang dijual di pasaran.

    Obat palsu sendiri berdasarkan surat keputusan Menkes No:245/Menkes/SK/V/1990, Bab I, Pasal 1, yang disebut obat palsu adalah obat yang diproduksi oleh yang tidak berhak berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, obat yang tidak terdaftar dan obat yang kadar zat berkhasiatnya menyimpang lebih dari 20% dari batas kadar yang ditetapkan. Untuk itu kita harus benar-benar paham dan cermat dalam membeli dan mengkonsumsi obat.

    Ada hal-hal yang bisa Anda perhatikan supaya terhindar dari obat palsu ini, di antaranya :

    * Cermati label pada kemasan yang berisi keterangan mengenai nama obat, nama produsen, batch code number, tanggal kadaluarsa, tanggal produksi, dan nomor registrasi yang terdiri atas 15 digit (contoh DTL7217206637B1), serta Nomor Izin Edar (NIE) dari Badan POM

    * Perhatikan penandaan pada kemasan, yaitu penandaan no.batch, tanggal daluarsa, tanggal produksi, serta nomor registrasi. Anda harus tahu, bahwa pemalsu bisa menghapus penandaan yang tercantum di kemasan. Jadi, perhatikan apakah ada bekas hapusan di area penandaan pada kemasan obat yang Anda beli.

    * Cermati kebersihan kemasan. Langkah ini perlu dilakukan mengingat tidak sedikit obat palsu yang bersumber dari obat-obat kadaluarsa dan obat-obat yang sudah dibuang di tempat sampah kemudian dibersihkan lagi sementara penanda berupa tanggal kadaluarsa dihapus atau diganti.

    * Belilah obat di sarana kesehatan yang secara jelas memang legal, yaitu apotek Penanggung jawab apotek adalah seorang apoteker, yang bertanggung jawab untuk menyediakan dan mendistribusikan obat yang bermutu baik dan terjamin keabsahannya. Tugas apoteker tersebut dicantumkan dalam Permenkes No.: 922/Menkes/PER/X/1993. Jika kita membeli obat di tempat-tempat yang illegal, maka tidak ada jaminan tentang mutu dan keabsahan dari obat yang kita beli.

    * Saat menerima obat, dianjurkan bertemu langsung dengan apotekernya untuk minta penjelasan mengenai obat tersebut. Bila perlu minta pula nomor telepon si apoteker sehingga kalau ada kecurigaan/keraguan mengenai obat tersebut, bisa segera minta penjelasannya.

    * Perhatikan harga obat. Jika harga obat jauh lebih murah dari harga obat yang biasanya untuk produk tersebut, misal sampai berbeda 50%, maka kita patut untuk waspada.

    Jika saat ini Anda memiliki beberapa obat di rumah, dan akan Anda sbuang sebaiknya, sobek-sobek terlebih dahulu kemasan, atau hancurkan. Karena modus pemalsuan obat, diantaranya adalah dengan cara mengumpulkan obat-obat yang sudah kadaluarsa, dan yang lebih parah lagi, pemalsu tersebut mengumpulkan obat-obat yang sudah di buang di tempat sampah, kemudian dibersihkan, dan penandanya seperti tanggal kadaluarsa dihapus lalu diganti. Kita pun juga diharapkan peduli terhadap lingkungan dan peduli terhadap diri kita sendiri agar terhindar dari ulah pihak yang tidak bertanggung jawab.

    Sumber


    WASPADALAH___:awas:
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. moonshine M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 11, 2009
    Messages:
    418
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +84 / -1
    masalahnya bagaimana kalo kita beli obat per tabletan dan ini gak dikasih etiket, botol dan lain2
     
  4. moonlightwolfz M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 11, 2009
    Messages:
    193
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +19 / -0
    wah...
    :niceinfo:
    jadi harus lebih hati hati sekarang..
    bahaya juga kalo beli obat di sembarang tempat..
     
  5. anakbingung M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 9, 2009
    Messages:
    1,433
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +782 / -0
    belilah di apotik ato toko obat yg resmi :boong:
     
  6. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,259 / -0
    biasanya kalo beli obatnya di tempat yg ga ada pengawasan dokternya, peluang besar banget tuh, nemu obat yang tanpa etiket, tanpa botol, dsb.
    karena itu belilah obat di tempat yg resmi/apotik/klinik...
    lebih bagus jika tempat yang menjual obat itu diawasi langsung oleh apoteker/dokter.
     
  7. frissa4me M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 20, 2009
    Messages:
    735
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +130 / -0
    mang banyak yg kaya gtu di indonesia mah,,lw g slh pernah masuk tv tuh,,tntg obat refurbished
    kdu mesti ati2
     
  8. GondrongEdan Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 19, 2009
    Messages:
    172
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +381 / -0
    nah ini dia yg susah gan,.. kebanyakn apotek, apoteker nya kerja di belakang meja, cuma nampang nama aja. ga bertemu langsung dengan konsumen. :tega:
     
  9. yuma Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 3, 2009
    Messages:
    5,763
    Trophy Points:
    201
    Ratings:
    +3,012 / -0
    Tiap kali membeli obat, saya selalu memilih apotek yang tepercaya yang memajang nama dan nomor izin apotekernya. Biasanya papan ini terletak di tempat yang mudah dilihat pelanggan. Dengan demikian, keraguan bahwa obat yang diberikan palsu bisa sedikit tereliminasi. Sebab, kalau apotek itu berani macam-macam, tinggal laporkan saja nama apotekernya ke instansi terkait supaya bisa ditindaklanjuti.

    Saya pernah mengalami hal ini. Bukan karena obatnya abal-abal, melainkan obat tersebut harga per butirnya sangat mahal dan apotek mengizinkan pelanggan membeli secara eceran. Jadi, saat membeli eceran, obat itu dikeluarkan dari botol besar dan dimasukkan ke plastik berperekat. Supaya saya nggak lupa tanggal kedaluarsanya, saya tulis di kertas kecil lengkap dengan dosisnya lalu saya jepret di kemasan plastiknya :unyil:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.