1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Geography & Astronomy Afrika Terbelah,sisanya tenggelam ke laut

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by shinobi32, Mar 14, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,338
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,482 / -10
    [​IMG]

    Umumnya, pembentukan sungai, laut, atau gunung terjadi dalam waktu yang sangat lambat. Namun, kasus yang terjadi di Afar, kawasan utara Ethiopia, lain dari yang lain. Sebuah samudera mulai terbentuk dengan kecepatan luar biasa, untuk ukuran standar geologi.

    Pada tahun 2005, Dereje Ayalew dan rekan-rekannya yang merupakan geolog dari Addis Ababa University terkejut, dan bahkan ketakutan. Bagaimana tidak, mereka baru saja turun dari helikopter dan menginjakkan kaki di dataran gurun di Ethiopia, saat bumi yang mereka pijak berguncang.

    Sontak, pilot berteriak memanggil mereka kembali ke helikopter, dan benar saja. Seketika itu Bumi terbelah. Retakan tanah membuka dengan cepat dan bergerak menuju ke arah peneliti layaknya ritsleting yang membuka.

    Setelah beberapa saat, tanah berhenti bergerak dan setelah pulih dari keterkejutannya, Ayalew dan rekan-rekannya menyadari bahwa mereka baru saja menyaksikan sejarah. Untuk pertamakalinya, manusia dapat menyaksikan tahap pertama lahirnya sebuah samudera.

    Fenomena Abnormal

    Normalnya, perubahan yang terjadi pada permukaan Bumi nyaris tidak kentara. Seumur hidup manusia terlalu singkat untuk menyaksikan sungai berbelok arah, gunung bertambah tinggi, atau terbukanya lembah baru.

    Akan tetapi, di Afar, dalam beberapa bulan muncul ratusan celah yang memisahkan dasar gurun. Di saat yang sama, ilmuwan mendapati kenaikan ketinggian magma dari dalam Bumi semakin mendekati permukaan tanah.

    Magma ini nantinya akan membentuk basal yang menjadi dasar samudera. Secara geologi, Seperti dikutip dari Spiegel, 13 Desember 2010, tak lama kemudian air dari Laut Merah akan memenuhi kawasan yang turun tersebut. Samudera akan lahir dan memecah Afrika.

    Fenomena dramatis yang disaksikan Ayalew dan rekan-rekannya di gurun pasir Afar pada 26 September 2005 lalu merupakan bukti nyata proses itu. Terbukanya celah diikuti gempa bumi yang berlangsung terus menerus selama seminggu.

    Dalam beberapa bulan kemudian, ratusan celah lain muncul di tanah, menyebar di kawasan seluas sekitar 900 kilometer persegi. “Bumi tidak berhenti bergerak setelahnya,” kata Tim Wright, geofisikawan dari University of Oxford. “Tanah masih terus terbelah dan tenggelam. Gempa bumi kecil masih terus mengguncang kawasan itu,” ucapnya.

    [​IMG]

    Segitiga Afar, yang memotong Ethiopia, Eritrea, dan Djibouti, merupakan retakan terbesar di Bumi. Di bawahnya, ada tiga lempeng tektonik di mana lempeng Afrika dan Arab semakin menjauh dengan kecepatan 1 sampai 2 sentimeter per tahun. Ketika dua lempeng bergerak menjauh, tanah di atasnya anjlok dan menyediakan ruang untuk menampung air dari Laut Merah.

    Pergerakan Tektonik

    Lempeng bumi yang terus bergerak mengakibatkan Segitiga Afar tenggelam dengan cepat. Bagian tertentu sudah turun hingga lebih dari 100 meter di bawah permukaan laut.

    Saat ini, dataran tinggi yang mengelilingi penurunan Afar masih mampu mencegah air dari Laut Merah masuk ke kawasan ini. Akan tetapi, erosi dan pergerakan lempeng tektonik terus menurunkan ketinggian benteng alami tersebut. Belum lagi banjir yang rutin melanda kawasan itu.

    [​IMG]

    Sumber magma Afrika adalah sebuah aliran batuan lunak raksasa di perut Bumi dan memotong melintasi benua Afrika. Proses pergerakan magma ini dimulai sekitar 30 juta tahun lalu saat pertamakali lava berhasil mencapai lempeng benua dan kemudian memisahkan semenanjung Arab dengan Afrika dan menghasilkan Laut Merah.

    Rangkaian gunung berapi yang berjajar sepanjang sekitar 6 ribu kilometer di bagian timur Afrika juga memberikan bukti bahwa benua Afrika sedang terbelah. Di beberapa bagian, kerak bumi sudah mulai terbuka dan memungkinkan magma di bawahnya merangsak naik.

    Dari Laut Merah di utara, sampai ke Mozambik di selatan, lusinan gunung berapi telah terbentuk. Gunung Kilimanjaro dan Nyiragongo merupakan dua yang terpopuler.

    Menurut geofisikawan, dalam 10 juta tahun ke depan, gunung-gunung berapi aktif ini dan juga kawasan dataran di sekitar retakan-retakan Afar, pada akhirnya akan tenggelam ke dalam laut.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. easyvalen M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    1,830
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +2,082 / -0
    yakin tuh gan? ato jangan2 itu cuman karena efek gempa bumi ringan doank?:belajar:
     
  4. shadowpit M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 28, 2010
    Messages:
    561
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +57 / -0
    ya mungkin ini bukti nyata bahwa lempeng2ang bumi terus bergerak ....

    hal ini juga bisa dilihat dari peta jaman dulu yang berbeda dengan peta jaman sekarang karena pergeseran yang terus terjadi disadari atau tidak...

    btw,,:top: info....
     
  5. uizeeboy Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 28, 2009
    Messages:
    165
    Trophy Points:
    166
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +17,225 / -0
    prosesnya tetep z lama gan..

    masih 10 juta tahun ke depan...

    but nice info
     
  6. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,338
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,482 / -10
    tapi klo segitu cepatny belah bahaya banget, gmn klo di kota?
    pasti ancur semua.
     
  7. kuc_kucluk M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 28, 2011
    Messages:
    659
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +4,226 / -0
    pertama kali manusia melihat pembentukan samudra...luar biasa....
     
  8. taengz09 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 24, 2011
    Messages:
    39
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    wah bnr ga ini gw krg ngerti..bkn anak ips gan..hahaha..
    tp thx infonya
     
  9. yoshimori12 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 10, 2010
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +20 / -0
    buset bisa bgtu ya... memang yang namanya keajaiban itu selalu memukau
     
  10. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,338
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,482 / -10
    klo indonesia terbelah pasti jadi lebih banyak pulau tuh.......
     
  11. tamaguci M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 11, 2010
    Messages:
    688
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +80 / -0
    ngeriiiii ah...........
     
  12. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,679 / -1
    klo menurut analisa ane itu diakibatkan oleh pergerakan lempeng teknonik di kerak bumi..
    yang pada akhirnya daratan diatasnya mengikuti pergeserann lempeng bumi..

    dan di tambah naiknya permukaan air laut.. :elegan:
     
  13. Drei M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 26, 2010
    Messages:
    1,676
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +1,391 / -0
    pa bener tuh gan? fenomena pergerakan bumi biasanya terjadi dalam skala kecil sampai menengah....
    pergerakan tanah yang secepat itu mustahil untuk terjadi
     
  14. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,679 / -1
    ya benerlah gan...
    memang normalnya itu pergerakan lempeng bumi itu dalam skala kecil sampe menengah..
    tapi bisa tiba2 menjadi skala besar yang tak bisa di prediksi oleh manusia, itu di karenakan pengaruh dari dapur magma bumi yang terus mendesak ke permukaan..
    di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin gan..
     
  15. Metal_Raiderz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 7, 2010
    Messages:
    199
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +6 / -0
    Ealahh,, kirain mo terjadi dalam waktu deket,, ternyata masih lama,,

    10jt tahun,, syukurlah :haha:
     
  16. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,679 / -1
    emangnya klo terjadi dalam waktu dekat mau ngapain bro.. :hehe:
     
  17. yoggaa Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 23, 2010
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    jadi pengen liat bentukannya secara langsung
     
  18. Willy_moritz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 31, 2011
    Messages:
    193
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +15 / -0
    ktnya efeknya cepet... nyatanya masih 10 juta taon lagi kan...
     
  19. aryakatan Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 22, 2011
    Messages:
    32
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    Oke Gan.....................
     
  20. mr_ark SUPERMOD

    Online

    ★★★/人 ◕ ‿‿ ◕ 人\★★★

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    23,175
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +76,660 / -17
    bagus lha... :haha: jadi gak perlu repot-repot ngebangun terusan buat lewat kapal-kapal.
    benua mana lagi nih berikutnya yang bakal kebelah... :tkp2:
     
  21. ghozian Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 23, 2010
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    mungkin itu gempa biasa aja kali gan
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.