1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

9 Trik Agar Cepat Ingat Nama Orang Yang Baru Kenal

Discussion in 'Lifestyle' started by SIblog, Apr 9, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. SIblog Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 20, 2011
    Messages:
    40
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +22 / -0
    9 Trik Agar Cepat Ingat Nama Orang Yang Baru Kenal

    [​IMG]

    Pernahkah Anda mengalami kejadian yang tak nyaman, ketika seseorang dengan sangat akrab menyalami dan menyebut nama Anda, kemudian bercerita berkobar-kobar mengenai pekerjaan dan keluarganya. Sementara Anda hanya bisa bengong, "Siapa ya, orang ini?"

    Lupa nama orang memang wajar, jadi Anda tak perlu khawatir. Penyebabnya bisa karena memang sudah lama tak bertemu, tidak memiliki hubungan yang cukup dekat, atau sekadar lupa saja. Bisa juga karena nama yang disebutkan seseorang hanya masuk ke telinga kiri dan keluar dari telinga kanan Anda.

    Tetapi, enggak lucu kan, kalau Anda selalu memanggilnya dengan "Mas", atau "Eh", ketika berbicara? Bagaimanapun juga, menyebut nama lawan bicara dalam membangun jejaring sangat penting agar Anda diingat dan mengingat orang lain. Karena itu, sebelum kebiasaan lupa nama ini berlarut-larut, sebaiknya coba terapkan kebiasaan baru agar mudah mengingat nama orang.

    1. Selalu sebut namanya ketika sedang berbicara
    Ada juga orang yang cenderung sulit mengingat nama orang. Nah, sebelum keburu lupa, sebut saja namanya ketika Anda sedang bercakap-cakap dengannya. Katakan, misalnya, "Diana, kamu sudah coba makanannya? Cicipi bareng yuk, Di!"


    2. Buat komentar tentang nama tersebut
    Banyak orang yang memiliki nama yang pasaran, atau justru nama unik yang jarang ditemukan. Bila Anda bertemu seseorang dengan nama yang sedikit sulit diingat, cobalah mengaitkannya dengan orang lain yang bernama sama. "Oh, namamu Naomi? Sepupuku juga ada yang namanya Naomi."


    3. Minta orang tersebut untuk mengeja namanya
    Seringkali saat berkenalan kita saling bersalaman, namun menyebutkan nama masing-masing dengan hanya bergumam. Kesannya, basa-basi banget. Mungkin Anda melakukannya karena berpikir, toh tak akan bertemu lagi. Tetapi bila Anda harus terus berhubungan dengan orang tersebut, mintalah ia untuk mengulangi namanya. "Eh, siapa namamu tadi? Tulisannya gimana?"


    4. Mintalah kartu namanya
    Paling tak nyaman rasanya ketika Anda berusaha keras mengingat nama seorang teman lama, tapi tak berhasil. Ketimbang Anda sok tahu dan asal menyebut nama, lebih baik tawarkan kartu nama Anda, dan minta juga kartu namanya. "Kamu sekarang bekerja dimana? Minta kartu namanya, dong!" Mudah, kan?


    5. Tanya bagaimana ia mendapat namanya
    Banyak orangtua yang memberikan nama anak sesuai peristiwa yang sedang terjadi, atau dengan nama tokoh tertentu. Jika Anda merasa mengenali nama tersebut, coba ungkapkan pikiran Anda ini. Misalnya, "Namamu Beatrix? Kayak nama Ratu Belanda itu?"


    6. Katakan apa yang pernah Anda dengar mengenai teman baru Anda tersebut
    Mungkin Anda baru bertemu seseorang yang namanya sebenarnya sudah sering Anda dengar. Untuk mengonfirmasi hal ini, katakan saja, "Oh... kamu Firman yang di MIS itu? Yang anak buahnya Mas Dika?"


    7. Sebutkan juga nama Anda
    Meski Anda sudah menanyakan ulang nama orang yang baru Anda kenal, seringkali orang tersebut tidak cukup peduli untuk mengingat nama Anda. Bila hal ini terjadi, dan Anda khawatir akan mendapat kesulitan jika orang itu tidak tahu siapa yang harus ditemuinya untuk keperluan tertentu, sebut saja nama Anda berulang-ulang. "Ya sudah, nanti kalau mau ngasih laporannya, langsung ke aku aja, ya? Aku Tika."


    8. Akui saja bahwa Anda lupa namanya
    Bila Anda sudah berusaha mengingat-ingat nama lawan bicara Anda, dan Anda merasa tak enak karena ia tampaknya masih ingat sekali nama Anda, akui saja terus terang. "Sori, aku lupa namamu." Teman Anda pasti akan senang memberitahukannya pada Anda. Atau, jika tampaknya ia juga lupa, katakan lebih dulu nama Anda. "Aku Riri. Sori, namamu siapa?" Atau, jika ia kebetulan sedang mengalihkan perhatian, Anda bisa menggaet teman lain yang ada di sebelah untuk mengingatkan nama orang tersebut. "Eh, aku lupa, namanya dia siapa sih?"


    9. Ulangi nama panggilannya saat akan berpisah
    Katakan saja kalimat simpel sebagai pengingat, seperti, "Sampai ketemu lagi ya, Bram!" Atau, bila memungkinkan tanya juga nama lengkapnya. Cara ini akan memberi peluang pada Anda untuk menanamkan nama tersebut ke dalam memori.


    Sumber gan
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. exlite69 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 30, 2011
    Messages:
    1,514
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,575 / -0
    wew ini sih bisa dibilang bnyak amat... :hehe:
    klo ane mah biasa cm pake yg nomer 3..
    habis tu lgsung hapal.. :rokok:
     
  4. dindaphobia M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 28, 2009
    Messages:
    484
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +78 / -0
    kalo ane sih...
    minta no hapenya...
    trus tanya mau di save pake nama apa???
     
  5. landzzo22 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 1, 2011
    Messages:
    78
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +43 / -0
    :niceinfo:

    soalnya ane sehabis salaman langsung lupa namanya..
    parah banget ya ane gan.

    ane langsung praktekin gan ntar klo kenalan lg sama orang.
     
  6. mikemandey M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 18, 2007
    Messages:
    577
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +857 / -0
    bener juga sih.. tapi gw beruntung termsk gampang inget nama orang.. Apalagi nama cewek.. wkakaka
     
  7. apollojustice Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 16, 2010
    Messages:
    120
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +774 / -0
    kalo saya sih, harus sering interaksi dulu baru bisa inget nama orang
     
  8. hatsa Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 20, 2009
    Messages:
    154
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +28 / -0
    owh...
    thx gan infonya....
    ane sering lupa nama org yg baru kenal neh...
    jadi pas ketemu jadi canggung gitu gr2 lupa namanya..
     
  9. dyelewer M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 20, 2010
    Messages:
    4,134
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +5,062 / -0
    hahahahah,, iya di kampus ku aja ada temen yang dah sekelas selama 4 semester,, n sering ku ajak ngomong..
    tapi aku ga tau siapa namanya..
     
  10. ComengSoon M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 20, 2011
    Messages:
    292
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +16 / -0
    bener banget bro, ini berguna banget kalo kita lagi berada di lingkungan baru, ya biar dikenal baik lah .. ngga lupa sama nama orang baru disekita,, NICE SHARE BRO
     
  11. endrance777 Members

    Offline

    Joined:
    May 21, 2011
    Messages:
    7
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    tempelin name tag aja gan di jidat, wkwkwkwk
    kalo ane sih untuk orang yg sepantaran sih biasanya langsung inget gan,
    nah kalo dosen tuh ga ada yg ane inget namanya, ane semester 4 kalo di suruh nyebutin nama dosen yg pernah ngajar ane mungkin cuma 10% yang inget kali
     
  12. Inesu Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 6, 2010
    Messages:
    4,845
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +61,343 / -0
    Ya, aq sering lupa nama org lain :dead:

    Kalau salaman, sering ga denger jelas nama org yang disalami :swt:
    Atau ingat namanya, tapi setelah cerita2, eh jadi lupa :dead:

    Sekarang byk nama yang unik2, jadi susah mengingatnya :keringat:
     
  13. billykissley Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 12, 2010
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +15 / -0
    8. Akui saja bahwa Anda lupa namanya

    kayaknya sering wa lakuin itu langsung. dari pada penasaran waktu mau ngobrol .. tapi jarang sih llupa nama :P
     
  14. Tanzmania M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 26, 2009
    Messages:
    965
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +10,483 / -0
    Setuju bgt sama d ats...ngaku aja lgsg..
    Pernah kejadian amp klien sndr lupa..

    Sent from my Z71 using Tapatalk
     
  15. Nagareboshi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 21, 2010
    Messages:
    17
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Nice Info gan ...

    Biasanya juga aku rada lupa kalo misal baru masuk Sekolahan baru.. murid" nya butuh aku hapalin namanya seminggu baru apal.
    Bisa ingat nih sekarang ... Nice Share
     
  16. ibelibel M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 7, 2010
    Messages:
    925
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +13,847 / -3
    kalo baru kenal yaa minta fb/twittern/no hp, kalo ga pin bbnya aja dijamin langsung cepet inget :peace:
     
  17. mcxwell Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 30, 2011
    Messages:
    430
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +30 / -0
    wow, bener juga yah.. gw sering lupa emang nama orang, apalagi kalo dikenalin langsung banyak orang nya,, paling cuma 1 atau 2 yang inget..
    thanks for the info :top:
     
  18. darkangel0988 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 14, 2010
    Messages:
    330
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +158 / -1
    nice banget gan apa lagi gua orang yang sering banget lupa nama orang
    wajah hapal nama lupa memalukan bangsa dan negara kalo ketemu orang itu lg
     
  19. tamacorbenik Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    273
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +19 / -0
    nice info gan...

    saya termasuk orang yang mudah lupa soal nama orang,
    semoga dengan membaca ini akan bisa lebih dapat mengingat nama orang...
     
  20. Jinpa_chan M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 13, 2010
    Messages:
    594
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +71 / -0
    Kalo g penyakitnya ga cuma lupa nama, tp jg lupa wajah. Ada yg g lupa namanya tp inget mukanya, ada jg yg inget muka tapi ga tau namanya, kadang lupa dua2nya malah 8DD biasa g nanya lagi ke temen g yg kenal dia jg, klo ga ada temen yg kenal baru tanya orangnya langsung. G sering kaga sadar ngajak kenalan org yg sama, tau2 dibilangin "kayanya kita uda kenalan deh" 8'DD
     
  21. reweleyD M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 24, 2011
    Messages:
    478
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +61 / -0
    gw pernah sekali diajakn kenalan sama temen nya temen gw,, setelah ngomong panjang lebar.. dia nanya

    ingat kan nama gw ? aku bilang aja iya,, trus dia nanya siapa namanya? gw cuman cengar cengir dan bilang.. hee, lupa !
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.