1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.

9 Tips Redakan Sakit Hati Setelah Putus Cinta

Discussion in 'Lifestyle' started by yudzdee, Jan 31, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. yudzdee M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 14, 2009
    Messages:
    1,567
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +235,272 / -1
    Tak ada orang yang tidak merasakan sakit setelah putus cinta, terlebih lagi jika kita berada di pihak yang diputuskan kekasih. Untuk beberapa orang, putus cinta bahkan bisa meninggalkan luka mendalam yang sulit hilang dan berlangsung lama.
    Putus cinta memang menyakitkan, tapi cobalah untuk tidak terjebak dalam kesedihan berlarut-larut. Dilansir Your Romance Guide, ada sembilan cara yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit hati setelah putus cinta:

    1. Jangan Bertemu dengan Mantan Kekasih Sementara Waktu
    Setelah putus cinta, hindari bertemu atau berhubungan dengan mantan kekasih Anda. Perasaan sayang yang masih ada mungkin mendorong Anda untuk menelepon, mengirim pesan teks atau bertemu dengannya. Tapi tindakan ini justru akan mengingatkan sakitnya putus cinta. Anda harus benar-benar putus hubungan dengan sang mantan, setidaknya untuk beberapa bulan untuk menyembuhkan sakit hati.

    2. ‘Nikmati’ Rasa Sakit Itu
    Adalah hal yang sangat wajar ketika kita kehilangan seseorang yang dicintai. Saat merasakan sakit, itu berarti sebuah tanda bahwa Anda sedang dalam proses penyembuhan. Menangislah jika Anda ingin menangis, dan berteriaklah jika memang itu bisa membuat perasaan sedikit lega. Rasa sakit setelah putus cinta bisa menginspirasi Anda untuk mengerjakan sesuatu yang lebih baik, yang tidak pernah Anda lakukan sebelumnya.

    3. Menyibukkan Diri
    Cara terbaik menyembuhkan luka karena putus cinta dan melupakan mantan adalah dengan menyibukkan diri. Anda tidak akan memikirkan mantan kekasih jika tidak memberi kesempatan otak untuk mengingatnya. Cobalah aktif terlibat dalam berbagai kegiatan. Pilih aktifitas yang Anda senangi. Tidak hanya menyegarkan pikiran, banyak beraktifitas juga mengalihkan pikiran Anda dari sang mantan.

    4. Curahkan Kesedihan Anda Hanya Kepada Teman Dekat
    Boleh saja menceritakan bagaimana sakit hatinya Anda setelah putus cinta. Tapi bukan berarti Anda bisa membicarakannya ke setiap orang yang Anda temui. Bukannya bersimpati, tindakan ini justru bisa membuat teman-teman menjauhi Anda. Bijaklah dalam menyikapi ‘tragedi’ putus cinta Anda. Bicaralah hanya pada teman atau orang yang dekat dengan Anda, cukup mengerti Anda dan mau mendengar setiap keluh kesah. Akan lebih baik lagi jika orang tersebut bisa menenangkan, mencarikan solusi dan mendorong Anda untuk melanjutkan hidup.

    5. Tumpahkan Perasaan Anda dalam Tulisan
    Menumpahkan semua kekesalan dalam tulisan bisa jadi alternatif lain untuk meredakan sakit hati akibat putus cinta. Keluarkan semua rasa sakit, frustasi dan kemarahan Anda dalam buku harian, secarik kertas atau komputer (tapi jangan menyebarkannya ke grup email atau jejaring sosial). Setelah sembuh dari masa
    lalu menyakitkan, Anda bisa membacanya kembali sebagai alat introspeksi untuk menjalin hubungan yang lebih baik dengan pasangan berikutnya.

    6. Meditasi
    Meditasi adalah salah satu tehnik lama untuk relaksasi dan mengendurkan pikiran yang tegang. Duduklah dengan tenang di dalam kamar, tutup mata, ambil nafas dalam-dalam, dan keluarkan secara perlahan. Sambil relaksasi, Anda bisa menjauhkan hal-hal negatif dari pikiran Anda. Nyalakan lilin aromaterapi dan
    musik instrumental untuk menambah perasaan tenang saat relaksasi.

    7. Beri Perhatian Pada Keluarga
    Orang tua, kakak maupun adik mungkin adalah orang-orang yang berpengaruh besar pada kehidupan Anda. Mereka akan selalu berada di sisi Anda saat senang maupun susah. Saat menjalin hubungan asmara dengan mantan kekasih, mungkin Anda tidak menyediakan banyak waktu untuk keluarga. Inilah saatnya Anda banyak mencurahkan waktu dan berkumpul bersama keluarga. Coba ajak mereka rekreasi, atau sekedar makan malam bersama. Kehangatan keluarga merupakan obat paling manjur untuk
    menyembuhkan luka.

    8. Fokus pada Karir
    Jangan sampai kesedihan mengganggu performa kerja Anda. Mungkin akan sulit berkonsentrasi kerja saat kita didera masalah. Tapi cobalah untuk menjadikan karir sebagai prioritas dalam hidup Anda. Dengan fokus dalam bekerja, tak hanya membantu Anda melupakan sakit hati, tapi juga meningkatkan performa kerja Anda di kantor.

    9. Nikmati Kesendirian
    Sembuh dari sakit karena putus cinta memang bukan hal mudah. Karena itu, Anda butuh waktu menenangkan diri untuk beberapa lama. Jangan langsung mencoba jalin hubungan baru setelah putus cinta untuk pelarian.


    Semoga berguna....
    :peace::peace::peace::peace:
     
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. w1llyh4l1m Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 12, 2011
    Messages:
    69
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +2 / -0
    Cari pacar aja lage..
     
  4. hyriu M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    809
    Trophy Points:
    91
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +315 / -0
    wow.. great note.. :p
     
  5. fouchan M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 17, 2010
    Messages:
    1,520
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +20,742 / -0
    yang paling ampuh buat mengobati patah hati ya cari cewe lagi dong :top:
     
  6. LeMemoire M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 17, 2009
    Messages:
    1,416
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +368 / -0
    yang bisa ngobatinnya cuma waktu...

    yang laennya cuma pengalihan aja...

    :p
     
  7. vincentrevival M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,337
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,525 / -0
    Tips jitu sembuhkan sakit hati

    Hal buruk terjadi dalam hidup dan pastinya dalam cinta. Rasa sakit merupakan sebuah sinyal dan memberitahu kita kalau ada yang harus diperbaiki serta diperhatikan. Tanpa rasa sakit, bagaimana kita tahu kalau tubuh perawatan? Misalnya sakit perut, rasa sakit merupakan cara tubuh memberitahu untuk menjaga makanan yang masuk serta makan dengan teratur atau ada yang salah dengan perut kita (obviously).
    Sakit secara emosional juga sama, merupakan cara tubuh memberitahu kalau kita perlu pertolongan. Saat hati kita sakit, dan mempengaruhi keseluruhan hidup kita, artinya waktunya untuk mengobati rasa sakit tersebut. Rasa sakit juga menjadi panduan seperti kompas. Memberitahu bagian mana yang nggak sehat atau merasakan hal yang nggak benar. Yang penting adalah harus jeli mendengarkan “teriakan” atau peringatan yang diberikan tubuh.
    Sebagai “korban”, kita sering nggak mendengarkan rasa sakit. Tapi kalau kita berperan sebagai pihak yang bertahan atau survivor, kurang lebih kita seperti membuka diri terhadap rasa sakit tersebut. Kita belajar dari rasa sakit tersebut dan berkembang, serta bertahan.
    Melawan rasa sakit membuat kita nggak bisa menerimanya sebagai berkah. Memang bungkusannya nggak menyenangkan, tapi kalau kita beranikan diri untuk membuka bungkusan tersebut, kita bisa mendapatkan ketenangan, pengetahuan lebih akan diri sendiri yang bisa membuat kita lebih tenang dan percaya diri untuk menghadapi apa yang terjadi di masa depan.
    Hanya dengan membuka diri pada berbagai emosi, kita bisa mengerti siapa diri kita, kenapa rasa sakit ini bisa muncul dan apa yang kita perlukan untuk membebaskan diri dari rasa sakit tersebut. Caranya dimulai dengan mengamini bahwa ada sisi positif dari setiap kejadian negatif yang terjadi pada kita.
    Menjadi survivor memang nggak gampang dan memang lebih mudah untuk menjadi korban dan menangis meratapi nasib. Tapi kalau kamu pengen bangkit, mengatasi rasa sakit dan kesedihan banyak cara yang bisa kamu lakukan.
    Coba pikirkan satu waktu dimana kamu merasakan sakit hati yang hebat. Bisa baru-baru saja atau kejadian yang sudah lama terjadi. Ingat-ingat reaksimu atas pengalaman tersebut, apa yang kamu lakukan untuk mengatasinya dan bagaimana hal itu membuat kamu lebih kuat. Waktu itu bisa, pastinya sekarang juga bisa, kan?
    Cari tempat sepi yang bisa memberikan ketenangan untukmu dan sisihkan waktu untuk perasaanmu. Bawa tisu, jurnal, secangkir teh apa pun yang bisa bikin kamu lebih tenang. Tutup matamu dan “nikmati” rasa sakit yang ada. Tolak segala keinginan yang bisa mengalihkan pikiran. Terima kalau saat ini, memang waktumu untuk merasakan rasa sakit tersebut, sesakit apa pun itu.
    Bagi apa yang kamu rasakan, pada sahabat, saudara, atau bahkan terapis. Sharing bisa menunjukkan kalau kamu nggak sendiri, walaupun kamu merasa sebagai orang yang paling sendiri di dunia. Berbagi juga bisa jadi salah satu cara untuk melepaskan rasa sakit yang ada.
    Sisihkan waktu setiap hari untuk mengobati luka. Cari kesenangan yang bisa membuatmu kalau banyak hal baik ada di depan mata. Rutinitas juga penting. Jadi lakukan hal mudah yang sekaligus bisa mengobati dan menjadi rutinitas, seperti bersepeda, mendengarkan musik, mengurus tanaman atau yoga.
    Faktanya, istilah waktu bisa menyembuhkan lupa itu bisa dibilang sebagai sebuah hal yang nggak nyata. Karena kalau memang bisa, nggak bakal ada yang namanya rasa sakit. Untuk lupa atau sembuh memang butuh waktu, tapi tanpa usaha kamu akan bangun pagi setiap hari merasakan sakit yang sama. Teori memang lebih mudah dibanding praktek. Tapi dengan percaya dan yakin, pasti kamu akan bisa melalui dan mengatasi segala rasa sakit yang menimpa.

    sumber : http://id.berita.yahoo.com/tips-jitu-sembuhkan-sakit-hati-040000418.html
     
  8. voidstalker84 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 2, 2008
    Messages:
    2,403
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +865 / -0
    susah jg ne klo ga pernah sakit hati. yg pernah bikin org sakit hati :garing:
     
  9. utgard_loki M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 18, 2010
    Messages:
    385
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +3,437 / -0
    stay with family is the best medicine i think :hero:
     
  10. elblackid M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 3, 2011
    Messages:
    498
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +624 / -0
    yg jelas dan pasti jgn mengurung diri di kamar trllu lama..ini harus soalnya ada kemungkunan bakal ada ide yang gag2 kalo trllu lama di kamar..

    cukup 1 hari abis itu lgsg keluar, cari kesibukan kalo perlu hanya banyaklah bermain dengan teman..
     
  11. uceng M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 9, 2009
    Messages:
    235
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +34 / -0
    jurus paling mantap...
     
  12. deedee08 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 11, 2010
    Messages:
    69
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +37 / -0
    nice tips broo,,,ane sekarang mau menikmati kesendirian dulu
    emang sakit klo baru putus dari cowo yang disayangi
     
  13. aling_cool Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 22, 2011
    Messages:
    114
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +237 / -0
    gw ada tips nih..............
    1. nonton film yang bikin ketawa
    2. olahraga
    3. yang paling sadis,,,,,,, kalo teringat mantan, imajinasiin aja mantan lo lagi BAB ( gak pake sensor kan?? )........ coba imajinasiin mukanya........... pasti lo bakalan ketawa2......

    :elegan:
     
    • Thanks Thanks x 5
  14. borre_vanden M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 9, 2011
    Messages:
    832
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +161 / -1
    nice tips...tp kadang2 mempraktekan nya jauh lebih susah drpd menerangkan nya.
     
  15. fearlez Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 15, 2012
    Messages:
    144
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +1 / -0
    tips 3 & 8 biasa plg manjur gan haha
     
  16. grahamcoxon Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 16, 2011
    Messages:
    180
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +735 / -0
    cari pelarian , cari hobby baru, ngeband, olahraga, always works dude!!:oghoho:
     
  17. hahanif Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 15, 2012
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    ane mah lgs cari yg baru gan. ahhahaa
     
  18. aling_cool Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 22, 2011
    Messages:
    114
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +237 / -0
    gw belum pernah patah hati nih,,,,,,,,,,,,,,,,(syukur)
    hehehe.........

    Tapi, ide-ide diatas tuh bener kayaknya..........

    mungkin dengan ngelakuin hal-hal di page 1, kayaknya bakalan buat hati kita melupakan rasa sakit itu...............

    :elegan:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.