1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

8 Daftar Target Keuangan yang Harusnya Sudah Dimiliki Orang Berusia 30-an

Discussion in 'Money Talks' started by finansialku_com, Mar 30, 2017.

  1. finansialku_com Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 4, 2017
    Messages:
    204
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    [​IMG]

    Apa saja target keuangan yang seharusnay sudah dimiliki saat seseorang berusia 30 tahun? Apakah cukup dengan memiliki rumah pribadi, mobil pribadi dan lain sebagainya? Jawabannya ternyata tidak hanya dengan kepribadian saja.

    [​IMG]

    8 Daftar Target Keuangan yang Harusnya Sudah Dimiliki Orang Berusia 30 Tahun

    Teman-teman mahasiswa/i yang baru lulus kuliah dan teman-teman yang berusia 20-an mungkin saja belum memiliki gambaran tentang target keuanga yang harusnya Anda kejar. Kesalahan yang sering dilakukan oleh teman-teman masih muda ada berpikir gimana nanti dan mengalir saja. Bukan hal yang salah, karena 80% penduduk di dunia ini berpikir demikian.

    Sayangnya, fakta membuktikan bahwa 80% orang tersebut seringkali kesulitan dalam hal keuangan, gaji numpang lewat, tidak sehat secara keuangan dan lain sebagainya. Tentunya Anda tidak mau bukan kesulitan keuangan? Berikut ini target keuangan yang harusnya dimiliki oleh orang berusia 30-an.

    #1 Memiliki Penghasilan Aktif, Sebisa Mungkin Mulai Penghasilan Investasi dan Pasif

    Satu hal yang harus Anda perhatikan saat seseorang berusia 30 an, harus memiliki penghasilan. Paling minimum adalah penghasilan aktif. Apa itu penghasilan aktif? Penghasilan yang didapat karena kita menukarkan waktu, tenaga, pikiran dengan uang. Contoh Anda bekerja sebagai karyawan perusahaan, pemiliki toko, pekerja mandiri, freelance, pekerja profesi, atlet, penyanyi dan lain sebagainya.

    Kondisi idealnya target keuangan yang harusnya bisa dicapai oleh seseorang berusia 30 an adalah memiliki penghasilan dari investasi. Setidaknya hasil investasi menyumbang 10% penghasilan. Contoh seseorang memiliki penghasilan bulanan Rp 10 juta yang terdiri dari Rp 9 juta penghasilan aktif (gaji, bonus dan tunjangan) serta Rp 1 juta dari hasil investasi.

    [​IMG]

    Kondisi yang luar biasa adalah seseorang bisa memiliki penghasilan pasif di usia 30an. Target yang satu ini bukan hal mudah, tetapi bukan hal yang mustahil. Contoh seseorang memiliki waralaba (franchise), memiliki paten, memiliki blog yang sudah menghasilkan pemasukan dan lain sebagainya.

    #2 Memiliki Dana Darurat dalam Jumlah yang Cukup

    Miliki dana darurat dalam jumlah yang cukup, artinya tidak berlebih dan/atau tidak kekurangan. Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku untuk menghitung berapa dana darurat yang Anda butuhkan. Contoh perhitungan dana darurat dengan aplikasi Finansialku.

    [​IMG]

    Kami kembali mengingatkan dana darurat ini fungsinya sebagai dana cadangan (cash reserve) dan pengeluaran-pengeluaran tak terduga. Siapkan dana darurat dalam jumlah yang cukup, simpan dalam produk keuangan yang likuid, aman dan mudah diakses (tabungan, deposito, reksa dana pasar uang). Untuk informasi lebih lengkap mengenai dana darurat silahkan cek infografis berikut ini.

    #3 Memiliki Proteksi untuk Kesehatan dan Jiwa

    Target keuangan yang penting dimiliki orang berusia 30 an adalah memiliki perlindungan atau proteksi. Anda bisa membeli asuransi kesehatan yang ditawarkan pemerintah (BPJS Kesehatan) dan/atau asuransi kesehatan yang ditawarkan perusahaan swasta.

    [​IMG]

    Khusus untuk teman-teman yang sudah memiliki tanggungan: istri dan anak, maka Anda harus memiliki asuransi jiwa. Salah seorang perencana keuangan Amerika, bernama Suze Orman pernah mengatakan: If a child, a spouse, a life partner, or a parent depends on you and your income, you need life insurance.

    #4 Memiliki Rencana Keuangan (Financial Plan)

    Di awal artikel ini, kami menjelaskan konsep berpikir yang salah adalah GIMANA NANTI. Seharusnya setiap orang, termasuk Anda yang berusia 20 an dan usia 30 an harus memiliki konsep NANTI GIMANA. Artinya Anda merangsang otak Anda untuk berpikir lebih kreatif. Perencanaan keuangan (financial planning) adalah salah satu cara untuk membantu Anda mewujudkan tujuan-tujuan keuangan.

    Contoh paling sederhana adalah: Bagaimana saya bisa beli rumah setelah bekerja 5 tahun? Tanpa rencana keuangan, Anda tidak tahu apa yang harus Anda lakukan, berapa yang harus diinvestasikan, berapa target hasil investasi yang diperlukan dan lain sebagainya. Dengan perencanaan keuangan, membeli rumah bukan hal yang mustahil:

    Stage 1: Siapkan Uang Mukanya Terlebih Dahulu
    1. Hitung berapa harga rumah yang ingin Anda beli saat ini.
    2. Jangan lupa hitung kenaikan harga rumah (silahkan gunakan aplikasi Finansialku).
    3. Setelah itu hitung dana yang dibutuhkan dan harus Anda investasikan untuk dapat menyiapkan uang muka rumah.
    4. Perhatikan juga kenaikan gaji Anda, untuk mempercepat persiapan DP rumah.
    5. Jalankan rencana keuangannya, lakukan review berkala. Setelah target uang muka terpenuhi, lanjut ke stage 2.
    Stage 2: Gunakan KPR untuk Mencicil
    1. Pilih tawaran KPR yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan Anda. Jangan asal bunga rendah, tapi perhatikan keseluruhan biayanya.
    2. Pastikan perbandingan cicilan terhadap penghasilan di bawah 30% dan perbandingan utang terhadap aset di bawah 50%.
    3. Bayar cicilan dengan disiplin dan buat rekam jejak kredit yang bagus.
    4. Lakukan hingga lunas.
    Langkah di atas adalah langkah yang umum, dijumpai namun Anda dan siapa pun bisa mempraktekkan. Selamat mencoba.

    Apakah Saya Sudah Memenuhi Target Keuangan yang Harusnya Dimiliki Orang Berusia 30-an?

    Sampai tahap 1 – 4 ini, apakah Anda sudah merasa memenuhi target keuangan yang harusnya dimiliki orang berusia 30 an?
    • Apakah Anda sudah memiliki penghasilan aktif? penghasilan investasi? penghasilan pasif?
    • Apakah Anda sudah memiliki dana darurat dalam jumlah yang cukup?
    • Apakah Anda sudah memiliki proteksi kesehatan dan proteksi jiwa?
    • Apakan Anda sudah memiliki rencana keuangan (financial planning)?
    Jika Anda sudah memiliki semua, kami ucapkan selamat. Silahkan lanjut ke daftar berikutnya. Jika ada satu atau lebih yang belum terpenuhi, silahkan lakukan langkah perbaikan. Hubungi perencana keuangan Anda untuk dapat membantu mempersiapkannya.

    [​IMG]

    Kita masih akan berdiskusi mengenai investasi, dana hari tua (pensiun), kekayaan bersih dan target jika sudah berkeluarga. Langsung saja berikut ini daftar ke 5 sampai dengan 8 mengenai target keuangan yang harus tepenuhi saat usia 30 an.

    #5 Memiliki Investasi untuk Dana Hari Tua

    Pada usia 30 an, Anda harus sudah memikirkan Nanti Gimana saat hari tua atau pensiun? Pada saat pensiun, seseorang akan kehilang penghasilan aktifnya. Pada saat muda kita masih bisa bekerja di perusahaan, buka praktek, menjaga toko, nah bagaimana saat memasuki masa pensiun?

    Jika saat ini Anda berusia 20-an akhir atau usia 30-an, sudah saatnya Anda mulai merencanakan dana hari tua (pensiun). Jangan tunggu nanti Anda berusia 45 tahun atau 50 tahun baru memikirkan pensiun, karena opsi yang Anda miliki akan lebih sedikit. Ketika Anda berusia 30 an, Anda masih memiliki banyak opsi dan banyak waktu untuk mempersiapkan dana hari tua (pensiun). Pertama, Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku untuk menghitung kebutuhan dana hari tua.

    [​IMG]

    #6 Memiliki Rumah Pertama (Setidaknya Sudah Bisa Bayar DP)

    Target keuangan berikutnya adalah pada usia 30 an, seseorang seharusnya sudah bisa membeli rumah pertama. Paling tidak sudah memiliki uang muka nya dan mampu mencicil rumah. Mengenai rumah pertama ini ada beberapa opsi yang biasanya menjadi pertimbangan, yaitu
    1. Membeli rumah tapak, ukuran yang tidak terlalu luas untuk keluarga kecil (suami, istri dan dua orang anak). Di beberapa kota, khususnya kota-kota besar harga rumah tapak saat ini cukup mahal.
    2. Membeli apartemen mungkin pilihan yang paling masuk akal dikota-kota besar. Daripada membeli rumah tapak yang letaknya sangat jauh, lebih baik membeli apartemen yang lokasinya tidak jauh dari tempat kerja. Hitung-hitung dapat menghemat ongkos transportasi.
    3. Membeli ruko adalah pilihan yang bisa dipertimbangkan, karena bagian bawa ruko bisa dijadikan tempat usaha. Jadi suami bekerja di kantor atau buka praktek, sedangkan istri bisa membuka toko.

    #7 Memiliki Kekayaan Bersih Positif

    Apakah Anda pernah mendengar istilah kekayaan bersih (net worth)? Majalah Forbes menggunakan kekayaan bersih (net worth) untuk membandingkan dan membuat rangking orang-orang terkaya di dunia. Kekayaan bersih adalah selisih antara aset dan kewajiban (utang) yang dimiliki seseorang. Anda tidak perlu repot untuk menghitungnya, gunakan saja Aplikasi Finansialku. Didalamnya terdapat fitur untuk membantu mengecek kondisi kesehatan keuangan Anda, termasuk posisi kekayaan bersih Anda. Namun jika Anda penasaran ingin tahu, apakah Anda sehat atau tidak secara keuangan, silahkan cek di sini (gratis).

    Idealnya berapa kekayaan bersih yang harusnya saya miliki?

    Menurut William Danko dan Thomas Stanley, (penulis buku The Millionaire Next Door: Surprising Secrets of America’s Wealthy) jumlah ideal kekayaan bersih seseorang dapat dihitung dengan rumus:

    jumlah ideal kekayaan bersih = usia x total pemasukan tahunan dibagi 10​

    Contoh Pak Ronald, berusia 31 tahun, dan memiliki pemasukan Rp 10 juta per bulan (Rp 120 juta per tahun). Berapa jumlah kekayaan bersih ideal yang harusnya dimiliki Pak Ronald?

    Jumlah ideal kekayaan bersih = 31 x 120.000.000 / 10

    Jumlah ideal kekayaan bersih = Rp 372.000.000

    #8 Plus: Tambahan Target Keuangan jika Hidup Berkeluarga

    Ketika Anda sudah menikah dan berkeluarga, ternyata lebih banyak hal yang harus dipikirkan. Beberapa hal penting:
    • Meningkatkan jumlah dana darurat sesuai dengan kebutuhan.
    • Membeli asuransi kesehatan untuk seluruh anggota keluarga: pasangan dan anak-anak.
    • Menyiapkan biaya pendidikan anak, minimum hingga kuliah S1.
    • Baru memenuhi tujuan keuangan sekunder, seperti liburan ke luar negeri, membeli mobil mewah dan lain sebagainya.
    Mengenai masalah keuangan keluarga, idealnya jangan ada kata suami takut istri, terlebih saat keluarga sedang mengalami krisis ekonomi atau badai keuangan. Seharusnya Anda dan pasangan kompak dan bersatu dalam mengurus keuangan.

    Bagaimana Cara Agar Target Keuangan Saya Tercapai?

    Pada artikel ini, Finansialku sudah banyak berbagi tips mengenai target keuangan yang harusnya sudah dicapai oleh Anda yang berusia 30-an. Dalam mengelola keuangan keluarga, perlu ada sebuah kedewasaan dan kedisiplinan dalam menjalankan prosesnya. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah miliki rencana keuangan. Silahkan hubungi perencana keuangan Anda atau gunakan aplikasi Finansialku. Dengan sebuah rencana keuangan, Anda memiliki penunjuk atau guide untuk mewujudkan tujuan-tujuan keuangan.


    Apakah Anda pernah mengalami umur 30-an ini kok tantangan keuangan makin berat? Apakah saya sudah berada di jalan yang benar? Silahkan tuliskan keraguan atau pemikiran Anda, perencana keuangan kami akan membantu menjawabnya.


    Sumber:
    8 Daftar Target Keuangan yang Harusnya Sudah Dimiliki Orang Berusia 30-an
    Target Keuangan yang Harusnya Sudah Terpenuhi Saat Usia 30 an (#2)

    Baca Juga:
    Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an
    Ikuti Prinsip MONEYTREE dan Anda akan Lebih Sejahtera
    10 Cara Memilih Asuransi yang Tepat untuk Anda dan Keluarga
    Sudahkah Anda Mengelola Keuangan Keluarga dengan Benar?
    Mengapa Banyak Karyawan Merasa Cemas Menghadapi Pensiun?


    [​IMG]

    Tentang Finansialku:
    Finansialku.com adalah portal perencanaan keuangan individu dan keluarga. Kunjungi kami di:
    Website: Finansialku.com
    Facebook: @Finansialku
    Twitter: @Finansialku
    Google+: +Finansialku
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.