1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Apa kamu cukup berani melawan Valak? Satukan kekuatan di The Werewolf Series #16: THE NUN. Open registration: 14 - 21 September 2018!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

8 Bulan, Bayi Bedakan Rasa Sakit & Sentuhan

Discussion in 'Lifestyle' started by vincentrevival, Sep 9, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. vincentrevival M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,337
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,524 / -0
    VIVAnews - Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Current Biology membuktikan aktvitas saraf di otak bayi terus berkembang seiring waktu. Otak bayi mulai berkembang menuju kedewasaan pada minggu ke-35. Perkembangan ini memungkinkan sirkuit saraf pada bayi dapat membedakan rasa sakit dengan sentuhan biasa.

    “Bayi yang lahir prematur 35 minggu mempunyai respon otak yang sama terhadap rasa sakit dan sentuhan biasa. Namun setelah melewati minggu ke-35, otak akan perlahan berkembang dan dapat membedakan sensasi dari rasa sakit dan sentuhan,” kata Dr Rebeccah Slater, ahli saraf, fisiologi dan farmakolog UCL dalam Science Daily.

    Para ilmuwan meneliti aktivitas otak pada 46 bayi di Rumah Sakit Elizabeth Garrett Anderson Wing, 21 diantaranya lahir prematur pada minggu ke 28. Keadaan ini memberi kesempatan para ilmuwan untuk membandingkan perkembangan otak dari bayi yang lahir prematur dengan yang lahir normal, 37 minggu.

    Mereka menggunakan electroencephalography (EEG) untuk mengukur gelombang otak bayi ketika bayi-bayi tersebut secara rutin ditusuk tumitnya sebagai prosedur standar untuk mengumpulkan contoh darah.

    EEG menampilkan gelombang otak yang normal pada bayi prematur. Setelah berumur 35 hingga 37 minggu, otak bayi berubah respon yang mengindikasikan mereka dapat membedakan antara rasa sakit dan sentuhan biasa.

    “Kami mempertanyakan pertanyaan mendasar mengenai perkembangan manusia: Kapan bayi mulai dapat membedakan sensasi? Pada otak yang masih sangat muda, semua stimulasi terasa sama. Namun pada waktu tertentu dalam perkembangannya, bayi mulai merespon secara spesifik terhadap rangsangan yang berbeda,” kata ketua penulis makalah dari Departemen Saraf, Fisiologi dan Farmakologi di UCL, Dr. Lorenzo Fabrizi.

    Fabrizi menambahkan karena bayi masih belum dapat berbicara, para ilmuwan tidak dapat memastikan bahwa bayi tidak merasa sakit sebelum gelombang di otak berubah.

    Studi sebelumnya menunjukkan minggu ke-35 dan ke-37 pada bayi adalah waktu dimana saraf penghubung utama terbentuk di berbagai bagian otak yang berbeda. “Adalah sangat penting untuk mengerti perkembangan otak manusia, sehingga kita dapat menyediakan perawatan medis yang terbaik untuk bayi di rumah sakit,” kata Slater. Penelitian ini dibiayai oleh Dewan Penelitian Kedokteran dan Wellcome Trust. (Rudy Bun) (eh)

    sumber : http://kosmo.vivanews.com/news/read/245856-8-bulan--bayi-bedakan-rasa-sakit---sentuhan
     
  2. Fakhry7 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 24, 2009
    Messages:
    575
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +198 / -0
    ups salah post.. ane edit lagi dah..

    :top: dah.. ternyata baru 8 bulan udah bisa merasakan sentuhan..
    sayangnya ane gag inget pas umur 8 bulan :XD:
     
    Last edited: Sep 13, 2011
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.