1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

7 Jenis Hubungan Cinta

Discussion in 'Lifestyle' started by midorikawa, Jul 7, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. midorikawa M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    214
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +959 / -0
    Sudah banyak lagu digubah, puisi ditulis, dan kanvas dilukis untuk menggambarkan cinta. Tapi apakah cinta itu sebenarnya? Tentu seorang pelukis akan berbeda dengan pencipta lagu dalam menjelaskan cinta. Bahkan setiap orang akan mendefinisikan cinta dengan cara yang berbeda. Dan itu sah-sah saja.

    Robert Sternberg, seorang psikolog Amerika Serikat, berpendapat bahwa cinta dalam sebuah hubungan interpersonal memiliki tiga komponen dasar, keintiman (intimacy), gairah (passion) dan komitmen (commitment). Ketiga komponen cinta ini kemudian saling berkombinasi membentuk 7 jenis cinta yang berbeda. Yang manakah cinta Anda?

    Nonlove
    Cinta ini hanya terdiri dari komponen keintiman. Di antara individu yang mengalami jenis cinta ini terjalin kedekatan fisik dan emosional. Namun, cinta jenis ini biasanya hanya terjadi pada hubungan pertemanan. Kedua pihak merasakan ada hubungan dekat yang hangat, tapi tidak disertai dengan emosi yang mendalam (gairah) maupun komitmen jangka panjang. Anda tentu tidak keberatan jika sahabat harus melanjutkan studi atau pindah kerja ke kota lain, kan? Dalam cinta pertemanan ini tidak ada keterikatan yang memaksa masing-masing pihak untuk selalu bersama-sama.

    Infatuation
    Sering disebut cinta cinta pada pandangan pertama. Inilah cinta yang diibaratkan datang dari mata lalu turun ke hati. Ketika melihat obyek cinta, timbul gairah untuk selalu bersama. Meski mungkin sebenarnya Anda tidak ada kedekatan yang terjalin dengan si obyek cinta. Gairah merupakan satu-satunya komponen cinta yang ada di jenis hubungan cinta ini. Tidak ada kedekatan emosional yang terjalin dan juga tidak ada komitmen. Itu sebabnya, infatuition mudah timbul dan juga mudah hilang.

    Empty Love
    Dalam hubungan cinta ini hanya ada komponen komitmen. Banyak cinta yang berubah menjadi cinta hampa seiring berlalunya waktu. Hubungan yang pada awalnya terasa hangat dan bergairah, terkadang berubah menjadi hampa karena komponen keintiman dan gairah telah luntur. Namun pada hubungan yang dijodohkan, seringkali yang terjadi adalah kebalikannya. Pasangan tersebut memulai dari cinta yang hampa (komitmen yang dipaksakan). Dan, seiring waktu mulai timbul keintiman dan gairah.

    Romantic Love
    Pasangan yang terlibat dalam jenis cinta ini akan terlihat senang bersama-sama karena adanya keintiman. Selain itu, pasangan cinta romantis juga akan memiliki gairah yang mendalam terhadap satu sama lain. Itu sebabnya, pasangan cinta inilah yang biasanya disebut sedang mabuk cinta. Meski begitu, pasangan mabuk cinta belum tentu ingin selamanya bersama-sama. Dalam jenis hubungan cinta ini tidak ada komitmen karena seringkali dirasa mengekang kenikmatan cinta itu sendiri.

    Companionate Love
    Bisa juga diartikan cinta setia. Nah, hubungan cinta jenis ini sering ditemui dalam pernikahan atau hubungan yang telah cukup lama terjalin. Dalam hubungan ini, biasanya gairah sudah pudar. Namun, masih ada keintiman dan komitmen yang lekat. Secara umum, cinta setia adalah hubungan yang terjalin antara Anda dengan seseorang yang sudah cukup lama berbagi suka-duka. Cinta setia lebih kuat dibanding cinta teman karena adanya komponen komitmen. Selain dalam hubungan pernikahan, cinta setia juga bisa ditemui di dalam hubungan persahabatan yang erat dan juga di antara kerabat keluarga.

    Fatuous Love
    Alias cinta buta. Dinamakan begitu karena komponen pembentuknya hanyalah gairah dan komitmen. Jenis hubungan cinta ini cenderung bersifat menderu-deru karena tidak ada keintiman yang dapat menstabilkan sebuah hubungan. Cinta buta bisa berdampak negatif karena biasanya melibatkan rasa ingin memiliki yang mengikat tiap individu. Padahal, mungkin saja hubungan tersebut tidak lagi berfungsi positif. Terbukti dengan tidak adanya rasa percaya sehingga kedekatan antara individu tidak terjalin.

    Consummate Love
    Orang mengartikannya sebagai cinta sejati. Inilah cinta yang diidam-idamkan semua orang. Cinta ini yang paling sempurna dengan adanya komponen keintiman, gairah, dan komitmen. Keberadaan ketiga komponen cinta membuat jenis hubungan cinta ini cenderung berjalan secara stabil. Komitmen yang terjalin dalam cinta ini didasari pada rasa saling menghormati (karena adanya hubungan yang dekat secara fisik maupun emosional), dan juga hasrat untuk selalu bersama yang sangat kuat. Inilah yang membuat cinta sejati akan lebih langgeng dibanding jenis cinta lain.

    Apa pun jenis hubungan cinta Anda saat ini, semoga Anda bahagia menjalaninya.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. zutara M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 3, 2008
    Messages:
    9,280
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +46,318 / -0
    pembentukan cinta tuh bermula dari karakter si pencinta n pasangan...
     
  4. dodo Members

    Offline

    Joined:
    Nov 13, 2008
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    klo aq plih sama-sama suka aj deh..

    ribet cinta mah banyak macem2nya...
     
  5. alxder M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 6, 2009
    Messages:
    318
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +6,644 / -0
    Semoga bisa nemu Consummate Love, huehehehehe...
     
  6. nkc Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 17, 2009
    Messages:
    44
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +13 / -0
    thx for share bro..
    smoga aja bisa nemuin cinta yg sesungguhnya aka Consummate Love.. :)
     
  7. pello M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 16, 2009
    Messages:
    219
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +11,072 / -0
    nice info....

    binggung termasuk yg mana..
     
  8. knight11 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    92
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    mengapa harus dibagi begini y?
    bingung jg yang mana..

    yg penting lancar aja deh hubnya
     
  9. hbvyh M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 13, 2009
    Messages:
    626
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +26 / -0
    menurut gua relatiflah love itu kan majemuk ngak bisa dibagi2
     
  10. CoffePahit M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 10, 2009
    Messages:
    316
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +559 / -0
    mudah-mudahan da[at menemukan consummate love
     
  11. renkinjutsushi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 4, 2009
    Messages:
    1,434
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +12,282 / -0
    banyak orang pacaran yang jadi Empty Love
    untuk saat ini saya merasakan nonlove
     
  12. ireh M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 22, 2009
    Messages:
    2,121
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +6,311 / -0
    kalo sy ga percaya dgn ini,
    yg sy tau itu napsu pada pandangan pertama,
    karena rata2 yg mengaku jatuh cinta pada pandangan pertama itu, karena setelah melihat wajahnya:ngacir:
     
  13. talekot M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 31, 2009
    Messages:
    256
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +1,390 / -0
    selain semua itu hubungan paling awal adalah berhubungan dengan Tuhan dulu baru ke 7 hubungan itu. karna Tuhan yang punya cinta yang disebut kasih. tau kan artinya kasih???
     
  14. ruychii M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 5, 2008
    Messages:
    214
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +5 / -0
    cool....
    i really want to find my Consummate Love....
    i already search for it for years...
    but until now never found one....

    one more kind of love...
    it was universal love...like the love of mother to her child...
     
  15. icham M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    993
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,245 / -0
    Cinta lokasi gad gan !!! cinta yg diraih ketika berhadapan dlm situasi n kondisi dlm lingkungan or lokasi yg bersamaan..
     
  16. black_log M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 30, 2009
    Messages:
    228
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +6 / -0
    wah gw empty love.. cuman dari kebalikannya
    hahaha :lol:
     
  17. zeinkawaii Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 27, 2010
    Messages:
    218
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    maseh bingung, gw termasuk yg mana????
     
  18. kishi_friend M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 18, 2010
    Messages:
    1,054
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +192 / -0
    Kaya'x masih ada yang kurang tuh...
    Karna jenis hubngan cinta gw engga ada...
    yaitu Jenis cinta complicated.... :haha:
     
  19. yuyuni386 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 7, 2010
    Messages:
    525
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +19 / -0
    Ehm masuk yang mana yah? bingung

    :niceinfo:
     
  20. kitukitulipu Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 29, 2010
    Messages:
    79
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +1,116 / -0
    Companionate Love
    Bisa juga diartikan cinta setia. Nah, hubungan cinta jenis ini sering ditemui dalam pernikahan atau hubungan yang telah cukup lama terjalin. Dalam hubungan ini, biasanya gairah sudah pudar. Namun, masih ada keintiman dan komitmen yang lekat. Secara umum, cinta setia adalah hubungan yang terjalin antara Anda dengan seseorang yang sudah cukup lama berbagi suka-duka. Cinta setia lebih kuat dibanding cinta teman karena adanya komponen komitmen. Selain dalam hubungan pernikahan, cinta setia juga bisa ditemui di dalam hubungan persahabatan yang erat dan juga di antara kerabat keluarga.




    yang ini yang saya suka :D
     
  21. m4rc3ll0 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 18, 2010
    Messages:
    19
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    paling enak ya romantic love...pengen punya pasangan yang ntar hubungannya gitu...:D:D:D
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.