1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Other 6 Hal ini Bisa Membuat Kamu Menjadi Selebgram!

Discussion in 'Entrepreneur Talks' started by menujusunny, Oct 15, 2018.

  1. menujusunny Members

    Offline

    Joined:
    Oct 15, 2018
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    [​IMG] Apakah kamu mengenal salah satu selebgram Indonesia bernama Awkarin? Awkarin atau Karin Novilda menjadi perbincangan banyak orang dan telah menjadi fenomena media sosial di Indonesia. Hal yang paling menuai kecaman dan kritik dari masyarakat ialah kontennya yang dirasa kelewatan dan dikhawatirkan merusak moral anak bangsa.

    Akan tetapi, ada beberapa fakta lain yang sebenarnya menjadi bukti bahwa media sosial bisa menjadi ladang harta dan ketenaran. Dikabarkan, Karin menerima pendapatan Rp32 juta per dua hari atau bisa mencapai Rp480 juta sebulan.

    Pasti membaca itu membuat kamu semua langsung berpikir mencari uang di media sosial itu sangat mudah. Namun, hal itu tentunya tidak didapatkan dalam sekejap mata. Setiap selebgram, selebtwit, youtubers, ataupun artis-artis media sosial lainnya membutuhkan proses panjang untuk dapat merasakan penghasilan dari media sosialnya.

    Perlu kerja keras dan daya kreatif tinggi agar banyak orang melihat dan menyukai akun media sosial mereka. Bila memang kamu berpikir untuk mendapatkan uang di media sosial, ada beberapa hal yang memang perlu kamu perhatikan.

    1. Buatlah Konten Sekreatif Mungkin
    Ketika kamu memutuskan untuk membuat sesuatu di media sosial, hendaknya buatlah konten semenarik mungkin. Bisa dari segi tampilannya atau dari isinya. Misalnya, kamu membuat video lawakan, maka kamu harus memikirkan lawakan yang menarik dan tidak membosankan. Atau, hal paling mudah yang bisa kamu terapkan ialah mengambil foto yang memiliki makna atau pesan yang ingin disampaikan kepada orang banyak.

    Usahakan, konten itu adalah hasil originalitas dari ide dan gagasanmu. Jangan sampai, kamu menyontek mentah-mentah ide orang lain, apalagi artis media sosial yang telah lebih dahulu terkenal. Hal itu sama saja plagiarisme dan membuat akun kamu malah banyak yang bully.

    Bila kamu terinspirasi dari konten artis media sosial, kamu bisa mengeksekusinya dengan cara yang berbeda. Lihat dahulu konten foto atau video yang kiranya menarik perhatianmu dan buatlah secara berbeda dengan caramu sendiri. Hal itu akan menghindari kamu dari perilaku plagiarisme atau penyontekkan.


    2. Pikirkan Target Karyamu
    Bila ingin konten yang kamu buat langsung menarik perhatian banyak orang, maka kamu harus sudah mengetahui siapa saja yang mungkin akan melihat karyamu. Ketika kamu membuat video lawakan, maka kamu harus tahu kepada siapa karyamu ditujukan. Apakah anak muda, orang tua, atau semua umur.

    Hal itu sangat penting untuk kamu lakukan. Karena, tanpa adanya bayangan target penikmat karyamu maka konten yang kamu buat tidak akan cepat naik dan hanya mencakup segelintir orang saja.

    Kamu harus menyiapkan matang dulu kontenmu dan tahu siapa target penonton atau penikmat karyamu nantinya. Biasanya, target yang lebih spesifik akan lebih memudahkan menaikkan namamu di dunia maya.

    Kalau boleh saran, kamu bisa memulai membuat konten yang targetnya ialah generasi muda. Sebab, penyebaran kontenmu akan jauh lebih cepat bila menyasar anak muda.

    Akan tetapi, bila memang targetmu kalangan anak muda, maka kamu harus memperhatikan isi kontennya. Jangan sampai konten kamu bermuatan negatif. Karena, kontenmu itu akan cepat ditiru dan akhirnya akan menjerumuskan mereka ke arah pergaulan yang salah.


    3. Jangan Menyuguhkan Sensasi
    Sensasi memang sangat menjual. Tak hanya di dunia media sosial, di dunia hiburan konvesional pun sangat mudah mengangkat nama seseorang hanya dengan menjual sensasi. Akan tetapi, mereka yang menjual sensasi biasanya karyanya tidak akan abadi.

    Oleh sebab itu, kamu harus membuat konten berisi dan memiliki pesan-pesan positif kepada followers-mu. Buatlah sebuah karya yang memang sangat bagus, melalui proses pembuatan secara matang dan dikonsep secara serius. Kalau bisa, salurkan bakatmu di dalam konten itu.

    Bila kamu memang orang yang mampu bermain musik dan bersuara bagus, kenapa tidak kamu merekamnya dalam bentuk video dan mem-posting-nya di akun media sosialmu. Hal itu jauh lebih mulia daripada kamu mem-posting curhatan yang tidak jelas dan beberapa tindakan tak bermoral yang sangat bertentangan dengan nilai-nilai tradisi budaya di Indonesia.

    Konten yang berisi dengan sendirinya akan membuat banyak orang mengikuti akun media sosialmu. Karena, pengguna sosial media lebih mencari konten yang menginspirasi daripada konten penuh sensasi.


    4. Mintalah Pendapat Orang Terdekat Sebelum Meng-Upload Karyamu
    Ketika kamu sudah membuat sesuatu, jangan langsung di-upload. Cobalah minta pendapat orang terdekatmu, bisa sahabat ataupun orang tua dan saudaramu. Mintalah komentar mereka perihal karya yang baru kamu buat.

    Bila memang mereka melihatnya cukup bagus dan memiliki ciri khas tersendiri, barulah kamu upload. Dengan begitu, konten yang kamu buat tidak sembarangan dan memang layak untuk di-upload.

    Kamu juga bisa berdiskusi dulu dengan orang terdekatmu sebelum membuat konten karyamu. Coba utarakan niatanmu dan bagaimana kamu proses yang akan kamu lakukan kepada mereka. Setidaknya, ketika kamu berdiskusi terlebih dahulu, proses eksekusi pembuatan konten itu akan lebih matang dan kamu bisa membuatnya lebih berisi.

    Adakalanya, pendapat orang terdekatmu memang tidak sesuai dengan ekspektasimu. Akan tetapi, kamu bisa menjadikannya bahan pertimbangan untuk membuat karya original yang berkualitas.


    5. Upload Karyamu di Akun Sosial Media Secara Rutin
    Kalau kamu ingin cepat tenar di dunia maya, maka kamu harus rutin meng-update akun media sosialmu. Muatlah konten-konten kreatifmu secara berkala. Hal itu akan menarik perhatian orang kepada akunmu.

    Seandainya kamu tidak bisa terlalu sering, dalam arti tiap hari update, kamu bisa membuat jadwal tertentu untuk update konten kreatifmu. Misalnya, kamu bisa memilih hari kamis tiap bulannya untuk update konten kreatifmu, atau kamu bisa memilih dalam sebulan, kamu update hanya dua minggu sekali. Hal itu akan membuat tiap konten kreatifmu dinanti-nanti orang.

    Update konten kreatif secara rutin itu juga memiliki tujuan untuk menjaga mood kamu untuk terus membuahkan
    karya. Sebab, untuk memulai sebagai selebriti sosmed, kamu harus rajin menjaring massa. Bila memang kamu sudah memiliki follower setia yang cukup banyak, kamu bisa sedikit mengendurkan jadwal update mu, tapi bukan berarti berhenti loh! Setidaknya tidak sepadat awal-awal memulainya.


    6. Terus Semangat dan Jangan Mudah Menyerah
    Adakalanya, ketika kamu sudah membuat sebuah konten kreatif, ternyata tidak banyak yang melihat. Tenang saja, hal itu wajar. Oleh sebab itu, kamu harus terus semangat dan terus menelurkan karya-karya kreatifmu.

    Untuk menjaga semangat itu, usahakan kamu selalu berpikir positif dan update dengan keadaan sekitar. Membaca berita atau nongkrong bersama teman-temanmu kiranya dapat memberikan inspirasi. Ketika tengah mentok, kamu bisa refreshing dulu. Karena, ide kreatif tidak bisa dipaksakan muncul begitu saja.

    Beberapa hal itu bisa Quipperian coba ketika ingin menjadi seorang selebriti dunia maya. Kemajuan teknologi memberikan banyak kesempatan kepada siapapun untuk dapat terkenal dan meraup harta. Bahkan, batasan negara bisa ditembus oleh berbagai aplikasi media sosial. Siapa tahu, konten kreatifmu menarik perhatian dunia dan kamu terkenal sedunia.


    Di bawah ini salah satu contoh selebgram yang bisa agan contoh nih gan! Saat ini Rachel Vennya udah punya beberapa bisnis yang semakin membuat pundi-pundi uang ngalir ke kantong dia. Namun, semua itu nggak dia dapetin dengan instan, ada proses yang mengiringnya sampai posisi dia saat ini.

    [​IMG]
    Ane dapet info artikelnya dari sini nih gan.
    Ane liat blog ini juga banyak bahas prospek kerja menarik lainnya jug, jadi kalo agan semua kurang puas sama yang di atas monggo dicek yang lainnya biar lebih puas :unyil:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. akilan Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 27, 2018
    Messages:
    84
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    Kalo saya liat sekarang ini banyak pekerjaan2 baru yg cuma ada di internet dan media sosial. Kalo diliat sekilas kayaknya gampang, padahal ngga juga. Buat membangun bisnis agan butuh banyak follower dan visitor, dan ini bagian yg paling sulit di bisnis ini.
     
  4. Orda Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 18, 2019
    Messages:
    39
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    Bagian tersulitnya bisnis internet adalah pembuatan konten yg menarik buat menarik orang ke website dan produk agan. Agan perlu perhatiin baik2 apa yg pengen diliat orang dari produk agan trus ditampilkan secara cantik di konten website agan.
     
  5. dindapanda89 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 1, 2019
    Messages:
    112
    Trophy Points:
    26
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +3 / -0
    no 3 penting banget tuh gan. abis para pemirsa yg demen sensasi jg banyak si #tepokjidat . klo utk meningkatkan traffic dan audiens banyak juga kursus2 online yg ngajarin ini
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.