1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Geography & Astronomy 5 Fakta Tentang Bulan Yang Mungkin Belum Kita Ketahui

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by ocky_de_larocha, Dec 26, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. ocky_de_larocha Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Aug 3, 2010
    Messages:
    18,135
    Trophy Points:
    266
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +354,024 / -3
    [​IMG]

    Bulan yang biasa kita amati pada malam hari ternyata menyimpan suatu misteri unik yang tetap dipertanyakan oleh para ahli. Keberadaannya, usianya, dan bahkan semua tentang bulan membuat gambaran dari bulan itu sendiri menjadi suatu misteri bagi penduduk bumi.

    Dr. Robin Brett dari NASA pernah mengatakan bahwa, “sepertinya lebih mudah menjelaskan mengapa bulan tidak ada daripada mengapa ada bulan.”

    Usia Bulan
    Salah satu yang paling membingungkan dari bulan adalah usianya. Hampir semua dari bebatuan bulan yang dibawa ke bumi untuk diamati ternyata mempunyai usia 90% lebih tua dibandingkan dengan bebatuan bumi yang paling tua sekalipun. Hingga saat ini bebatuan bumi yang paling tua yang pernah ditemukan adalah yang berumur 3,7 miliar tahun, sedangkan bebatuan bulan ternyata berusia antara 4,3 dan 5,3 miliar tahun. Penelitian tentang bulan ini sekaligus membuat lutut dari para pengagum teori kreasonis (teori penciptaan bumi) sempat gemetar. Dalam bible sendiri dicatat bahwa bulan diciptakan pada hari keempat, dan seharusnya apapun yang ditemukan para ahli diluar sana mengenai bulan akan mengatakan bahwa bulan setidaknya lebih muda dari bumi. Jika dalam beberapa dekade kedepan tidak ditemukan lagi bebatuan bumi yang lebih tua, maka kemungkinan fakta mengenai bulan akan mulai mengolok-olok para pengagum teori kreasonis.

    Bulan Berongga
    Ketika akan meninggalkan bulan dalam misi pendaratan di bulan, pesawat apolo 12 melontarkan pesawat pendarat kembali ke bulan, dan dari apa yang dicatat oleh mesin pencatat gempa yang dipasang di bulan, ternyata terjadi gempa yang berlangsung selama lebih dari 15 menit dalam radius 72km dan mengeluarkan dengungan. Sama halnya ketika kita memukul tong kosong dengan martil sekuat tenaga, maka tong tersebut akan mengeluarkan bunyi dari getaran yang dihasilkan. Hal yang sama juga terjadi pada bulan, dan ini telah membuktikan bahwa bulan itu kosong.

    Debu yang Hilang
    Jika memang bulan memiliki usia seperti bebatuannya yang berhasil diteliti, maka seharusnya ada tumpukan debu yang menutupi permukaannya setebal 180 kaki, namun nyatanya debu yang menutupi permukaan bulan hanya setebal 2 inci.

    Berlapiskan Unsur Logam
    Komposisi bebatuan bulan ternyata bukan sembarang bebatuan. Ketika para ahli mencoba melakukan pengeboran di bulan mereka terkejut karena mendapati permukaan bulan terlalu sukar untuk ditembus. Setelah diteliti, ternyata terdapat komposisi unsor logam yang sangat keras, yaitu unsur logam titanium, bahan yang sama yang digunakan untuk membuat pesawat antariksa. Kesimpulan mengenai bulan pun semakin bertambah yaitu, bola titanium raksasa yang berongga.

    Dewa Anjing Menelan Matahari
    Orang dahulu acap kali berhasil mengamati suatu fenomena alam yang aneh, mereka menyebutnya dengan istilah “dewa anjing menelan matahari”, di saat itu akan ada benda langit berwarna hitam menutup total matahari, langit siang hari yang terang benderang tiba-tiba menjadi gelap gulita, dipenuhi dengan kelap-kelip bintang, yaitu “gerhana matahari total” yang dikenal oleh ilmuwan sekarang ini. Pada saat gerhana matahari total, benda langit hitam yang kita lihat adalah bulan, ukuran bulan persis bisa menutupi matahari, artinya jika dilihat dari bumi, bulan dan matahari sama besarnya.

    Belakangan astronom mendapati, bahwa jarak matahari ke bumi persis 395 kali lipat jarak bulan ke bumi, sedangkan diameter matahari juga persis 395 kali lipat diameter bulan, maka jika dilihat dari bumi, bulan persis sama besarnya dengan matahari. Diameter bumi adalah 12.756 km, diameter bulan 3.467 km, dan diameter bulan adalah 27%-nya diameter bumi.

    ================================================================

    Kalo :niceinfo: silahkan :grp: ato :thx:

    maaf kalo :repost:
    Sumber
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. teuku_robby M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 22, 2010
    Messages:
    1,582
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +31,820 / -0
    Itu semua bukan kebetulan semata, tapi kehendak yang maha kuasa :hehe:

    :niceinfo: ane numpang copas ke blog dolo ya . . . . . :ngacir:
     
  4. fouchan M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 17, 2010
    Messages:
    1,520
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +20,740 / -0
    :keringat: susah juga ya kalo nyari tau usia bulan ...
     
  5. annez M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 14, 2010
    Messages:
    1,012
    Trophy Points:
    101
    Ratings:
    +64 / -0
    berarti bulan bisa dibilang cukup rapuh donk..........klu ampe pecah gimana ya.........:takut:
     
  6. deepsky M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 22, 2010
    Messages:
    8,649
    Trophy Points:
    236
    Ratings:
    +8,454 / -4
    wew, ternyata fakta bulan banyak yang di luar dugaan :iii:
    ampe ilmuan banyak dibikin pusing
    :iii:
     
  7. tovic M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 19, 2009
    Messages:
    1,130
    Trophy Points:
    127
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +355 / -0
    wah baru tahu bulan kayak gitu
    gila segede itu isinya titanium
    gak kebayang nih kalo ada yg buka pertambangan disana
    bisa langsung kaya mendadak tuh
     
  8. Tanzmania M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 26, 2009
    Messages:
    965
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +10,483 / -0
    Bulan isinya kosong :iii:

    Mungkin macem kayak bola Golf dnx lebih tepatnya :haha:
     
  9. kanga6us M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 21, 2009
    Messages:
    2,195
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +328,457 / -0
    ada lagi..wajah bulan selalu sama setiap malam..bahkan gak pernah berubah :panik:
     
  10. deepsky M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 22, 2010
    Messages:
    8,649
    Trophy Points:
    236
    Ratings:
    +8,454 / -4
    padahal bulan berotasi kan, bner gak :???:
     
  11. ranegriff M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 14, 2009
    Messages:
    257
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +19 / -0
    Buat tambahan,
    1. Rotasi bulan sinkron dengan rotasi bumi akibatnya wajah bulan tetap sama, yg menghadap bumi ya itu melulu sedangkan bagian belakang bulan/dark sidenya tidak pernah terlihat dari bumi.

    2. Jarak bulan dan bumi bertambah sebesar 3.8 sentimeter per tahun, artinya bulan semakin menjauh dari bumi dan pada akhirnya benar2 terpisah dari orbit bumi. Tapi ga perlu kuatir butuh milyaran tahun sampe bulan menghilang dari bumi.

    3. Bulan kok terang sekali ya??Mengapa?
    Mari dilihat komposisi kimia batuan permukaan bulan :

    Compound Formula Composition (wt %)

    silica SiO2 45.4% 45.5%
    alumina Al2O3 14.9% 24.0%
    lime CaO 11.8% 15.9%
    iron(II) oxide FeO 14.1% 5.9%

    Batuan permukaan bulan rata2 mengandung silika / quartz alias kristal kecil kaca yg dapat memantulkan cahaya. Itulah sebabnya bulan bersinar terang sekali dibandingkan planet lain jika dilihat dari bumi(selain jg karena jaraknya dekat).
     
  12. shin27 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 30, 2009
    Messages:
    300
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +237 / -0
    "Dewa Anjing Menelan Matahari", like this words
     
  13. putra_mahkota Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    126
    Trophy Points:
    116
    Ratings:
    +4,407 / -0
    ooo...

    baru tau ane ntu ndan...

    ternyata bnyak titanium toh disana...
     
  14. dtechboys M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 19, 2010
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +754 / -0
    usia bulan? konyol bgt deh..

    bumi aja blm pasti tepatnya udah brp usianya..
     
  15. Godexs M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 3, 2010
    Messages:
    1,445
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +4,279 / -0
    susah emang prediksi usia bulan,, tapi gak kebayang klo debu ampe nutupi bulan setebal 180 kaki :shock1:
     
  16. XcsNujabes M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 31, 2010
    Messages:
    2,155
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +4,029 / -0
    iye juga ya kk.. besarnya bulan sama matahari itu sama kalo diliat dari bumi,,
    wew, hebat bener dah..
     
  17. Orthia Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 6, 2009
    Messages:
    94
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +45 / -0
    jadi kepikiran, gimana ya akibatnya bagi bumi klo bulan akhirnya bener2 terpisah dr orbit bumi.. atau mungkin sebelum itu terjadi, matahari malahan sudah menjadi supernova dulu yaa? hheemm....
     
  18. Nurus M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 24, 2010
    Messages:
    3,368
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +81,232 / -1
    Trus klo bulan tidak ada, penjelasannya apa? :bingung:

    Umurnya bulan lebih tua api koq malah dia ngikutin bumi yah?
     
  19. arriy M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 30, 2010
    Messages:
    620
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +15 / -0
    mungkin bulan lebih dulu tercipta, mungkin seumur sama merkurius dan ketika ada ada massa yg lebih besar di dekatnya (bumi) maka bulan tertarik gravitasi bumi. Jadi bulan bukan tercipta dari sempalan sentripetal dari bumi. IMO :keringat:
     
  20. zeedeed M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 11, 2009
    Messages:
    3,001
    Trophy Points:
    241
    Ratings:
    +5,894 / -3
    wuih manteb.....

    ane tambahin bro

    bagian sisi bulan yang darkside ukuranya jauh lebih besar daripada yang menghadap ke bumi
     
  21. Bacopt M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 4, 2010
    Messages:
    499
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +534 / -0
    kalo bulang itu kosong berarti nggak ada inti bulan :???:

    bulan kaya bola aja ya.. dalemnya kosong
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.