1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

5 Cara Alami Mengatasi Bibir Kering dan Bersisik

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by serenamilka, Apr 7, 2021.

  1. serenamilka Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 10, 2020
    Messages:
    100
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +1 / -0
    [​IMG]

    Bibir kering dan pecah-pecah berarti tanda tubuh kekurangan cairan. Bibir yang sangat kering bisa menyebabkan bibir berdarah atau kondisi yang lebih serius yaitu bibir bersisik (aktinik cheilitis).

    Bibir bersisik cenderung menyerang orang dewasa berkulit putih yang tinggal di daerah tropis atau subtropis atau saat mereka bekerja di luar ruangan. Berada di ruangan ber-AC terlalu lama juga dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah.

    Untuk mengatasi bibir kering dan bersisik serta mencegah kekambuhan, berikut tips yang bisa Anda coba.
    1. Menggunakan madu
    Madu merupakan treatment yang paling sering digunakan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Madu mengandung antioksidan dan antibakteri yang membantu mencegah infeksi di bibir bersisik.

    Sebuah penelitian menemukan, mengoleskan madu ke bibir bersisik sekali sehari dan dibiarkan selama 30-60 menit dapat meringankan gejala aktinik cheilitis.

    2. Mengoleskan lip balm
    Menggunakan lip balm saat keluar rumah melindungi bibir dari paparan sinar matahari, yang dapat menyebabkan dan memperparah bibir kering.

    Namun tidak semua lip balm memiliki efektivitas yang sama. Misalnya, lip balm dengan kandungan menthol atau perasa mint bisa membuat bibir lebih pecah-pecah dari sebelumnya.

    Beberapa kandungan lip balm yang harus dijauhi antara lain kamper dan fenol. Produk dengan perasa dan pewangi juga harus dihindari karena dapat membuat bibir kering.

    Sebaiknya pilih lip balm dengan bahan yang menenangkan dan melembabkan, seperti:
    • Petroleum jelly
    • Lanolin
    • Beeswax
    • Ceramides
    Jika bibir Anda terbakar matahari, hindari petroleum jelly karena menurut American Academy of Dermatology (AAD) bahan tersebut akan mengunci panas yang didapatkan sehingga membuat kondisi bibir semakin parah.

    1. Mengaplikasikan minyak kelapa
    Bibir memiliki fungsi pelindung yang buruk dan lebih sensitif daripada bagian tubuh lainnya.

    Minyak kelapa tidak hanya berfungsi sebagai pelembab alami yang dapat menenangkan dan melembutkan bibir kering. Penelitian menemukan minyak kelapa dapat melindungi kulit dan meningkatkan fungsi pelindungnya.

    Manfaat lain dari minyak kelapa adalah sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat mencegah infeksi akibat bibir yang pecah-pecah.

    2. Minum air
    Dehidrasi adalah penyebab utama dari bibir kering dan bersisik. Kebanyakan orang tidak sadar jika mengalami dehidrasi ringan. Untuk itu disarankan membangun kebiasaan minum air sepanjang hari.

    Anda bisa membawa botol air 2 liter untuk melacak seberapa banyak cairan yang sudah didapatkan. Tips lainnya adalah jangan menunggu haus untuk minum.

    3. Eksfoliasi bibir
    Bibir pecah-pecah ditutupi lapisan kulit kering dan mengelupas. Tanpa eksfoliasi, perawatan yang Anda lakukan tidak akan berhasil karena terhalang oleh sel kulit mati yang menumpuk.

    Anda bisa membuat scrub bibir sendiri atau membelinya di toko. Carilah produk yang mengandung bahan yang menenangkan dan melembabkan bibir.

    Adapun bahan-bahan yang harus disiapkan untuk membuat scrub bibir antara lain:
    • 1 sdt gula atau garam laut
    • 1 sdt emolien, seperti madu atau minyak zaitun
    • Mangkuk atau wadah
    • Kapas
    • Kain lap basah

    Cara membuat:
    • Campurkan bahan pengelupas (garam atau gula) dan emolien ke dalam mangkuk atau wadah yang telah disiapkan
    • Celupkan kapas ke dalam bahan yang telah dicampurkan tadi
    • Oleskan scrub ke bibir dengan gerakan melingkar dan tekanan lembut
    • Bersihkan menggunakan waslap lembab
    Setelah melakukan eksfoliasi, oleskan madu, minyak kelapa, atau minyak zaitun untuk menenangkan dan melindungi bibir yang pecah-pecah.


    Catatan

    Agar bibir bersisik tidak kembali terjadi, Anda juga harus menjauhi faktor risikonya seperti tembakau, minuman beralkohol, dan penggunaan tanning bed.
    Orang yang mengonsumsi obat penekan kekebalan atau anti-inflamasi diharapkan untuk ekstra berhati-hati karena efek samping obat yang dapat membuat tubuh lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari.
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.