1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info 4 Tips Promosi Dan Berjualan Melalui Instagram

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by zerostores, Sep 19, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. zerostores Members

    Offline

    Joined:
    May 1, 2013
    Messages:
    0
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +2 / -0
    TIPS 1 PROMOSI DAN BERJUALAN MELALUI INSTAGRAM #SFS

    Halo temen2, saya disini ingin membagikan sedikit pengalaman bagaimana cara berpromosi dan berjualan di Instagram. Semakin banyak follower semakin besar pula omzet dengan berjualan di Instagram.

    Instagram skrng ini merupakan jejaring social yang sangat diminati hampir seluruh pengguna smartphone di Indonesia bahkan didunia.
    Semoga infonya membantu :)


    [​IMG]

    Bagi yang aktif bermain media sosial dan suka berbagi foto/video aktifitas sehari-hari atau selfie, pasti sudah tak asing dengan aplikasi Instagram (IG). Ya betul sekali, aplikasi ini membantu kita untuk berbagi foto keseharian kita kepada teman-teman atau follower dengan menambahkan cerita/caption dibalik foto tersebut. Tahukah bahwa sekarang ini, media sosial seperti IG bisa dijadikan sarana untuk berjualan lho.
    Buat kalian yang menggunakan aplikasi IG untuk berjualan, Tim Simpq akan membagikan tips promosi dan berjualan melalui IG seperti bagaimana menambah follower dan meningkatkan penjualan. Pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai 6 Tips Membuat Foto Untuk Online Shop yang sangat berguna untuk meningkatkan penjualan.
    Tips promosi yang akan dibahas kali ini adalah SFS (Shoutout For Shoutout). SFS ini adalah kegiatan saling bertukar iklan barang dengan sesama penjual (olshop) di IG sehingga akan muncul di timeline follower mereka.

    [​IMG][​IMG]

    *Contoh SFS online shop
    SFS ini juga menjadi sarana menambah follower dan tentunya penjualan barang olshop kamu. Jika semakin banyak calon pembeli yang tertarik melihat foto produk olshop kamu, pastikan memberikan informasi atau caption yang jelas dan lengkap ya, berikut panduannya buat kalian yang ingin mulai ber-SFS ria:

    Pastikan bergabung dengan group SFS olshop (LINE)
    Group SFS ini menggunakan media jejaring sosial seperti LINE. Sudah cukup banyak group SFS yang membuka diri bagi olshop untuk bergabung dan berkembang bersama, karena tujuan dibuat group inipun adalah membantu sesama olshop untuk meningkatkan follower dan order. Pada beberapa group ada kriteria agar bisa bergabung, salah satunya adalah kriteria minimum follower. Jadi perhatikan syarat atau kriteriannya ya sebelum bergabung.

    Berikan foto produk terbaik kamu
    Saat ber-SFS pastikan foto yang kamu gunakan menarik dan jelas agar konsumen/calon pembeli tertarik untuk melihat dan akhirnya membeli. Buat yang masih ingin tahu tips agar tampilan foto lebih menarik, berikut 6 Tips Membuat Foto Untuk Online Shop yang bisa menjadi referensi kalian. Usahakan foto yang digunakan untuk SFS tidak monoton dan bisa bervariasi ya.

    Berikan caption singkat, jelas, dan menarik.
    Caption yang terlalu panjang juga bisa membuat calon pembeli enggan untuk membacanya, jadi usahakan singkat, jelas, dan menarik. Beri informasi yang jelas mengenai bagaimana cara menghubungi olshop (nomor telp, Line, WhatApp, dll), alamat IG, deskripsi barang yang ada di foto, serta cara order.
    [​IMG][​IMG]

    SFS pun ternyata banyak macamnya lho. Tim Simpq menemukan setidaknya ada 3 metode dalam ber-SFS, yuk kita simak,
    - SFS PERSONAL
    SFS personal ini dilakukan oleh 2 olshop yang bertukar iklan dalam jangka waktu tertentu yang telah disepakati bersama.

    - SFS PERSONAL 2in1
    Nah masih sama seperti SFS personal hanya foto / iklan yang dipost langsung 2 buah dalam satu waktu.

    - SFS KEROYOKAN
    SFS ini melibatkan 20-30 olshop yang tergabung dalam satu group dengan peraturan yang cukup ketat dalam hal post iklan sesama olshop. Sederhananya dalam waktu 2-3jam setiap olshop harus memposting iklan sesama member SFS keroyokan tersebut yang bisa berjumlah 20-30 olshop sekaligus.

    Bagi para pembeli online / online shopers, membeli barang-barang di toko online lebih mudah dari pada harus membeli langsung di toko, atau di mall. Maka dari itu semakin sering olshop mengiklankan produk mereka (ber-SFS), semakin tinggi juga kesempatan banyak online shopers yang melihat dan membeli. Hhm... tertarik untuk ber-SFS? Selamat mencoba guys dan ingat untuk berbagi pengalaman kamu tentang SFS ini.

    Sumber Artikel :
    Artikel Lainnya :
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. zerostores Members

    Offline

    Joined:
    May 1, 2013
    Messages:
    0
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +2 / -0
    Tips 2 Promosi Dan Berjualan Melalui Instagram #Endorse Artis

    Sumber artikel
    [​IMG]

    Artikel



    Kalau yang pernah berkunjung ke Instagram artis pasti sudah hafal dengan komenetar-komentar di atas. Atau jangan-jangan kamu pernah juga komentar seperti itu ya hahaha… . Nah Tim Simpq punya ulasannya yang pasti sangat membantu para onliners terutama untuk owner olshop. Sebelum itu sudah tahukah apa itu endorse atau endorsement?

    Endorsement

    Endorsement secara sederhananya berarti testimoni pada sebuah iklan yang diberikan baik tertulis maupun lisan terhadap suatu produk. Sehingga sebetulnya sang artis lah yang meng-endorse (support) produk / brand / online shop tersebut. Untuk saat ini lebih dikenal olshop meng-endorse sang artisnya. Teknisnya, olshop akan memberikan produk andalan mereka kepada sang artis secara gratis dan sebagai balas jasanya artis tersebut mem-posting foto diri mereka saat / sedang memakai produk tersebut dengan menambahkan komentar positif tentang produk kita. Menarik bukan… pasti kitapun senang bila produk kita dipakai oleh artis terkenal.

    [​IMG]


    Apakah endorsement cukup berpengaruh kepada olshop kita? pertanyaan tersebut pasti sering dilontarkan para olshop terutama yang baru ingin mencoba-coba meng-endorse artis. Ada dua hal yang dapat menjadi tolak ukur keberhasilan meng-endorse artis, yaitu peningkatan jumlah follower dan jumlah penjualan (order). Bagi yang ingin tahu bagaimana menambah follower instagram dengan cepat melalui sfs simak ulasan Simpq ini:

    Tetapi jangan terburu-buru untuk melakukan endorse artis jika tidak mau menyesal belakangan. Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian kalian, yuk lihat tips dari tim Simp-q berikut:

    - Mencari artis yang tepat dan cocok

    Maksudnya adalah kalian harus stalk beberapa akun IG artis tersebut dan melihat apakah image artis tersebut mendukung image dari produk kalian. Bila kalian olshopers yang menjual busana muslim, akan lebih cocok meng-endorse artis seperti Astrid Kuya (istrinya Uya Kuya) misalnya, dari pada meng-endorse artis Melanie Ricardo hehehehe… (hanya contoh ekstremnya ya). Lalu lihat apakah sudah pernah ada produk serupa yang pernah di-endorse oleh sang artis. Jika sudah pernah dan responnya bagus, maka jauh lebih mudah untuk masuk. Tim Simpq memberikan contoh artis yang sudah familiar dengan sistem endorsement ini, seperti Pevita Pearce, Melanie Ricardo, Ardina Rasti, Astrid Kuya, Tyas Mirasih, Prilly, Jessica Mila dan masih banyak lagi.

    Menyiapkan produk / barang

    Pilih barang atau produk andalan kalian dan usahakan unik agar tidak menjadi pasaran bagi sang artis tersebut. Walaupun sebetulnya sesuai kesepakatan awal dengan sang artis ya, jika sama-sama setuju maka tidak masalah. Produk yang unik dan menarik akan menambah keinginan dari para fans sang artis untuk memiliki barang yang sama seperti artis pujaan mereka. Follower sang artis yang jumlahnya ribuan tentunya melihat dan memberikan LIKE mereka. Tentunya dengan harapan mereka tahu harus kemana mencari produk yang dipakai oleh artis pujaannya.

    Komunikasi dengan artis

    Setelah list artis dan produk sudah siap, langkah berikutnya adalah menghubungi artis tersebut. Cara awalnya seperti apa ya? Pada beberapa artis ada yang open Line/WhatsApp/email khusus untuk merespon endorsement ini (bisa dilihat pada deskripsi IG) atau jika tidak ada sama sekali, teman-teman bisa memberikan komentar seperti pada pembuka artikel ini hehehe… Jika artis tersebut tertarik maka akan merespon balik.

    Setiap artis memiliki permintaan tertentu lho, jadi kalian harus siap untuk bernegosiasi. Jangan sampai negosiasi kalian gagal karena hal-hal kecil misalnya tentang terbatasnya warna produk, variasi produk, atau jumlah produk itu sendiri. Jika sang artis menginginkan 3 produk, berarti kalian harus memberikan 3 produk tersebut dengan variasi warna sesuai permintaan.

    Hati-hati dengan artis gadungan

    Berdasarkan pengalaman beberapa owner olshop, tidak sedikit yang tertipu oleh akun Line artis gadungan. Akun fiktif tersebut memasang foto artis-artis Indonesia di IG dan memposting foto-foto mereka dan menunggu ada olshop yang menanyakan untuk endorsement. Tentunya pasti para owner yang akan dirugikan, barang dikirim tetapi testimoni sang artis tak kunjung datang. Cara sederhana untuk mencegah owner onlshop tidak tertipu adalah dengan meminta baik-baik sang artis (bila telah setuju untuk di-endorse) untuk men-LIKE Instagram olshop kita dengan IG resmi artis tersebut. Jika foto kalian telah di-LIKE oleh IG resmi artis tersebut maka sudah dipastikan keasliannya.

    [​IMG]

    Selebgram (artis instagram)

    Apa ada artis instagram? apa tuh selebgram?

    Buat yang baru pertama kali mendengar selebgram pasti penasaran. Mereka yang disebut selebgram bukanlah seperti artis yang main di FTV, sinetron atau iklan-iklan TV, tetapi mereka terkenal karena postingan foto yang menarik dan memiliki banyak follower khususnya di Instagram. Nah selebgram ini juga menjadi salah satu sasaran endorsement bagi para olshop. Banyak artis selebgram seperti nikita kusuma, goldie, joyagh, dll


    [​IMG]

    Jika hal-hal di atas sudah dilakukan tentu tinggal menunggu hasilnya saja. Peningkatan follower dan penjualan bisa saja berbeda antar olshop walau dengan artis yang sama. Banyak variabel yang mempengaruhinya seperti waktu post artis tersebut, bagus/tidaknya foto yang dipost, dan lain-lain. Jadi tetap optimis ya untuk para owner olshop yang ingin mencoba endorse artis dan ingat untuk bagikan pengalaman kalian di sini.
    [/quote]

    Sumber artikel
    Artikel Lainnya :
     
  4. zerostores Members

    Offline

    Joined:
    May 1, 2013
    Messages:
    0
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +2 / -0
    Tips 3 Promosi Dan Berjualan Melalui Instagram #PaidPromote

    Sumber artikel

    [​IMG]

    SFS sudah… endorse artis-artis sinetron sudah dilakukan juga… Masih ada lagi cara promosi lain di Instagram?

    Buat yang sudah mengikuti tips dan saran dari Tim Simpq tentang SFS dan ENDORSE ARTIS, terima kasih banyak ya atas perhatiannya. Nih ada satu lagi cara olshop untuk mempromosikan produknya yaitu dengan paid promote.

    Paid Promote

    Sistem paid promote ini sangat mudah, dimana kita hanya perlu membayar sejumlah uang kepada olshop tertentu yang biasanya mempunyai jumlah follower sangat banyak untuk memposting foto produk kita di tempat mereka. Jumlah biaya tergantung pada masing-masing olshop itu sendiri, ada yang membuka harga mulai dari Rp. 50,000 – Rp. 300,000,- . Salah satu indikator murah atau mahalnya biaya paid promote adalah jumlah followernya, bila semakin tinggi jumlah follower bisa dipastikan akan semakin mahal.

    Hal-hal yang perlu menjadi perhatian owner olshop sebelum melakukan paid promote, ini penting menjadi catatan jika tidak mau rugi alias tanpa hasil,

    Siapkan dana yang sesuai

    Umumnya olshop yang membuka paid promote mempunyai tarifnya tersendiri. Besarnya biaya akan menjadi relatif dengan keuntungan yang didapat, misal dari jam posting, jumlah follower, berapa jam foto disimpan, jeda waktu posting dengan foto derikutnya, dan masih banyak lagi. Jadi benar-benar dihitung dan disesuaikan dengan budget promosi kalian.

    Foto produk yang profesional

    Tak dipungkiri lagi bahwa foto yang bagus dan menarik akan membawa orang untuk penasaran melihat, menjadi follower dan akhirnya membeli. Bagi yang masih bingung bagaimana membuat foto produk yang bagus dan terlihat profesional, di sini tempatnya: Simp-q Indonesia .

    Caption menarik

    Caption atau deskripsi foto dapat dibuat sesederhana mungkin dan tentunya bisa menjelaskan produk kalian dengan singkat. Kata-katanya tidak harus selalu formal atau baku, lebih bagus seperti sedang mengajak untuk melihat dan berkunjung ke olshop kalian. Sehingga terdengar friendly atau bersahabat jika dibaca.

    [​IMG]

    [​IMG]


    Memilih olshop paid promote

    Pilihlah olshop untuk paid promote yang sesuai dengan produk / pasar kalian. Hal ini bisa ditanyakan langsung kepada admin paid promote tersebut untuk mendapatkan keterangan yang jelas. Berikut Tim Simpq telah mengumpulkan beberapa olshop yang membuka paid promote (dari berbagai sumber):

    Millsshop
    Vasckashop
    Skin_store
    Appstoreina
    Sweet_lil_things
    Fashionablypinky
    Livinashop
    Deeparfum
    Shanbrinaclassy
    Gslshoponline
    Starcorner
    Sweetvlshops
    _doubleshop
    Hellow_sis
    Macadamiahouseonlineshop
    Vemmeshop
    My sorella
    Triangleid
    Wulandpw
    Etudehousejakarta
    Clevina_
    Red project
    Dynshop
    goldiemrld
    onmac


    Selamat mencoba ya teman-teman dan selalu berjualan secara benar dan jujur. Ingat untuk bagikan pengalaman kalian di sini ya.

    Sumber artikel
    Artikel Lainnya :
     
  5. zerostores Members

    Offline

    Joined:
    May 1, 2013
    Messages:
    0
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +2 / -0
    Sumber artikel
    [​IMG]


    Masih seputar tips-tips di Instagram, kali ini Tim Simpq ingin mengulas tentang metode giveaway yang suka kalian lihat di Instagram olshop. Metode giveaway ini kerap diadakan oleh onlineshop dengan beberapa tujuan, ada yang ingin menambah follower, like di produk atau hanya ingin dekat dengan follower mereka. \

    Apa sih sebenarnya giveaway itu? Giveaway sama seperti sebuah permainan / kontes dimana ada yang penyelenggara, lengkap dengan peraturan-peraturan dan tata cara untuk mendapatkan hadiahnya. Bagi yang ingin ikutan caranya cukup mudah, yaitu hanya perlu mengikuti peraturan penyelenggara secara lengkap dan pemenang akan dipilih sesuai regulasi giveaway tersebut.

    Peraturan / rules giveaway biasanya dibuat ringkas dan mudah, seperti hanya dengan mem-follow akun Ig olshop, repost foto tertentu, tag akun tertentu, atau memberikan hashtag khusus pada caption. Sederhana atau rumitnya rules giveaway juga tergantung kepada hadiah yang akan diberikan. Bila semakin besar hadiah tentunya akan cukup banyak syarat yang harus dipenuhi bukan.

    Pemenangpun akan dipilih berdasarkan beberapa metode, seperti dipilih random (seperti kocok arisan), atau berdasarkan like terbanyak, repost terbanyak, dan lainnya. Hal-hal seperti ini akan membuat follower kamu menjadi aktif, seperti memberikan like di foto-foto Ig, mem-tag teman mereka, sampai me-repost foto giveaway kamu.

    Mau tahu lebih banyak tips-tips agar giveaway kalian sukses? Yuk ikuti langkah-langkah di bawah ini:

    Buat peraturan / rules giveaway

    Rules giveaway ada beberapa macam, berikut rules yang bisa kamu contoh:

    - FOLLOW & ENTER TO WIN

    Rules ini mengharuskan kamu-kamu yang ingin mengikuti giveaway ini untuk mem-follow akun Ig dan memberikan foto dan caption tentang suatu hal. Biasanya digunakan untuk mengetahui pendapat atau ekspresi akan suatu hal dan menjadi seperti kontes foto yang pemenangnya akan dipilih berdasarkan like terbanyak di akun Ig penyelenggara tersebut.

    - LIKE TO WIN

    Rules ini paling mudah dan banyak dilakukan para olshop dan tentunya disukai oleh para follower karena caranya yang sederhana. Pemenang biasanya hanya ditentukan melalui Like terbanyak pada akun Ig penyelenggara. Untuk melihat siapa like terbanyak, teman-teman bisa melihatnya melalui aplikasi berbayar atau di website statigram.

    Banner SimpQ edit 700px

    - REPOST & TAG TO WIN

    Follower diharuskan untuk me-repost foto giveaway penyelenggara dan tag ke beberapa teman di instagram mereka untuk berpartisipasi. Biasanya pemenang dipilih dengan cara random (kocokan arisan), bagi yang telah berpartisipasi akan diberikan nomor untuk dipilih secara random dan mendapatkan hadiah giveaway. Ingat untuk merekam dan memposting video jika kamu melakukan pemilihan pemenang ya.

    Buat poster dan caption yang menarik

    Agar yang ikut lebih banyak dan menjadi viral, ada baiknya desain poster / foto giveaway kamu dengan sungguh-sungguh dan menarik. Follower akan lebih mudah tergerak untuk ikut bila melihat posting foto yang menarik dan mudah dibaca.


    Siapkan HADIAH!


    Setelah semua hal rampung, jangan lupa menyiapkan hadiah bagi para pemenang. Semakin besar dan menarik hadiah yang ditawarkan, dijamin yang mengikuti giveaway kamu juga akan banyak. Agar lebih mengoda follower untuk ikut giveaway, posting foto hadiah kamu sebagus dan semenarik mungkin. Kalau kamu adalah olshop yang ingin memberikan hadiah produk kamu sendiri, percayakan foto produk kalian menggunakan mini studio Simp-Q.

    Promosikan dan share giveaway kamu

    Yang terakhir dan tak kalah penting adalah promosikan giveaway kamu bisa melalui instagram, atau media sosial lainnya (facebook, twitter, path, pinterest, line, dll).

    Selamat mencoba ya teman-teman dan bila kalian sedang mengadakan giveaway bisa memberikan komentar di bawah ini.

    Sumber artikel
    Artikel Lainnya :
     
  6. zerostores Members

    Offline

    Joined:
    May 1, 2013
    Messages:
    0
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +2 / -0
  7. 0taqiyuddin0 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 10, 2014
    Messages:
    508
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +137 / -0
    walah panjang banget bro,,

    ente penjual di insta,, sayang ane nggak minat jualan disana

    :hoho:
     
  8. zerostores Members

    Offline

    Joined:
    May 1, 2013
    Messages:
    0
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +2 / -0
    lagi rame banget lho :) heheheh, yg jualan di insta tambah banyak
     
  9. zerostores Members

    Offline

    Joined:
    May 1, 2013
    Messages:
    0
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +2 / -0
    semoga bisa membantu para online seller di Indonesia :)
     
  10. Misguided_Ass M V U

    Offline

    Arse Bender

    Joined:
    Sep 25, 2011
    Messages:
    17,527
    Trophy Points:
    187
    Ratings:
    +2,687 / -0
    SFS itu kalo diperhatiin mirip2 sama dropshipping [​IMG]
     
  11. zerostores Members

    Offline

    Joined:
    May 1, 2013
    Messages:
    0
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +2 / -0
    beda dong bro, kalo dropship ntu kan kita jualin brng orang tanpa perlu stock, mereka yang kirimin brngnya.

    Kalo SFS kan kita saling promote, ya mungkin kalo dibilang sama, 2 pihak saling diuntungkan
     
  12. Misguided_Ass M V U

    Offline

    Arse Bender

    Joined:
    Sep 25, 2011
    Messages:
    17,527
    Trophy Points:
    187
    Ratings:
    +2,687 / -0
    makanya ane bilang mirip2 nak, bukan sama persis. [​IMG]
     
  13. zerostores Members

    Offline

    Joined:
    May 1, 2013
    Messages:
    0
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +2 / -0
    hahaha, siap pak :)
     
  14. bayuparwata M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 31, 2013
    Messages:
    8,506
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +35,477 / -0
    mirip adalah tanda tanda sama mbah :garing:
     
  15. zerostores Members

    Offline

    Joined:
    May 1, 2013
    Messages:
    0
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +2 / -0
    tambah rumit dah :oghoho::oghoho::oghoho:
     
  16. AgungPermana Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 15, 2012
    Messages:
    35
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    ane kasih tau kakak ane ah
    supaya dagangannya laris
     
  17. Sunday_KNIGHT SUPERMOD

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jun 10, 2012
    Messages:
    41,217
    Trophy Points:
    238
    Ratings:
    +761,211 / -7
    baru, kemarin waktu ikut seminar sosmed marketing, yang bagian ini belum dimasukin,
    rasanya cukup bagus juga ini tipsnya, ntar tak coba tambahin ke slide presentasi lagi dah :p

    TK
     
  18. Misguided_Ass M V U

    Offline

    Arse Bender

    Joined:
    Sep 25, 2011
    Messages:
    17,527
    Trophy Points:
    187
    Ratings:
    +2,687 / -0
    ane baru tau kalo begitu [​IMG]
     
  19. zerostores Members

    Offline

    Joined:
    May 1, 2013
    Messages:
    0
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +2 / -0
    heheheh, monggo bro :). harus ditambahin biar semakin pada laris dagangan :)
     
  20. zerostores Members

    Offline

    Joined:
    May 1, 2013
    Messages:
    0
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +2 / -0
    mantap gan, di share aja gan ke temen2 :)
     
  21. SaKaZe M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 21, 2013
    Messages:
    509
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +481 / -0
    jualan onlen dulu cm di FB
    sekarang udah merambah sampe IG
    :matabelo
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.