1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Pengen hadiah pulsa buat ngisi paketan internet? Ikuti TTS Cartoons 2018 di AMVC CrossWords. Langsung saja jawab, aku tunggu yaaaa!!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Lounge 4 Cara Merawat Luka Caesar Agar Cepat Pulih

Discussion in 'Beauty and Body Care' started by Widiya, Dec 6, 2018.

  1. Widiya Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 18, 2018
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    11
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +0 / -0
    Terkadang, perempuan tidak bisa melahirkan secara normal karena beberapa faktor. Alhasil, mereka pun mau tidak mau harus menjalani proses operasi caesar untuk bisa mengeluarkan bayi dari dalam kandungan. Tidak seperti wanita sehat pada umumnya, perempuan yang baru saja menjalani operasi caesar dituntut untuk lebih berhati-hati dalam melakukan aktivitas. Mengingat, luka caesar tidak akan pulih langsung dalam waktu yang singkat.

    [​IMG]

    Ketidaknyamanan sudah pasti dirasakan, karena pasca caesar wanita biasanya akan mengalami keterbatasan dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Kendati demikian, kini kamu tak perlu bingung dan takut lagi karena dibawah ini ada 4 cara merawat luka caesar agar cepat pulih.

    1. Jangan melakukan pekerjaan yang berat.

    Kondisi tubuh perempuan setelah melahirkan belum stabil sepenuhnya, di dalam rahim masih sangat mentah sehingga jika dipaksa untuk melakukan suatu kegiatan yang berat akan merusak jaringan di dalamnya. Bukan cuma itu, luka caesar pun akan mengalami rasa nyeri, ngilu dan dikhawatirkan jahitan akan terbuka. Oleh karena itu, pastikan anda tidak mengerjakan pekerjaan yang berat.

    2. Jangan banyak bergerak.

    Bukan berati kamu tidak boleh gerak sama sekali, namun pastikan tidak banyak pergerakan yang dilakukan. Jika dilakukan maka hal ini akan memengaruhi jahitan pada luka di perut. Untuk itu, sebaiknya lakukan secara perlahan saja agar dapat mempercepat proses pemulihan pasca caesar. Dengan begini, kamu pun akan terhindar dari risiko lepasnya jahitan.

    3. Rawat luka sebaik mungkin.

    Setelah operasi, luka di perut akan ditumbuhi dengan jaringan dan kulit yang baru. Jangan sampai tergores dan hindari paparan sinar matahari. Jangan lupa juga untuk rutin ganti perban supaya kondisi luka tetap baik dan terhindar dari infeksi. Paling penting jangan sesekali membuka plester, biarkan terlepas dengan sendirinya supaya tidak terasa ngilu dan sakit.

    4. Gunakan antibiotik sesuai anjuran dokter.

    Pasca melakukan caesar, ibu biasanya akan dibekali beberapa resep dan antibiotik setelah operasi caesar oleh dokter. Ini berlaku untuk mempercepat pemulihan luka dan mencegah timbulnya infeksi di area sekitar luka. Bukan itu saja, antibiotik juga diresepkan guna menetralisir terjadinya penumpukan kuman atau bakteri sehingga tidak mudah hinggap dan menginfeksi kulit perut.

    Nah itulah 4 cara merawat luka caesar agar cepat pulih yang bisa kamu terapkan. Istirahatlah ketika bayimu sedang tertidur pulas. Ini akan sangat bagus karena mencukupi waktu istirahat juga berpengaruh besar terhadap proses penyembuhan luka. Jangan lupa, minum air putih dan konsumsi makanan tinggi serat untuk mencegah terjadinya konstipasi.
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.