1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

20 Solusi Cegah Gangguan Pencernaan

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by Aisha, Mar 25, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Aisha M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 10, 2009
    Messages:
    87
    Trophy Points:
    46
    Ratings:
    +19 / -0
    :ninja:
    Gangguan pencernaan yang paling umum dan paling banyak jumlah penderitanya adalah sakit maag karena bisa menyerang setiap orang, tidak pandang jenis kelamin maupun usia.Penyakit-penyakit pencernaan umumnya sulit dideteksi karena gejalanya seringkali mirip antara penyakit yang satu dengan yang lain, seperti rasa nyeri atau perih pada perut, mual, kembung, mulas, sebah (perut terasa penuh), panas, nyeri ulu hati, cepat kenyang, diare, atau susah buang air besar. Berikut 20 cara tepat mencegah gangguan pencernaan...

    1. Biasakan makanan dengan teratur.
    Efektifitas lambung mencapai puncaknya setiap empat jam sekali. Maka, kebiasaan makan tidak teratur akan menyebabkan sebagian makanan tidak tercerna sempurna. Makanan tidak tercerna ini bisa membusuk/terfermentasi dan menyebabkan kembung.

    2. Konsumsi makanan dengan kombinasi yang serasi.
    Rata-rata orang tidak memperhatikan pengaturan kombinasi makanan. Padahal kombinasi makanan yang tidak dapat menyebabkan salah cerna. Jangan menggabungkan buah dengan sayuran, buah (terutama jeruk) dengan makanan sumber karbohidrat, buah dengan sumber protein serta makanan sumber karbohidrat dengan sumber protein.

    3. Kunyah makanan dengan baik.
    Bila mengunyah makanan dengan baik, enzim ptialin yang terdapat di dalam kelenjar ludah dapat melakukan fungsinya dengan sempurna. Jangan menelan makanan dengan tergesa-gesa atau mengunyah makanan sambil berbicara untuk menghindari masuknya udara yang berlebihan ke dalam rongga mulut.

    4. Jangan makan terlalu banyak.
    Jika jumlah makanan dalam lambung terlalu banyak atau melebihi kapasitas enzim pencernaan yang diproduksi, maka makanan tak tercerna dengan sempurna. Makanan yang tak tercerna sempurna ini kemudian masuk ke usus dan menyebabkan fermentasi, salah cerna, dan menimbulkan gas.

    5. Jangan berbaring setelah makan.
    Karena dapat menyebabkan gastroesophageal reflux, yaitu kondisi saat makanan yang sudah dalam keadaan asam kembali masuk kerongkongan sehingga menimbulkan rasa tidak enak atau terbakar dalam rongga mulut. Yang terbaik, sudah berhenti makan minimal dua jam sebelum tidur.

    6. Hindari waktu makan yang terlalu berdekatan.
    Jadwal makan yang terlalu dekat akan menyebabkan proses mencerna menjadi terganggu. Sebaiknya biarkan kira-kira 1½ jam setelah makan buah, 2-2½ jam setelah makan sayur, 3¼-4 jam setelah makan sumber protein, karbohidrat, dan lemak, barulah mulai mengkonsumsi makanan lain agar makanan tercerna sempurna.

    7. Jangan makan sambil minum.
    Setiap cairan yang dikonsumsi dengan makanan padat akan mengurangi aktifitas cairan pencernaan yang akan membuat proses mencerna menjadi sulit dan tidak sempurna. Makanan cair seperti air dan sup sebaiknya dikonsumsi 15 menit sebelum menyantap makanan padat.

    8. Tingkatkan konsumsi makanan kaya serat.
    Makanan tinggi serat berfungsi membantu melancarkan kerja pencernaan. Serat banyak dalam sayuran, buah-buahan, beras merah, dan oats.

    9. Konsumsi makanan dan suplemen probiotik.
    Makanan probiotik mengandung bakteri menguntungkan yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, contohnya yogurt, kefir, kimchi, tempe, dan miso.

    10. Kurangi konsumsi makanan pembentuk asam.
    Makanan pembentuk asam termasuk protein hewani (daging, telur, dan susu) serta karbohidrat sederhana seperti gula dan tepung-tepungan. Yang dimaksud asam disini adalah istilah kimia (acid), tidak ada hubungannya dengan rasa atau bau asam makanan.

    11. Kurangi menyantap makanan yang menimbulkan gas.
    Beberapa jenis makanan seperti ubi, nangka, dan kacang-kacangan dapat menimbulkan gas yang menyebabkan perut kembung. Jadi, jangan dimakan berlebihan.

    12. Kurangi bumbu makanan yang terlalu kuat.
    Makanan yang terlalu pedas dan asin dapat menyebabkan keasaman lambung meningkat sehingga terjadi iritasi pada dinding lambung.

    13. Perbanyak makan sayuran hijau.
    Rasa sakit yang disebabkan karena peningkatan asam lambung dapat diredam dengan sayuran karena membantu mengontrol pH lambung yang terlalu asam menjadi tidak terlalu asam.

    14. Jangan makan makanan yang terlalu panas atau dingin.
    Makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin akan mengiritasi lapisan dinding lambung. Jika terjadi berulang kali, lambung akan rusak dan pencernaan akan terganggu.

    15. Kurangi konsumsi makanan yang digoreng.
    Makanan yang digoreng lebih sulit dicerna dan dapat meningkatkan risiko kanker lambung.

    16. Hindari makanan yang dapat menimbulkan alergi.
    Bagi orang-orang tertentu yang tidak mampu mencerna laktosa (gula susu), susu bisa menyebabkan lactose intolerance dengan gejala kembung, kram perut, dan diare.

    17. Lakukan puasa saat mengalami keluhan.
    Puasa disini bukan berarti tidak makan dan minum sama sekali, tapi membatasi jenis makanan yang dikonsumsi. Jenis makanan yang dikonsumsi selama puasa untuk mengatasi gangguan pencernaan adalah air dengan perasan lemon, jus apel, jus wortel, jus kol, dan jus lemon.

    18. Kurangi stres.
    Dalam keadaan panik dan stres, tubuh akan mengalirkan darah kembali dari lambung dan usus ke otak, jantung, paru-paru, dan otot. Akibatnya, sistem pencernaan tidak berfungsi optimal.

    19. Hindari merokok dan minum kopi.
    Getah tembakau yang tertelan dapat menimbulkan iritasi pada dinding lambung, sedangkan kopi dan berbagai jenis minuman yang mengandung kafein akan menstimulasi produksi asam secara berlebihan dalam lambung.

    20. Waspadai keracunan logam berat.
    Hindari menggunakan peralatan masak aluminium, terutama jika Anda memiliki masalah pencernaan.
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. TheSinister Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 3, 2009
    Messages:
    122
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    "Hindari merokok dan minum kopi"
    kebanyakan orang2 pada pada ngerokok abis makan katanya sih buat menghilangkan bau mulut abis makan.

    ~Thanx Infonya~
     
  4. gildaditya Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 18, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    bukannya tambah bau ya?
     
  5. herryloo M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 21, 2009
    Messages:
    193
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +61 / -0
    +an... jangan minum obat2 yang menghentikan asam lambung. bisa mencret2 ntar. :(
     
  6. kai_1412 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 22, 2008
    Messages:
    104
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    :apa:semuanya berlawanan dgn kebiasaan gw,pantesan...:dead:
     
  7. quthuw M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 17, 2009
    Messages:
    214
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +603 / -0
    mank ad hubungan perlatan msak alumunium??
    kan dah ga terurai klo d panasin??
     
  8. gerry1990 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    80
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    ada kok,emang hitungannya bener2 mikro,jadi gak keliatan,seperti tas plastik,kita kalo membungkus makanan secara langsung dengan tas plastik hitam gitu,partikel plastik yang berbahaya akan ikut menempel dalam makanan dan jadi kontaminan. begitu deh,,,:

    :piss:piss:
     
  9. jruckziege M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 4, 2009
    Messages:
    3,044
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +37,557 / -0
    Gw mah ud kbiasaan,sdh ngunyah kdg2 neguk air jg,ngobrol jg. Thx y gan,pantesan klo gw bnyk pikiran,gw ga nafsu mkn. Dan jg gw br tau trxt beras merah bnyk mengandung serat,d kmpung bnyk bgt padi2 yg ngasilin beras merah. Kykx hrus gw serbu :tkp3:
     
  10. yotsuba Veteran

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 12, 2008
    Messages:
    352
    Trophy Points:
    196
    Ratings:
    +2,722 / -0
    ini mah sama aja disuru jd vegetarian :nongol:
     
  11. alifira Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 24, 2009
    Messages:
    33
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +0 / -0
    Thank's gan tips y....bsa dpraktekkin nich....
     
  12. kazzel M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 6, 2009
    Messages:
    700
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +251 / -0
    Pantesan perut ane suka kembung:kenyang:
     
  13. gautama96 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 7, 2009
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    ok, bagus nih, kita coba
     
  14. sosmall Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 10, 2009
    Messages:
    5,267
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +74,167 / -0
    7. Jangan makan sambil minum.
    Setiap cairan yang dikonsumsi dengan makanan padat akan mengurangi aktifitas cairan pencernaan yang akan membuat proses mencerna menjadi sulit dan tidak sempurna. Makanan cair seperti air dan sup sebaiknya dikonsumsi 15 menit sebelum menyantap makanan padat.


    Kelihatannya ini yg masi kurang diperhatikan oleh banyak orang sih. Banyakan orang makannya sambil minum sup ataupun minum air..

    Selain itu saya pernah dengar kalo sering tidur kemalaman katanya kurang baik buat hati kita yah :???:
     
  15. baygonders Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 8, 2009
    Messages:
    147
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +22 / -0
    bener bro, setau gw di malem hari itu ada proses detoxin ato pembuangan zat2 tidak berguna pada tubuh

    jadi klo tidur kmaleman bisa mengacaukan proses detoxin itu
     
  16. mAdu_sAmudrA M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 15, 2009
    Messages:
    2,489
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +966 / -0
    bener sekali secara logika aja tubuh dan fikiran kita butuh waktu dimna segala sesuatunya terlepas dan bebes dan itu kayaknya cuman bisa di dapat pas tidur oleh karena pas tidur tibuh kita benar rileks :piss::piss::piss:
     
  17. MiniMaximA M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 12, 2008
    Messages:
    1,039
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +40 / -0
    Ada sekitar 4-5 poin yg gw langgar sewaktu makan, menurut info diatas.
    Tapi sukur sampai saat ini gw sehat sehat aja gak ada gangguan pencernaan.
     
  18. mAdu_sAmudrA M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 15, 2009
    Messages:
    2,489
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +966 / -0
    itulah kelebihan orang indonesia bro,
    dah banyak anti body yang dah mutasi dan menyesuain ma ke biasaan qt orang indonesia...
     
  19. Mitsuyama M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 26, 2009
    Messages:
    1,026
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +133 / -0
    thx bgt broo...
    sangat membantu nih..:niceinfo:
     
  20. etayah Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 27, 2010
    Messages:
    197
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +7 / -0
    kalau makan sayur-sayuran apa gag apa?
    kan sayuran juga dikasih kyk peptisida gitu
     
  21. happybratboy M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    5,240
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,348 / -0
    makan aluminium tuh makan besi aja sekalian yang karatan
    haha
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.