1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Machinery 13 Jenis Sistem Identifikasi Biometrik

Discussion in 'Science and Technology' started by blacksheep, Apr 9, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,594
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,075 / -0
    Setiap orang yang dilahirkan ke dunia tentu memiliki keunikan, tak ada yang sama antara satu dan yang lain. Setiap orang memiliki ciri atau atribut yang unik. Meski terlahir kembar, mereka tetap memiliki perbedaan.
    Berdasar kenyataan itu, dibangunlah suatu sistem yang menggunakan ciri atau sifat identik manusia, yakni sistem biometrika. Jadi tubuh seseorang juga merupakan password bagi orang tersebut.
    Biometrik terdiri dari metode unik untuk mengenali manusia berdasarkan satu atau lebih ciri-ciri fisik atau perilaku intrinsik. Dalam ilmu komputer, pada khususnya, biometrics digunakan sebagai bentuk manajemen identitas akses dan kontrol akses. Hal ini juga digunakan untuk mengidentifikasi individu-individu dalam kelompok yang berada di bawah pengawasan.
    Ada berbagai jenis sistem biometrika yang sekarang tersedia.
    1. Pengenalan Sidik Jari
    [​IMG]
    Sistem itu meliputi sebuah perangkat keras pemindai (scanner) dan perangkat lunak. Peranti itu merekam karakteristik sidik jari yang spesifik, menyimpan data setiap pengguna ke sebuah template.
    Ketika pengguna mencoba lagi menguatkan akses, perangkat lunak membandingkan data yang tersimpan di template dan pembacaan sidik jari dari pemindai. Sistem sidik jari sangat akurat, tetapi dapat dipengaruhi perubahan pada sidik jari. Misalnya, terbakar, bekas luka, kotoran.
    2. Pengenalan Wajah
    [​IMG]
    Pengenalan bentuk dan posisi dari ciri wajah seseorang adalah tugas yang kompleks. Mula-mula sebuah kamera menangkap gambar sebuah wajah, kemudian peranti lunak memilah-milah pola informasi dan selanjutnya membandingkan dengan template user.
    3. Pengenalan Retina atau Iris
    [​IMG]
    Mungkin dari semua itu yang paling aman adalah retina dan lapisan-lapisan pembuluh di belakang mata. Gambar retina sulit ditangkap dan selama pendataan, pengguna harus memusatkan pandangan ke sebuah titik serta mempertahankannya. Jadi kamera dapat menangkap gambar dengan baik.
    Penentuan pada pola pembuluh darah. Namun ketika pola itu unik pada setiap orang, identifikasi menjadi lebih kaurat. Sistem yang berdasar dua bagian mata, yakni iris dan retina, dipertimbangkan untuk menawarkan tingkat keamanan terbaik.
    4. Geometri Lengan
    [​IMG]
    Dengan sistem itu, pengguna meluruskan lengan menurut petunjuk tanda pada perangkat keras pembaca lengan (reader), menangkap gambar tiga dimensi dari jari-jari dan tulang, kemudian menyimpan data di sebuah template. Geometri lengan telah digunakan beberapa tahun dan dimanfaatkan untuk sistem keamanan pada Olimpiade 1996.
    5. Geometri Jari
    [​IMG]Peralatan itu sama untuk sistem-sistem geometri. Pengguna menempatkan satu atau dua jari di bawah sebuah kamera yang menangkap bentuk dan panjang wilayah jari serta tulang-tulangnya. Sistem menangkap gambar tiga dimensi dan mencocokkan data dengan template yang disimpan untuk menentukan identitas.
    Berbasis Telepon
    6. Pengenalan Telapak Tangan
    [​IMG]
    Sama dengan pengenalan sidik jari, biometrika telapak tangan memusatkan pada susunan-susunan yang beragam. Misalnya, bagian-bagian tepi dan tak berharga yang ditemukan pada telapak tangan.
    7. Pengenalan Suara
    [​IMG]
    Metode itu menangkap suara dari speaker menurut sifat-sifat bahasa. Penggunaan utamanya adalah aplikasi keamanan berbasis telepon. Keakuratannya dapat dipengaruhi suara gaduh dan pengaruh penyakit atau kelelahan pada suara.
    Satu masalah nyata dengan pengenalan suara adalah sistem dapat dikelabui oleh suara tape dari suara seseorang. Karena alasan itu, sistem suara lanjutan harus mampu memperluas atau memperpanjang proses verifikasi dengan memberikan perkataan-perkataan yang lebih sulit dan panjang, membaca dengan keras, atau meminta perkataan yang berbeda yang dibaca setiap waktu.
    8. Pengenalan Tanda Tangan
    [​IMG]
    Sistem verifikasi tanda tangan memerlukan satu hal utama, yaitu penerimaan masyarakat umum (publik). Di segala hal dari deklarasi kemerdekaan sampai slip sebuah kartu kredit, masyarakat cenderung menerima tanda tangan sebagai bukti identitas.
    Betapapun sederhana sebuah tanda tangan, perlu peralatan mengukur, baik ciri yang membedakan tanda tangan maupun ciri yang membedakan dari proses penulisan tanda tangan. Ciri itu mencakup tekanan pena, kecepatan dan titik-titik ketika pena diangkat dari kertas. Pola-pola itu ditangkap melalui sebuah pena yang dirancang khusus atau tablet (bisa juga keduanya) dan dibandingkan dengan pola-pola template.
    9. DNA
    [​IMG]
    Penggunaan DNA dalam teknologi biometrika erat berkait dengan kegiatan forensik. Penggunaanya tidak sama dengan biometrika yang lain, yang dengan waktu relatif singkat bisa memberikan keputusan. Sebab, biometrika dengan DNA harus dilakukan di laboratorium oleh staf ahli khusus, kemudian mencocokkan, baru kemudian bisa memberikan keputusan mengenai DNA yang diperiksa.
    10. Thermal Imaging
    [​IMG]
    Ini berkait dengan suhu tubuh. Sistem yang memakai thermal imaging mempunyai proses yang sama dengan menembakkan sinar ke tubuh. Lalu, komputer menangkap panas tubuh seseorang itu dan memverifikasi sesuai dengan kebutuhan.
    11. Bentuk Telinga
    [​IMG]Bentuk telinga merupakan salah satu ciri khusus manusia. Bila dilihat sepintas, telinga setiap manusia memang mirip. Namun bila diukur tentu memiliki perbedaan.
    12. Bau Badan
    [​IMG]
    Bau badan dikembangkan menjadi teknologi sistem biometrika sesuai dengan fakta bahwa manusia memiliki bau badan yang khas. Akan tetapi muncul beberapa kendala, karena bau badan seseorang relatif berubah-ubah tergantung pada situasi fisiologis. Bau badan seseorang usai berolahraga berbeda dari usai mandi. Itu salah satu kendala. Tingkat validasi sistem itu cenderung rendah, hampir mirip tanda tangan dan pengenalan suara.
    Kini, penggunaan peralatan identifikasi dengan sistem biometrika makin luas di masyarakat. Pengenalan sistem biometrika sangat penting agar masyarakat dapat menggunakan secara tepat sesuai dengan situasi dan kondisi terkini.
    13. GERAKAN TUBUH,
    gerakan tubuh manusia pada saat berjalan setiap orang itu unik. Dengan mempelajari hal tersebut kita dapat memebuat sebuah sisem keamanan ruangan dan mengenali orang tersebut dari pola dia berjalan, dengan kecerdasan buatan (AI) tentunya.
    Code:
    http://daripadastres.com/aneh/13-jenis-sistem-identifikasi-yang-membedakan-antara-seorang-manusaia-dengan-milayaran-manusia-lain
     
    • Thanks Thanks x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. michaelfabregas M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Dec 7, 2010
    Messages:
    24,855
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +4,340 / -0
    [​IMG]

    pengenalan retina keren bgd kaka..

    biasanya buat jadi passcode untuk masuk ke tempat-tempat rahasia...

    :top:
     
  4. auliozola Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 5, 2010
    Messages:
    119
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    keren nih...
    trus di film2 tipi itu apa pake sistem ini ya :???:
     
  5. quro_one M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 13, 2011
    Messages:
    577
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +124 / -0
    prasaan ane kapan hari baca info ini dari kaskus deh gan.. :bloon:
    klo yg finger sih tiap hari pake buat ngabsen.. :peace:
     
  6. diktea Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 6, 2009
    Messages:
    159
    Trophy Points:
    32
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +11 / -0
    dari sekian banyak orang memang tidak ada yang sama kalau mengenai ciri khas itu,,,,, :top:
     
  7. laluabdrahman M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 1, 2010
    Messages:
    1,499
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +27,923 / -1
    Selain yg itu, pola garis pada permukaan epidermis juga ga bakalan sama untuk setiap orang. Termasuk juga posisi luka, jumlah luka dan bentuk luka dipermukaan tubuh seseorang pastilang berbeda-beda. Tapi untuk identifikasi sulit dilakukan. Walaupun masih jauh lebih sulit mengidentifikasi DNA.
     
  8. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,679 / -1
    keren tuh yg pengenalan pake retina..
    ane cm pernah liat orang make windows di Laptop nya pake password muka..
    keren abis dach., tpi mskipun begitu,msih bisa atw rawan dipalsukan..
    d Rusia udah dmana2 pke sistem wajah sm retina bwt identifikasi pass nya..
     
  9. mekongga Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 30, 2011
    Messages:
    70
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    emang menurut ane sampai skrg yang plg canggih ya retina itu.
    kalo sidik jari sudah sering dipake untuk absensi di kantor2.

    teman ane sih laptopnya passwordnya via sidik jari plus pengenalan wajah.
    tapi tetap aja jarang kepake dua2nya.
    paling yang dipake sidik jari, itupun kadang ngak valid,
    karena tangan kotor, basah, berminyak dll.
     
  10. Khortdad Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 30, 2011
    Messages:
    239
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +212 / -0
    jadi inget kemaren pas bikin e-ktp
    menggunakan sidik jari, Irish, tanda tangan sama pengenalan wajah.
     
  11. bandungkasep Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 2, 2012
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    keren ni..patut untuk diimplementasikan
     
  12. ayo Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 15, 2009
    Messages:
    202
    Trophy Points:
    122
    Ratings:
    +9,249 / -0
    WOW... keren2 teknologinya ...
    bagaimana kalo dikembangkan pengenalan seseorang dari jumlah lubang dimana tumbuhnya rambut di kepala (pori2), kan tiap manusia beda2 tuh jumlahnya, atau jangan di kepala deh, di ketek aja biar lebih gampang ...
     
  13. gsharktale M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 26, 2010
    Messages:
    251
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +8 / -0
    point 3 dan 5 bener2 khas film2 spy haha
    tapi yang pernah ngerasain sih scan mata , jari , tanda tangan doang
     
  14. cikupin M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 5, 2011
    Messages:
    587
    Trophy Points:
    91
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +326 / -1
    bau tubuh ??
    aneh2 aja. terkadang bau tubuh kita kan beda2. misal pas cuma duduk2 aja diruangan sama pas abis olahraga. ntar gimana deteksinya y klo satu orang punya byk bau tubuh ?
     
  15. aksa123 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 6, 2011
    Messages:
    2,203
    Trophy Points:
    142
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +343 / -0
    Tanda tangan? Kan ga masuk bio itu :iii:
     
  16. waynedmustt Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 10, 2012
    Messages:
    22
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    keren, lebih keren kalau misalkan biometrik di indonesia yang diterapkan itu bau badan, jadi tau yang mana belum mandi, hehe
     
  17. brightermushroom Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 31, 2013
    Messages:
    196
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +2 / -0
    kalo biometrik sidik jari buat absen kantor, tp kayakanya polisi indonesia blm punya tuh biometrik wajah
     
  18. Elk4put M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 12, 2011
    Messages:
    1,543
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +116 / -0
    biometrik pake sidik DNA.pastinya sulit.kayak film sci-fi aja.klo deteksi mata bisa dijebol.klo nonton film Gi Joe yg baru.deteksi mata di tembus.tapi super kasar.yg punya mata disuruh scan mata ato matanya dicungkil kluar.pake sidik DNA blon tentu bisa.utk sementara ini.tiap orang punya sidik DNA sendiri.dan rumit.klo mo pake blon tentu bisa.meskipun bagian badan yg bersangkutan di mutilasi ato mata di cungkilin.nurut aku klo DNA bisa aja rusak klo dalam periode tertentu.
     
  19. Sunday_KNIGHT SUPERMOD

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jun 10, 2012
    Messages:
    41,064
    Trophy Points:
    238
    Ratings:
    +759,821 / -7
    ^
    Kalo make DNA secara keseluruhan emang cukup sulit,
    dan peluang untuk mengalami mutasi juga besar = gagal untuk identifikasi,
    Ex. DNA yang berasal dari kulit aja pasti beda dengan yang di sperma,

    mungkin untuk sequens tertentu bisa saja digunakan,
    intinya jangan secara universal, mungkin khusus mitokondria saja,
    ato cuma beberapa bagian yang dibatasi operator, promotor dan terminator,
     
  20. aizy M V U

    Offline

    Chewbacca

    Joined:
    Aug 10, 2011
    Messages:
    25,792
    Trophy Points:
    243
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +64,545 / -0
    pengenalan tanda tangan juga masuk identifikasi biometrik... kirain cuman yang berhubungan sama tubuh aja yg termasuk biometrik.... :iii:

    unik tuh pengenal bau badan sama pengenal lengan mesti fitness tuh...:haha:
     
  21. Elk4put M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 12, 2011
    Messages:
    1,543
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +116 / -0
    pernah sih nonton film aksi.lupa judulnya.heronya cewek yg dah mati diidupin pake mesin nano.film bertema sci-fi.kendarannya pake sistem deteksi berat badan.lebih ato kurang bom waktu menyala.entahlah klo itu emang nyata.
    di game half life.pernah maen juga.scannya macem2.yg paling keren.pas CG scan laser.ketika heronya mau masuk fasilitas dikuasai pihak teman.laser dimana2.scan 3D pake laser segala.tapi si hero wajib diem ditempat.ato pembacannya error.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.