1. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  2. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  3. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  4. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  5. Suka baca buku? Tuangkan pengalaman baca kamu dalam Event Review Buku, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!

Machinery 11 Fakta Unik dan Menarik Kereta Api

Discussion in 'Science and Technology' started by a_l_d_i_e, Jul 24, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. a_l_d_i_e Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 20, 2010
    Messages:
    111
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +720 / -2
    1. Kereta api pertama kali ditemukan oleh Richard Trevitick juga merupakan satu-satunya Mesin uap bisa berjalan dan menyebutnya Lokomotif pertama.[​IMG]

    2. Kereta api diilhami dari seekor ular karena bentuk kereta api persis dengan seekor ular karena gerbongnya menghubungkan gerbong lain sehingga memanjang seperti ular.

    3. Kereta api satu-satunya kendaraan yang tidak memiliki setir seperti halnya Mobil, bus, truk, sepeda motor, kapal dan pesawat terbang, jadi kereta api bisa berjalan melalui jalur rel.

    4. Klakson pada kereta api lebih keras dalam frek. 400 – 700 Hz (Hertz) daripada Truk maupun Bus, jadi dari jauh (Sekitar 5 kilometer) terdengar suara kereta api tersebut.

    5. Tahukah anda, kalau kereta api bisa maju dan mundur, jadi jika perjalanan pulang sebenarnya kereta api pada bagian lokomotif sebenarnya bergerak mundur karena bagian arah kepala berlawanan yaitu lokomotif bagian belakang, sedangkan masinis menghadap bagian depan.


    Lokomotif bagin depan
    [​IMG]Lokomotif bagin belakang

    6. Bagian paling keras pada setiap kereta api sebenarnya adalah bagian Lokomotif daripada gerbongnya. Jadi pada saat terjadinya tabrakan dengan Kendaraan truk dan bus, buktinya bagian lokomotifnya tidak remuk tapi bus maupun truk malah hancur deh. Tapi kalau tabrakan sesama kereta api sudah pasti kedua-duanya hancur.

    Tabrakan dengan mobil namun lokomotif tetap utuh[​IMG]

    Tabrakan sesama kereta api namun kedua-duanya remuk[​IMG]

    7. Satu lokomotif kereta api bisa mengangkut lebih dari 30 buah gerbong.

    8. Untuk kereta api listrik, kereta api ini memiliki dua lokomotif, yaitu bagian depan dan belakang.
    [​IMG]

    9. Pada setiap kereta api khusus diesel, bagian gerbong yang paling ujung atau bagian belakang bukan hanya untuk menyimpan barang besar sebagai gudang, tetapi sebenarnya adalah Genset kereta api jika pada saat malam hari genset ini bisa menyalakan listrik pada setiap gerbong penumpang (Kelas bisnis, ekonomi, eksekutif) meski tanpa lokomotif.

    Gerbong bagian belakang
    [​IMG]
    Jadi tahukah anda kalau kereta api diesel ini persis dengan sejenis ular derik karena pada bagian belakang gerbong mirip dengan ekor ular derik yang bisa mengeluarkan suara, sehingga gerbong belakang ini menimbulkan suara mesin. hehehe……

    10.agian lokomotif pada kereta api peluru seperti Shinkansen yang pada bagian ujung yang lancip seperti paruh burung, hal ini disengajakan supaya kereta api ini melaju lebih cepat daripada kereta api yang ujungnya tumpul.

    11.Unuk kereta api uap, pada saat menanjak pada bukit, bagian lokomotif harus dilepaskan dan pindah kebelakang gerbong untuk mendorong gerbong kereta agar pada saat menanjak akan mudah menaiki ke atas bukit. Kalau tidak, bisa celaka…..
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 2
    Last edited: Jul 26, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. cutterline M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2009
    Messages:
    520
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +47 / -0
    Fakta no 4, HzV itu satuan apaan yah gan? Salah ketik atau Hz-Volt? suara mana pake volt, adanya frek Hz dan intensitas dB.
     
  4. justwatchnlearn Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 25, 2010
    Messages:
    43
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    Fakta no 12. Rel KA di Indonesia dipakai sebagai terapi..
     
  5. wirandhika M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 12, 2010
    Messages:
    858
    Trophy Points:
    52
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,278 / -0
    terapi apaan KK?
    terapi kesabaran karena jarang ontime ya?:XD:
    btw,ane nongol di pajewan nih :terharu:
    nice info KK:top:
     
  6. rico_rexx Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 11, 2010
    Messages:
    53
    Trophy Points:
    7
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    Wah..
    Agan ketinggalan info nich..
    Kan ada terapi di rel listrik, orang2 pada tiduran di rel aktif..
    Katanya sengatan listrik di relnya bisa mbuat badan enak..
    :unyil:
    [​IMG]
     
  7. amatarpuyhaw M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 12, 2011
    Messages:
    1,641
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +2,524 / -0
    sayang, gw belum pernah naik kereta api tut tut tut siapa hendak turun..

    jadi gak bisa ngerasain
     
  8. fierzyad M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 30, 2009
    Messages:
    1,341
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +2,884 / -0
    hitam2 kereta api, meskipun hitam banyak yang nunggu...

    jadi khusus KRL hanya bisa jalan maju aja...makanya punya dua loko...
     
  9. GenocideR M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 23, 2011
    Messages:
    527
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +675 / -0
    wew bdn jd enak gmn??

    ======
    wih mantep bro br tw gw ad fakta kek begini
    :niceinfo:
     
  10. rico_rexx Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 11, 2010
    Messages:
    53
    Trophy Points:
    7
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    Ane juga kurang tau kk.
    Ane cuma nonton di berita..
    Mungkin aja sakitnya agak berkurang..
    :hahai:

    Karena mahalnya biaya berobat,, jadi masyarakat lebih memilih pengobatan alternatif seperti itu..
    :madesu:

    Padahal kan ada UU yang melarang beraktivitas di dekitar rel aktif..
    Bentar lagi juga di tindak tuch...
     
  11. Hoi_Hoi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 13, 2011
    Messages:
    60
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +9 / -0
    nice info nih..
    tp sayangnya di aceh ga ada tuh kereta api,, walaupun relnya udah ada dari dulu...
    ntah kenapa tiap kali mw proyek kereta api pasti gagal...
     
  12. HoRny M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 12, 2011
    Messages:
    1,818
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +705 / -0
    yg nomor 6 udah jelas lah gan
    bagian depannya kuat buat nbruk kendaraan laen kecuali kereta vs kereta bakal remuk sendiri
     
  13. a_l_d_i_e Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 20, 2010
    Messages:
    111
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +720 / -2
    :maaf: :maaf: saya kurang teliti gan itu tu hertz Hz .
     
  14. a_l_d_i_e Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 20, 2010
    Messages:
    111
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +720 / -2
    maklum indonesia yang di bangun pusat doang (jakarta ajah) yang pelosok pelosoknya ngga):boong:
     
  15. synx7 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 20, 2009
    Messages:
    260
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    wah kalau gitu biar jaga' kalo ada kecelakaan naiknya di bagian lokomotif aja biar selamat ...

    Yang kereta uap pas tanjakan repot banget harus ganti ke belakang kalo gk kecelakaan O.O
     
  16. wirandhika M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 12, 2010
    Messages:
    858
    Trophy Points:
    52
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,278 / -0
    haha..ngambil kesimpulan sendiri:top:
    gu meskipun tingal di jakarta tapi belom pernah naik kereta:sigh:
     
  17. ibnumakshum Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 9, 2011
    Messages:
    42
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +3 / -0
    bukan hanya keras gan tapi juga dari faktor kecepatan juga:ogsmall:
     
  18. HiddenSkills M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 17, 2012
    Messages:
    1,018
    Trophy Points:
    47
    Ratings:
    +83 / -0
    dah lam nggak naik kereta api, :hehe:
    Nice Info gan :top:
     
  19. aayis Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 25, 2012
    Messages:
    98
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +11 / -0
    bagian belakang gag selalu kereta diesel kalo kelas bisnis memang bagian paling belakang sendiri tu kereta buat barang
     
  20. cosurya Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 6, 2011
    Messages:
    68
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    yang di foto kereta api sancaka sby-jojaa. hahaha
     
  21. komikb4 M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jul 22, 2010
    Messages:
    37,199
    Trophy Points:
    172
    Ratings:
    +9,945 / -0
    nie semua lokomotif atau lokomotif tertentu gan....soalnya setahu ane di Indonesia ga pernah ada yang mpe 20 gerbong..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.