1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

11 Cara Cepat Menghilangkan Stres

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by blacksheep, Apr 2, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,595
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,036 / -0
    1. Tarik nafas dalam-dalam
    Sewaktu kamu menarik nafas yg dalam secara sadar, itu akan membuat kamu lebih relax, kata Frederic Luskin, PhD, pengarang Stress Free for Godd (HarperOne). Taruh tanganmu diatas pertumu dan pandanglah perutmu yg mengembang sekitar 3-4 detik ketika kamu manrik dafas dalam, tahan nafasmu, kemudian lepaskan nafasmu pelan2 sambil melihat perutmu mengecil lagi.
    [​IMG]

    2. Memikirkan hal yang menyenangkan
    Setiap pagi, pikirkan 1 hal kecil yang menyenangkan yg kamu rencakan untuk dilakukan pada hari itu (nelponin sang pacar) dan 1 hal besar (trip jalan2 ke gunung), demikian saran Allen elkin PhD, direktur Stree Manajemen dan pusat konsultasi. Dengan demikian akan melatih otak anda untuk tidak memikirkan kejadian tidak mengenakan yang akan terjadi hari itu.
    [​IMG]

    3. Lakukan perubahan kecil terhadap rutinitas anda.
    Lakukan perubahan kecil terhadap rutinitas sehari-hari anda. contoh: menyoba makanan baru yang tidak pernah anda rasakan.
    [​IMG]

    4. Keluarkan foto-foto hari special anda yg berbahagia
    Keluarkan foto2 dari 3 hari spesial anda yg berbahagia, seperti foto ketika anda mendapat penghargaan, kelahiran anak, dsb. Hanya memandang foto2 itu selama 10 detik dapat mengurangi ketengangan anda dan anda akan lebih relax.
    [​IMG]

    5. Berilah pujian untuk sekeliling anda
    Studi menemukan bahwa semakin banyak anda memberikan perlakuan hangat kepada sekeliling anda, semakin anda tahan terhadap stress. Maka pujilah hasil kerja teman-teman anda karena itu akan berakibat baik untuk kedua belah pihak
    [​IMG]

    6. Jadilah hari Senin itu sebagai hari yang menyenangkan
    Banyak orang yg tidak suka akan hari Senin karena memikirkan kerjaan menumpuk dan penantian yang lama untuk ke akhir minggu. Serangan jantung juga lebih banyak terjadi di hari Senin daripada hari-hari lainnya. Oleh sebab itu, jadwalkan kegiatan yang menyenangkan anda justru di hari Senin karena anda akan menanti-nantikan hari tersebtu daripada membencinya. Seperti: jadwalkan kunjungan apel ke pacar anda justri di hari Senin tersebut :)
    [​IMG]

    7. Berilah waktu 15 menit untuk anda sendiri sebelum pulang ke rumah
    Setelah jam kerja berakhir, bersantailah sekitar 15 menit untuk diri anda sendiri sebelum memutuskan untuk pulang ke rumah. Itu bukanlah berarti anda menghabiskan waktu, tetapi akan membantu diri anda untuk menjauhkan kepenakan yang anda dapatkan di kantor sehingga mood anda akan menjadi lebih baik saat anda tiba di rumah.
    [​IMG]

    8. Bikinlah daftar tentang kekhawatiran anda
    Kadang anda terlalu khawatir sampai tidak bisa tidur di malam hari. Jika ini terjadi, ambil lah kertas dan tulislah semua kekhawatiran mu. Kemudian bicaralah pada dirimu sendiri bahwa saya baru akan khawatir besok hari. Kammu akan terkejut kalau anda akan memandang kekhawatiran tersebut secara berbeda keesokan harinya.
    [​IMG]

    9. Belajar untuk bertengkar secara fair
    Dalam suatu polling, bertengkar dengan sesama adalah salah satu stress terbesar. Menurut bonnie Eaker Weil, PhD, ambilah 5 menit time-out untuk menarik nafas dan calm down dan akhirilah pertengkaran dengan hal-hal yang positif seperti seling peluk atau cium. Halo ini akan mengurangi stress anda.
    [​IMG]

    10. Menghirup wangi tanam-tanaman
    Menurut Sue Jonas ahli aromaterapi, mencium wangi Valerian bisa membantu anda tidur dan wangi bunga mawar akan menenangkan anda.
    [​IMG]

    11. Melihat dari sudut pandang yg berbeda
    Pada saat kita menghadapi masalah, cobalah melihat dari sudut pandang yg berbeda. Tariklah nafas yang dalam, dan bayangkan stress anda yang mengecil dan kebahagiaan yang mananti anda.
    [​IMG]
    Code:
    http://hadinisme.blogspot.com/2010/04/11-cara-cepat-menghilangkan-stres.html
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. ekoiksanto M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    688
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +77 / -0
    setelah :belajar: jadi ngarti dah :hahai:
    cara yang ke 2, 3, 10 dan 11 kayanya cocok kalo diterapkan buat ane gan

    nice share
     
  4. Haecked M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    1,601
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +15,634 / -0
    Aduh bukannya bisa makin tambah stress tuh nulis kekhawatiran dan rasa pesimis.
    IMO, lebih baik nulis rasa keoptimisan dan cita-cita yang jauh lebih baik
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.