1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Biology 10 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

Discussion in 'Science and Technology' started by Artanis, May 1, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,682 / -1
    Otak merupakan salah satu bagian dalam anggota tubuh yang memiliki peran yang sangat penting. Dalam kondisi yang tanpa disadari oleh setiap individu tentang mekanisme cara kerja otak, berikut ini beberapa fakta yang mungkin bisa membuat anda setidak - tidaknya mengetahui dan menghargai pentingnya teman anda yang satu ini.

    Silahkan dibaca dengan sangat hati - hati dan pelan - pelan.. :belajar:


    [​IMG]


    Beberapa Info tambahan tentang Kebiasaan yang bisa merusak otak.

    1. Tidak Sarapan Pagi

    Mereka yang tidak mengkonsumsi sarapan pagi memiliki kadar gula darah yang rendah, yang akibatnya suplai nutrisi ke otak menjadi kurang.


    2. Makan Terlalu Banyak

    Terlalu banyak makan, apalagi yang kadar lemaknya tinggi, dapat berakibat mengerasnya pembuluh darah otak karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Akibatnya kemampuan kerja otak akan menurun.


    3. Merokok

    Zat dalam rokok yang terhisap akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat, serta dapat mengakibatkan penyakit Alzheimer.


    4. Mengkonsumsi gula terlalu banyak

    Konsumsi gula yang terlalu banyak akan menyebabkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi, sehingga terjadi ketidakseimbangan gizi yang akan mengganggu perkembangan otak


    5. Polusi Udara

    Otak adalah konsumen oksigen terbesar dalam tubuh manusia. Menghirup udara yang berpolusi menurunkan suplai oksigen ke otak sehingga dapat menurunkan efisiensi otak.


    6. Kurang Tidur

    Otak memerlukan tidur sebagai saat beristirahat dan memulihkan kemampuannya. Kekurangan tidur dalam jangka waktu lama akan mempercepat kerusakan sel-sel otak.


    7. Menutup kepala saat tidur

    Kebiasaan tidur dengan menutup kepala meningkatkan konsentrasi zat karbondioksida dan menurunkan konsentrasi oksigen yang dapat menimbulkan efek kerusakan pada otak.


    8. Menggunakan pikiran saat sakit

    Bekerja terlalu keras atau memaksakan untuk menggunakan pikiran kita saat sedang sakit dapat menyebabkan berkurangnya efektifitas otak serta dapat merusak otak.


    9. Kurang menstimulasi pikiran

    Berpikir adalah cara yang paling tepat untuk melatih otak kita. Kurangnya stimulasi pada otak dapat menyebabkan mengkerutnya otak kita.


    10. Jarang berkomunikasi

    Komunikasi diperlukan sebagai salah satu sarana memacu kemampuan kerja otak. Berkomunikasi secara intelektual dapat memicu efisiensi otak. Jarangnya berkomunikasi akan menyebabkan kemampuan intelektual otak jadi kurang terlatih.

    Saya yakin bahwa sebagian besar kebiasaan diatas memang sangat sering dilakukan oleh kita. Nah, sekarang tinggal bagaimana kita menjaga HARTA KARUN yang berharga ini.

    Semoga dengan hal ini ane bisa sedikitnya mengingatkan kepada agan dan aganwati semua.. Semoga Bermanfaat..


    :maaf:
    No SARA ... No HOOT's ... No JUNK ... No Promotion Web
    :maaf:
     
    • Thanks Thanks x 7
    • Like Like x 1
    Last edited: May 1, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. easyvalen M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    1,830
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +2,082 / -0
    ane mo nanya gan emang benerya manusia hanya menggunakan 10% dari fungsi otak?
     
  4. 10rupiah Members

    Offline

    Joined:
    Oct 10, 2010
    Messages:
    7
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    thx atas infonya...ternyata otakku ebat banget..wakakkaka
     
  5. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,682 / -1
    mnurut persepsi dan perspektif ane nich gan.. manusia itu diciptakan sempurna dan sebaik2nya dr makhluk ciptaan..
    artinya: bahwa manusia itu sudah diberikan kemempuan apapun., hanya saja perbedaan nya adalah setiap org/manusia itu ada yg melatih potensi kemampuan yg ada dlm diri nya dan ada yg tidak melatihnya..
    jdi pada dasar nya setiap org itu bsa melakukannya.. ada yg mmg dkasih kelebihan dri kecil dan ada yg hrus melatih nya..
    bnyk juga kok org yg pnya kmampuan telekinetik, telepati, psikometrical (bsa mngetahui bnda yg sblmnya dipegang oleh org lain, cm ada bbrtpa org sja yg memilki kmampuan ini)..
    kesimpulannya agak kurang tepat klo mngatakan kmampuan manusia itu baru 10 % yg dihgunakan., karena kemampuan manusia itu tidak bsa diukur secara pasti dan pastinya bersifat "UNLIMITED" dan masih bsa terus brkmbang smpe kpnpun..

    smoga pnjelasan diatas bsa mmbntu .. :maaf:
     
  6. shinigamidika MODERATOR

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 26, 2010
    Messages:
    16,159
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +76,349 / -0
    3. Setiap hari ada sekitar 85.000 neuron yang hilang dari otak kita --> low tiap hari ilang bisa2 abiz donk...:dead:
    6. Otak TIDAK BISA membedakan antara kenyataan dan imajinasi. --> baru tau ane...padahal ane suka berimajinasi...
    9. Alkohol bisa memperlemah hubungan koneksi antar neuron --> untuk ane gak pernah minum -minuman keras jadi sedikit aman,,,
    btw :niceinfo:
     
  7. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,682 / -1
    betul gan, makanya butuh suply nutrisi dari makanan yang di makan...
    ya untuk menggantikan yang ilang tadi.. :hoho:
     
  8. Dhas Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 28, 2011
    Messages:
    98
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +24 / -0
    gan kenpa sih otak kita lbih mdah mnerima hal2 yang berbau P*rn* gto :*****:
    kan gue pnah dcritain tman gue
    ktanya ad orang yang hfal al-qur'an, sekilas mlihat aurat cew (paha *gak sngaja gto)
    dia lngsung lupa m hafalan2 ito

    knpa gan ?
    :bingung::bingung::bingung:
     
  9. namanobita M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 23, 2010
    Messages:
    217
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +39 / -0
    wah ternyata berpikir pas sakit bisa berdampak bahaya juga ya...
     
  10. rumahmakanpadang M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 25, 2010
    Messages:
    216
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +7 / -0
    poin nomer 10. Otak tidak memiliki sensor rasa sakit, sehingga otak tidak bisa merasakan sakit.
    iya, kalau sakit ga pake peringatan dulu, stroke tiba tiba
    jadi sakit kepala itu bukan dari otak tapi dr reseptor di jaringan sekitar otak
     
  11. chipoetz Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 13, 2011
    Messages:
    265
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +28 / -0
    otak tdk bisa membedakan kenytaan dan imajinasi
    bner juga tuh
    dengan imajinasi yg tgi slalu muncul sesuatu baru yg inovatif kan
    imajinasi --> menjadi kenyataan
     
  12. vegard Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 9, 2011
    Messages:
    207
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +10,011 / -0
    Merokok berbahaya juga yah buat otak. Padahal untuk mencari uang rokok memerlukan banyak kreatifitas yang justru melatih otak agar mengoneksikan ke bayak neuron...

    jadi bingung...
     
  13. masykur8d M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 24, 2011
    Messages:
    532
    Trophy Points:
    127
    Ratings:
    +7,098 / -0
    Kebanyakan yang 'perlu diingat' sering ane alami, asap rokok, n polusi udara :madesu:
    memang manusia diciptain dengan keunggulan yang luar biasa yaitu otak :top:
     
  14. Joshualoves Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 13, 2012
    Messages:
    149
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +32 / -0
    Makasih infonya. Memang qt harus terus melatih otak kita dengan cara berpikir dan berkomunikasi secara intelek dengan orang lain. Ayo terus latih otak kita supaya gak kekurangan fungsi2 hebatnya, juga bisa terhindar dari Alzheimer
     
  15. etapisan Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 6, 2012
    Messages:
    37
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    kata guru metafisik ane otak kita hanya bekerja 2,5%
    albert enstein aja menggunakan otaknya cuma 4%an
    CMIIW
     
  16. kaichou Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 22, 2011
    Messages:
    36
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    kalo ane suka sakit kepala itu bukan karena otak ya gan ?
     
  17. Se7enTime M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 28, 2010
    Messages:
    404
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +7,944 / -0
    jadi otak itu ga bisa merasakan sakit ya :iii:
    harus diasah terus menerus nih otak biar ga jadi otak tumpul :haha:
     
  18. Sunday_KNIGHT SUPERMOD

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jun 10, 2012
    Messages:
    41,065
    Trophy Points:
    238
    Ratings:
    +759,833 / -7
    Otak adalah salah satu komputer paling canggih dan tidak bisa diciptakan oleh manusia sekalipun,,
    tapi potensi manusia dalam memanfaatkan kinerja otak berbeda-beda, ada yang bisa menggunakan semaksimal mungkin, ada juga yang sedikit,
    nice share,
     
  19. sherlock1524 MODERATOR

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 26, 2012
    Messages:
    7,158
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +22,428 / -149
    emosi diciptakan oleh otaak ...

    gak salah ????

    harusnya di hati kan ... iya gak ???
     
  20. gnagdleifna M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 22, 2011
    Messages:
    1,350
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +2,373 / -0
    [1] dengan kemajuan teknologi sekarang, teknologi produksi IC terutama, komputer(prosesor) dengan kemampuan komputasi setara dengan otak manusia bisa diciptakan dalam waktu kurang dari 5 tahun, kemampuan komputasi setara seluruh manusia, dalam waktu kurang 35 tahun ...
    tapi baru kemampuan komputasi :))
     
  21. setiawanted Members

    Offline

    Joined:
    Sep 15, 2012
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    masa sih otak ngga bisa bedain kenyataan sama imajinasi??
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.