1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.

Fauna 10 Dinosaurus Bertanduk Paling Spektakuler

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by blacksheep, Dec 18, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,594
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,115 / -0
    Dinosaurus merupakan hewan pra sejarah yang sangat populer. Para Ilmuwan memperkirakan jutaan tahun yang lalu Bumi ni dipenuhi oleh hewan – hewan raksasa yang luar biasa. Namun, punah kemudian punah, dengan berbagai teori, ada yang mengatakan karena adanya meteor raksasa yang menabrak bumi dan memusnahkan dinosaurus itu.
    Dari berbagai jenis fosil Dinosaurus, ada suatu spesies Dinosaurus yang sangat spektakuler dan terkenal, yaitu ceratopsoans, Dinosaurus bertanduk. Salah satu jenisnya adalah Triceratops, Dinosaurus bertanduk yang paling terkenal karena sering muncul di berbagai film dinosaurus.
    Berikut ini ada 10 Jenis Dinosaurus bertanduk yang sangat luar biasa!! Check It Out!!


    1. Kosmoceratops
    [​IMG]
    Salah satu Dinosaurus yang terakhir ditemukan fosilnya ini kami tempatkan pada urutan pertama. Karena Kosmoceratops ini memiliki sedikitnya 13 tanduk di kepalanya.!!(15 jika menghitung tanduk pada rahangnya.). Ilmuwan menamakannya “Dinosaurus paling cantik” karena hiasannya yang sangat banyak,. Tanduk – tanduk yang ada di bagian depan wajahnya adalah tanduk yang tidak terlihat untuk menyerang, tapi lebih digunakan untuk menakuti predator dan saingannya. Dinosaurus ini diperkirakan hidup di Amerika Utara, Fosilnya ditemukan di Utah, negara bagian di Amerika barat.


    2. Coahuilaceratops
    [​IMG]
    Coahuilaceratops magnacerna sangat mirip dengan Pentaceratops, jenis Dinosaurus paling terkenal yang telah disebutkan di pendahuluan di atas. Fosil dinosaurus ini ditemukan di sebelah utara Meksiko, Coahuila. Dia memiliki sebuah tanduk di atas hidungnya, dan sepasang tanduk di bagian atas yang merupakan tanduk terbesar diantara dinosaurus bertanduk lainnya. Panjangnya kira – kira 1.5 meter. Nama sebutannya (magnacuerna horns berarti tanduk besar). Walaupun ada yang memperkirakan beratnya hingga 12 tons (2 kali berat T-rex), namun sebenarnya beratnya hanya sekitar 5 ton, seukuran gajah dengan panjang 7 meter. Hal ini dijelaskan pada tahun 2010 ini, yang merupakan salah satu tambahan keterangan tentang ceratopsian ini.


    3. Rubeosaurus
    [​IMG]
    Rubeosaurus dulunya dimasukan pada spesies Styracosaurus. Ukuran tanduk pada rumbainya lebih kecil dari Styracosaurus, tetapi tanduk di hidungnya sangat besar, sehingga sangat pantas disebut sebagai senjata yang sangat berbahaya. Tidak seperti tanduk pada Badak, yang secara keseluruhan terbuat dari keratin (protein penyusun rambut dan kuku), Rubeosaurus, dan kebanyakan ceratopsians, tersusun atas sel tulang penuh, yang dilapisi oleh keratin. Keratin biasanya tidak bisa menjadi fosil, sehingga diperkirakan tanduk ceratopsians ini lebih panjang dan tajam pada saat dia masih hidup dari pada fosil nya yang telah ditemukan. Sayangnya, tanpa lapisan keratin yang tersisa, tidak mungkin ukuran sebenarnya dapat diperkirakan. Bagian tanduk unik dari Rubeosaurus ini adalah tanduk yang ada di bagian atas rumbainya. Terdapat sepasang tanduk yang saling bertemu, sehingga membentuk segitiga.


    4. Diabloceratops
    [​IMG]
    Diabloceratops berarti “wajah setan bertanduk”. Fosilnya ditemukan di Utah. Dinosaurus ini memiliki tanduk pada hidung yang kecil., tetapi tanduk pada keningnya sangat besar, dan tanduk yang ada di rumbainya jauh lebih besar lagi.
    Keempat tandunya itu, dengan dua buah tanduk yang ada di keningnya, membuat penampilannya sangat aneh, sangat berbeda dengan dinosaurus lain yang pernah ditemukan. Diabloceratops diperkirakan sebagai dinosaurus bertanduk yang primitif, karena memiliki beberapa persamaan anatomi dengan protoceratosids. Rahangnya sangat padat dan kuat, serta tanduk dan tubuhnya sangat kokoh, sehingga diperkirakan dinosaurus ini menggunakannya untuk melawan predator yang mengancam mereka.


    5. Einiosaurus
    [​IMG]
    Fosil Einiosaurus ditemukan pada tahun 1985, dan diberi nama pada tahun 1995. Namanya berarti “Kadal bison”. Walaupun sangat dekat dengan Styracisaurus, dia memiliki tampilan yang berbeda. Dia hanya memiliki dua tanduk yang panjang dan lurus di rumbai kepalanya , dan sebuah tanduk aneh, “pesek”, dan melengkung ke depan di atas hidungnya, sehingga terlihat seperti pembuka botol. Walaupun tanduk di bagian hidungnya tidak terlihat sebagai senjata yang efektif, tapi tanduk lurus yang ada di rumbainya mungkin digunakan untuk bertahan dari berbagai karnifora, salah satunya mencegah serangan pada punggungnya. Seperti Pachyrhinosaurus, Einiosaurus diketahu hidup di habitat yang luas. Fosil dinosaurus ini ditemukan di daerah Montana.

    6. Styracosaurus
    [​IMG]
    Walaupun dinosaurus ini salah satu dinosaurus klasik dan telah diketahui sejak tahun 1913, Styracosaurus telah menjadikan dirinya sebagai salah satu ceratposians yang spektakuler. Dia memiliki sebua tandukyang panjang dan berbahaya di bagian moncongnya, dan enam tanduk lainnya di bagian rumbainya (sehingga ia diberinama yang artinya reptile berduri). Dinosaurus ini terlihat sangat menakutkan, sehingga dimungkinkan banyak predator yang tidak berani untuk secara langsung berhadapan dengan dinosaurus ini. Dinosaurus ini panjangnya sekitar 5.5 meter dengan berat sekitar 3 ton. Fosilnya ditemukan di Kanada.


    7. Pentaceratops
    [​IMG]
    Pentaceratops sering dikatakan memiliki tulang tengkorak terbesar dari semua hewan darat ( walaupun meungkin Torosaurus dan Eotriceratops mampu menyainginya). Namanya berarti “Muka bertanduk lima”. Sebenarnya mungkin ada salah perhitungan dan perkiraan, karena kedua tanduk yang ada, sebenarnya merupakan tulang epujugal (seperti duri yang timbul dari tulang dekat matanya) yang banyak dimiliki ceratopsians, tapi ukurannya sangat besar pada Pentaceratops ini. Rumbainya memiliki dua lubang atau “fenestrae” yang dilapisi oleh kulit ketika masih hidup.
    Para ahli Paleontology yakn bahwa kulit ini berwarna cerah dan digunakan untuk menakuti predator dan menantang saingan dalam spesies yang sama. Bahkan ada yang berspelulasi bahwa mereka mampu mengganti warna dan corak dari kulit ini seperti bunglon. Dinosaurus ini ditemukan di Meksiko, dengan panjang 8 meter dan berat 5.5 ton.!


    8. Medusaceratops
    [​IMG]
    Ceratopsian ini memiliki bentuk tanduk melengkung yang aneh di bagian rumbainya. Tanduk ini panjangnya sekitar 7 meter. Dinosaurus ini sebelumnya dinamakan Albertaceratops, namun pada tahun 2010 namanya telah diganti dengan nama di atas. Medusaceratops berarti “wajah medusa bertanduk”, karena tanduknya yang bengkok mirip dengan Medusa, tokoh wanita berambut ular dari mitologi Yunani kuno. Dinosaurus ini ditemukan di Montana Amerika barat, dan diperkirakan hidup sekitar 77 juta tahun yang lalu.


    9. Pachyrinosaurus
    [​IMG]
    Namanya berarti “reptile berhidung tebal”, karena selain memiliki tanduk yang dimiliki oleh kabanyakan ceratopsians, makhluk ini memiliki tulang aneh yang tumbuh di bagian depan, yang terlihat seperti telah terpotong karena sebuah perkelahian.:D. Mereka juga memiliki tanduk dan duri di bagian rumbainya dan memiliki sebuah tanduk aneh yang berada di belakang matanya. Ukuran dan bentuk dari ornamen – ornamen itu berbeda – beda pada setiap individu, dan mungkin membantu mereka untuk mengenal satu sama lain .Banyak fosil yang ditemukan teridiri dari berpasang – pasang individu dengan satu individu muda dan dewasa. Ini menunjukan bahwa dinosaurus ini hidup berkelompok. Hewan ini berukuran cukup besar, panjangnya mencapai 8 meter dan beratnya sekitar 4 ton!


    10. Eotriceratops
    [​IMG]
    Eotriceratops ini dinamakan pada tahun 2007, yang berarti “Triceratops awal”, karena mirip dengan Triceratops tapi hidup jutaan tahun sebelumnya. Sejan Triceratops terkenal, tampilan Eotriceratops ( rumbai yang khas, dua buah tanduk di bagian mata dan sebuah tanduk di bagian hidung) menjadi sangat familiar. Tapi ada satu hal yang membuat dinosaurus ini spesial, yaitu ukurannya!! Dia adalah ceratopsian terbesar yang pernah ada, berdasarkan penelitian para ahli paleontology, dilihat dari ukuran tulang tengkoraknya yang sepanjang 3 meter dan sama beratnya dengan sebuah mobil, hewan ini dimungkinkan memiliki panjang sekitar 9 – 10 meter dan beratnya melebihi Tyranosaurus rex. Dinosaurus ini hidup di Kanada 68 tahun yang lalu.

    sumber: yudi-setiadi.com
    Code:
    http://www.gambarkeren.info/10-dinosaurus-bertanduk-paling-spektakuler/
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. pistoladi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 27, 2010
    Messages:
    98
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    wow nenek mpyang badak keren2 yah sangar2 TREX juga mikir dua kali kalo mau gangguin ni nenek moyang badak
     
    • Like Like x 1
  4. redskop M V U

    Online

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 18, 2009
    Messages:
    710
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +31,621 / -0
    dino nya keren2 ya kek di film jurasic park
     
    • Like Like x 1
  5. fouchan M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 17, 2010
    Messages:
    1,520
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +20,742 / -0
    yang Medusaceratops keliatan kaya ada sayapnya :???:
     
    • Like Like x 1
  6. ahyau Gatotkaca

    Offline

    Suka keliling

    Joined:
    Apr 30, 2010
    Messages:
    313
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +110 / -0
    jgn2 medusaceratops itu yg bikin dinosaurus punah coz yg ngeliat dy langsung jd fosil.. hehehe..
     
  7. wakwekwok M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 5, 2009
    Messages:
    311
    Trophy Points:
    52
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +697 / -0
    wah ternyata Triceratops punya banyak teman ya.. haha..
     
  8. tovic M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 19, 2009
    Messages:
    1,131
    Trophy Points:
    127
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +356 / -0
    keren2 juga tuh dinosaurus bertanduk
    apalagi yg pertama
    ada 13 tanduk
    gila apa gak berat tuh ngebawanya
     
  9. joeash Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 20, 2009
    Messages:
    148
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +756 / -0
    nenek moyangnya badak.....
     
  10. rakun M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 3, 2009
    Messages:
    3,131
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +914 / -0
    wow Eotriceratops memang sangat besar ! ni perbandingannya
    [​IMG]
     
  11. jyungen M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 6, 2010
    Messages:
    276
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +25 / -0
    hoho badak purba ya ??

    tanduk ny panjang bner kyk pedang.. bwt prtahanan diri thd predator :panda:
     
  12. mypsp Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 7, 2010
    Messages:
    13,476
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +22,439 / -0
    andai saja mereka nggak besar2 pasti lucu
     
  13. whitezholic Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 20, 2010
    Messages:
    28
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    ketusuk tanduk Pentaceratops pasti nembus tuh mpe kblakang"...
    serem euyy...
     
  14. mario_pn Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 27, 2010
    Messages:
    224
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +46 / -0
    KEREN!!!! dinosaurus turunan triceratops emang keren2...
     
  15. Iseng2002 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 30, 2009
    Messages:
    20
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    ngeliat tanduk segede gitu mending kabur....
     
  16. kuuki M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 9, 2008
    Messages:
    333
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +1,176 / -0
    liat kalimat terakhir
    "Dinosaurus ini hidup di Kanada 68 tahun yang lalu. "
    ew berarti taun 1943
    pas jaman perang dunia 2 dong?haha

    tapi di Kanada sih,pantes gak rekrut hitler
     
  17. nagara Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 29, 2009
    Messages:
    376
    Trophy Points:
    101
    Ratings:
    +3,649 / -0
    Ini semua termasuk jenis badak2an ya..
     
  18. dhizha Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 10, 2009
    Messages:
    73
    Trophy Points:
    57
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +394 / -0
    wiiih keren2,,
    coba ad fosil aslix jg,,
     
  19. ars_lybra Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 8, 2010
    Messages:
    75
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +11 / -0
    pada mirip triceratops ya...tapi koq triceratops ga masuk list?? malah yg eotriceratops yg masuk...
     
  20. G_darkfire Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 6, 2010
    Messages:
    104
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +6 / -0
    kaga ada TRICERATOPS, kudunya masuk tuh hehee...
     
  21. burningfang Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 29, 2010
    Messages:
    255
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +3 / -0
    kalo dipikir ada untungnya juga mereka itu punah, kalo sampe masi hidup, ga bisa dibayangin dah skrg, enak2 berangkat sekolah eee, nongol si T-rex disamping gedung
    asem... ga kebayang seremnya, dikejar2, wkakwakkwa
    :hahai:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.