1. Diberitahukan akan ada maintenance (MT) susulan fixing beberapa fitur forum, error-error technical dan perbaikan `kosmetik' forum dan beberapa update lainnya. Forum akan tutup-buka dimulai Senin, 20 April 2015 - Jumat, 24 April 2015 dari jam 00:00 - 08:00 WIB pagi secara intensif atau bisa lebih panjang jika tidak selesai selama 8 jam per-harinya. Dan juga terjadi pada waktu² lainnya MT dadakan singkat. Mohon maaf atas gangguan ini.

Physics and Chemistry Ukuran Bumi Dengan Planet dan Bintang

Discussion in 'Science and Technology' started by Balulut, Jun 6, 2012.

  1. Balulut

    Balulut Post Hunter Staff Member Moderator

    Joined:
    Aug 4, 2010
    Messages:
    3,873
    Trophy Points:
    123
    Ratings:
    +2,017 / -0
    [​IMG]

    Jika ditanya, siapa kita? Jawabannya mungkin akan sebanyak pertanyaan itu diucapkan. Tapi jika diperjelas lagi,

    sebesar apa kita di alam semesta mungkin bisa di jawab oleh gambar2 di bawah ini

    Postingan ini saya yakin sudah sering dilihat teman2 di forum2, blog ataupun sumber lainnya..

    Gambar dan datanya pun banyak saya ambil dari berbagai postingan kemudian ditambah dikit penjelasannya.

    Namun yang terpenting adalah kesimpulan yang bisa kita peroleh setelah melihat gambar dibawah...

    [​IMG]
    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]
    Arcturus atau bintang Biduk adalah bintang paling terang di rasi Boötes, dan bintang paling terang ketiga di langit malam setelah Sirius dan Canopus. Arcturus juga merupakan bintang paling terang di belahan langit utara. Mengingat letaknya yang tidak terlalu jauh dari ekuator langit, Arcturus hampir dapat dilihat oleh semua orang di permukaan Bumi, kecuali bagi mereka yang tinggal di atas lintang 70,818° selatan. Penampakan terbaiknya adalah sekitar bulan April, di saat bintang ini mencapai meridian pada tengah malam.

    [​IMG]
    Antares termasuk kedalam bintang kelas M supergiant, dengan radius sekitar 800 kali dari massa matahari, jika itu ditempatkan di pusat tata surya kita, permukaan luarnya akan terletak antara orbit Mars dan Jupiter. Jarak Antares dengan tata surya kita sekitar 600 tahun cahaya (180 pc) namun karena ukurannya yang sangat besar, sanggup tertangkap oleh mata ilmuan.

    [​IMG]
    VY Canis Majoris berada di gugusan bintang Canis Major. Karena saking besarnya, ia termasuk salah satu bintang yang paling terang cahayanya. Letaknya sekitar 4.900 tahun cahaya dari bumi .

    Bintang ini pertama kali diketahui berdasarkan katalog dari Jerome Lalande pada 7 Maret 1801. Katalog tersebut mencatat VY Canis Majoris sebagai 7 bintang besar. Sejak tahun 1847, VY Canis Majoris diketahui sebagai bintang merah.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Dari gambar diatas bisa kesimpulan apa yang bisa kita tarik ?

    Berbagai sumber
     
    Last edited: Aug 1, 2012
    • Like Like x 1
  2. sleepyhollow

    sleepyhollow Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 1, 2010
    Messages:
    120
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +2 / -0
    dan itu masih satu titik kecil di galaksi kita, d luar sana masih ada jutaan galaksi lagi
    mungkin masih banyak lagi bintang yang lebih besar dari vy canis majoris
     
  3. vasilivs

    vasilivs Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    2,507
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +396 / -0
    janganlah menganggap diri kita besar..............sesungguhnya masih ada yg lebih besar dari kita di luar sana....:elegan:



    ane dah sering ngelihat threads kaya gini.............Bagaimanapun juga TS ini sungguh menarik.....i like it


    Tumben bro balulut membuat TS kaya gini............Biasanya kan Tentang Militer...[​IMG]
     
  4. Balulut

    Balulut Post Hunter Staff Member Moderator

    Joined:
    Aug 4, 2010
    Messages:
    3,873
    Trophy Points:
    123
    Ratings:
    +2,017 / -0
    Si akang jeli banget ngeliatnya, anggap saja berhenti sejenak mengagumi tekhnologi buatan manusia karena semua itu bukanlah apa2 jika dibandingkan dengan ciptaan Tuhan, nanti baru bikin Thread Militer :gatling:lagi sehabis ini...
     
  5. Balulut

    Balulut Post Hunter Staff Member Moderator

    Joined:
    Aug 4, 2010
    Messages:
    3,873
    Trophy Points:
    123
    Ratings:
    +2,017 / -0
    Mungkin nanti kalau teleskop Hubble di upgrade atau diganti dengan versi yang lebih canggih akan semakin banyak terkuat misteri di alam semseta ini...
     
  6. skrupp

    skrupp Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    576
    Trophy Points:
    28
    Ratings:
    +36 / -0
    haha, pembelajaran yang baik nih..
    udah sering baca yang kayak gini, tapi tetep TS juga kreatif banget koq :ogtop:
     
  7. Balulut

    Balulut Post Hunter Staff Member Moderator

    Joined:
    Aug 4, 2010
    Messages:
    3,873
    Trophy Points:
    123
    Ratings:
    +2,017 / -0
    Cuman kembali mengingat makna akan kebesaran Yang Maha Kuasa, diatas semua teknologi dan kemapuan manusia..thk's bro.
     
  8. cynara154

    cynara154 Beginner Members

    Joined:
    Feb 3, 2012
    Messages:
    216
    Trophy Points:
    18
    Ratings:
    +2 / -0
    habis liat perbandingan ukuran bumi dengan tiap bintang dengan jelas kaya gini.. rasanya jadi takjub banget..
    rasanya kita ini kecil banget ya.. ^^

    mungkin salah satu pelajaran yg bisa dipetik agar kita ga boleh sombong.. ga boleh tinggi hati..
    kalo kata pepatah: “Di atas langit masih ada langit”
    artinya ketika kita merasa hebat atau pandai, jangan lupa bahwa masih ada orang lain yang lebih hebat atau lebih pandai dari kita.

    kalau dalam hal ini, kita ini cuma makhlukNya yg ga ada apa2nya..
    hanya Tuhan lah yang Maha besar dengan segala ciptaanNya..
    hanya Tuhan lah yg berhak sombong.. :hmm:
     
  9. zhizhen15

    zhizhen15 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 25, 2011
    Messages:
    507
    Trophy Points:
    18
    Ratings:
    +8 / -0
    gila ya, kalau dilihat-lihat
    bumi tidak ada sebutir pasir pun di alam semesta
    :dead:
     
  10. DeadlyEnd

    DeadlyEnd Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 5, 2008
    Messages:
    145
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +1 / -0
    Kesimpulannya:
    1) Meskipun kita bisa melakukan apa saja, namun kita ini tidak ada apa-apanya dibandingkan alam semesta jadi kita jangan takabur...
    2) Meskipun kita kerdil dibandingkan alam semesta, tapi kita tetap ada dan tetap hidup - mungkin istilahnya diberi kesempatan hidup - di dalamnya, jadi jangan disia-siakan...
     
  11. kaichou

    kaichou Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 22, 2011
    Messages:
    38
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +0 / -0
    ya ampun kita hanya setitik kecil diluar sana
     
  12. vasilivs

    vasilivs Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    2,507
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +396 / -0
    sudah bukan setitik kecil lagi bro.......^^

    melainkan sudah ga masuk hitungan lagi......:hahai:
     
  13. Balulut

    Balulut Post Hunter Staff Member Moderator

    Joined:
    Aug 4, 2010
    Messages:
    3,873
    Trophy Points:
    123
    Ratings:
    +2,017 / -0
    Anggap saja walaupun kita bisa bikin pesawat yang canggih masih belum ada apa2nya di bandingkan dengan yang cipataan Yang Maha Kuasa

    Sangat kecil banget bro, di masa yang akan datang mungkin akan ada Bintang yang lebih besar lagi yang di temukan manusia
    Tantangan buat manusia untuk terus melakukan penelitian tentang alam semseta...siapa tau suatau saat ditemukan mahluk lain selain manusia...:ognongol:
     
  14. Se7enTime

    Se7enTime Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 28, 2010
    Messages:
    541
    Trophy Points:
    28
    Ratings:
    +69 / -0
    masih sombongkah kita Manusia?
    petantang petenting di Bumi yg hanya seperti debu di Alam Semesta ini,
     
  15. Sunday_KNIGHT

    Sunday_KNIGHT Rockstar Staff Member Super Moderator

    Joined:
    Jun 10, 2012
    Messages:
    36,351
    Trophy Points:
    183
    Ratings:
    +8,961 / -2
    ternyata manusia itu, titik debu pun tidak terbandingkan dengan objek-objek di alam semesta yang ukurannya kagak tanggung-tanggung,,
     
  16. gsharktale

    gsharktale Beginner Members

    Joined:
    Jul 26, 2010
    Messages:
    250
    Trophy Points:
    18
    Ratings:
    +1 / -0
    setelah melihat ini jadi inget kalo kita itu cuma sekecil debu di tengah - tengah alam semesta
    dan itupun baru sedikit yang kita ketahui tentang seberapa besar alam semesta itu
     
  17. Annihilatus

    Annihilatus Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 17, 2012
    Messages:
    122
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +0 / -0
    :lol: keren , sangat menakjubkan ya benda-benda itu bisa ada dan membentuk sistem
    dari sekian juta benda luar angkasa, kita dapat hidup di bumi dengan ukuran yang ga seberapa di banding bintang-bintang itu menunjukkan kalo hidup kita itu bukan berasal dari 'kebetulan' semata.
     
  18. Balulut

    Balulut Post Hunter Staff Member Moderator

    Joined:
    Aug 4, 2010
    Messages:
    3,873
    Trophy Points:
    123
    Ratings:
    +2,017 / -0
    Sudah sangat kecil jika dibandingkan dengan kuasa sang pencipta, tapi terkadang pengen menjadi sang pencipta seperti menyimpan mayat di dalam sebuah alat dengan harapan suatu saat bisa dihidupkan kembali....:ngupil2:
     
  19. Balulut

    Balulut Post Hunter Staff Member Moderator

    Joined:
    Aug 4, 2010
    Messages:
    3,873
    Trophy Points:
    123
    Ratings:
    +2,017 / -0
    Selalu ada rahasia di balik ciptaanNYA
     
  20. YouYou123

    YouYou123 Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 18, 2011
    Messages:
    4,538
    Trophy Points:
    113
    Ratings:
    +885 / -0
    Bumi aja keliatan kecil kalau dibangin sama matahari. apa lagi yang lebih besar dari matahari bisa jadi kayak kutu tuh bumi :haha: dan kita jadi apa ? anak kutu?
     

Share This Page