1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Tujuh Menara Terkenal di Indonesia

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by Hktoyshop, Aug 6, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Hktoyshop Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 19, 2008
    Messages:
    14,786
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,909 / -0
    Tujuh Menara Terkenal di Indonesia

    Menara bisa menjadi suatu objek bangunan untuk menghias sebuah kota dan juga bisa dijadikan sebagai simbol kota. Di dunia, kita mengenal menara pisa, menara Eiffel, dan menara tertinggi dunia seperti al Buruj di Dubai. Tapi tahukah kamu tentang menara yang ada di Indonesia?
    Tidak begitu banyak menara besar di Indonesia yang saya ketahui tapi ada beberapa menara yang paling saya kenal di Indonesia. Penilaian menara bukan berdasarkan tingginya tetapi berdasarkan terkenal dan bersejarahnya menara tersebut.

    Berikut 7 menara terkenal di Indonesia:

    1. Tugu Monas
    [​IMG]
    Monumen Nasional (Monas) adalah ikon ibukota Indonesia, Jakarta. Menara ini diresmikan pada 17 Agustus 1961 yang terletak di Lapangan Monas, Jakarta Pusat. Monas memiliki tinggi 132 meter. Bentuk bangunan monas sangat unik berbentuk lingga yoni simbol kesuburan dengan puncak menara terdapat cawan yang menopang berbentuk nyala obor perunggu yang beratnya mencapai 14,5 ton dan dilapisi emas 35 kg. Lidah api atau obor ini sebagai simbol perjuangan rakyat Indonesia yang ingin meraih kemerdekaan. Bangunan ini menambah keindahan kota Jakarta dan selalu ramai dikunjungi wisatawan. Pengunjung bisa naik ke lantai atas monas dengan menggunakan lift. Dari atas kamu bisa melihat hampir seluruh pelosok Jakarta.




    2. Menara TVRI

    [​IMG]
    Menara TVRI terletak di Senayan, Jakarta. Gedung TVRI Pusat sebagai stasiun TV pertama di Indonesia selesai dibangun tahun 1962 sebelum Asian Games 1962. Tower pemancar TVRI berbentuk gedung menara dan ada lift yang bisa sampai ke atas. Saya kurang tahu berapa tepatnya tinggi menara TVRI, mungkin sekitar 100 m. Menara TVRI ini menjadi salah satu pemandangan menarik di antara bangunan yang ada di Jakarta. Menara TVRI ini juga menjadi sarana untuk percobaan tv digital pertama di Indonesia dengan pemancar DVB-T & DVB-H yang terpasang pada ketinggian sekitar 100 meter di menara TVRI Senayan.




    3. Sky Tower Pulau Kumala
    [​IMG]
    Kalimantan juga memiliki menara yang menarik, yaitu menara Sky Tower. Menara ini sangat unik karena terletak di sebuah pulau kecil di tengah sungai Mahakam, yaitu Pulau Kumala di Tenggarong, Kalimantan Timur. Menara ini memiliki tinggi 100 meter. Para pengunjung dapat melihat kota Tenggarong dari piringan di atas Sky Tower (menara berputar). Piringan tersebut dapat bergerak naik turun dan berputar 360 derajat. Untuk bisa sampai ke pulau Kumala bisa melalui 2 alternatif, yaitu naik kereta gantung atau naik perahu.






    4. Monumen Mandala
    [​IMG]
    Monumen Mandala terletak di Jalan Raya Jenderal Soedirman Makassar. Dibangun pada tahun 1994 sebagai tugu peringatan operasi Mandala Jaya pembebasan Irian Barat dari tangan penjajah Belanda. Di dalamnya terdapat diorama yang menceritakan proses pembebasan tersebut. Monumen Mandala memiliki tinggi 75 meter terbagi dalam empat lantai. Masing-masing lantai berisi simbol-simbol perjuangan pembebasan Irian Barat dan perjuangan rakyat Sulsel, termasuk zaman Pahlawan Nasional, Sultan Hasanuddin.





    5. Tugu Pahlawan
    [​IMG]
    Tugu Pahlawan adalah ikon Kota Surabaya. Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, dimana arek-arek Suroboyo berjuang melawan pasukan Sekutu yang datang bersama Belanda. Monumen yang memiliki tinggi 45 meter ini diresmikan pada 10 November 1952. Gedung ini berada di bekas reruntuhan pusatnya gerakan pemuda (PTKR = Polisi Tentara Keamanan Rakyat pimpinan Hasanudin Pasopati dan N. Suharyo Kecik). Sebelumnya tempat itu juga pernah menjadi gedung Raad van Justitie (gedung pengadilan) pada zaman Nederlands Indiƫ, dan pada zaman Nippon menjadi markas Kenpeitai. Tugu Pahlawan ini mempunyai 10 lengkungan pada badannya yang melambangkan tanggal 10. Sedang 11 bagian di atasnya mengandung pengertian bulan ke 11 (November).



    6. Menara Jam Gadang
    [​IMG]
    Jam "gadang", atau "jam yang besar" merupakan landmark kota Bukittinggi ,Sumatra Barat. Kerajaan Belanda membangun Jam Gadang pada 1926. Denah dasar (bangunan tapak berikut tangga yang menghadap ke arah Pasar Atas) dari Jam Gadang ini adalah 13x4 meter, sedangkan tingginya 26 meter.
    Menara jam ini telah mengalami beberapa kali perubahan bentuk pada bagian puncaknya. Pada awalnya puncak menara jam ini berbentuk bulat dan di atasnya berdiri patung ayam jantan. Saat masuk menjajah Indonesia, pemerintahan pendudukan Jepang mengubah puncak itu menjadi berbentuk klenteng. Pada masa kemerdekaan, bentuknya berubah lagi menjadi ornamen rumah adat Minangkabau. Di lantai atas menara terdapat Mesin jam manual yang dibuat khusus oleh Recklinghausen. Konon Pria Jerman tersebut hanya membuat dua mesin sebesar itu. Kembarannya kini terpasang di Menara Big Ben, London, Inggris. Keunikan lainnya, Kontur tanah di sekitar jam gadang berjenjang dan juga tidak landai, sehingga sepintas bangunan Jam Gadang tampak miring seperti Menara Pisa.


    7. Tugu Khatulistiwa
    [​IMG]
    Ada tugu di dalam tugu. Itulah tugu Khatulistiwa. Tugu Khatulistiwa merupakan ikon Kota Pontianak yang memiliki tinggi 15,25 meter dari permukaan tanah. Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument berada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Propinsi Kalimantan Barat. Tugu Khatulistiwa yang terlihat sekarang dibuat Tahun tahun 1990, dengan pembuatan kubah untuk melindungi tugu asli di dalamnya yang telah dibuat pada tahun 1928. Jadi bangunan tugu yang dibuat tahun 1990 adalah bangunan duplikat yang besarnya 5 x dari tugu asli dan berfungsi untuk melindungi tugu asli. Tugu Khatulistiwa ini terletak di garis khatulistiwa yang membelah Bumi menjadi dua bagian, Utara dan Selatan. Pada saat terjadinya titik kulminasi matahari, yakni ketika Matahari tepat berada di garis khatulistiwa bayangan tugu dan bayangan orang serta benda-benda di sekitar tugu akan menghilang beberapa detik saat diterpa sinar Matahari. Peristiwa titik kulminasi Matahari itu terjadi setahun dua kali, yakni antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September.

    Di samping menara-menara tersebut tentu masih ada beberapa tugu atau menara di Indonesia. Diharapkan daerah-daerah di Indonesia juga membangun menara-menara tertinggi sebagai ikon daerahnya dan sebagai salah satu tujuan wisata yang tentunya bisa meningkatkan pendapat daerah. Kita juga akan menunggu yang kabarnya sedang akan dibangun di jakarta menara tertinggi di dunia
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    khoronx Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 4, 2009
    Messages:
    214
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +211 / -0
    Itu menara TVRI mirip kaya pemancar2 TV yg di luar negri :top:
    baru tau gw di Indonesia ada yg gituan
     
  4. Offline

    beeZare Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 5, 2009
    Messages:
    249
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +9,446 / -0
    wah keren nih....
     
  5. Offline

    moks Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 17, 2008
    Messages:
    1,337
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +19,462 / -0
    yang gw tau cuman monas.. parah juga ternyata banyak juga menara yang menyimpan kenangan / peringatan akan periwstiwa yang terjadi...
     
  6. Offline

    zutara Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 3, 2008
    Messages:
    9,284
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +46,240 / -0
    manteb....masuk di education aj negh harusnya.....:top:
     
  7. Offline

    logitech Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 4, 2008
    Messages:
    1,375
    Trophy Points:
    241
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,674 / -0
    tenyata lumanyan banyak menara bgs yg ada d indo...
    gw tau cuma monas ama jam gadang... :haha:
     
  8. Offline

    summonedskull Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 30, 2009
    Messages:
    2,000
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +25,476 / -0
    FYI, ada hal yang aneh di Jam Gadang. Jam ini menggunakan angka romawi (I, II , III dst.) tapi di angka 4 yang seharusnya IV malah dibikin IIII sama orangnya. Padahal dalam angka romawi tidak boleh dipakai lebih dari 3 karakter yang sama.
     
  9. Offline

    bloodyavenue Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 6, 2009
    Messages:
    57
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +8 / -0
    itu sky tower keren gan . . .
    kaya di luar negeri
     
  10. Offline

    anggayasha Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 21, 2008
    Messages:
    1,036
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +938 / -0
    Tugu yang di Jogja itu gak masuk ya? :D
     
  11. Offline

    cahcah Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 13, 2009
    Messages:
    632
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +16,880 / -1
    Tugu Pahlawan donk bro...

    so surabaya skali..
    :haha::haha:

    mantep dah Bro :top:
     
  12. Offline

    Kilio Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 29, 2009
    Messages:
    284
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +76 / -0
    Sky Tower Pulau Kumala gak seru, awalnya memang menarik, sampe atas ternyata cuma liat sebentar pemandangan sungai mahakam dan kota tenggarong aja.
    Sekarang kayaknya gak di operasikan lagi.
     
  13. Offline

    afurizaru Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 7, 2009
    Messages:
    2,013
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +702 / -0
    [​IMG]~hibiki kurenai~

    "~keren tuh menara TVRI............., yang monas kayak eskrim :lol:~"

    ~magiranger~ [​IMG]
     
  14. Offline

    poypoy17 Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    109
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +3 / -0
    wkwkwkwk eskrim ..
    mantap dah tugu"nya ..
    ternyata indonesia tuh emang :top:
     
  15. Offline

    parapara Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 17, 2008
    Messages:
    277
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +3 / -1
    baru tahu g ada sky tower di indonesia, mantep2 dah, semoga kedepannya indonesia semakin maju lagi....
     
  16. Offline

    catHerine Silent Reader Veteran

    Joined:
    Jul 4, 2009
    Messages:
    199
    Trophy Points:
    96
    Ratings:
    +14 / -0
    hidup Tugu Monas karna ku anak jakarta wkwkkwkwkw
     
  17. Offline

    rdwbw Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    343
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +18 / -0
    wew
    yang sky tower keren juga tuh
    buat nyampe kesana juga bisa pake kereta gantung
    trus piringannya bisa naik turun
    keren tuh, klo yang lain dah lama tau soalnya
     
  18. Offline

    firstlarc Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 11, 2009
    Messages:
    261
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +1,482 / -0
    Menara tuh sama kayak tugu apa bukan sih ? setau aq kok beda ya
     
  19. Offline

    ArCotH Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 13, 2009
    Messages:
    1,169
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,063 / -0
    menara mesjid raya agung bandung ga masuk??
    pedahal kereen...
     
  20. Offline

    escafl0wne Post Hunter Veteran

    Joined:
    Dec 5, 2008
    Messages:
    3,206
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +3,180 / -2
    sky towernya rada aneh:swt:
    ga takut roboh y:???:
     
  21. Offline

    ark_beetle Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 29, 2008
    Messages:
    3,189
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,544 / -0
    gw cuma tau no 1 dan no 2.. tenryata masih ada menara indah lainnya di Indonesia :blink:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.