1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tips (dr berbagai sumber ^^)

Discussion in 'Lifestyle' started by junshibuya, Jun 28, 2008.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. junshibuya Banned User

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 4, 2008
    Messages:
    2,369
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +2,231 / -0
    10 TIPS BROWSING INTERNET

    Pada saat melakukan browsing, sedikit banyak pasti pernah mengalami satu permasalahan, misalnya kecepatan, keamanan ataupun yang lainnya. Untuk menghindari beberapa masalah tersebut, ada baiknya anda mempunyai kiat atau tips tersendiri saat melakukan browsing Internet.

    Kecepatan akses adalah bagian utama dari kiat tersendiri untuk memaksimalkan penggunaan Internet. Di bawah ini adalah 10 tips yang bisa dijadikan ancuan saat melakukan browsing Internet.

    1. Pengaturan Cache

    Manfaatkanlah Drain cache, mungkin saja langkah ini belum pernah dilakukan. Karena pada saat anda mengunjungi salah satu halaman web, data tersebut selalu disimpan pada sebuah cache (penyimpan data sementara) pada hard disk. Kemudian bila anda membuka kembali halaman tersebut, maka data tersebut akan selalu ditambahkan pada cache, dan browser akan menampilkan halaman cache yang lebih bagus dari dibanding melakukan copy download dari web server.

    File cache tadi akan dieksekusi, sebelum terhubung dengan server dari halaman web tersebut bila pada halaman web tersebut sedang sibuk. Setelah dapat mengakses maka halaman tersebut akan ditambahkan di dalam cache.

    Untuk mengosongkan cache pada Netscape communicator :

    - Klik preferences dari menu edit,

    - Buka advanced category, sorotilah sub kategori cache.

    - Kemudian klik tombol clear memory cache dan clear disk cache.

    Untuk pengguna microsoft internet explorer (IE),

    - Pilih menu tool, pilih Internet options.

    - Pada kota dialog, pilih general page tab,

    - Klik tombol delete files.

    2. Penggunaan History

    Pada data halaman web yang terdapat pada cache, yang mana di dalamnya tersimpan rekaman daftar nama dan URL (universal resource locator; Internet address) di setiap site yang dikunjungi. Anda bisa juga menggunakan daftar history untuk kembali secara langsung pada site tersebut.

    Untuk meng-clear-kan daftar history list pada communicator

    - Klik edit, pilih preferences, sorot navigator category,

    - Klik tombol clear history.

    Sedangkan pada internet explorer

    - Klik tools, pilih internet options,

    - Pilih general tab dan klik tombol clear history.

    Bisa juga dilakukan seting history agar tetap menyimpan data selama beberapa waktu sesuai dengan kebutuhan.

    3. Time Out

    Banyak ISP (internet service providers) yang menggunakan system monitoring untuk otomatisasi disconect dial-up connections. Hal ini dilakukan ISP untuk memuat pesan yang terbaru setiap 20 menit. Pesan tersebut bisa berita ataupun e-mail. Bila anda tetap aktif, biasanya akan terjadi pemisahan (disruptive) antara site yang aktif tersebut dengan site yang telah direvisi ISP setiap 20 menit sekali. Dengan begitu anda selalu melakukan refresh.

    Untuk menghindari hal tersebut, anda bisa menset aplikasi e-mail agar melakukan checking setiap 10 atau 15 menit sekali.

    Pada communicator,

    - Buka kotak dialog preferences, double-click kategori mail & newsgroups.

    - Sorot sub kategori mail servers.

    - Buat keneksitas mail pada filed incoming mail servers.

    - Kemudian klik tombol edit.

    - Pada kotak dialog selanjutnya, klik check-box check for mail every-minutes.

    - Set untuk selalu mencek setiap 10 atau 15 menit.

    Pada IE bisa men-setting pada dialog box options dan cari pilihan check for new masseges every-minutes.

    Pada microsoft outlook, carilah pada mail delivery tab, pada dialog box options.

    Untuk microsoft internet mail, setting dapat dilakukan di dalam read tab pada dialog box options.

    4. Keamanan

    Paa netscape dan microsoft biasanya menawarkan securiy protection, dimana keduanya juga mensupport standar security dan proteksi pada saat online. Misalnya anda meng-klik tombol security yang berada di dalam toolbar communicator’s standard buttons untuk mencari site yang asli, bila halaman tersebut merupakan cache lokal maka halaman tersebut akan di update berikut spesifikasi site yang lain. Klik tombol tersebut dimana anda melakukan transaksi secara online.

    Untuk internet explorer, anda bisa melakukan setting konfigurasi security. Anda bisa memilih dari low, medium-low, medium, dan high setting security, untuk mendapatkan full security anda bisa memilih setting high, bila tidak ingin menggunakan full security, anda bisa menggunakan setting low dan medium.

    5. Manfaatkan Bookmark

    Untuk meningkatkan efesiensi pada saat online, anda bisa menggunakan katalog dan memindahkan bookmark yang berisi web site favorit di dalam folder tertentu. Untuk membuat sebuah folder bookmark di dalam communicator, klik icon bookmarks pada toolbar location dan pilih edit bookmarks dari menu pop up.

    Pada kotak dialog bookmarks, bukalah menu file pilih new folder. Isilah nama dari folder tersebut dan provide di dalam kotak dialog bookmark properties.

    Sedangkan untuk membuat bookmark pada internet explorer, bukalah menu favorites, klik organize favorites. Pada kotak dialog selanjutnya, klik tombol create folder, isi nama folder, klik close.

    6. Proteksi

    Usahakan setiap masuk situs tertentu anda harus melengkapi sebuah user name dan password. Untuk memasukkan sebuah pass word dan username memang sangat mudah, dimana anda tinggal mengetikkan saja. Biasanya sebuah system bekerja dengan bagus untuk melakukan proteksi pada data. Tetapi yang lebih penting adalah bila anda memasukkan juga data-data lain yang lebih penting, seperti nomor credit card. Gunakanlah sebuah password yang unik, seperti menggabungkan atau mengkombinasikan antara hurup besar dan kecil serta angka, guna mendapatkan proteksi yang maksimal.

    7. Start Up
    Aturlah aplikasi internet pada posisi default, untuk menghindari kekacauan pada saat start up aplikasi internet. Bila anda menggunakan netscape communicator, bisa dilakukan setting konfigurasi aplikasi e-mail, calendar, atau HTML guna membuka aplikasi secara default. Pada dialog box preferences, sorot categori appearances, dan anda akan melihat satu daftar aplikasi communicator yang ditampilkan pada area on startup launch. Pilih option navigator pada default. Untuk merubahnya, klik option navigator untuk men-deselectnya, klik option yang anda iginkan (messenger, composer, atau calendar) sebagai aplikasi internet default, klik OK. Sekarang anda telah membuat satu aplikasi default untuk internet.

    8. Menambah Toolbar

    Pada internet explorer, user diijinkan untuk menambahkan tombol pada toolbar standar, dimana pada toolbar tersebut terdapat tombol yang menjadi default untuk standart toolbar, seperti, back, forward, stop, reload, dan print.

    Untuk menambahkan tombol tersebut, anda bisa melakukan, right-click pada area toolbar yang kosong, pilih customezi pada pop up menu.

    Kemudian akan ditampilkan dialog box customize toolbar, pilihlah tombol yang sering atau yang selalu anda butuhkan, klik close. Bila anda ingin mengembalikan seperti semula (setting default toolbar), klik tombol reset.

    9. Menghindari Spam
    Spam? Mungkin itu adalah yang paling tidak disukai pada saat membuka e-mail. Meskipun sekarang banyak software-software untuk menghilangkan spam, tetapi belum juga nampak tingkat efektiftasnya. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan dua alamat e-mail.

    Anda bisa saja membuat banyak e-mail, tetapi mungkin bisa membingungkan anda sendiri. Sebaiknya gunakanlah alamat e-mail sebagai alternatif. Misal untuk e-mail pertama ana menggunakan seperti pada Yahoo (http://www.yahoo.com/), excite (http://www.excite.com/), atau GO. Com (http://www.go.com/).

    Gunakanlah alamat e-mail yang kedua untuk berhubungan dengan siapa saja, tanpa terkecuali. Dan pasti pada alamat e-mail yang kedua akan banyak sekali terdapat spam. Untuk alamat e-mail yang utama, gunakanlah untuk berhubungan dengan teman, relasi, atau siapa saja yang anda percaya.

    10. Akses Mobile
    Dengan menggunakan perlengkapan yang bagus, anda bisa mengakses web dari mana saja. Karena saat ini sebagian besar web site telah memanfaatkan dan melengkapi dengan teknologi wireless, seperti pada yahoo mobile (http://mobile.yahoo.com/wireles/home) atau MSN mobile (http://mobile.msn.com/)

    Dengan teknologi wireless berarti anda bisa menghubungkan cellular phone, pager, atau pengendali komputer untuk mengambil informasi yang dibutuhkan. Untuk informasi yang lebih dalam mengenai akses wireless, anda bisa mengunjungi yahoo atau MSN (Microsoft Network).

    http://meppo.bppt.go.id/trik1.htm
    ====================================================

    ada yang tau cara email detect email yg dikirim dari entah berantah sebagai email gak? kl tau tolong jelasin dunk! thank's
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. arra Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 28, 2008
    Messages:
    26
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +2 / -0
    RE: 10 TIPS BROWSING INTERNET

    Wew..
    Panjangg benerr..
    pusing gw bacanya..:wacko:

    tapi tengkiuu ya inponya..:good:

    kekekekekeee..
     
  4. Golden Goal M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 12, 2008
    Messages:
    730
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,443 / -0
    RE: 10 TIPS BROWSING INTERNET

    wah stuju tuh tips no 4, bookmark.. huehue.. :meuh:

    nice post sis.. huehue..
     
  5. astrocrush M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 17, 2008
    Messages:
    302
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +9 / -0
    wah thx banget infonya
    sangat membantu dalam dunia perbrowsingan
     
    • Like Like x 1
  6. mosino M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 14, 2008
    Messages:
    475
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +527 / -0
    wew tx alot
    help me alot
     
  7. depe M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 7, 2008
    Messages:
    608
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +6,496 / -0
    nice info, thxx

    klo g sih pake satu prinsip
    jgn pake IE kecuali terpaksa huheuehe
     
    Last edited: Sep 22, 2008
  8. seamonkey M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 6, 2008
    Messages:
    331
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +152 / -0
    @depe:
    iya. gw jarang pke IE. mostly pke mozilla firefox. katanya IE sering disusupi virus ma malware. bener?
     
  9. gamelangka Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 23, 2008
    Messages:
    166
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +87 / -0
    thx infonya bro ^^!
    setuju, yg penting pke browser yg maknyoos FF ;p
     
  10. Renzonokuken Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 18, 2007
    Messages:
    5,109
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +35,917 / -0
    Pake Software CCleaner bisa ngelakuin hal2 yang diatas dengan lebih mudah :D

    Disini : www.ccleaner.com
     
  11. Dimash Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 18, 2007
    Messages:
    135
    Trophy Points:
    91
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +430 / -0
    jgn lupa antipirus.. kadang ada virus yg bandel trus nyelonong gt aja..
     
  12. WizemakerS M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 24, 2008
    Messages:
    235
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +325 / -0
    Waaah~ makasih infonya. Btw, mode mobile kalo dibuka di HP pake aplikasi bawaan rada ga nyaman. Enakan pake Opera Mini ato apa gt biar tampilan website nya sama dengan aslinya.
     
  13. junshibuya Banned User

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 4, 2008
    Messages:
    2,369
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +2,231 / -0
    Mari Bekerja Lebih Produktif

    Mari Bekerja Lebih Produktif

    Stop kepanikan karena dikejar deadline atau tugas yang bertumpuk. Ini saatnya bekerja lebih produktif.

    - Stop menunda-nunda pekerjaan.
    - Rapikan meja kerja supaya file mudah ditemukan.
    - Selalu menuntaskan tugas on time, atau lebih cepat.
    - Biasakan membuat progress report secara berkala kepada seluruh anggota tim dan atasan.
    - Jangan sekadar memenuhi tugas, tapi up grade pula kualitasnya.
    - Selalu membuat inovasi dalam pekerjaan.
    - Menyusun track record yang rapi tentang tugas apa saja yang sudah dan sedang Anda kerjakan. Ini penting untuk evaluasi.
    - Menyimpan e-mail penting dalam satu folder.
    - Unsubcribe keanggotaan milis yang tidak penting.
    - Menyingkirkan camilan dari atas meja ketika sedang ingin berkonsentrasi.
    - Menyusun pekerjaan berdasarkan skala prioritas dan mematuhinya kala bekerja.
    - Membatasi browsing dan chatting pada jam kerja, ketimbang Anda terpaksa lembur gara-gara pekerjaan tidak selesai.
    - Dua minggu sekali menyortir berkas-berkas yang sudah tidak diperlukan, pun file-file di dalam harddisk Anda.
    - Hindari bergosip ketika jam kerja supaya pekerjaan tidak keteteran.​
     
  14. junshibuya Banned User

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 4, 2008
    Messages:
    2,369
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +2,231 / -0
    Jangan Kirim CV Basi!

    Jangan Kirim CV Basi!

    Profil Anda di facebook saja perlu selalu di-update agar tidak basi. Apalagi CV.

    Riwayat Pendidikan
    Biasanya, untuk meng-upgrade pengetahuan, Anda melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau sekadar ikut berbagai kursus, workshop atau seminar. Nah, ada baiknya setiap Anda menyelesaikan satu pendidikan, Anda langsung mencantumkannya di dalam CV. Dengan begitu, kemungkinan untuk lupa jadi lebih kecil.

    Agar CV mudah dibaca, sebaiknya pisahkan pendidikan formal dan nonformal. Anda juga tak perlu merinci riwayat pendidikan formal Anda hingga ke tingkat SD, cukup mulai dari pendidikan menengah saja. Bila “koleksi” riwayat pendidikan nonformal Anda ternyata cukup panjang, pilihlah yang sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar. Ini untuk menonjolkan kualifikasi Anda dalam pekerjaan yang sedang diincar.

    Pengalaman Kerja
    Kalau Anda seorang kutu loncat, tentu harus lebih rajin meng-update CV. Pasalnya, pengalaman kerja seseorang menjadi salah satu faktor penting yang dipertimbangkan perusahaan. Apalagi, kalau pengalaman kerja di bidan gtertentu jadi salah satu syarat dalam lowongan.

    Untuk menuliskannya dalam CV, urutkan pengalaman kerja Anda dari yang terbaru. Tuliskan semua pengalaman kerja yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar, meski pekerjaan tersebut bersifat magang, freelance atau part time. Cantumkan posisi atau jawabatan dalam setiap pengalaman kerja Anda. Tuliskan tanggung jawab atau deskripsi kerja, serta prestasi yang pernah dicapai dalam pekerjaan tersebut. Dan yang tak boleh terlupakan adalah nama perusahaan tempat Anda bekerja.
    Keahlian
    Keahlian baru ini bisa Anda dapatkan melalui kursus atau pelatihan di kantor. Selain itu, belajar secara ototdidak juga bisa jadi jalan untuk menambah keahlian Anda. Apalagi bila keahlian yang Anda miliki sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar. Atau tergolong khusus, sehingga dapat menjadi nilai plus bagi Anda.
    Prestasi
    Yang satu ini juga tak boleh terlupakan. Prestasi yang Anda raih akan menunjukkan kualitas diri Anda. Namun, tak berarti Anda harus menuliskan seluruh prestasi sejak kecil. Yang terpenting tuliskan prestasi dan penghargaan yang Anda raih sejak SMA hingga yang terbaru. Misalnya, juara dalam kontes merancang situs web, menulis artikel dalam surat kabar atau majalah, dan sebagainya. Mungkin prestasi ini tak berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar, tapi akan menunjukkan bahwa Anda memiliki bakat dan kemampuan di bidang lain.
    Foto
    Terakhir dan tak kalah penting adalah foto diri terbaru. Sebaliknya, Anda ganti pasfoto yang diambil lima tahun lalu, dengan foto terbaru. Cantumkan foto Anda dengan gaya yang tidak standar. Ingat, foto juga menjadi salah satu faktor penting yang menjadi perhatian perusahaan yang Anda lamar.
     
  15. junshibuya Banned User

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 4, 2008
    Messages:
    2,369
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +2,231 / -0
    Trik lebih produktif dengan vista

    [18/12/2008] TRIK LEBIH PRODUKTIF DENGAN VISTA

    Ada banyak fitur baru dan trik tersembunyi di dalam Windows Vista. Berikut adalah sebagian yang akan membantu Anda dalam beradaptasi dengannya. Gunung Sarjono

    [FONT=verdana,arial] [/FONT] [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]SETELAH menginstalasi Windows Vista, Anda pasti mencaricari di semua sudut dan celah untuk mengetahui semua trik tersembunyi. Ada banyak fitur baru dan trik tersembunyi dalam Windows Vista dan tidak mungkin kita menemukan atau mengungkap semua trik tersembunyi tersebut di sini. Mari kita lihat beberapa di antaranya.[/FONT][/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]Menjalankan Aplikasi Favorit dengan Tombol [Windows][/FONT][/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]Anda bisa mengonfi gurasi Start Menu sebagai tempat untuk menjalankan semua program yang paling sering digunakan. Namun, Windows Vista menyediakan cara yang lebih baik supaya Anda bisa mengakses aplikasi favorit lebih cepat, yaitu dengan menggunakan tombol [Windows].[/FONT][/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]Untuk menggunakan trik tersembunyi ini, yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan shortcut aplikasi favorit ke toolbar Quick Launch. Anda bisa memasukkan 10 shortcut tombol [Windows]. Secara default, shortcut Shows Desktop dan Window Switcher sudah ada di toolbar Quick Launch. Jadi dengan asumsi, Anda tetap membiarkan mereka di situ berarti tinggal 8 shortcut yang bisa dimasukkan.[/FONT][/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]Dari kiri ke kanan, shortcut pertama otomatis adalah [Windows]+1, kedua adalah [Windows]+2, dan seterusnya. Dengan demikian, shortcut kesepuluh otomatis adalah [Windows]+0. Dengan meng-unlock Taskbar dan mengekspan toolbar Quick Launch, Anda bisa mengatur shortcut sesuai urutan yang diinginkan.[/FONT][/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]Setelah menghafalkan angka tombol [Windows] yang digunakan sebagai shortcut; Anda bisa mengembalikan toolbar Quick Launch ke ukuran default (dan mengunci Taskbar) supaya semua ruang pada Taskbar seperti biasa.[/FONT][/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]Dua kombinasi tombol [Windows] yang mungkin berguna adalah [Windows]+T untuk berpindah program dengan menggunakan fitur Live Taskbar dan [Windows]+[Spacebar] untuk menampilkan Windows Sidebar.[/FONT][/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]Mengganti Icon View dengan Roda Mouse[/FONT][/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]Jika menggunakan Windows Explorer, maka Anda pasti sudah tahu menu Views yang baru. Anda tinggal klik panah di sebelah icon Views untuk menampilkan menu Views, dankemudian menyeret slider ke atas atau bawah untuk mengubah ukuran dan tampilan icon file dan folder. Mengklik panah dan menyeret slider memang cukup gampang, tapi ada cara yang lebih mudah.[/FONT][/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]Tahan tombol [Ctrl] dan gerakkan roda mouse ke atas atau bawah untuk mengubah ukuran icon dari Tiles ke Extra Large Icons. Kombinasi tombol [Ctrl] dan roda mouse juga berfungsi pada Desktop. Ketika berada di Desktop, tahan tombol [Ctrl] dan gerakkan roda mouse ke atas atau bawah untuk mengubah ukuran icon dari ukuran yang sangat kecil sekali 16 x 16 sampai yang sangat besar 256 x 256.[/FONT][/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]Menampakkan Menu Bar pada Windows Explorer[/FONT][/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]Seperti yang Anda lihat pada gambar, Menu Bar pada Windows Explorer tidak lagi tampak. Namun, ia masih tetap di situ, seperti yang ditunjukkan pada gambar lainnya. Tekan saja tombol [Alt] untuk menampilkan atau menyembunyikan Menu Bar. Jika Anda mau menampilkan Menu Bar secara permanen, klik panah di sebelah icon Organize, pilih Layout, dan kemudian klik Menu Bar.[/FONT][/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]Menu Bar juga tidak lagi tampak pada Internet Explorer 7; Namun, Anda bisa menggunakan trik yang sama—tekan saja tombol [Alt] untuk menampilkan atau menyembunyikan Menu Bar. Jika Anda mau menampilkan Menu Bar secara permanen, klik kanan di sembarang tempat kosong pada toolbar IE, dan kemudian klik Menu Bar.[/FONT][/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]Mengcopy Path ke Clipboard Secara Instan[/FONT][/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]Apakah Anda pernah ingin mendapatkan path suatu file yang terdapat jauh di dalam folder? Jika ya, Anda tahu urutannya: jalankan Windows Explorer, pergi ke folder tempat file berada, copy path pada address bar, paste ke Notepad, dan kemudian mengetikkan nama filenya.[/FONT][/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]Untungnya, dengan Windows Vista Anda tidak lagi harus melakukan aksi tersebut untuk mendapatkan path suatu file. Yang perlu Anda lakukan hanyalah tahan tombol [Shift], klikkanan file atau folder, dan pilih perintah baru bernama Copy as Path. Ketika diklik, path file atau folder akan di-copy ke Clipboard dan Anda bisa mem-paste-nya ke manapun Anda inginkan.[/FONT][/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]Log on Otomatis[/FONT][/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]Seperti yang telah kita ketahui, salah satu bagian yang mengalami banyak peningkatan pada Windows Vista adalah sekuriti. Namun, jika komputer di rumah hanya dipakai oleh Anda, maka mungkin tidak perlu harus logon setiap kali menyalakan komputer. Untungnya, Anda bisa mengonfigurasi Windows Vista supaya otomatis logon dengan account Anda ketika komputer dinyalakan.[/FONT][/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]Untuk melakukannya, klik tombol Start, ketik netplwiz pada boks Start Search dan kemudian tekan [Enter]. Anda akan melihat kotak dialog UAC; klik Continue atau masukkan ID Administrator. Pada waktu kotak dialog User Account tampil, pastikan yang dipilih pada daftar User for this computer adalah account Anda. Selanjutnya, hilangkan tanda centang ([1]) pada User must enter a user name and password to use this computer, dan kemudian klik OK.[/FONT][/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]Anda akan melihat kotak dialog Automatically Log On, dan diminta untuk memasukkan password Anda sebanyak dua kali. Untuk melanjutkan, klik OK dan restart sistem Anda. [/FONT][/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]Ketika Windows Vista boot, sistem otomatis akan masuk dengan account Anda.[/FONT][/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]Membuat Command Prompt Administratif[/FONT][/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]Ketika menjalankan Windows Vista dengan user account biasa, Anda bisa menggunakan Run as administrator untuk membuka command prompt administratif. Untuk melakukan-nya, klik kanan shortcut Command Prompt dan kemudian klik Run as administrator. Anda akan melihat kotak dialog UAC yang meminta Anda untuk memasukkan password Administrator. [/FONT][/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]Cara lain, klik kanan shortcut Command Prompt dan kemudian klik Properties. Pada waktu kotak dialog Properties tampil, klik Advanced. Ketika Anda melihat kotak dialog Advanced Properties, beri tanda centang ([1]) Run as administrator. Kemudian, klik OK dua kali, untuk menutup kotak dialog. Sekarang, ketika menjalankan Command Prompt, Anda akan langsung melihat kotak dialog UAC yang meminta Anda untuk memasukkan password Administrator.[/FONT][/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]Cek Status Lisensi[/FONT][/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]Mengaktifkan lisensi Windows Vista merupakan hal penting. Untuk mengecek status lisensi Anda, buka System dengan menekan tombol [Windows]+[Break] dan cek di bagian Windows activation untuk melihat apakah sudah diaktivasi. Namun selain itu, Microsoft juga menyertakan tool VBScript yang akan memberi sedikit informasi tambahan mengenai lisensi Anda.[/FONT][/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]Untuk menjalankan tool VBScript ini, tekan tombol [Windows]+R untuk membuka kotak dialog Run. Ketik slmgr. vbs –dli pada boks Open, dan kemudian klik OK. Dalam waktu yang tidak beberapa lama, kotak dialog Windows Script Host tampil. Seperti yang Anda lihat, selain menyebutkan bahwa Windows Vista Anda memang berlisensi, di situ jugadisebutkan edisi yang digunakan, pembeliannya (Retail atau OEM), dan lima karakter terakhir dari product key.[/FONT][/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]Menggunakan Check Box untuk Memilih File[/FONT][/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]Pada waktu memilih beberapa file di Windows Explorer, Anda bisa menahan tombol [Ctrl] ketika mengklik setiap file. Jika posisi file berurutan, Anda bisa memilih file pertama, tahan tombol [Shif] dan pilih file terakhir. Namun, ketika melakukannya kadang kala kita slip dan harus memulai dari awal. Pada Windows Vista Anda bisa meletakkan check box di sebelah file. Dengan demikian, Anda bisa memilih file di Windows Explorer seperti halnya memilih file ketika melakukan backup.[/FONT][/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]Untuk meng-enable fitur ini, jalankan Windows Explorer, tekan tombol [Alt] untuk menampilkan Menu Bar, klik Tools, dan kemudian klik Folder Options. Pada waktu kotak dialog Folder Options tampil, klik tab View. Selanjutnya, di bawah Advanced settings, gulung daftar sampai bawah dan beri tanda centang ([1]) Use check box to select items. Klik OK. [/FONT][/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]Sekarang ketika Anda mengarahkan pointer mouse ke atas file di Windows Explorer, sebuah check box akan tampil di sebelahnya. Jika dicentang ([1]) , check box akan tetap tampil di sebelah file dan file akan dipilih. Anda bisa lanjut memilih dengan melakukan langkah yang sama sampai semua file yang diinginkan terpilih. Anda juga akan melihat ada check box di judul kolom Name. Jika Anda centang ([1]) check box tersebut, semua file pada folder akan dipilih.[1][/FONT][/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]LEBIH LANJUT[/FONT][/FONT]
    [FONT=verdana,arial][FONT=Times New Roman, Times, Serif]http://commandwindows.com/shell.htm[/FONT][/FONT]
     
    • Like Like x 1
  16. junshibuya Banned User

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 4, 2008
    Messages:
    2,369
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +2,231 / -0
    [6/6/2008] MEMBANGUN CRM

    “Pelanggan adalah raja” sudah seharusnya tidak hanya diucapkan, terutama bagi Anda yang berniat mewujudkan sistem Customer Relationship Management (CRM). Joko Nurjadi

    [FONT=verdana,arial] [/FONT] [FONT=verdana,arial] [/FONT]


    [FONT=verdana,arial]TIDAK SEMUA pelaku bisnis yang menawarkan suatu produk menyadari pentingnya pelayanan terhadap customer, hal ini dapat timbul karena berbagai alasan. Antara lain bisa jadi disebabkan karena kurang menyadari aspek kepuasan customer, ataupun karena dirasakan produk yang dijual merupakan produk yang tidak pernah sepi dari peminat sehingga tidak ada kekhawatiran ditinggalkan oleh customer.[/FONT] [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Atau bahkan yang lebih ekstrim lagi, mungkin Anda sering menemui customer yang menyebalkan sehingga Anda tidak merasa harus memanjakannya. Jika Anda memiliki anggapan seperti ini, sebaiknya segera buang jauh-jauh sebelum sentimen Anda semakin besar, terutama karena dapat berisiko menjadi akhir karir Anda (jika Anda merupakan karyawan) atau akhir bisnis Anda (jika Anda merupakan pemilik usaha). [/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Coba sejenak kita bayangkan, seberapa besar sesungguhnya keuntungan yang dapat lepas begitu saja jika kita tidak mempedulikan kepuasan customer. [/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Posisikan diri Anda saat ini pada pihak pembeli. Pastinya bukan hal yang sulit karena setiap orang tentu pernah menjadi pembeli atau pengguna produk tertentu. [/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Ambil suatu contoh sederhana, misalnya apa ponsel yang Anda gunakan? Bagaimana pelayanan customer service saat ponsel Anda bermasalah? Jika memuaskan, tentunya Anda dapat saja merekomendasikannya kepada rekan-rekan Anda sebagai salah satu nilai tambah produk tersebut.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Sebaliknya, bagaimana jika Anda pernah merasa kecewa dengan sebuah pelayanan produk tertentu? Mungkin hati Anda rasanya tidak akan lega sebelum Anda mencurahkan keluhkesah mengenai pelayanan yang kurang baik tersebut pada rekan-rekan Anda, dan ini merupakan pesan berantai yang buruk bagi kelangsungan produk tersebut.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]CRM[/FONT]
    [FONT=verdana,arial]CRM (Customer Relationship Management) merupakan sebuah strategi bisnis yang berorientasi pada customer, dengan tujuanakhirnya memaksimalkan profit perusahaan dan kepuasan kustomer.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Fungsi CRM terbagi-bagi untuk mendukung kegiatan bisnis perusahaan, seperti penjualan/sales, marketing, customer service, training, HRD, dan seterusnya. Jelaslah bahwa ciri sebuah CRM adalah mengintegrasikan bagian-bagian yang memiliki mata rantai dengan customer. [/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Persaingan bisnis saat ini tidak hanya dapat mengandalkan produk semata, didorong dengan semakin ketatnya kompetisi, juga dikarenakan kemajuan informasi teknologi itu sendiri, kebutuhan akan sistem CRM akan semakin terasa hari demi hari.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Secara operasional, CRM mendukung proses bisnis front office seperti penjualan, marketing, ataupun service. Perhatikan bahwa kegiatan-kegiatan tersebut berinteraksi dan sangat berhubungan erat dengan customer.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Seluruh kegiatan tersebut tersimpan secara historikal pada database membentuk suatu knowledge base, dan staf pengguna CRM di dalam perusahaan dapat mengambil informasi yang diperlukan.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Strategi dan sistem CRM sangat beragam, baik dari sisi kompleksitasnya maupun ruang lingkup, tetapi secara garis besar sistem CRM akan berusaha mendapatkan, meningkatkan, dan mempertahankan customer.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Produk CRM yang ternama adalah SAP CRM, yang merupakan salah satu dari lima aplikasi enterprise di dalam Business Suite SAP. Contoh vendor lainnya adalah Salesforce.com, aplikasi CRM dari Oracle, Siebel Systems, PeopleSoft, dan lain sebagainya.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Selain itu, juga tersedia CRM open source seperti SugarCRM. Saat ini SugarCRM tersedia dalam tiga versi, yaitu Sugar Community Edition (versi gratis), Sugar Profesional, dan Sugar Enterprise.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Apa saja yang dapat dihasilkan oleh CRM? Ternyata tidak semata-mata memanjakan customer, banyak hal positif lain yang dapat terbantu dengan adanya CRM, antara lain:[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]1. Dapat dilakukan analisis mengenai customer berdasarkan kriteria tertentu.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Analisis yang dapat dihasilkan sangat beragam berdasarkan data informasi yang masuk, berupa pertanyaan, pengaduan, ataupun saran customer sering membantu perusahaan untuk memperbaiki produk dan service-nya. Tetapi, jangan sampai berhenti pada analogi customer menemukan lubang dan produsen menambal lubang tersebut, karena inovasi-inovasi juga dapat dilakukan berdasar analisis customer. Contohnya jika didapatkan data bahwa mayoritas customer produk XYZ berasal dari batasan usia tertentu, maka dapat dipikirkan inovasi dan produk yang cocok diterapkan yang ditujukan khusus pada customer dalam batasan usia tersebut.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]2. Informasi customer dapat disimpan pada sebuah data historikal sehingga memudahkan proses selanjutnya.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Mungkin Anda sering mendengar seseorang mengatakan “Saya sudah tiga kali komplain untuk masalah yang sama tetapi sampai sekarang tak ada kelanjutannya!”. Apa yang Anda pikirkan saat mendengar keluhan itu? Mungkin muncul rasa iba atau pemikiran negatif pada pelayanan produk yang dikeluhkan, ataupun merasa menemukan teman seperjuangan karena Anda juga mengalami hal serupa! Tidak ada yang dapat menebak kapan seorang customer akan menghubungi customer service, dan saat hal itu terjadi, alangkah baiknya jika operator yang bertanggung jawab melayani customer tersebut memiliki data historikal customer yang bersangkutan, sehingga operator dapat mengetahui apa saja yang pernah dikeluhkan customer dan proses penyelesaiannya. [/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]3. Dapat menampilkan warning atau reminder. [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Bayangkan betapa merasa tersanjungnya seorang customer jika sistem Anda mengucapkan selamat ulang tahun lebih dulu dibandingkan pasangan atau kenalan customer tersebut, ini merupakan salah satu contoh kegunaan warningatau reminder pada sistem CRM. Tidak terbatas hanya untuk memanjakan customer, warning, atau reminder juga dapat digunakan untuk mengingatkan customer pada event tertentu, misalnya tanggal jatuh tempo produk/service tertentu, hal ini akan membantu memperlancar kegiatan bisnis.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Kerahasiaan Data[/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Salah satu fungsi utama software CRM adalah mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan customer. Untuk itu, perusahaan harus menjaga kerahasiaan dan keamanan data customer. [/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Kepercayaan customer sering kali perlu dibangun melalui proses yang tidak semudah membalikkan telapak tangan, terutama karena kekhawatiran dampak negatif kemajuan teknologi yang serba online dan ketatnya kompetisi bisnis yang mendorong beberapa pihak terkadang tidak mempedulikan etika dalam persaingan mendapatkan (atau bahkan merebut) customer.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Maka dari itu, meyakinkan customer bahwa data mereka aman di tangan Anda adalah suatu proses membangun kepercayaan customer.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Tidak jarang sebagian customer meminta jaminan bahwa data mereka tidak akan dibagikan dan tidak boleh diakses oleh pihak ketiga tanpa izin. Karena itu, sebuah sistem CRM mutlak memerlukan keamanan yang baik.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Adalah suatu komitmen penting untuk meyakinkan customer bahwa sistem CRM melindungi data pribadi customer dari penyalahgunaan dan ancaman dari pihak manapun. [/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Justru perlu ditekankan bahwa sistem CRM akan mempermudah proses konsolidasi data dan informasi customer saat dibutuhkan oleh divisi-divisi yang berbeda pada perusahaan.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Implementasi[/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Tidak ada batasan yang baku bagaimana implementasi, bentuk ataupun modul-modul yang dimiliki sebuah software CRM, karena sekali lagi pengertian CRM lebih merujuk pada strategi bisnis. [/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Karena itu tidak terbatas pada perusahaan komersial, sebuah usaha rumah makan, warnet, game center, peminjaman buku, bengkel, dan sebagainya juga dapat menerapkannya. [/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Khusus dalam kaitannya dengan perusahaan komersial, software CRM umumnya menggunakan relational database dengan dukungan modul-modul siap pakai, tetapi implementasi CRM kenyataannya tidaklah semudah membeli lalu menginstal software CRM, serta membaca petunjuk penggunaan.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Sebuah survai bahkan menyatakan lebih dari 50 persen implementasi CRM gagal diterapkan. Memang sebuah angka statistik yang cukup mengerikan, tetapi kabar baiknya adalah segmen CRM juga terus berkembang. Sebuah polling pada website http://www.swa.co.id mengungkapkan bahwa lebih dari 87 persen pemilih setuju jika dikatakan CRM saat ini merupakan hal paling penting dalam mempertahankan suatu bisnis yang penuh dengan kompetisi.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Strategi CRM digunakan tidak hanya pada perusahaan besar, tetapi juga perusahaan menengah ke bawah.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Hal ini didasari bahwa setiap pelaku bisnis atau perusahaan pada dasarnya memiliki kesempatan yang luas untuk mendapatkan segmen pasar, salah satu penunjangnya tentulah teknologi. Contohnya Internet, di mana pelaku bisnis dapat melakukan promosi produk dan jasa dengan biaya jauh lebih murah ketimbang membayar iklan billboard atau tampil di televisi.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Pelayanan customer juga tidak terbatas harus mendirikan kantor yang beroperasi khusus sebagai call center atau customer service, karena staf yang bersangkutan dapat beroperasi melalui chatroom ataupun instant messenger. Dari sisi customer pun hanya perlu memiliki koneksi Internet untuk berinteraksi dengan bagian pelayanan.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Jadi, implementasi CRM bukan terbatas pada lingkungan perusahaan besar, tetapi baik perusahaan besar, menengah, kecil, dan setiap badan usaha lainnya, harus memiliki strategi bisnis yang tepat.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Implementasi CRM harus difokuskan pada strategi yang disesuaikan dengan situasi perusahaan secara spesifik, serta kebutuhan dan harapan customer. Mengenali behaviour customer akan membantu Anda menerapkan strategi yang tepat untuk menghadapi customer tertentu. [/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Sebagai contoh, sebuah perusahaan tentunya tidak akan melewatkan kesempatan untuk melakukan pendekatan khusus terhadap customer aktif yang berpotensi melakukan transaksi besar dan menguntungkan perusahaan. [/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Identifikasi dan pendekatan customer seperti ini sering menjadi tugas yang diemban tim penjualan dan marketing.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Apakah ini berarti harus diterapkan diskriminasi pelayanan terhadap customer? Diskriminasi mungkin bukan kata yang tepat, karena secara umum tentunya perusahaan ingin selalu menjaga dan membangun kepercayaaan customer lama. [/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Mampu memberikan perhatian khusus terhadap kelompok customer tertentu lebih merupakan cermin keberhasilan CRM dalam menganalisis dan mengenali customer. [/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Salah satu bentuk kategorisasi customer yang sering kita temui adalah dengan menggolongkan customer ke dalam tingkatan status seperti member gold, platinum, silver, dan seterusnya. Pendekatan customer seperti memberikan alternatif dan informasi secara bersahabat yang akhirnya dapat mendorong sang customer melakukan upgrade status merupakan salah satu contoh perhatian yang menguntungkan, baik customer maupun perusahaan.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Sering kali implementasi CRM melibatkan profesional CRM yang menyediakan jasa konsultasi dan implementasi. Tentunya para profesional tersebut memiliki kualifikasi berkaitan dengan elemen-elemen yang diperlukan dalam implementasi CRM. Beberapa produk CRM bahkan tersedia dalam bentuk CRM on demand, artinya pengguna CRM tidak harus membeli produk CRM, tetapi dapat menyewanya dengan ketentuan yang disepakati. Penyedia CRM on demand yang popular adalah Salesforce.com.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Laporan[/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Tidak lengkap rasanya jika sebuah sistem tidak memiliki laporan dan laporan pada CRM sangat menentukan untuk proses analisis customer. [/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Menganalisis laporan merupakan suatu seni tersendiri, ibarat seorang pelukis, laporan bagaikan warna-warna yang harus Anda racik dan pergunakan untuk menghasilkan gambar utuh yang mencerminkan tujuan Anda.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Contohnya adalah memprediksikan kebutuhan customer di masa yang akan datang dari historikal transaksi yang dilakukannya, hasil survey yang disebarkan, dan laporan-laporan terkait lainnya yang diambil dari knowledge base pada sistem.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Jika Anda memiliki produk yang beragam, perlu dipertimbangkan kemungkinan melakukan cross selling setelah menganalisis laporan, cross selling merupakan kegiatan menjual produk lain yang mungkin diperlukan oleh customer, sehingga diharapkan dapat mendongkrak penjualan produk tersebut.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Fungsi laporan tidak terbatas hanya untuk menampilkan tren yang bersifat mayor, misalnya customer dengan transaksi ter-banyak, produk yang paling diminati, komplain customer yang paling sering dikeluhkan, dan lain-lain.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Kadang kala dengan melihat laporan yang bersifat minor, juga dapat diambil suatu analisis yang bermanfaat. Contohnya dengan menganalisis laporan customer dengan transaksi terendah, mungkin dapat dihasilkan cara-cara pendekatan yang cocok pada customer yang bersangkutan.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Demikian juga laporan seperti produk yang paling tidak diminati, komplain yang bersifat minor, dan seterusnya, selalu dapat dihasilkan analisis yang dapat bermanfaat dan merupakan wujud keperdulian menyeluruh terhadap customer.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Secara otomatis, strategi marketing yang baik akan semakin berkembang seiring dengan analisa laporan yang dihasilkan. Perkembangan CRM[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Teknologi tidak dapat dipungkiri akan terus membawa perubahan baru terhadap penerapan strategi bisnis, termasuk di dalamnya penerapan CRM. [/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Saat ini terdapat suatu dilema, operasional bisnis diharapkan selalu online di manapun dan kapanpun, sedangkan pengguna atau staff perusahaan tidak lagi identik dengan orang-orang yang berada di depan komputer. [/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Bisnis diharapkan dapat terus berjalan walaupun Anda sebagai pelaku operasional bisnis sedang berada di kemacetan jalan atau berada di tempat lain (bahkan bisa jadi di luar kota atau benua lain), customer pun sudah semakin kritis dan dapat menumpahkan keluh-kesahnya pada customer service sambil menyantap hidangan makan siang.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Karena itu tidak mengherankan jika CRM pun mulai diterapkan pada teknologi mobile. Contohnya seperti yang ditawarkan oleh Microsoft dengan Microsoft Dynamics CRM Mobile. Vendor lain seperti Salesforce.com juga tidak ketinggalan menawarkan platform mobile dalam produknya. [/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Walaupun demikian, perlu dicamkan CRM tidak identik dengan teknologi, teknologi hanyalah bersifat sebagai tools dan salah satu elemen penunjang CRM.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Bagaimana Anda mengimplementasikan CRM akan lebih memegang peranan akan keberhasilan penerapan CRM dalam perusahaan/bidang usaha Anda. Prinsip dasarnya sederhana, yaitu menjaga hubungan yang baik terhadap customer.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]LEBIH LANJUT[/FONT]
    [FONT=verdana,arial]· [/FONT][FONT=verdana,arial]http://en.wikipedia.org/wiki/Customer_relationship_management[/FONT]
    [FONT=verdana,arial]· [/FONT][FONT=verdana,arial]http://www.crm-strategy.net[/FONT]
    [FONT=verdana,arial]· [/FONT][FONT=verdana,arial]http://www.itbusinessedge.com/item/?ci=19181[/FONT]
     
  17. junshibuya Banned User

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 4, 2008
    Messages:
    2,369
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +2,231 / -0
    7 Alasan Mencari Pekerjaan Baru

    Jika Anda selalu ingin meninggalkan pekerjaan sekarang tapi tak pernah berani melakukannya, inilah tujuh alasan mengapa Anda harus pergi dan mendapatkan pekerjaan baru.
    1. STRES BERKEPANJANGAN
    Jika tiap pagi Anda tidak pernah bersemangat berangkat ke kantor dan tubuh mendadak sakit, itu pertanda Anda telah terserang stres cukup tinggi. Penyebabnya bisa jadi karena lingkungan pergaulan di kantor sudah tidak lagi nyaman, pekerjaan overload dan sebagainya. Stres yang tinggi bisa memengaruhi kesehatan mental dan fisik Anda. Jadi, jangan tunda lagi, mungkin sekaranglah saatnya Anda mencari tempat atau pekerjaan baru yang minim stres.

    2. KARIER MENTOK
    Jika Anda merasa karier di kantor jalan di tempat, pindah ke tempat baru adalah solusi masuk akal yang layak dipertimbangkan. Dengan pengalaman yang Anda miliki, banyak perusahaan yang membutuhkan Anda dan bersedia menempatkan Anda di posisi yang lebih baik.

    3. NEED MORE MONEY
    Di tempat sekarang mungkin Anda sulit sekali meminta kenaikan gaji karena satu dan lain hal. Tapi di tempat baru, nilai Anda akan jauh lebih tinggi. Saat wawancara kerja Anda bisa menegosiasikan gaji dari awal seperti yang Anda inginkan.

    4. FASILITAS LEBIH BAIK
    Jika Anda sering mengeluh karena fasilitas yang Anda dapat di kantor belum memadai, Anda bisa dapatkan hal ini di tempat baru. Dari sekian tawaran yang datang, tentunya Anda memilih perusahaan yang memberikan fasilitas terbaik, bukan?

    5. BUTUH WAKTU
    Di kantor sekarang Anda sulit menyisihkan waktu luang, karena waktu Anda habis mengerjakan pekerjaan di kantor. Dengan mencari pekerjaan baru, Anda bisa memilih pekerjaan yang tidak banyak menyita waktu Anda. Misal, jika jam kantor Anda tidak menentu, sering lembur atau mengenal shift, Anda bisa memilih pekerjaan yang mempunya jam kerja nine to five.

    6. TUA DI JALAN
    Jarak tempuh yang jauh atau macet dari rumah ke kantor membuat Anda seringkali tua di jalan. Lelah fisik sudah pasti. Salah satu solusinya adalah mencari tempat kerja yang lebih terjangkau. Dengan mencari tempat yang baru, Anda bisa memilih lokasi kerja yang lebih strategis.

    7. MEMBANGUN REPUTASI
    Kalau Anda ingin bekerja di perusahaan yang lebih bonafid, Anda sebaiknya rela meninggalkan perusahaan yang sekarang. Bekerja di perusahaan yang memiliki reputasi bagus bisa meningkatkan nilai jual Anda.
     
  18. junshibuya Banned User

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 4, 2008
    Messages:
    2,369
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +2,231 / -0
    Mengurangi anggaran ti

    [13/6/2008] MENGURANGI ANGGARAN TI

    Tidak ada yang suka diberi anggaran sedikit, tapi pada sebagian besar organisasi semua bagian anggarannya dikurangi—dan itu termasuk TI. Gunung Sarjono

    [FONT=verdana,arial] [/FONT] [FONT=verdana,arial]PERTANYAANNYA adalah bukan mengurangi anggaran, tapi bagaimana melakukannya supaya tidak mempersulit organisasi dan karyawan. Kita lihat beberapa cara yang untuk menghemat dengan melakukan perubahan kecil (dan tidak begitu kecil).[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Tunda Upgrade yang Tidak Perlu[/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Jika bagian TI Anda mempunyai kebiasaan meng-upgrade ke operating system versi terbaru segera setelah diluncurkan (atau segera setelah service pack dirilis, atau jangka waktu lainnya), pertimbangkan lagi hal tersebut. Apakah Anda benar-benar perlu fitur yang ditawarkan oleh OS yang baru? Apakah fitur tersebut benar-benar meningkatkan produktivitas, menyelesaikan masalah pada software eksisting, atau menghemat uang Anda? Jika tidak, mungkin tidak masalah menunda upgradesetahun lagi atau lebih.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Ingat bahwa meng-upgrade operating system tidak hanya membutuhkan uang untuk membeli lisensinya, tapi juga Anda harus mengeluarkan uang buat meng-upgrade hardware untuk mendukung OS yang baru. Dan ada biaya tidak langsung, seperti biaya administratif selama proses upgrade dan pelatihan user.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Ini juga berlaku buat aplikasi produktivitas, seperti Office. Apakah Anda diuntungkan oleh fitur yang baru atau Anda biasa melakukan upgrade setiap kali versi baru diluncurkan? Banyak perusahaan menghemat uang dengan meng-upgrade ke rilis baru tertentu saja. Tentu saja, meng-upgrade itu baik, tapi lakukan dulu analisis biaya-manfaat.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Jangan Beli Jajaran Model Paling Tinggi [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Suka atau tidak, hardware pada akhirnya rusak atau ketinggalan zaman. Pada waktu tiba saatnya untuk membeli komputer baru baik itu server atau desktop—Anda bisa menghemat banyak uang dengan tidak membeli jajaran model paling tinggi. Pada waktu membeli processor tercepat di pasaran misalnya, Anda mengeluarkan banyak uang. Processor yang satu tingkat di bawah mungkin jauh lebih murah. [/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Dan satu hal yang pasti pada industri TI adalah jajaran model paling tinggi tidak akan lama berada di atas. Dalam beberapa bulan, model lebih cepat akan keluar dan harga perangkat mahal tersebut akan jatuh seperti batu.Tentu saja, Anda juga tidak ingin berhemat dengan membeli sistem lama yang lambat. Yang paling ekonomis biasanya satu atau dua tingkat di bawah jajaran model paling tinggi.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Gabungkan Server[/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Virtualisasi server sudah menjadi tren dan ada alasan yang bagus: menggabungkan beberapa fisik server menjadi satu (atau lebih sedikit) mesin dengan menggunakan teknologi virtualisasi, seperti Microsoft Virtual Server, VMWare ESX Server, atau Windows Server 2008 Hyper-V, bisa menghemat pengeluaran untuk biaya hardware, biaya listrik dan pendingin, dan beban administratif.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Dedicated server sering kali tidak digunakan secara maksimal, tapi menggabungkan aplikasi/fungsi server pada komputer yang sama bisa jadi mimpi buruk administratif dan sekuriti. Dengan virtualisasi, setiap fungsi server bekerja pada komputer logikal (virtual) terpisah dan muncul di jaringan dengan nama sendiri, alamat IP sendiri, dan sebagainya, tapi komputer logikal ini berjalan pada hardware yang sama. Penggabungan server juga mengurangi besar ruangan server yang Anda butuhkan, sehingga Anda menghemat uang dalam menyewa ruang kantor.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Virtualisasi Aplikasi[/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Penggabungan server bukan satu-satunya penggunaan teknologi virtualisasi. Virtualisasi aplikasi dengan teknologi seperti Microsoft SoftGrid bisa menghemat uang Anda dengan mengurangi biaya administratif dalam menginstalasi, memelihara, dan troubleshooting aplikasi. Karena virtualisasi aplikasi diinstalasi pada server bukannya client, administrator tidakharus beberapa kali menginstalasi program pada komputer yang berbeda.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Virtualisasi aplikasi juga melindungi OS dan aplikasi lain dari software dengan bug, mengurangi, atau menghilangkan downtime. Dan karena virtualisasi aplikasi menggunakan resource yang lebih sedikit dibanding komputer virtual, Anda bisa menggunakan hardware yang tidak begitu mahal.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Gunakan Thin Client[/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Thin client merupakan cara lainnya untuk mengurangi biaya hardware dan memungkinkan Anda untuk memberikan desktop modern kepada user dengan menggunakan komputer client lama. Windows Terminal Service pada Windows Server 2003 dan Windows Server 2008 bisa dikonfi gurasi supaya user bisa mengakses desktop Windows atau memilih aplikasi pada terminal server melalui LAN atau Internet.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Seperti halnya virtualisasi aplikasi, administrasi, pemeliharaan, dan troubleshooting aplikasi dilakukan secara tersentral, sehingga menghemat pengeluaran administratif. Program bisa diinstalasi dan di-update lebih cepat , dan lebih sedikit bandwidth jaringan yang digunakan untuk aplikasi remote access. Ada banyak metode thin client, seperti teknologi baru bernama “zero client” dari Pano Logic.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Selektif dalam Menginstalasi Software Open Source[/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Software open source sering kali tersedia gratis, tapi banyak yang tidak memberikan garansi, program pelatihan formal, atau technical support. Update bisa ada atau bisa tidak. Beberapa organisasi kembali ke software komersial setelah menginstalasi operating system dan aplikasi open source, karena masalah ini. Kerugian lain dari beberapa produk open source terhadap bisnis adalah kurangnya integrasi dengan software komersial yang mungkin digunakan oleh bagian lain, rekanan, pelanggan, dan sebagainya. Biasanya program open source cenderung butuh keahlian teknis lebih, meskipun beberapa software telah lebih user-friendly.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Anda bisa menggunakan open source pada organisasi jika diinstalasi secara hati-hati dan selektif. Server open source (Linux/Unix-based) cocok untuk dedicated server tertentu jika Anda punya bagian TI yang mempunyai pengetahuan dan keahlian dalam OS tersebut. Operating system open source pada desktop bisa saja digunakan untuk user yang punya keahlian teknis lebih.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Aplikasi open source seperti OpenOffice yang menawarkan kompatibilitas dengan format file aplikasi komersial mungkin cocok untuk beberapa user, terutama mereka yang hanya sekali-sekali membuat dokumen dan tidak perlu fitur canggih dari program komersial seperti Word. Penilaian di mana software open source bisa diinstalasi dan pengetahuan yang memadai bisa membantu Anda dalam mengintegrasikannya ke jaringan sehingga bisa menghemat uang Anda.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Kurangi Frekuensi Rapat[/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Rapat memakan banyak waktu yang lebih baik dihabiskan untuk pekerjaan yang lebih produktif. Ini terjadi di semua organisasi, tanpa kecuali bagian TI. Anda bisa mengurangi waktu rapat dengan merencanakan secara saksama, membuat agenda dan tetap pada topik, serta diikuti oleh orang-orang yang benar-benar perlu hadir.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Pada banyak kasus, tujuan rapat bisa dicapai jauh lebih efisien melalui e-mail atau telephone conference. Rapat di lokasi yang jauh mempunyai beban lebih besar dalam waktu perjalanan dan pengeluaran. Jika harus melakukan komunikasi tatap muka, Anda bisa menggunakan video conference untuk menghemat waktu dan uang.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Cari Altenatif Pelatihan Baru[/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Pelatihan sering kali menjadi salah satu sasaran pertama ketika anggaran dikurangi, tapi menghilangkan semua pelatihan bisa menyebabkan pengeluaran perusahaan yang lebih besar pada jangka panjang. Karyawan TI perlu mengikuti perkembangan teknologi yang mereka pasang dan kelola; kesalahan bisa menyebabkan downtime yang mahal atau bahkan hilangnya data penting.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Pada waktu mengurangi pelatihan, tetap lakukan perencanaan untuk memelihara dan meng-update pengetahuan dan keahlian bagian TI. Ada beberapa cara untuk menghemat uang dalam pelatihan. Daripada menghadiri konferensi offsite yang mahal karena harus melakukan perjalanan, Anda bisa melakukan pelatihan onsite atau menggunakan pelatihan berbasis komputer dan program otodidak. untuk mencapai hal yang sama.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Dukung bagian IT untuk tetap belajar. Jika perusahaan tidak lagi bisa membayar semua pengeluaran untuk sertifi kasi karyawan misalnya, Anda masih bisa menutupi sebagian pengeluaran tersebut (seperti biaya ujian) dan/atau menawarkan insentif finansial atau yang lain—kepada karyawan yang bisa menyelesaikan pelatihan sendiri. [/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Ganti Link WAN Dedicated dengan VPN Lokasi ke Lokasi[/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Jika bisnis Anda mempunyai beberapa cabang dan Anda menggunakan dedicated leased line untuk menghubungkan mereka, mungkin kini saatnya untuk menghilangkan mahalnya link dedicated dan menggantinya dengan koneksi VPN lokasi ke lokasi. Dengan melakukan ini, perusahaan bisa menghemat biaya bulanan puluhan jutaan rupiah.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Outsource Beberapa Pekerjaan[/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Outsourcing merupakan isu yang sensitif. Banyak orang, mendengarnya saja, langsung berpikir pengurangan karyawan dan pekerjaan diberikan ke tangan pihak lain. Namun, outsourcing yang bijak bisa lebih memberdayakan karyawan yang ada sehingga operasional TI bisa berjalan lebih efisien dan efektif, tanpa memberikan data Anda ke orang yang mungkin ada di ujung bumi.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Sebagai contoh, dengan berkembangnya bisnis dan Anda perlu tambahan server untuk ekspansi, akan lebih murah dan mudah menggunakan layanan hosting untuk web server atau e-mail, daripada membeli hardware tambahan dan mempekerjakan karyawan baru. Sama seperti tindakan penghematan anggaran lainnya, ini bukanlah solusi yang bisa diberlakukan ke semua bidang dan Anda pertama harus mengetahui kebutuhan, membandingkan harga, dan melakukan analisis biaya manfaat untuk mengetahui apakah outsourcing merupakan pilihan yang paling ekonomis, baik untuk jangka pendek dan jangka panjang.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]PENYEBABNYA TERLAMPAUINYA ANGGARAN DAN BAGAIMANA SUPAYA SESUAI TARGET[/FONT]​
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Baru saja pertengahan tahun, tapi sudah melampaui anggaran. Karena sejumlah alasan manajer TI sering kali melampaui anggaran mereka, tapi kenyataannya tidaklah harus seperti itu. Berikut adalah beberapa alasan yang biasanya menjadi penyebab:[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Manajer tidak tahu cara mengelola keuangan: Sebagian besar manajer TI tidak diajari untuk mengelola keuangan. Penyusunan anggaran merupakan salah satu aspek organisasional yang tidak disukai, terutama oleh orang teknis, sehingga tidak mendapat banyak perhatian; manajer tidak memahami aspek keuangan pekerjaan mereka: banyak manajer yang tidak meluangkan waktu untuk mengulas danmemahami dinamika finansial pekerjaan mereka. [/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Manajer tidak mau berusaha: Karena sebagian besar tidak suka membuat anggaran, banyak yang tidak mau berusaha untuk mendapatkan informasi bagaimana membuat anggaran yang efektif dan fisibel; Manajer memberi anggaran yang “diinginkan”: Misalkan manajer meminta anggaran yang mencakup berbagai pekerjaan yangdibicarakan dalam pertemuan. Setelah draft pertama diserahkan, manajer meminta pengurangan pengeluaran untuk mendapatkan anggaran yang diinginkan. Pengubahan anggaran merupakan hal yang normal. Masalah timbul pada waktu manajer mengurangi pengeluarantapi tidak melihat kemungkinan adanya layanan atau pekerjaan yang harus dihilangkan.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Manajer membuat anggaran yang “sempurna”: Kadang manajer berusaha sebisa mungkin untuk membuat anggaran yang sempurna. Mereka menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengumpulkan rincian semua pekerjaan, melakukan perhitungan menyeluruh terhadap pendapatan, kenaikan, dan remunerasi karyawan, rincian setiap pekerjaan baru untuk tahun depan, dan membuat anggaran yang akurat. Masalahnya adalah penyusunan anggaran merupakan suatu prediksi sehingga tidak harus akurat dan tidak ada tolerans terhadap kesalahan. Anggaran yang sempurna hampir sama sekal tidak pernah tercapai.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Manajer gagal mencapai ekpektasi pada tahun berjalan: Mengubah rencana pada tahun berjalan merupakan hal yang normal. Banyak manajer yang mengajukan pekerjaan baru tapi gagal memenuhi ekpektasi manajeman akibat dampak pekerjaan baru tersebut terhadap rencana awal. [/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Membuat anggaran yang efektif dan fisibel tidak sesulit yang dibayangkan. Anda harus bisa memperkirakan kejutan dan membuat langkah antisipasi untuk menghadapi mereka. Berikut adalah item yang tidak boleh ketinggalan dalam anggaran Anda:[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Anggarkan semua karyawan, posisi kosong, dan rencana perekrutan baru untuk memperkirakan gaji bulanan yang harus dibayarkan; Anggarkan rencana kenaikan gaji untuk semua anggota karyawan. Perhatikan pengeluaran untuk karyawan kontrak dan konsultan karena biaya ini bisa membengkak; jangan lupa pengeluaran untuk perekrutan dan penggantian karyawan karena perekrutan tidak murah.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Di sebagian besar perusahaan, biaya telekomunikasi untuk mensupport kantor cabang bersifat dinamis, terutama jika kantor cabang beroperasional rutin. Buat rencana pertumbuhan dan pekerjaan yang realistis yang sesuai dengan ekpektasi manajemen.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Biaya tahunan pemeliharaan software jangan menjadi kejutan. Demikian juga dengan naiknya biaya untuk pemeliharaan hardware, dan sebagainya. Pastikan Anda mempunyai daftar aset yang akurat supaya bisa menganggarkan jumlah yang cukup untuk menghindari adanya kejutan dan periksa perjanjian kontrak untuk kenaikan yang terencana.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Anda harus tahu siapa yang bepergian dan siapa yang tidak. Tidak perlu seorang ilmuwan untuk memperkirakan jumlah perjalanan per bulan. Ambil perjalanan dalam sebulan dan hitung rata-rata biaya per perjalanan untuk mendapatkan jumlah pengeluaran yang diang-garkan per bulan. [/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Gunakan suatu konstanta biaya dan kalikan dengan jumlah karyawan, lalu bagi ke dalam 12 bulan. Jika ada biaya pelatihan yang besar, Anda bisa menganggarkannya secara terpisah pada bulan hendak digunakan; Bandingkan rencana baru dengan tren sebelumnya. Tren pengeluaran operasional sebelumnya bisa memberi banyak informasi. Gunakan mereka sebagai sumber untuk menemukan pengeluaran tertinggi dan untuk memvalidasi rencana Anda yang baru.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]Buat persiapan untuk pekerjaan besar. Pekerjaan baru bisa saja membutuhkan biaya yang signifi kan. Pastikan mereka dimasukkan ke dalam anggaran; Tentukan pekerjaan apakah yang akan mempengaruhi anggaran Anda. Jika Anda menemukan sesuatu, buatlah langkah antisipasi. Jika bertanggung jawab terhadap profit dan rugi, Anda harus siap menghadapi pekerjaan mempunyai dampak finansial terhadap organisasi Anda.[/FONT]
    [FONT=verdana,arial] [/FONT]
    [FONT=verdana,arial]LEBIH LANJUT[/FONT]
    [FONT=verdana,arial]http://technet2.microsoft.com/windowsserver2008/en/library/ddef2b89-73cf-4d74-b13b-47890fd1a6271033.mspx?mfr=true[/FONT]
    [FONT=verdana,arial]http://www.microsoft.com/windows/products/windowsvista/enterprise/softgrid.mspx[/FONT]
    [FONT=verdana,arial]http://www.microsoft.com/windowsserver2003/technologies/terminalservices/default.mspx[/FONT]
    [FONT=verdana,arial]http://www.microsoft.com/windowsserver2008/en/us/virtualization-consolidation.aspx[/FONT]
    [FONT=verdana,arial]http://www.microsoft.com/windowsserversystem/virtualserver/[/FONT]
    [FONT=verdana,arial]http://www.panologic.com/[/FONT]
    [FONT=verdana,arial]http://www.vmware.com/[/FONT]
     
  19. junshibuya Banned User

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 4, 2008
    Messages:
    2,369
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +2,231 / -0
    6 Strategi Memajukan Karier

    6 Strategi Memajukan Karier

    Menjelang tutup tahun banyak orang membuat resolusi. Bila merasa karier di kantor sudah mentok, jangan lupa masukkan 6 strategi berikut ke dalam resolusi Anda!


    1. Yakin Pada Isi Pikiran
    Rata-rata setiap hari pikiran kita menyimpan 60 ribu pikiran, dan 99 persen orang percaya pada apa yang dipikirkannya. Beberapa dari pikiran kita memang merupakan produk dari bagaimana kita dibesarkan dan budaya di mana kita hidup. Lalu, mengapa karier Anda bisa terhambat? Apa yang membuat Anda berpikir, tak pernah bisa melakukan perubahan? Siapa yang akan marah jika Anda mengikuti kehendak sendiri? Mungkin sudah waktunya Anda memeriksa dan melihat pikiran apa yang membuat Anda terjerat di dalam kehidupan saat ini.

    2. Jangan Salahkan Orang Lain
    Kita semua punya hal-hal di dalam kehidupan yang tak berjalan sesuai seperti yang diinginkan. Begitulah kehidupan, melemparkan liku-liku. Tugas kitalah menemukan cara terbaik untuk menghadapinya. Namun, beberapa orang menundanya untuk menemukan cara itu. Mereka hanya menunggu untuk melakukan hal-hal yang disenangi. Sementara hidup berjalan terus, dan pada saat mereka menemukan dirinya masih di tempat yang sama, mereka merasa kariernya mentok.

    3. Lakukan Pendekatan Lain
    Sadarilah bila Anda bisa menguasai situasi yang terajdi. Tempat yang baik untuk memulai adalah dengan menempatkannya bersama rencana yang mencakup minat, kebulatan tekat, dan banyak latihan. Anda mungkin tak menyentuh sejumlah tugas yang dibebankan. Tetapi, harus mau mengorbankan waktu untuk melangkah agar bisa membuat Anda kembali termotivasi untuk maju. Lihatlah, semakin Anda mau melangkah, semakin berkurang hambatan yang akan dirasakan.

    4. Tak Usah Terlalu Serius
    Sebagian besar dari kita dibesarkan untuk percaya, kunci keberhasilan adalah kerja keras. Belakangan, keyakinan tadi dibenarkan dengan memasukkan poin tambahan yaitu jam kerja yang lama. Nah, agar tak mudah jenuh, depresi, dan kehidupan mengalir nyaman, bekerja perlu diselingi tawa, canda, bersenang-senang, dan mengasah kreativitas. Kita juga perlu menikmati dan mengumpulkan kembali energi, tanpa perlu merasa bersalah atau tidak bertanggung jawab.
    Di saat-saat istirahat, cobalah bersenang-senang, bebaskan pikiran, bermimpi, dan berimajinasi. Sehingga, pada saat sedang ada masalah, cara-cara tadi dapat dijadikan solusi ampuh untuk bangkit dan tidak terus terpuruk di dalam situasi yang mentok. Percayalah, strategi baru akan menghidupkan dan memperkaya diri kita.


    5. Jangan Selalu Hidup Dari Tengah
    Cara termudah menjaga kehidupan dari hambatan adalah hidup dari tengah, dan bukan mendekat ke pinggiran. Hidup dari tengah artinya tetap aman di tempat yang nyaman. Melakukan hal yang sama, menghindari perubahan, dan menghapus semua spontanitas dari kehidupan Anda. Memang membosankan, tetapi begitulah sebagian besar orang menjalani kehidupannya. Dan, sebagai hasilnya, posisi di tengah-tengah merupakan tempat yang sangat penuh dan mudah dihantui perasaan terhambat.
    Dengan mendorong diri untuk mengambil langkah kecil tetapi konsisten ke arah pinggir, Anda akan menemukan kehidupan lebih banyak ruang untuk bergerak. Melangkah ke pinggir tak semenakutkan seperti yang Anda pikir, kok. Begitu Anda mulai mencoba hal baru, perspektif baru akan terbuka dan tampaklah berbagai kesempatan. Anda akan bertemu orang-orang yang juga melangkah ke luar dari zona nyamannya dan memberi dukungan. Kehidupan pun mulai terbuka dan mengalir. Anda justru akan bingung menjalani kehidupan bila selalu di tengah-tengah.


    6. Jangan Pernah Takut
    Ketakutan merupakan emosi yang kuat. Rasa takut terkesan melindungi dan membuat kita tak berani melakukan hal-hal berbahaya, walaupun hal itu bisa membuat kita jadi mau melakukan hal-hal baru dan luar biasa dampaknya. Sebagian besar dari kita akan sedikit panik jika tak yakin akan apa yang ada di sudut lain yang belum dikenalnya. Namun, terkadang hal ini membuat hidup menjadi terhambat. Memang perlu keyakinan yang kuat agar rasa ketakutan menjadi punya arti "Petunjuk Salah Yang Tampak Nyata".
    Apakah Anda pernah bermimpi ingin memulai usaha sendiri, menjadi pemahat, atau berlayar keliling dunia? Untuk memberi kesempatan pada mimpi-mimpi ini menjadi kenyataan, Anda harus menghadapi rasa takut yang menghambat. Akankah berhasil? Mungkin ya, mungkin juga tidak. Namun, paling tidak Anda telah membuka pintu kemungkinan dari mimpi untuk jadi kenyataan. Jika Anda membiarkan diri membeku oleh rasa takut, Anda tak akan mendapatkan kesempatan menyadari mimpi, dan selalu terpaku pada pertanyaan, "Apakah mungkin terjadi?"
     
  20. junshibuya Banned User

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 4, 2008
    Messages:
    2,369
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +2,231 / -0
    Kerja Cerdas dan Produktif

    Kerja Cerdas dan Produktif

    Ada empat langkah agar Anda makin produktif di kantor. Memang, untuk menjalankannya dibutuhkan komitmen. Namun, jika dilakukan terus-menerus, akan terasa mudah kok.

    1. Bekerja sedikit lebih awal, bekerja sedikit lebih keras dan tinggal lebih lama. Dua jam kerja ekstra setiap hari akan membuat Anda masuk ke dalam 10 persen terbaik di bidang Anda dalam waktu lima tahun.

    2. Salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas yaitu mengoptimalkan pekerjaan yang menurut Anda mudah, sementara orang lain harus bersusah payah.

    3. Untuk pekerjaan berat, lakukan bersama tim.

    4. Belajarlah untuk memberikan tugas yang tepat kepada orang yang tepat dan dengan cara yang tepat.
     
  21. junshibuya Banned User

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 4, 2008
    Messages:
    2,369
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +2,231 / -0
    Mantap Menjalani Promosi

    Mantap Menjalani Promosi

    Selamat, akhirnya Anda dipromosikan. Suka atau tidak, peluang naik pangkat menimbulkan konsekuensi tertentu, terutama rasa iri dari rekan sekerja dan bertambahnya ego Anda. Bagaimana tidak, selain tantangan dan tanggung jawab baru, Anda pun berhak atas penghasilan dan fasilitas yang menggiurkan. Karena itulah, sebagai orang yang baru menduduki 'kursi empuk' ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar sukses di posisi yang baru.

    1. Tetap bergaul
    Kenaikan pangkat tentu saja mengubah banyak hal, khususnya pergaulan Anda dengan rekan-rekan kerja. Makin tinggi posisi, makin terbuka pula akses informasi Anda pada rahasia perusahaan yang tentu saja tak bisa seenaknya dibagi dengan orang lain. Anda juga mungkin akan ditugaskan untuk me-supervisi pekerjaan rekan-rekan Anda. Rasa iri dan cemburu memang hal yang wajar, namun jangan sampai hal itu mengganggu kerja sama tim.

    Pendekatan terbaik untuk mengendalikan kecemburuan adalah dengan membuktikan Anda tidak berubah. Bila selama ini Anda adalah orang yang humoris, jangan biarkan promosi menghilangkan sifat itu, misalnya. Tunjukkan bahwa jabatan tinggi tidak mengubah Anda secara pribadi.

    2. Mau mendengarkan
    Sebagai bos baru sebaiknya Anda tidak lengah. Meski Anda sudah bekerja di perusahaan itu cukup lama, tanamkan dalam pikiran bahwa kini Anda memulai pekerjaan baru. Gunakan minggu-minggu awal masa kenaikan jabatan sebagai masa training. Tunjukkan minat Anda untuk mengembangkan diri dengan mempelajari sistem yang biasa dipraktikkan. Gali informasi lewat manajer yang lebih senior, atau bertanya pada anak buah Anda. Tak cuma bekal wawasan yang bertambah, sikap ini juga akan mengurangi rasa cemburu rekan-rekan Anda sehingga lambat laun Anda akan mengantongi respek.

    3. Efektif gunakan fasilitas
    Seiring dengan promosi, Anda juga akan mendapatkan berbagai fasilitas. Misalnya ruangan kantor yang baru, perangkat kerja, bahkan seorang sekretaris. Tetapi jangan hanya menganggap fasilitas itu sebagai keuntungan saja karena sebenarnya fasilitas itu disediakan untuk mendukung pekerjaan sehingga Anda lebih fokus pada tugas-tugas dengan prioritas penting.

    4. Tidak berubah
    Meski job description dan gaji Anda telah berubah, seharusnya sikap Anda terhadap pekerjaan tak berubah. Bukankah yang membuat Anda sampai pada posisi ini adalah berkat kinerja dan prestasi yang telah Anda tunjukkan selama ini? Jadi, hilangkan sikap bermalas-malasan. Atasan yang baik harus berani berbuat lebih banyak dan mengambil tanggung jawab untuk mencapai hasil yang maksimal
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.