1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Tindakan tepat saat Gempa atau Tsunami

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by anakbingung, Oct 5, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    anakbingung Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 9, 2009
    Messages:
    1,435
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +781 / -0
    APA YANG HARUS DILAKUKAN BILA TERJADI GEMPA ATAU TSUNAMI:

    Akhir2 ni gempa & tsunami sering bgt terjadi. udah banyak korban berjatuhan. Saia sekedar mau bagi2 info aj klo sewaktu2 teman2 mengalami musibah gempa atau tsunami.

    BILA BERADA DI LUAR RUANGAN

    * Di Jalan

    Bila merasakan getaran kuat, lindungi kepala dengan tas dsb., berlarilah ke tempat yang lapang, bangunan yang kuat atau di bawah pohon di tepi jalan. Ingatlah bahaya dari pecahan kaca atau papan yang jatuh. Menjauhlah dari pagar beton, pintu gerbang, lokasi pembangunan gedung, peralatan berat dll.

    * Di basement

    Lantai basement pada umumnya aman karena guncangannya kecil. Jangan bertindak tergesa-gesa, bergeraklah dengan tenang. Lindungi kepala dengan tas dsb., merunduk dan mendekatkan badan ke tembok. Bila listrik mati, biasanya ada lampu darurat. Meskipun gelap, berjalanlah menyusuri dinding sehingga sampai ke pintu keluar. Bertindaklah dengan tenang.

    * Di mal atau pasar swalayan

    Lindungi kepala dengan tas, keranjang belanja dsb., menjauhlah dari rak barang atau etalase. Sandarkan tubuh pada tiang atau dinding sambil menunggu getaran berkurang. Bila membawa anak, senantiasa memegang erat tangan anak. Ikuti panduan karyawan toko dan jangan berdesakan ke tangga darurat atau tangga jalan karena berbahaya. Jangan gunakan lift karena bila terjadi mati listrik, lift akan terhenti di tengah jalan.

    * Di bioskop atau teater

    Berdiri dari tempat duduk, kemudian berjongkok sambil melindungi kepala dengan tas dsb. Bergeraklah sesuai panduan petugas dan tidak berdesakan ke pintu keluar.

    * Di peron/stasiun

    Berpegangan erat-erat pada tiang dsb. Berhati-hatilah agar tidak jatuh dari peron. Menjauhlah dari papan pengumuman, lampu neon, kamera monitor, mesin atau alat besar. Lindungi kepala dengan tas atau merunduk ke bawah kursi untuk melindungi kepala dari benda-benda yang berjatuhan.

    * Saat mengemudi

    Meskipun merasakan getaran, jangan menginjak rem secara mendadak karena sangat berbahaya. Kurangi kecepatan kendaraan, menepilah ke tepi kiri jalan dan hentikan kendaraan. Bila berlindung ke tempat lain, jangan kunci mobil. Kunci mobil tinggalkan di tempat. (Catatan penerjemah: nasihat ini mungkin kurang sesuai dengan kondisi di Indonesia. Silakan pertimbangkan sendiri)

    * Di pantai

    Oleh karena ada kemungkinan terjadi tsunami, bila merasakan getaran segeralah berlindung ke tempat yang lebih tinggi. Tsunami dapat datang tiba-tiba sebelum sirene atau peringatan diterima.

    BILA BERADA DI DALAM RUMAH

    * Lindungi Tubuh

    Yang perlu diprioritaskan adalah melindungi tubuh. Bersembunyilah di bawah meja atau bergeraklah ke ruangan yang sedikit peralatannya. Bila tidak ada meja, lindungi kepala dengan bantal atau buku dsb. Pastikan keselamatan orang-orang di dalam rumah dengan memanggil dan menanyakan keadaan mereka. Jangan berlari ke luar dengan tergesa-gesa. Berhati-hati dengan jatuhnya pecahan genting atau kaca.

    * Memastikan kondisi pintu keluar

    Bila terjadi guncangan yang besar, ada kalanya pintu maupun jendela tidak dapat dibuka karena terjadi perubahan bentuk sehingga kita terperangkap di dalam ruangan. Bila kondisi tubuh kita dalam keadan baik, perhatikan jeda waktu guncangan dan cobalah untuk memastikan kondisi pintu maupun jendela dengan membukanya sedikit.

    * Penanganan api

    Bila terjadi guncangan pada saat kita sedang menggunakan api, segera matikan. Namun demikian, utamakanlah keselamatan diri. Bila guncangannya besar, matikan api setelah guncangan reda. Perhatikan pula katup gas agar berada dalam kondisi tertutup meskipun tidak ada api. Putuskan seluruh koneksi ke listrik untuk mencegah terjadinya kebakaran pada saat listrik menyala kembali.

    * Jangan lengah meski guncangan reda

    Sekali lagi pastikan keselamatan orang-orang serumah. Setelah terjadi gempa besar biasanya terjadi gempa susulan. Hindari lemari buku atau lemari es dsb karena ada kemungkinan jatuh pada saat gempa susulan. Carilah informasi yang benar melalui radio atau televisi. Catatan tambahan: Selalu siapkan air minum dan makanan kering secukupnya di dalam rumah.

    MELINDUNGI DIRI DARI TSUNAMI

    • Bila terjadi gempa, segera cari perlindungan. Dalam menyelamatkan diri dari tsunami kita berpacu dengan waktu. Kecepatan tsunami dapat mencapai 100 km sehingga kita tidak akan sempat lari bila tsunami sudah terlihat. Ada kalanya tsunami tiba sebelum peringatan kita terima. Bila merasakan guncangan yang keras atau guncangan kecil dalam waktu yang cukup lama, menjauhlah dari pantai dan berlindunglah ke tempat tinggi yang aman. Bila kita tidak merasakan getaran namun mendengar peringatan, segera berlindung.

    • Menjauhlah dari pantai, berlari ke tempat yang lebih tinggi. Pada saat berlindung, ingatlah untuk mencari tempat yang “lebih tinggi” dan bukan yang “lebih jauh” dari pantai.

    • Bila tsunami datang dengan cepat sehingga tidak sempat untuk berlindung, usahakan untuk berlari ke bangunan yang kuat dengan ketinggian lebih dari 3 lantai.

    • Jangan lengah meskipun guncangan kecil

    • Getaran gempa yang dapat kita rasakan berbeda antara getaran seismik dengan getaran magnitude (skala Richter). Meskipun getaran yang dirasakan kecil, dapat terjadi tsunami yang besar. Bila terjadi getaran lemah dalam waktu yang panjang, jangan lengah, segeralah berlindung.

    • Jangan ke arah pantai sampai peringatan bahaya dicabut Banyak kali tsunami datang dalam 2 atau 3 gelombang dan ada kalanya gelombang yang ke-2 dan ke-3 lebih besar dari yang pertama. Jangan lengah setelah gelombang pertama. Jangan sekali-kali mendekati pantai sampai peringatan bahaya dicabut.

    • Carilah informasi yang benar melalui radio, televisi, HT dsb., bertindaklah dengan tenang.

    Sumber:
    Divisi Manajemen Krisis dan Penanggulangan Bencana Direktorat
    Penanggulangan Bencana Prefektur Aichi: www.pref.aichi.jp/bousai/katei
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    ~airiRin~ Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 7, 2008
    Messages:
    9,633
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,703 / -0
    Di Jepang ini adalah pengetahuan umum.
    Anak sejak kecil sudah diajari cara berlindung saat gempa.

    Sayang di Indo ini bukan pengetahuan umum dan tidak diajarkan secara luas.
    Hanya segelintir orang yg tahu cara tepat berlindung saat gempa.
     
  4. Offline

    alterionz Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 24, 2009
    Messages:
    437
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +44 / -0
    huhuhu, kalau gempa sih mungkin udah ngerti cara2/reflek yg harus dilakuin

    lah, tsunami...? manjat pohon dah...
     
  5. Offline

    yoyoi_cui Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 15, 2009
    Messages:
    231
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +214 / -0
    gw setuju bgt dah ama langkah2 na.. asal jgn kayak guru ade gw aja yah!!! pas gempa di jkt bulan agustus, dah tau gempa guru na bilang ke murid2 tenang2.. pokok na doa!! ade gw mo lari, tapi di suru duduk n doa!! pas dah klar doa si guru yang cemen ini malahan udah ada di bwh!!! pas ditanya anak2 guru ga doa?? dya bilang saya takut gempa!!! asem tuh guru!!
     
  6. Offline

    rendy1287 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 5, 2007
    Messages:
    1,889
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +64,178 / -1
    ^
    ^
    beneran tuh gan??

    guru dodol banget :lol: wkakaka,,, kalo gua mah berlindung di bawah meja kalo lg di sekolah...
     
  7. Offline

    kclkcl Beginner Members

    Joined:
    Dec 22, 2008
    Messages:
    206
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +1,328 / -0
    Berguna bgt nih, iya sih, di Indonesia ga ada pengetahuan gini buat anak2 (termasuk gw dari SD sampe skarang SMP ga pernah ada penjelasan sampe kek gini)
    Nice trit~
     
  8. Offline

    hojoin Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 6, 2009
    Messages:
    396
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +73 / -0
    wah.. beda banget ya ma Q yang pas gempa kemaren d Jabar..
    Q ad d gedung tingkat dua..
    n goyanganx terasa d lantai atas..
    tapi semuanya berlarian..
    padahal kan goyang2 gitu..
    jadi luchu klo ngeliat orang2 pada lari ketakutan karena gempa kemaren.

    tp t'nyata efeknya besar juga ya..
     
  9. Offline

    cblue Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 18, 2009
    Messages:
    398
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +48 / -0
    thx atas infonya...smoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan dalam mensikapi keadaan disaster..
     
  10. Offline

    trinks Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 18, 2009
    Messages:
    181
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +10 / -0
    walaupun ini tread bagus..

    tapi ane tetap berharap tidak perlu melakukan semua ini...

    maksunye ga ada gempa...
     
  11. Offline

    anakbingung Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 9, 2009
    Messages:
    1,435
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +781 / -0
    temen saia, cewe, wkt gempa tasik kmrn, kantornya di gedung perkantoran di sudirman. pas ngerasa gempa dia langsung ngibrit lewat tangga dari lantai 14 turun ke lobi. abis itu dia, ijin pulang gara2 kecapean & masi shock gara2 gempa :lol:
     
  12. Offline

    caliser Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 21, 2009
    Messages:
    851
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +237 / -0
    yang tsunami itu mengerikan, harus sangat waspada, jadi haru se segera ke tempat yang cukup tinggi
     
  13. Offline

    escape Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 9, 2009
    Messages:
    718
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +1,839 / -0
    thx bngd buad info nya...

    kenapa yah di indonesia jarang ada pemberitahuan kek gini...
     
  14. Offline

    poirothercule Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 26, 2009
    Messages:
    295
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +23 / -0
    ^
    ^
    karena negara ini pelupa, abiz gempa paling2 hot news, jumlah kerugian, jumlah korban n sibuk sekali menggalang dana bot kemanusiaan. abiz itu ya....
     
  15. Offline

    anakbingung Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 9, 2009
    Messages:
    1,435
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +781 / -0
    biasanya sih nunggu kejadian dulu, baru repot sana repot sini. seakan-akan baru kena sekali, padahal udah berkali-kali kena. udah tau negara ini letaknya diatas lempeng tektonik & di jalur vulkanis, kyk ga bisa belajar dari pengalaman aj :swt:
     
  16. Offline

    keemchee Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    5,913
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +10,053 / -7
    jujur ane baru tau soal ini...walaupun perna baca di web...tp waktu skul dulu gk perna dikasi tau beginian...:swt:
     
    • Like Like x 1
  17. Offline

    edrik Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 29, 2008
    Messages:
    608
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +286 / -0
    tambahan....
    kalo kalian ada di lantai 3 di gedung berlantai 4 larilah keatas... pokonya lantai tertinggi yang bisa u capai kalo perlu engak ada atap di atas mu maksud gw naik ke atap
    kenapa???
    jika kondisi terburuk terjadi (gedung runtuh) kalian adalah korban yang paling mudah di selamatkan maksud gw... klopun ketiban paling cuma ketiban genteng atau kejepit di lantai bawah yang retak (kalo luka luka engak parah). jadi engak mungkin mati... dan kalopun mati mayatmu paling gampang di temui...

    coba badingkan kalo kalian lari kebawah... selain desak desakan resiko cidera jauh lebih besar. 1 terinjak 2 tertimpa bahan bangunan (kan jatuhnya kebawah...)

    :awas:NB: INGET CARA INI HANYA BERLAKU KALO KALIAN LEBIH DEKAT KE ATAS DARIPADA KE BAWAH:awas:
    semoga membantu
     
  18. Offline

    une_histoire Members

    Joined:
    Oct 31, 2009
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Kita sebagai masyarakat Indonesia mau tidak mau harus berhadapan dengan resiko adanya gempa, kecuali buat teman-teman di Kalimantan yang resiko gempanya sangat minim, oleh karena itu seharusnya pendidikan tentang kegempaan dan perilaku saat terjadi gempa seharusnya sudah diajarkan sejak masih kecil, dimulai dari TK atau SD, seperti di Jepang sana. Tapi sayangnya di Indonesia tidak.

    Lihat saja kondisi masyarakat Indonesia sekarang kalau terjadi gempa, apalagi yang tinggal di gedung-gedung tinggi, mereka pasti refleks lari turun ke bawah, padahal dia berada di lantai 10, hal tersebut justru membahayakan.
     
  19. Offline

    satrioz31 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 27, 2008
    Messages:
    213
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +3 / -0
    wah berguna bgt ni info begini,
    melihat keadaan negara kita yang dilanda gempa mulu..
    maka dari itu, mari sosialisasi kan ke bnyak org..
     
  20. Offline

    satrioz31 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 27, 2008
    Messages:
    213
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +3 / -0
    wah berguna bgt ni info begini,
    melihat keadaan negara kita yang dilanda gempa mulu..
    maka dari itu, mari sosialisasi kan ke bnyak org..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.