1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Info Tetap Nyaman Dalam Penerbangan Panjang

Discussion in 'Lifestyle' started by vincentrevival, Oct 12, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    Liburan adalah salah satu cara bersantai dan mengurangi stres. Tetapi bila Anda berlibur ke tempat yang jauh, penerbangan panjang menuju ke sana justru bisa menambah kelelahan fisik. Sering kali kita merasa begitu letih bahkan sakit setelah sampai di lokasi tujuan. Acara jalan-jalan pun bisa menjadi berkurang nikmatnya.

    Ada beberapa kiat sederhana supaya penerbangan yang panjang menjadi lebih nyaman dan tidak terlalu melelahkan.

    Pilih kursi yang paling nyaman

    Hampir semua maskapai penerbangan besar memiliki fasilitas check-in online di website mereka, yang biasanya dibuka 36 jam sebelum keberangkatan. Melalui fasilitas ini kita bisa memilih tempat duduk yang paling nyaman jauh sebelum orang lain mengantre di bandara.

    Pastikan Anda memilih kursi di tepi gang atau dekat jendela. Kursi di pinggiran gang memungkinkan Anda untuk meregangkan tungkai kaki. Kursi di dekat jendela juga pilihan yang baik karena Anda bisa menyandarkan kepala kalau hendak tidur. Selain itu, pemandangan di luar pesawat akan mudah terlihat.

    Bawa perlengkapan hiburan

    Pesawat yang digunakan dalam penerbangan jarak jauh biasanya dilengkapi fasilitas hiburan. Namun, pilihan musik dan film yang ditawarkan kerap tidak sesuai selera kita. Supaya tidak makin bosan, ada baiknya membawa perlengkapan hiburan sendiri. Anda bisa memutar film-film favorit lewat komputer tablet atau laptop. Jangan lupa pula membawa alat pemutar musik.

    Kalau senang membaca, Anda juga bisa membawa majalah atau buku-buku bacaan ringan. Jangan membaca buku yang bertema serius karena bisa membuat pikiran menjadi tegang. Penerbangan yang panjang sudah membuat Anda cukup stres. Jadi, tak perlu ditambah lagi kadar ketegangannya.

    Batasi barang yang dibawa ke kabin

    Membawa barang yang terlalu banyak ke dalam kabin bukan hanya merepotkan, tapi juga bisa membuat stres sepanjang perjalanan. Tiap kali ada orang membuka tempat penyimpanan tas di atas kepala, Anda bisa jadi was-was karena takut kehilangan barang.

    Gerakkan anggota tubuh

    Duduk lama di kursi pesawat menyebabkan sirkulasi darah menjadi kurang lancar. Kondisi ini disebut economy class syndrome dan bisa mendatangkan masalah kesehatan yang serius. Untuk mengatasinya, lakukan senam ringan atau gerakan yoga sederhana beberapa jam sekali. Contoh gerakan senam atau yoga biasanya dimuat majalah di kabin atau diperagakan lewat layar LCD mini di depan kursi Anda.

    Selain itu, regangkan otot-otot tubuh Anda tiap kali ke toilet. Anda bisa pula berjalan-jalan sebentar di gang. Namun, pastikan itu tidak dilakukan terlalu lama supaya tidak mengganggu awak kabin dan penumpang lainnya.

    Kenakan pakaian yang nyaman

    Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Selain kurang nyaman, pakaian ketat juga bisa mengganggu sirkulasi darah. Selain itu, pilih busana yang terbuat dari katun, bukan pakaian dari bahan sintetis yang tidak menyerap keringat. Jangan lupa pula membawa jaket atau sweter untuk mengatasi rasa dingin di dalam kabin.

    Cegah dehidrasi

    Minumlah air dalam jumlah yang cukup. Hindari konsumsi alkohol atau minuman berkafein karena bisa membuat tubuh makin dehidrasi. Gejala dehidrasi biasanya ditandai dengan rasa lemas, pusing dan mual. Tentunya sangat tidak nyaman jika Anda mengalaminya.

    Ada baiknya Anda membawa minuman sendiri karena air yang dibagikan pramugari jumlahnya sangat sedikit. Anda bisa membeli minuman di toko bebas bea setelah melewati pos pemeriksaan bandara. Atau bisa pula membawa botol kosong lalu mengisinya lewat kran air minum yang ada di ruang tunggu penumpang.

    Bawa cemilan dan obat anti mabuk

    Makanan yang dibagikan dalam pesawat cenderung tinggi karbohidrat tapi rendah protein. Padahal, dalam penerbangan panjang yang melelahkan, tubuh memerlukan lebih banyak asupan protein. Untuk memenuhi kebutuhan protein, Anda bisa mengonsumsi camilan seperti kacang-kacangan atau protein bar yang saat ini sudah banyak dijual.

    Untuk mengatasi mabuk udara, Anda bisa meminum obat-obatan tradisonal yang mengandung jahe dan gingseng. Jangan menggunakan balsem atau minyak angin karena tidak semua penumpang pesawat terbiasa dengan aromanya.

    Minimalkan efek jet lag

    Jet lag adalah suatu kondisi yang dialami tubuh kita akibat ketidaksesuaian jam biologis dengan waktu setempat. Makin banyak melintasi zona waktu, makin besar efek jet lag. Efek buruk yang paling sering dirasakan adalah mengantuk, pusing, kehilangan selera makan dan susah tidur.

    Untuk mengatasinya, cobalah tidur lebih larut kalau Anda akan terbang ke bagian barat, dan lebih awal kalau ke bagian timur. Lakukan beberapa hari sebelum berangkat. Meskipun tidak selalu ampuh mengurangi efek jet lag, paling tidak cara ini melatih tubuh Anda untuk menyesuaikan dengan zona waktu yang baru.

    Manfaatkan waktu transit

    Banyak orang lebih memilih penerbangan langsung karena mempersingkat waktu perjalanannya. Namun, penerbangan yang mengharuskan transit juga memiliki keuntungan. Saat transit di bandara, tubuh kita bisa terbebas sesaat dari kabin pesawat yang sempit. Anda bisa memanfaatkan waktu transit ini dengan berjalan-jalan di area bandara supaya otot tidak kaku.

    sumber : http://id.travel.yahoo.com/jalan-jalan/219-tetap-nyaman-dalam-penerbangan-panjang
     
    Last edited: Sep 7, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    a3u5z1i Silent Reader Members

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    81
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +8 / -0
    Masalah pada kuping belum dimasukkan ya?
    Itu yang membuat penerbangan terakhir ane agak "kacau".
    Begitu mendarat kuping terasa sangat sakit.
     
  4. Offline

    wyndh80 Beginner Members

    Joined:
    Apr 6, 2011
    Messages:
    205
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +130 / -0
    Yang lain bisa di jalanin, t4 duduk gak punya pilihan kalo terbang dengan budget tipis.
     
  5. Offline

    rufan Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 13, 2010
    Messages:
    101
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +6 / -0
    Gan, katanya kl deket jendela bs mempengaruhi kinerja otak > bikin pusing gitu, lupa baca dimana
    Ane tambahin jgn lupa makan permen biar telinga g sakit akibat perubahan tekanan
     
  6. Offline

    rufan Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 13, 2010
    Messages:
    101
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +6 / -0
    satu lagi, cari tiket yg promo aja, murah soalnya > masih lbh baik daripada kerete exec menurut ane
     
  7. Offline

    rockandrock Beginner Members

    Joined:
    Sep 2, 2012
    Messages:
    243
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    sip banget
    kalo gw biasanya bawa buku ap aj yg bisa di baca
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.