1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Other Ternyata Indonesia di jajah selama 3,5 abad hanya karena sebuah Buku

Discussion in 'History and Culture' started by ayamgoreng, Sep 2, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    ayamgoreng Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 15, 2009
    Messages:
    1,361
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +1,298 / -0
    maap gan kalau repost dan sudah ada yg tahu ^^

    Itinerario, Buku Penyebab Indonesia Dijajah Belanda 3,5 Abad
    ahukah Anda bahwa karena sebuah bukulah maka bangsa Belanda bisa sampai di Nusantara dan melakukan penjajahan atas bumi yang kaya raya ini selama berabad-abad? Buku tersebut berjudul Itinerario naer Oost ofte Portugaels Indien, yang ditulis Jan Huygen van Linshoten di tahun 1595. Inilah kisahnya:

    [​IMG]

    Jauh sebelum Eropa terbuka matanya mencari dunia baru, warga pribumi Nusantara hidup dalam kedamaian. Situasi ini berubah drastis saat orang-orang Eropa mulai berdatangan dengan dalih berdagang, namun membawa pasukan tempur lengkap dengan senjatanya.

    Hal yang ironis, tokoh yang menggerakkan roda sejarah dunia masuk ke dalam kubangan darah adalah dua orang Paus yang berbeda. Pertama, Paus Urbanus II, yang mengobarkan perang salib untuk merebut Yerusalem dalam Konsili Clermont tahun 1096. Dan yang kedua, Paus Alexander VI.

    Perang Salib tanpa disadari telah membuka mata orang Eropa tentang peradaban yang jauh lebih unggul ketimbang mereka. Eropa mengalami pencerahan akibat bersinggungan dengan orang-orang Islam dalam Perang Salib ini.

    Merupakan fakta jika jauh sebelum Eropa berani melayari samudera, bangsa Arab telah dikenal dunia sebagai bangsa pedagang pemberani yang terbiasa melayari samudera luas hingga ke Nusantara.

    Bahkan kapur barus yang merupakan salah satu zat utama dalam ritual pembalseman para Fir’aun di Mesir pada abad sebelum Masehi, didatangkan dari satu kampung kecil bernama Barus yang berada di pesisir barat Sumatera tengah.

    Dari pertemuan peradaban inilah bangsa Eropa mengetahui jika ada satu wilayah di selatan bola dunia yang sangat kaya dengan sumber daya alamnya, yang tidak terdapat di belahan dunia manapun.

    Negeri itu penuh dengan karet, lada, dan rempah-rempah lainnya, selain itu Eropa juga mencium adanya emas dan batu permata yang tersimpan di perutnya.

    Tanah tersebut iklimnya sangat bersahabat, dan alamnya sangat indah. Wilayah inilah yang sekarang kita kenal dengan nama Nusantara. Mendengar semua kekayaan ini Eropa sangat bernafsu untuk mencari semua hal yang selama ini belum pernah didapatkannya.

    Paus Alexander VI pada tahun 1494 memberikan mandat resmi gereja kepada Kerajaan Katolik Portugis dan Spanyol melalui Perjanjian Tordesillas. Dengan adanya perjanjian ini, Paus Alexander dengan seenaknya membelah dunia di luar daratan Eropa menjadi dua kapling untuk dianeksasi.

    Garis demarkasi dalam perjanjian Tordesilas itu mengikuti lingkaran garis lintang dari Tanjung Pulau Verde, melampaui kedua kutub bumi. Ini memberikan Dunia Baru—kini disebut Benua Amerika—kepada Spanyol. Afrika serta India diserahkan kepada Portugis.

    Paus menggeser garis demarkasinya ke arah timur sejauh 1.170 kilometer dari Tanjung Pulau Verde. Brazil pun jatuh ke tangan Portugis. Jalur perampokan bangsa Eropa ke arah timur jauh menuju kepulauan Nusantara pun terbagi dua. Spanyol berlayar ke Barat dan Portugis ke Timur, keduanya akhirnya bertemu di Maluku, di Laut Banda.

    Sebelumnya, jika dua kekuatan yang tengah berlomba memperbanyak harta rampokan berjumpa tepat di satu titik maka mereka akan berkelahi, namun saat bertemu di Maluku, Portugis dan Sanyol mencoba untuk menahan diri.

    Pada 5 September 1494, Spanyol dan Portugal membuat perjanjian Saragossa yang menetapkan garis anti-meridian atau garis sambungan pada setengah lingkaran yang melanjutkan garis 1.170 kilometer dari Tanjung Verde. Garis itu berada di timur dari kepulauan Maluku, di sekitar Guam.

    Sejak itulah, Portugis dan Spanyol berhasil membawa banyak rempah-rempah dari pelayarannya. Seluruh Eropa mendengar hal tersebut dan mulai berlomba-lomba untuk juga mengirimkan armadanya ke wilayah yang baru di selatan.

    Ketika Eropa mengirim ekspedisi laut untuk menemukan dunia baru, pengertian antara perdagangan, peperangan, dan penyebaran agama Kristen nyaris tidak ada bedanya. Misi imperialisme Eropa ini sampai sekarang kita kenal dengan sebutan “Tiga G”: Gold, Glory, dan Gospel. Seluruh penguasa, raja-raja, para pedagang, yang ada di Eropa membahas tentang negeri selatan yang sangat kaya raya ini.

    Mereka berlomba-lomba mencapai Nusantara dari berbagai jalur. Sayang, saat itu belum ada sebuah peta perjalanan laut yang secara utuh dan detil memuat jalur perjalanan dari Eropa ke wilayah tersebut yang disebut Eropa sebagai Hindia Timur. Peta bangsa-bangsa Eropa baru mencapai daratan India, sedangkan daerah di sebelah timurnya masih gelap.

    Dibandingkan Spanyol, Portugis lebih unggul dalam banyak hal. Pelaut-pelaut Portugis yang merupakan tokoh-tokoh pelarian Templar (dan mendirikan Knight of Christ), dengan ketat berupaya merahasiakan peta-peta terbaru mereka yang berisi jalur-jalur laut menuju Asia Tenggara.

    Peta-peta tersebut saat itu merupakan benda yang paling diburu oleh banyak raja dan saudagar Eropa. Namun ibarat pepatah,“Sepandai-pandainya tupai melompat, akhirnya jatuh juga”, maka demikian pula dengan peta rahasia yang dipegang pelaut-pelaut Portugis.

    Sejumlah orang Belanda yang telah bekerja lama pada pelaut-pelaut Portugis mengetahui hal ini. Salah satu dari mereka bernama Jan Huygen van Linschoten. Pada tahun 1595 dia menerbitkan buku berjudul Itinerario naer Oost ofte Portugaels Indien, Pedoman Perjalanan ke Timur atau Hindia Portugis, yang memuat berbagai peta dan deksripsi amat rinci mengenai jalur pelayaran yang dilakukan Portugis ke Hindia Timur, lengkap dengan segala permasalahannya.

    Buku itu laku keras di Eropa, namun tentu saja hal ini tidak disukai Portugis. Bangsa ini menyimpan dendam pada orang-orang Belanda. Berkat van Linschoten inilah, Belanda akhirnya mengetahui banyak persoalan yang dihadapi Portugis di wilayah baru tersebut dan juga rahasia-rahasia kapal serta jalur pelayarannya.

    Para pengusaha dan penguasa Belanda membangun dan menyempurnakan armada kapal-kapal lautnya dengan segera, agar mereka juga bisa menjarah dunia selatan yang kaya raya, dan tidak kalah dengan kerajaan-kerajaan Eropa lainnya.

    Pada tahun 1595 Belanda mengirim satu ekspedisi pertama menuju Nusantara yang disebutnya Hindia Timur. Ekspedisi ini terdiri dari empat buah kapal dengan 249 awak dipimpin Cornelis de Houtman, seorang Belanda yang telah lama bekerja pada Portugis di Lisbon.

    Lebih kurang satu tahun kemudian, Juni 1596, de Houtman mendarat di pelabuhan Banten yang merupakan pelabuhan utama perdagangan lada di Jawa, lalu menyusur pantai utaranya, singgah di Sedayu, Madura, dan lainnya. Kepemimpinan de Houtman sangat buruk.

    Dia berlaku sombong dan besikap semaunya pada orang-orang pribumi dan juga terhadap sesama pedagang Eropa. Sejumlah konflik menyebabkan dia harus kehilangan satu perahu dan banyak awaknya, sehingga ketika mendarat di Belanda pada tahun 1597, dia hanya menyisakan tiga kapal dan 89 awak. Walau demikian, tiga kapal tersebut penuh berisi rempah-rempah dan benda berharga lainnya.

    Orang-orang Belanda berpikiran, jika seorang de Houtman yang tidak cakap memimpin saja bisa mendapat sebanyak itu, apalagi jika dipimpin oleh orang dan armada yang jauh lebih unggul.

    Kedatangan kembali tim de Houtman menimbulkan semangat yang menyala-nyala di banyak pedagang Belanda untuk mengikut jejaknya. Jejak Houtman diikuti oleh puluhan bahkan ratusan saudagar Belanda yang mengirimkan armada mereka ke Hindia Timur.

    Dalam tempo beberapa tahun saja, Belanda telah menjajah Hindia Timur dan hal itu berlangsung lama hingga baru merdeka pada tahun 1945.]

    sumber = eramuslim.com

    maap gan kalau :fd_7:

    kalau berguna klik thks ya ^^
     
    • Thanks Thanks x 4
    • Like Like x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    85e Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    305
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +68 / -0
    Saat itu bangsa kita terlalu terpesona dengan "majunya budaya asing", makanya gampang dibodohi dan kemudian dijajah

    Sampai sekarang pun masih cuma bentuknya lebih halus...
     
  4. Offline

    ayamgoreng Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 15, 2009
    Messages:
    1,361
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +1,298 / -0
    iya penjajaha moral --a

    lbh parah dr pd penjajahan senjata
     
  5. Offline

    Chopsuey03 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 11, 2009
    Messages:
    709
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +133 / -0
    Kirain Motifnya cuman Gold Glory ma Gospel.... ternyata si buku juga ngikut ya?
     
  6. Offline

    ayamgoreng Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 15, 2009
    Messages:
    1,361
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +1,298 / -0
    kwowkwowk gw kira juga gitu cmn gara2 3G ternyata ada lg tambahannya 1 B yaitu Book ikwwkwowkwowkwokowkwowkow

    sejarah kadang aneh2 yah
     
  7. Offline

    poirothercule Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 26, 2009
    Messages:
    295
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +23 / -0
    paus2 yg haus akan kekayaan dan kejayaan:voodoo:
    nice post:smiley_beer:
     
  8. Offline

    diankestiwi Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 10, 2008
    Messages:
    197
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +35 / -0
    ... Sejarah memang pasti bisa menimbulkan beberapa akibat ... :)
     
  9. Offline

    allandform Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 21, 2009
    Messages:
    421
    Trophy Points:
    156
    Ratings:
    +3,867 / -0
    indonesia emang kaya akan hasil bumi..
    tapi kenapa dulu orang pinter cuma dikit ya..
    sehingga kita dengan mudah dijajah..
     
  10. Offline

    allandform Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 21, 2009
    Messages:
    421
    Trophy Points:
    156
    Ratings:
    +3,867 / -0
    lagi lagi masalah paus...
    knp orang eropa serakah..
    arghhhh...:voodoo::onion-61::onion-51:
     
  11. Offline

    moron Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 10, 2009
    Messages:
    664
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +26 / -0
    kalo belanda tidak mendapatkan peta dari orang portugis apa nusantara akan damai sentosa, atau portugis menggantikan posisi belanda yg menjajah nusantara selama 3,5 abad?...:???:
     
  12. Offline

    uchiha_stasezz Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 15, 2009
    Messages:
    2,016
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +9,554 / -0
    iy.. menurut g bangsa qta dlo masih lom tw apa2 & terlalu kagum sama org asing... jadi bs d bego2 in... qlo sekarang, mana ada lagi... :rokok:
     
  13. Offline

    Zkn Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 18, 2009
    Messages:
    2,858
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +4,486 / -0


    semua orang bisa merancang masa depan tapi tak akan bisa memilih masa lalu

    andaikan belanda tidak dapet peta dari portugis dan andaikata Belanda tidak menjajah Indonesia dulu, maka Indonesia tidak akan menjadi bangsa yang seperti sekarang ini bro
     
  14. Offline

    sega Beginner Members

    Joined:
    May 10, 2009
    Messages:
    249
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +95 / -6
    ternyata dari jaman dulu ampe skrg gak ada yang berubah !!!:onion-51:
    ..indonesia masih dijajah oleh bangsa2 lain....
    dan tololnya pun dijajah dengan cara yang sama...
    ...melalui perdagangan!:voodoo::voodoo::voodoo:
     
  15. Offline

    pandakadabra The Mechanix Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 31, 2009
    Messages:
    1,662
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,127 / -0
    Setidak'y masi ada yg bisa kita banggakan dari negara ini.:onion-03:
    Kita merdeka'y ga dikasih toh.
    Mari kita mulai dari diri sendiri. Jangan nunggu orang lain maju dulu.:onion-86:
     
  16. Offline

    Karel Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 13, 2009
    Messages:
    2,518
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +1,244 / -0

    Bukannya petanya dapet dari marcopolo(itali)???
     
  17. Offline

    paolo03 Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 6, 2009
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +18 / -0
    sara neeh
     
  18. Offline

    luckyone Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 8, 2008
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    ini nama nya TAKDIR
     
  19. Offline

    wahdangun Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 28, 2009
    Messages:
    1,135
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +58 / -0
    mungkin kalau kita ga didatangi bangsa asing kemungkinan besar entar kita gak bakal bersatu kayak sekarang dan masih terdiri dari berbagai kerjaan, dan bisa jadi nasibnya kayak peradaban aztec yang itab2 ilang ga jelas.

    jadi semua peristiwa pasti ada hikmahnya
     
  20. Offline

    Crosscrusade Beginner Members

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    277
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +9 / -0
    wah baru tahu ane klo cerita mula penjajahan eropa dari perjanjian Tordesillas, enak banget ya bikin kaplingan buat bagi daerah jajahan
     
  21. Offline

    2nd Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 4, 2010
    Messages:
    702
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +1,506 / -0
    baru tau ane kalo indonesia dijajah gara2 buku :???:
    btw :niceinfo: gan
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.